fbpx
BerandaIbu dan AnakBunda, Sudah Tahu 9 Jenis Susu untuk Anak Ini?

Susu untuk tumbuh kembang anak diproduksi dengan berbagai macam teknologi ke dalam bentuk susu yang berbagai macam pula. Maka dari itu, Ayah dan Bunda harus memahami dulu apa saja jenis susu anak yang tersedia, serta jenis susu untuk anak yang terbaik sesuai dengan kondisi anak Anda? Cek 9 jenis susu anak dalam artikel yang telah dirangkum oleh tim Lifepack berikut. 

1. Susu bubuk atau susu formula

Susu bubuk, atau yang sering dikenal sebagai susu formula merupakan susu yang dibuat secara khusus untuk memenuhi kebutuhan gizi tertentu, yang diproduksi umumnya dengan cara menguapi susu cair menjadi butiran bubuk. Selanjutnya, Anda dapat menyeduh susu bubuk sendiri sesuai dengan kebutuhan di rumah.

Bayi atau balita yang sedang dalam masa pertumbuhan membutuhkan susu bubuk daripada susu cair. Ini dikarenakan protein yang ada didalamnya lebih dapat dicerna dengan sempurna, serta sesuai dengan kebutuhan nutrisi mereka. Selain itu, susu sapi yang cair juga tidak memiliki kandungan nutrisi lengkap yang dibutuhkan bayi.

American Academy of Pediatrics (AAP) saat ini merekomendasikan agar kita dapat memilih susu formula yang diperkaya zat besi digunakan untuk semua bayi yang tidak mendapatkan ASI, atau yang hanya berikan ASI sebagian, sejak lahir hingga usia satu tahun. Hal ini dikarenakan beberapa bayi tidak memiliki cukup cadangan alami zat besi, mineral yang diperlukan untuk pertumbuhan dan perkembangan mereka. 

Sebagian besar susu formula saat ini juga mengandung asam docosahexaenoic (DHA) dan asam arakidonat (ARA), asam lemak yang diyakini penting untuk perkembangan otak dan mata bayi.

2. Susu UHT (ultra high temperature)

Ketika anak sudah beranjak besar dan sudah memasuki masa sekolah dasar, Anda dapat memberikan susu sapi cair yang biasanya diproduksi menjadi susu UHT. 

Jaminan Lifepack untuk Anda

Susu UHT merupakan susu yang diproses dengan suhu >135 derajat celcius selama 2-4 detik agar mikroorganisme didalamnya mati dan dapat disimpan lebih lama. Pemanasan ini membunuh kandungan bakteri berbahaya, namun tetap menyisakan kandungan penting seperti protein.

Namun susu UHT cenderung memiliki kandungan zat besi dan vitamin serta lemak jenuh tinggi. Umumnya susu UHT dapat diberikan apabila anak berusia diatas 1 tahun dengan kenaikan BB sesuai usia dan status gizi baik.

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

3. Susu evaporasi

Susu evaporasi merupakan susu yang diproduksi dengan cara menghilangkan sekitar 60% air di dalam susu. Lalu berbagai kandungan seperti vitamin dicampurkan ke dalam susu. Jenis susu yang satu ini seringkali tidak diminum langsung, namun digunakan sebagai topping makanan, seperti krim atau susu kental manis.

Jenis susu evaporasi ada 2 yaitu tanpa pemanis ataupun dengan pemanis. Untuk anak-anak disarankan mengkonsumsi susu evaporasi tanpa pemanis. Susu jenis ini dapat diberikan pada anak diatas 1 tahun. Walaupun demikian, konsumsi susu jenis ini tidak dapat menggantikan konsumsi susu sapi ataupun susu UHT karena kandungan vitamin dan mineral di dalamnya yang lebih rendah.

4. Susu full cream

Jenis susu yang satu ini seringkali dikenal sebagai susu whole milk atau susu fat milk. Dengan kandungan lemak yang cukup tinggi, susu full cream seringkali digemari oleh anak-anak.

Namun perlu diketahui walaupun kandungan lemaknya yang cukup tinggi, susu ini juga memiliki kandungan vitamin D yang lebih tinggi. Di samping itu, anak juga akan menjadi kenyang lebih lama. 

Jaminan Lifepack untuk Anda

American Academy of Pediatrics merekomendasikan susu full cream untuk balita antara usia satu dan dua tahun, kecuali jika mereka berisiko mengalami obesitas.

Tingginya kadar lemak dan vitamin sangat dibutuhkan balita untuk tumbuh kembangnya. Jika anak makan dengan baik, Anda bisa mulai memperkenalkan susu rendah lemak setelah usia dua tahun.

