fbpx
BerandaObatCara Mengobati Luka, Serta Rekomendasi Obat Luka di Apotek

Luka kadang terjadi secara tiba-tiba, seperti luka akibat pisau ketika memasak atau luka jatuh dari motor di lutut. Walau kecil, luka yang tidak segera dibersihkan dan ditangani dapat memburuk akibat infeksi bakteri. Tak perlu panik, berikut cara mengobati luka serta rekomendasi obat luka di apotek yang bisa Anda beli secara bebas.

Cara mengobati luka

Ada beberapa tahapan untuk mengobati luka yang terbuka atau berdarah, yang mungkin disebabkan jatuh atau tergores.

1. Cuci tangan

Ketika hendak membersihkan luka, pastikan tangan Anda sudah dicuci dahulu hingga bersih. Sebaiknya cuci tangan menggunakan sabun di air yang mengalir.

Tangan yang belum dibersihkan saat mengatasi luka memiliki resiko lebih besar untuk menyebabkan infeksi bakteri. Infeksi dapat memperlambat proses penyembuhan hingga menyebabkan penyakit komplikasi berbahaya seperti abses, selulitis, ataupun osteomielitis.

2. Tekan area luka hingga darah tidak keluar

Terkadang, luka yang cukup dalam akan mengeluarkan darah. Pastikan darah sudah berhenti dengan cara menekan area luka dengan lembut. Tekan daerah luka yang berdarah menggunakan kassa steril, dalam keadaan gawat penggunaan kain apa saja diperbolehkan. Penekanan ini dilakukan untuk menghentikan perdarahan.

Jika darah belum juga berhenti, tambahkan tekanan atau untuk luka yang terletak pada anggota gerak dapat juga meninggikan kaki atau tangan yang terluka lebih tinggi dari jantung. Luka dengan goresan yang tidak dalam mungkin tidak perlu untuk ditekan. 

Jaminan Lifepack untuk Anda

3. Bersihkan luka

Tahapan yang satu ini mungkin tidak disenangi banyak orang. Namun membersihkan luka merupakan salah satu tahapan penting untuk pertolongan pertama luka. 

Bersihkan luka dengan air mengalir selama 5 menit atau hingga kotoran tidak ada yang tertinggal. Ini diperlukan agar luka terlindungi dari bakteri yang mungkin masih tertinggal.

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

4. Berikan cairan desinfektan atau salep antibiotik

Setelah luka bersih, usapkan cairan desinfektan atau salep antibiotik langsung ke area luka. Namun penggunaannya harus disesuaikan dengan kondisi luka itu sendiri.

Pada luka yang tidak cukup dalam, gunakan cairan desinfektan yang memiliki zat aktif bersifat anti-mikroba. Cairan ini juga baik untuk digunakan sebagai pertolongan pertama. Sedangkan pada luka yang cukup dalam, Anda bisa berkonsultasi dengan dokter dan meminta resep obat untuk salep antibiotik agar terhindar dari infeksi bakteri.

5. Tutup luka

Tahap yang paling akhir sebagai cara mengobati luka adalah dengan menutup permukaan luka.

Luka harus terjaga dari resiko infeksi bakteri, virus, atau jamur. Anda bisa menggunakan perban luka atau medis yang biasanya tersedia dalam kotak P3K. Jangan lupa untuk mengganti perban ketika sudah mulai basah atau lembab agar tidak menjadi sarang bakteri dan jamur.

Jaminan Lifepack untuk Anda

Daftar Obat Luka 

Pada umumnya, luka dapat ditangani dengan obat-obatan yang tersedia dalam kotak P3K. Berikut adalah beberapa daftar obat luka yang bisa Anda beli secara terpisah jika Anda tidak memilikinya.

1. Betadine Solution – 60 ml – Cairan Antiseptik (Rp72.600)

Cairan antiseptik dari Betadine ini mengandung zat aktif Povidone Iodine 10%. Povidone iodine sendiri merupakan zat anti mikroba dengan spektrum paling luas yang dapat membunuh bakteri, virus, jamur, dan protozoa. Zat ini juga tidak menimbulkan resistensi kuman. 

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Betadine obat luka dapat digunakan sebagai pertolongan pertama dan mencegah timbulnya infeksi pada luka-luka seperti lecet, terkelupas, tergores, terpotong, terkoyak atau luka khitan, perawatan tali pusar bayi, melindungi luka-luka operasi terhadap timbulnya infeksi. 

Penggunaan Betadine solution hanya untuk digunakan pada bagian luar badan, pada area luka. Tersedia juga dalam bentuk salep atau ointment (Rp32.500).

2. RIVANOL IKA 0,1 Persen 200 ML – Cairan Antiseptik Pembersih Luka (Rp11.690)

Selain Betadine, ada pula Rivanol Ika yang dapat digunakan sebagai cairan antiseptik.

Rivanol sendiri mengandung zat aktif Etakridin laktat 0,1% yang memiliki sifat bakteriostatik dimana pertumbuhan kuman akan terhambat. Cairan ini tidak bersifat iritatif dan dapat digunakan untuk melindungi luka dari infeksi.

