fbpx
BerandaIbu dan Anak8 Manfaat Minum Susu Ketika Puasa

Asupan yang sehat dan tepat ketika berpuasa di bulan Ramadhan akan mengoptimalkan keseharian Anda. Susu merupakan salah satu asupan yang baik untuk dikonsumsi di bulan puasa, khususnya untuk Ibu hamil dan anak-anak. Susu sendiri memiliki berbagai kandungan yang baik untuk mempertahankan dan melindungi tubuh dari berbagai penyakit. Maka dari itu, Anda perlu memahami beberapa manfaat susu ketika puasa. Baca artikel ini hingga tuntas untuk mengetahui juga rekomendasi waktu yang tepat untuk minum susu selama bulan puasa.

manfaat minum susu saat puasa

4 manfaat minum susu saat sahur

Siapa sangka minum susu saat sahur dapat memenuhi kebutuhan tubuh untuk berpuasa seharian. Berikut 4 manfaat utama mengonsumsi susu sebelum berpuasa.

1. Memberikan rasa kenyang

Minum susu dapat membantu Anda mengawali hari dengan semangat. Susu dapat memberikan rasa kenyang yang tidak berlebihan jika dikonsumsi saat sahur. Rasa kenyang ini tidak akan menghilang dalam jangka waktu yang cepat sehingga tepat untuk membantu menahan lapar.

Sebuah penelitian di Australia menemukan bahwa konsumsi susu bebas lemak dapat dapat meningkatkan atau bahkan memberikan rasa kenyang. Bahkan rasa kenyang ini lebih tinggi dibandingkan dengan konsumsi cairan buah-buahan seperti jus. 

Di saat tidak berpuasa, konsumsi susu akan dapat membuat menurunkan nafsu makan siang Anda. Penelitian menemukan bahwa individu yang minum susu saat makan pagi berujung kepada 50 kalori lebih sedikit (9% lebih sedikit) saat makan siang.

2. Manfaat minum susu saat sahur untuk meningkatkan daya tahan tubuh

Minum segelas susu saat sahur dapat membantu mencegah berbagai penyakit karena membantu meningkatkan daya tahan tubuh. Anda dapat beraktivitas dengan bugar seperti biasa dan tanpa perlu cemas akan resiko terkena penyakit.

Jaminan Lifepack untuk Anda

Konsumsi susu dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi dan mengurangi risiko stroke. Selain itu, susu memiliki kemampuan untuk mengurangi produksi kolesterol di organ hati Anda.

Untuk merasakan dampak positif secara optimal, cukup konsumsi susu skim, susu rendah lemak, atau susu murni. Beberapa jenis susu tersebut memiliki kadar lemak dan kalori yang cenderung lebih sedikit. Hindari susu dengan kandungan beragam pemanis dan kaya lemak agar terhindar dari resiko gangguan kesehatan. 

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

3. Memberikan nutrisi vitamin dan mineral

Susu dapat memberikan Anda nutrisi vitamin dan mineral agar tubuh bisa bekerja sewajarnya di saat berpuasa seharian. 

Satu cangkir atau susu sapi mengandung kalori, protein, lemak, kalsium, vitamin D, Riboflavin atau vitamin B2, vitamin B12, kalium, fosfor, vitamin A, magnesium, seng, tiamin (vitamin B1), dan selenium. Beragam nutrisi ini akan memberikan kekuatan untuk tulang, peredaran darah, dan sebagainya agar bekerja dengan optimal.

4 manfaat minum susu saat buka puasa

Konsumsi susu di sore hari juga akan memberikan banyak manfaat kesehatan untuk Anda. Simak 4 manfaat minum susu saat buka puasa berikut.

1. Menurunkan resiko asam lambung

Susu dapat menurunkan resiko asam lambung jika dikonsumsi saat berbuka maupun sahur, khususnya untuk Anda yang memiliki riwayat asam lambung atau GERD. 

Jaminan Lifepack untuk Anda

Jika Anda berbuka puasa dengan makanan yang ternyata asam atau pedas, segera konsumsi susu untuk mencegah asam lambung setelahnya. Ini dikarenakan capsaicin, senyawa kimia minyak di dalam cabai, dapat larut dalam lemak yang diberikan oleh susu.

Susu akan memberikan efek mendinginkan yang akan bekerja di lapisan perut dan kerongkongan. Sehingga perut Anda juga akan merasa lebih nyaman dan terhindar dari resiko sembelit dan kembung.

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

2. Mengembalikan energi

Susu sudah diketahui bagus untuk mengembalikan masa otot dan energi karena kandungan proteinnya. Manfaat minum susu saat berbuka puasa akan membantu mencegah nyeri otot dan mengisi kembali cairan yang hilang selama aktivitas fisik seharian.

Bahkan, banyak atlet yang rutin minum susu setelah berolahraga karena dapat memberikan nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh untuk pulih. Susu dikenal efektif untuk memanajemen perkembangan massa otot.