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

5. Susu rendah lemak

Susu anak jenis rendah lemak berbalik dengan susu full cream yang mengandung banyak lemak. Namun walaupun rendah lemak, susu low fat pada umumnya kaya akan kalsium, protein, dan vitamin B.

Susu rendah lemak lebih direkomendasikan untuk anak ketimbang susu full cream. Namun sebaiknya diberikan kepada anak di atas usia 2 tahun agar kebutuhan lemak sudah tercukupi.

AAP sekarang juga menyarankan orang tua untuk beralih ke susu rendah lemak yang mungkin sesuai untuk beberapa anak usia antara 12 bulan dan 2 tahun jika anak sudah kelebihan berat badan, anak memiliki anggota keluarga yang kelebihan berat badan, memiliki kolesterol tinggi, atau faktor risiko kesehatan lainnya.

6. Susu skim (susu tanpa lemak)

Susu skim atau susu tanpa lemak sebenarnya tidak serta merta bebas dari lemak. Kandungan lemak masih ada di dalam susu dalam kadar yang sangat sedikit.

Jaminan Lifepack untuk Anda

Jenis susu ini tidak disarankan untuk diberikan kepada anak di bawah usia 2 tahun yang masih sangat membutuhkan lemak untuk tumbuh kembang mereka, kecuali anak telah mengalami obesitas. Maka dari itu, hanya berikan susu skim kepada anak yang kebutuhannya sudah tercukupi.

7. Susu kental manis

Berbeda dari susu yang sebelumnya, susu kental manis merupakan hasil dari proses kondensasi yang seringkali ditambahkan gula sehingga lebih awet.

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Susu kental manis tinggi akan gula, namun rendah akan protein. Sebaiknya hindari susu dengan kandungan gula yang terlalu banyak pada anak yang masih bertumbuh kembang. 

8. Susu kambing

Tidak hanya susu sapi, kini susu kambing telah banyak tersedia di banyak toko. Susu kambing padahal memiliki kandungan protein yang mirip dengan susu sapi.

Sehingga, susu kambing tidak dianjurkan untuk diberikan kepada anak yang memiliki alergi akan susu sapi. 

9. Susu kedelai

Jika anak memiliki alergi atau intoleransi laktosa terhadap susu sapi, Anda dapat menyajikan susu kedelai. Susu nabati ini dibuat langsung dari ekstrak kedelai yang merupakan sayuran. Susu kedelai secara tradisional menjadi alternatif susu sapi yang paling umum digunakan. 

Jaminan Lifepack untuk Anda

Di samping itu, susu kedelai memiliki banyak serat alami yang dapat bekerja dengan baik untuk sistem pencernaan anak. Susu ini juga rendah lemak dan bebas kolesterol, serta mengandung banyak nutrisi penting seperti vitamin D dan E. Namun, tidak dianjurkan sebagai pengganti ASI, susu formula, ataupun susu sapi pada anak di bawah 24 bulan.

Namun demikian, protein kedelai juga harus dihindari jika anak Anda didiagnosis alergi terhadap protein susu sapi. Alasannya karena 50% bayi dengan alergi protein susu sapi mungkin juga memiliki reaktivitas silang dengan protein kedelai, sehingga akan menyebabkan alergi juga.

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Penggunaan susu almond dan kacang mete sebagai alternatif juga telah menjadi semakin populer. Beberapa alternatif ini diberi rasa, misalnya dengan coklat dan vanila. Perlu diingat bahwa ini sering mengandung tambahan gula dan kalori. Yang terbaik adalah menghindari minuman manis untuk anak di bawah usia 2 tahun, dan juga membalasnya untuk anak dengan status gizi berlebih.

Apa jenis susu terbaik untuk anak?

Apa pun jenis susunya, Ayah dan Bunda harus menyesuaikan produk susu dengan kondisi anak.

Yang pertama, pahami betul mana produk yang ditujukan untuk usia tertentu. Misalnya, jika anak berusia 2 tahun, maka berikan susu khusus untuk anak usia 2 tahun. Tidak dianjurkan untuk memberikan anak susu yang diperuntukkan usia di bawah atau di atasnya agar anak mendapatkan nutrisi yang paling tepat.

Selain itu, berikan juga anak susu yang sesuai dengan sistem tubuhnya. Jika anak memiliki intoleransi laktosa, konsultasikan dengan dokter anak sebelum peralihan susu anak ke susu formula non-sapi. Jika anak mengalami obesitas atau gizi berlebih, lakukan diskusi terlebih dahulu juga kepada dokter anak sebelum beralih ke susu rendah lemak.

