fbpx
BerandaHidup Sehat10 Cara Mencegah Berat Badan Bertambah Saat Puasa

Puasa seharian malah membuat berat badan Anda bertambah? Mungkin ada yang salah dengan pola makan Anda selama berbuka dan sahur. Jangan khawatir, simak 10 cara mencegah berat badan bertambah saat puasa yang telah dirangkum tim Lifepack.

berat badan bertambah

1. Hindari makan berlebihan saat berbuka

Berbukalah dengan porsi makanan yang cukup, bukan banyak. Berpuasa seharian memang akan membuat Anda mudah lapar dan banyak menginginkan makanan. Namun, makan berlebihan justru akan berdampak buruk bagi kesehatan, khususnya beberapa jam sebelum tidur.

Walaupun Anda sudah menahan nafsu makan di siang hari, Anda juga harus tetap menahan keinginan saat berbuka. Dengan pola makan yang seimbang, berat badan akan menjadi lebih mudah dikontrol.

2. Kunyah makanan secara perlahan

Selain bertujuan untuk menghindari gangguan pencernaan, mengunyah makanan dengan perlahan juga akan membuat Anda lebih mudah kenyang dan menjaga asupan kalori.

Nafsu makan Anda sebagian besar dikendalikan oleh hormon yang disebut ghrelin. Hormon ini mengontrol rasa lapar, sekaligus melepaskan hormon yang memberi tahu tubuh bahwa Anda sudah kenyang. Ketika Anda mengunyah dengan perlahan, otak Anda akan memiliki waktu yang cukup dari sinyal penanda lapar tersebut. Sebaliknya, makan terlalu cepat akan membuat Anda merasa lapar karena otak tidak memiliki cukup waktu untuk menerima sinyal kenyang.

3. Makan takjil terlebih dahulu

Salah satu fungsi dari takjil manis adalah mengembalikan kadar gula darah dengan kandungan yang rendah kalori. Kadar gula darah yang cukup akan membantu Anda merasa lebih berenergi dan kenyang tanpa berlebihan.

Jaminan Lifepack untuk Anda

Hindari takjil dengan pemanis buatan dan konsumsi takjil dari buah-buahan dengan pemanis alami. Buah kurma merupakan salah satu buah dengan pemanis alami yang baik untuk dikonsumsi. Buah ini mengandung serat dan gula yang tinggi yang akan membuat Anda merasa kenyang secara instan, dan akan menghindari Anda dari makan berlebihan.

4. Minumlah setidaknya delapan gelas air

Selain berbuka yang manis, jangan lupa untuk mengonsumsi air putih. Air dapat membantu mengisi perut hingga memberikan perasaan kenyang dan mengurangi rasa lapar. Ketika perut merasa sudah kenyang, organ-organ di dalamnya akan mengirimkan sinyal ke otak untuk berhenti makan.

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Mulai dari waktu berbuka hingga tidur dan sahur, konsumsi setidaknya 8 gelas air. Kadar air ini diperlukan agar tubuh Anda dapat bekerja dengan wajar dan tidak mudah lapar.

5. Pilih bahan makanan yang rendah atau tanpa lemak

Lemak dikategorikan menjadi dua kategori: lemak baik dan lemak jahat. Lemak yang masuk dapat dibakar menjadi energi atau tersimpan menjadi lemak di tubuh. Kadar lemak yang berlebihan akan berdampak kepada kalori tinggi penyebab meningkatnya berat badan.

Makanan olahan dan gorengan biasanya mengandung lemak jahat yang dapat mengakibatkan kenaikan berat badan. Maka dari itu, pilihlah makanan yang mengandung rendah lemak atau tanpa lemak sekaligus. 

6. Hindari makanan yang digoreng

Makanan yang digoreng telah diteliti dapat mendukung kenaikan berat badan seara signifikan. Goreng-gorengan mengandung kalori tinggi dan akan membuat Anda susah mengontrol berat badan.

Jaminan Lifepack untuk Anda

Maka dari itu, kurangi jumlah lemak dalam makanan Anda. Ada banyak variasi makanan yang dapat dimasak, contohnya dengan mengukus dan memanggang. Jika Anda masih tetap memerlukan gorengan, masaklah dengan minyak sayur atau dengan cara ditumis. 

7. Hindari makan terus menerus sepanjang malam

Mungkin Anda ingin mengatasi kelaparan di saat waktu berpuasa dengan makan sepanjang malam hingga sahur. Pola makan ini justru akan berdampak kepada berat badan bertambah.