Salah satu susu yang efektif untuk mengembalikan energi adalah susu kedelai. Susu kedelai mengandung sumber energi, protein, serat, mineral, dan vitamin B kompleks yang akan diolah oleh tubuh menjadi energi.

3. Merawat kulit

Seharian puasa mungkin akan membuat kulit Anda menjadi lebih kering dan pecah-pecah. Selain dengan konsumsi air yang cukup, Anda juga bisa mengonsumsi susu murni saat berbuka agar nutrisi kulit tetap ternutrisi.

Jaminan Lifepack untuk Anda

Susu memiliki vitamin B12 yang dapat membantu mencegah hilangnya elastisitas kulit. Kolagen yang dikandung juga akan membantu kulit agar tampak bercahaya dan glowing. Sedangkan, vitamin A yang ada dalam susu dapat mendukung pembentukan sel baru dan membantu melawan berbagai penyakit kulit agar tetap sehat.

4. Memberikan tidur berkualitas

Setiap segelas susu di malam hari ketika sudah berbuka puasa dapat menenangkan tubuh Anda. Setelah minum susu, Anda akan menjadi lebih tenang dan mudah untuk terlelap. 

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Kandungan asam amino tryptophan yang ada di dalam tubuh akan berfungsi sebagai prekursor untuk neurotransmitter serotonin. Asam amino ini akan membantu membuat tubuh dan perasaan lebih rileks dan tenang untuk bersiap tidur. 

Tidur akan menjadi lebih berkualitas dan Anda akan bangun dengan lebih segar saat waktu sahur. Waktu tidur yang berkualitas juga akan memberikan Anda energi yang dibutuhkan untuk beraktivitas seharian penuh walaupun sedang berpuasa.

Waktu yang tepat minum susu 

Anda bisa minum susu pada waktu yang tepat selama bulan Ramadhan, yakni saat sahur dan berbuka. Cukup minum satu cangkir gelas di saat sahur. Anda juga bisa minum satu cangkir gelas baik segera setelah berbuka maupun ketika hendak tidur.

Pilih produk susu yang mengandung rendah lemak atau susu murni. Selain itu, Anda bisa juga mengonsumsi susu gandum, susu almond, atau susu kedelai. Hindari memilih susu dengan kandungan pemanis dan perisa buatan yang justru dapat menyebabkan gangguan kesehatan dalam jangka panjang.

Jaminan Lifepack untuk Anda

Konsumsi susu baik untuk anak bayi hingga lansia. Namun, ada kalanya anak, ibu hamil dan menyusui memerlukan asupan susu lebih banyak. Dapatkan susu untuk anak serta ibu hamil dan menyusui di Apotek Online Lifepack. 

Tersedia susu bayi NUTRICIA BEBELOVE 1 200GR (Rp32.704), susu untuk ibu menyusui AFIS – Susu Almond Pelancar ASI (Rp30.800), maupun susu nutrisi untuk daya tahan orang dewasa Anlene Gold Plus Coklat – 250 g (Rp42.718). Apotek Online Lifepack menjual beragam produk susu original dengan harga lebih hemat.

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Pertanyaan Seputar Lifepack

+

Apa itu Lifepack?

+

Apa yang membuat Lifepack berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Lifepack?

+

Berapa lama pengiriman obat saya?

+

Dokter spesialis apa saja yang tersedia di Lifepack?

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat Anda

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Konsultasi mobile Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Jaminan Lifepack untuk Anda

100% Obat Asli

Semua produk yang kami jual dijamin asli dan kualitas terbaik.

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS!

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Kebersihan Apotek Selalu Terjaga

Apoteker selalu dicek suhu badannya

Apoteker selalu menggunakan Sanitizer

Kemasan obat praktis dan aman

Pengiriman dilakukan tanpa kontak langsung

Artikel Terkait

hubungan demam berdarah dan trombositopenia

Hubungan Demam Berdarah dan Trombositopenia

Hidup Sehat   24/09/2022
pentingnya kesehatan seksual

Dari Emosi Hingga Fisik, Ini Pentingnya Kesehatan Seksual untuk Semua Usia

Hidup Sehat   03/09/2022
nyeri punggung atas saat hamil

Nyeri Punggung Atas Saat Hamil? Ini Penyebab & Cara Mengatasinya

Ibu dan Anak   12/08/2022
stimulasi tumbuh kembang anak

Bagaimana Tahapan Stimulasi Tumbuh Kembang Anak Sesuai Usia?

Ibu dan Anak   11/08/2022

Bunda, Sudah Tahu 9 Jenis Susu untuk Anak Ini?

Ibu dan Anak   29/07/2022

Tebus Obat Tak Perlu Antre Lagi

Dapatkan atau Upload resep, obat siap dikirim ke lokasi Anda

Chat via Whatsapp

Respon Cepat, Jawaban Akurat

Download Aplikasi

Obat Dijamin Asli, Lengkap dan Murah

Pelajari Lebih Lanjut

Metode Pembayaran

metode pembayaran

Partner Pengiriman