Jaminan Lifepack untuk Anda

Anda dapat memilih produk jenis susu yang paling tepat dengan berkonsultasi bersama dokter anak.

Rekomendasi Merek Susu Anak Bernutrisi

Salah satu rekomendasi pilihan anak untuk susu anak dengan nutrisi yang seimbang adalah BEBELOVE 1 HIQEQ – 400G – Susu Pertumbuhan Bayi Usia 0-6 Bulan. Diformulasikan khusus untuk bayi usia 0 hingga 6 bulan, susu ini mengandung: laktosa, whey protein, minyak nabati, susu skim bubuk, galakto oligo sakarida (gos), 7 mineral, frukto oligo sakarida (fos), 14 vitamin, minyak ikan (dha), minyak sel tunggal (aa), serta l-karnitin.

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Untuk anak usia 1 hingga 3 tahun, Anda bisa memberikan susu  SGM EKSPLOR 1 PLUS COMPLINUTRI VANILA SUSU PERTUMBUHAN BUBUK 900 GR – Susu Pertumbuhan Anak Usia 1-3 Tahun (Rp89.173). Susu ini memiliki kandungan yang dikombinasikan untuk tumbuh kembang optimal Si Kecil. Termasuk zat besi, vitamin C, iron c, minyak ikan, omega 3 & 6, kalsium & vitamin D, serat pangan inulin & mineral lainnya.

Sekian informasi terkait jenis susu serta rekomendasi susu anak yang baik untuk tumbuh kembang. Selalu jaga kesehatan tubuh Anda dengan produk susu original dan hemat dengan pengiriman gratis ongkir di Apotek Lifepack. 

Apa Itu Apotek Lifepack?

Apotek Lifepack menyediakan beragam obat bebas, obat rutin, suplemen, hingga alat kesehatan dengan harga hemat, produk original berlisensi BPOM, dan gratis ongkir se-Indonesia. Layanan Lifepack tersedia secara online maupun offline. Dapatkan konsultasi dokter gratis dan program prioritas obat rutin secara khusus di layanan online kami. 

Kunjungi juga apotek offline Jakarta kami di alamat Infinia Park, Jl. Dr. Saharjo No.45, Manggarai, Tebet atau Surabaya di Jl. Raya Manyar 11 F, Menur Pumpungan. Nantikan kehadiran Apotek Lifepack di kota-kota besar Indonesia lainnya.

Jaminan Lifepack untuk Anda

Jangan ragu juga untuk hubungi WhatsApp di nomor 021 5086 8889 untuk beli obat, tebus resep, layanan konsultasi dan lainnya. Tim Asisten Apoteker kami akan membalas pesan Anda setiap Senin – Minggu, pukul 07.00 – 23.00. Dapatkan informasi Apotek Lifepack di sini.

Image: Drinking milk photo created by mdjaff – www.freepik.com

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Pertanyaan Seputar Lifepack

+

Apa itu Lifepack?

+

Apa yang membuat Lifepack berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Lifepack?

+

Berapa lama pengiriman obat saya?

+

Dokter spesialis apa saja yang tersedia di Lifepack?

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat Anda

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Konsultasi mobile Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Jaminan Lifepack untuk Anda

100% Obat Asli

Semua produk yang kami jual dijamin asli dan kualitas terbaik.

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS!

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Kebersihan Apotek Selalu Terjaga

Apoteker selalu dicek suhu badannya

Apoteker selalu menggunakan Sanitizer

Kemasan obat praktis dan aman

Pengiriman dilakukan tanpa kontak langsung

Artikel Terkait

7 Rekomendasi Susu Formula untuk Anak Usia 2 Tahun

Ibu dan Anak   28/07/2022

Nutrimax Nutri Kidz: Manfaat, Kandungan, Efek Samping

Ibu dan Anak   25/07/2022
obat flu untuk ibu menyusui

Obat Flu untuk Ibu Menyusui yang Dijual di Apotek

Ibu dan Anak   21/07/2022
susu pelancar asi yang bagus

Tips & Trik Memilih Susu Pelancar ASI yang Bagus

Ibu dan Anak   05/07/2022
manfaat kuaci untuk ibu hamil

8 Manfaat Kuaci untuk Ibu Hamil

Ibu dan Anak   04/07/2022

Tebus Obat Tak Perlu Antre Lagi

Dapatkan atau Upload resep, obat siap dikirim ke lokasi Anda

Chat via Whatsapp

Respon Cepat, Jawaban Akurat

Download Aplikasi

Obat Dijamin Asli, Lengkap dan Murah

Pelajari Lebih Lanjut

Metode Pembayaran

metode pembayaran

Partner Pengiriman