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Selain akan mengakibatkan sistem pencernaan untuk bekerja keras, tubuh Anda akan menjadi lebih lemas selama berpuasa. Solusinya, cukup makan-makanan yang sehat dan seimbang saat sahur untuk mempersiapkan hari.

8. Jalan kaki atau olahraga ringan setidaknya setengah jam untuk membakar kalori ekstra

Jika Anda masih memiliki tenaga di sore hari, cukup lakukan olahraga ringan menjelang berbuka. Memang tubuh Anda sudah berpuasa sepanjang hari, tapi olahraga juga akan meningkatkan metabolisme.

Metabolisme yang baik akan membantu Anda mencerna makanan dengan baik pula saat waktu berbuka. Namun, asupan makanan juga harus tetap dijaga. Alih-alih makan banyak, minumlah air putih.

9. Jangan pernah lewatkan sahur

Sama seperti sarapan, sahur merupakan waktu yang tepat untuk mengisi energi dan kebutuhan tubuh. Jika tubuh sudah diisi dengan asupan yang sehat dan seimbang, organ Anda akan berfungsi dengan sewajarnya tanpa perlu takut berat badan bertambah.

Jaminan Lifepack untuk Anda

Melewatkan sahur akan membuat Anda cenderung lebih lapar sepanjang hari. Akibatnya, Anda akan makan berlebihan saat berbuka puasa. Selalu ingat bahwa makan berlebihan harus dihindari agar berat badan tidak bertambah.

10. Kurangi asupan sodium

Sodium atau garam cenderung mengakibatkan tubuh dehidrasi. Oleh karena itu, hindari makan makanan yang banyak mengandung garam di dalamnya. Garam akan membuat Anda lebih mudah haus dan juga mempengaruhi kemampuan tubuh untuk mencerna dan menyerap cairan.

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Akibatnya Anda akan menjadi merasa lebih lapar dan tidak dapat mengontrol asupan kalori saat berbuka puasa.

Konsumsi juga suplemen daya tahan tubuh dan energi agar Anda dapat berpuasa dengan maksimal. Beli suplemen original dan hemat hanya di Apotek Online Lifepack. Vitalong C Strip – 4 tablet – Memelihara Daya Tahan Tubuh (Rp6.633).

Ingin konsultasi seputar kesehatan dengan dokter? Nikmati kemudahan konsultasi gratis dengan dokter umum dari Apotek Online Lifepack. Sampaikan keluhan dan pertanyaan Anda melalui WhatsApp di link ini.

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Pertanyaan Seputar Lifepack

+

Apa itu Lifepack?

+

Apa yang membuat Lifepack berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Lifepack?

+

Berapa lama pengiriman obat saya?

+

Dokter spesialis apa saja yang tersedia di Lifepack?

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat Anda

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Konsultasi mobile Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Jaminan Lifepack untuk Anda

100% Obat Asli

Semua produk yang kami jual dijamin asli dan kualitas terbaik.

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS!

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Kebersihan Apotek Selalu Terjaga

Apoteker selalu dicek suhu badannya

Apoteker selalu menggunakan Sanitizer

Kemasan obat praktis dan aman

Pengiriman dilakukan tanpa kontak langsung

Artikel Terkait

hubungan demam berdarah dan trombositopenia

Hubungan Demam Berdarah dan Trombositopenia

Hidup Sehat   24/09/2022
pentingnya kesehatan seksual

Dari Emosi Hingga Fisik, Ini Pentingnya Kesehatan Seksual untuk Semua Usia

Hidup Sehat   03/09/2022

Nutrimax Nutri Kidz: Manfaat, Kandungan, Efek Samping

Ibu dan Anak   25/07/2022
konimex renovit

Konimex Renovit: Kandungan, Manfaat, dan Dosis

Hidup Sehat   23/07/2022
apotek terlengkap dan terdekat

5 Tips dan Trik Mencari Apotek Terlengkap dan Terdekat

Hidup Sehat   04/07/2022

Tebus Obat Tak Perlu Antre Lagi

Dapatkan atau Upload resep, obat siap dikirim ke lokasi Anda

Chat via Whatsapp

Respon Cepat, Jawaban Akurat

Download Aplikasi

Obat Dijamin Asli, Lengkap dan Murah

Pelajari Lebih Lanjut

Metode Pembayaran

metode pembayaran

Partner Pengiriman