Jaminan Lifepack untuk Anda

3. NEXCARE BLOOD STOP WP – Penutup Luka Antikuman dan Kedap Air (Rp23.600)

Setelah luka dibersihkan dan diberikan cairan antiseptik, Anda dapat menutupnya dengan menggunakan perban kedap air khusus untuk luka. Optimalisasi lingkungan luka sangatlah penting dalam mempercepat penyembuhan luka.

Nexcare Blood Stop WP adalah perban kedap air yang dapat melindungi luka dari kuman serta kotoran selama proses penyembuhan luka. Perban ini bebas lateks dan tidak menyebabkan alergi pada kulit, namun tetap fleksibel ketika digunakan pada kulit terutama untuk bagian yang berkontur.

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

4. DERMATIX ULTRA GEL – Obat Bekas Luka (Rp198.086)

Ketika luka sudah sembuh sepenuhnya, Anda bisa menyamarkan bekas luka dengan bantuan Dermatix Ultra Gel. Salep gel ini merupakan obat yang digunakan untuk membantu menyamarkan bahkan menghilangkan bekas luka.

Mengandung Cyclic & polymeric siloxanes yang terbukti sejak lama dapat memperbaiki bekas luka baik warna serta ukuran. Kandungan Siloxanes sendiri sangat skin-friendly. Disertai juga dengan ester c yang dapat membantu proses penyembuhan. Untuk hasil yang optimal, dapat digunakan secara rutin selama 6-12 bulan.

Gel Dermatix dapat dioleskan sebanyak 1-2 kali pada area bekas luka. Hindari pengaplikasian untuk luka terbuka atau basah, luka cekung yang terjadi akibat bekas jerawat atau cacar air, pada area dekat dengan mata dan membran mukosa.

Sekian informasi terkait cara mengobati luka serta rekomendasi obat luka di apotek. Selalu jaga kesehatan tubuh Anda dengan produk obat original dan hemat dengan pengiriman gratis ongkir di Apotek Lifepack. 

Jaminan Lifepack untuk Anda

Apa Itu Apotek Lifepack?

Apotek Lifepack menyediakan beragam obat bebas, obat rutin, suplemen, hingga alat kesehatan dengan harga hemat, produk original berlisensi BPOM, dan gratis ongkir se-Indonesia. Layanan Lifepack tersedia secara online maupun offline. Dapatkan konsultasi dokter gratis dan program prioritas obat rutin secara khusus di layanan online kami. 

Kunjungi juga apotek offline Jakarta kami di alamat Infinia Park, Jl. Dr. Saharjo No.45, Manggarai, Tebet atau Surabaya di Jl. Raya Manyar 11 F, Menur Pumpungan. Nantikan kehadiran Apotek Lifepack di kota-kota besar Indonesia lainnya.

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Jangan ragu juga untuk hubungi WhatsApp di nomor 021 5086 8889 untuk beli obat, tebus resep, layanan konsultasi dan lainnya. Tim Asisten Apoteker kami akan membalas pesan Anda setiap Senin – Minggu, pukul 07.00 – 23.00. Dapatkan informasi Apotek Lifepack di sini.

Image: Hand photo created by shayne_ch13 – www.freepik.com

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Pertanyaan Seputar Lifepack

+

Apa itu Lifepack?

+

Apa yang membuat Lifepack berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Lifepack?

+

Berapa lama pengiriman obat saya?

+

Dokter spesialis apa saja yang tersedia di Lifepack?

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat Anda

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Konsultasi mobile Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Jaminan Lifepack untuk Anda

100% Obat Asli

Semua produk yang kami jual dijamin asli dan kualitas terbaik.

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS!

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Kebersihan Apotek Selalu Terjaga

Apoteker selalu dicek suhu badannya

Apoteker selalu menggunakan Sanitizer

Kemasan obat praktis dan aman

Pengiriman dilakukan tanpa kontak langsung

Artikel Terkait

obat-meriang

5 Rekomendasi Obat Meriang Pilihan Apotek Lifepack

Obat   03/11/2022
obat-batuk-anak

20 Rekomendasi Obat Batuk Anak Alami, Aman, dan Ampuh

Obat   02/11/2022
ibuprofen dan parasetamol

Ibuprofen dan Parasetamol: 5 Perbedaan yang Harus Dipahami

Obat   20/09/2022
statin dalam obat

Perbedaan 7 Jenis Statin dalam Obat Kolesterol

Obat   10/09/2022

Butuh Obat? Cek Daftar Apotek di Bandung

Obat   29/07/2022

Tebus Obat Tak Perlu Antre Lagi

Dapatkan atau Upload resep, obat siap dikirim ke lokasi Anda

Chat via Whatsapp

Respon Cepat, Jawaban Akurat

Download Aplikasi

Obat Dijamin Asli, Lengkap dan Murah

Pelajari Lebih Lanjut

Metode Pembayaran

metode pembayaran

Partner Pengiriman