fbpx
BerandadirektoriPenyakitInformasi Kesehatan Penyakit dari Huruf GTips Memelihara Kesehatan Ginjal Bagi Pasien Kronis

Jika suatu organ tubuh sudah rusak, keseluruhan tubuh juga tidak dapat berfungsi dengan normal. Ginjal sebagai salah satu organ vital harus makin dijaga kesehatannya jika sudah didiagnosa memiliki penyakit kronis. Jangan khawatir, berikut tips memelihara kesehatan ginjal bagi penyakit kronis.

tips merawat ginjal

Penyakit Ginjal

Ginjal yang mengalami gangguan dapat menyebabkan beragam penyakit. Sebelum masuk ke tips memelihara kesehatan ginjal, yuk ketahui 4 penyakit ginjal yang paling banyak diderita masyarakat Indonesia.

1. Batu ginjal

Batu ginjal merupakan salah satu penyakit yang paling sering diderita. Kadar mineral tertentu yang cukup tinggi dalam ginjal akan menyebabkan kesulitan saat urinasi. Jika ukurannya sangat besar, batu ginjal dapat menimbulkan rasa menyakitkan yang cukup parah bahkan dapat menyebabkan pendarahan.

2. Infeksi Ginjal

Infeksi ginjal adalah salah satu jenis Infeksi Saluran Kemih (ISK) yang disebabkan oleh bakteri atau virus yang menginfeksi saluran kemih bagian bawah. Dalam kondisi ini, bakteri atau virus dapat berpindah ke salah satu atau kedua ginjal. 

3. Gagal Ginjal Akut

Gagal ginjal akut adalah kondisi di mana ginjal kehilangan fungsinya secara tiba-tiba. Organ ini akan kehilangan kemampuannya untuk membuang limbah dan menyeimbangkan cairan serta elektrolit dalam tubuh.

4. Gagal Ginjal Kronis (GGK)

GGK adalah hilangnya kemampuan ginjal untuk melakukan fungsinya secara normal. Biasanya, penderita GGK akan memerlukan terapi pengganti ginjal seperti hemodialisis dan transplantasi ginjal.

Jaminan Lifepack untuk Anda

7 cara memelihara kesehatan ginjal

Tiap kondisi ginjal membutuhkan perawatan yang sesuai. Di samping itu, Anda juga harus memelihara kesehatan ginjal sendiri walaupun tanpa bantuan medis. Simak apa saja caranya di bawah ini.

1. Tetap aktif dan olahraga

Olahraga teratur dapat menurunkan risiko penyakit ginjal kronis. Selain itu, aktif bergerak juga dapat mengurangi tekanan darah dan meningkatkan kesehatan jantung Anda, yang merupakan faktor penting untuk mencegah kerusakan ginjal lebih jauh.

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Cukup lakukan olahraga ringan seperti berjalan, berlari, atau bersepeda. Lakukan aktivitas yang membuat Anda tetap bergerak dan membuat tubuh menjadi lebih bugar.

2. Selalu pantau dan kendalikan gula darah

Pasien diabetes atau penyakit lain yang menyebabkan gula darah tinggi, dapat memperburuk kerusakan ginjal. Ketika sel-sel tubuh tidak mampu menggunakan glukosa di dalam dara, ginjal akan dipaksa bekerja ekstra keras untuk menyaring darah Anda. 

Hindari konsumsi makanan dan minuman dengan pemanis tambahan. Jangan khawatir karena sekarang sudah tersedia banyak opsi bahan makanan yang mengandung rendah gula atau low sugar. Sebaiknya masak asupan makanan Anda sendiri agar dapat mengontrol gula darah.

3. Pantau juga tekanan darah

Tekanan darah tinggi juga dapat menyebabkan kerusakan ginjal lebih jauh. Tidak hanya ginjal, tekanan darah tinggi juga dapat menyebabkan komplikasi kesehatan lainnya seperti diabetes, penyakit jantung, atau kolesterol tinggi.

Jaminan Lifepack untuk Anda

Jaga tekanan darah Anda dalam kadar yang sehat, yakni 120/80. Waspadai pre-hipertensi jika tekanan darah Anda memasuki angka 139/89. Segera ubah gaya hidup dan pola makan untuk menurunkan tekanan darah Anda.

4. Jaga berat badan yang ideal

Individu yang obesitas atau kelebihan berat badan juga dapat memperburuk kondisi ginjal. Risiko menderita beberapa penyakit kronis lainnya juga akan meningkat seperti diabetes, penyakit jantung, dan penyakit ginjal.

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Konsumsi makanan yang rendah sodium, daging olahan, dan makanan lain yang akan sulit untuk dicerna oleh ginjal. Anda bisa mengganti menu makanan dengan bahan-bahan yang rendah sodium seperti kembang kol, blueberry, ikan, dan biji-bijian.

5. Minum banyak air putih

Konsumsi delapan gelas air sehari akan membantu kesehatan ginjal dan tubuh agar tetap terhidrasi. Air putih juga akan membantu membersihkan natrium dan racun dari ginjal. Risiko penyakit ginjal kronis akan menurun.

Anda mungkin memerlukan lebih banyak konsumsi air putih jika berada di situasi tertentu. Faktor iklim, olahraga, jenis kelamin, penyakit lain yang diderita mungkin akan memerlukan asupan air yang lebih banyak.

6. Berhenti merokok

Merokok akan merusak pembuluh darah dan menyebabkan aliran darah lebih lambat ke seluruh tubuh, khususnya ke ginjal.

Jaminan Lifepack untuk Anda

Merokok juga akan meningkatkan risiko ginjal untuk penderita kanker. Segera berhenti merokok jika Anda telah didiagnosa menderita penyakit ginjal.

7. Waspadai jumlah obat bebas yang Anda minum

Obat pereda nyeri yang dijual bebas (over-the-counter) dapat menyebabkan dan memperburuk kerusakan ginjal. Mulai sekarang, kurangi asupan obat antiinflamasi nonsteroid (NSAID), termasuk ibuprofen dan naproxen.

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Sebaiknya hindari penggunaan obat-obatan ini setiap hari secara rutin agar ginjal Anda tidak perlu bekerja lebih keras. Konsultasikan ke dokter jika Anda menderita penyakit ginjal, sekaligus penyakit kronis lainnya yang membutuhkan obat rutin.

Cara merawat penyakit ginjal secara medis

Sebagian besar penyakit ginjal merupakan penyakit kronis. Sehingga, Anda mungkin memerlukan obat-obatan resep untuk dapat merawat ginjal. Yuk, ketahui beberapa perawatan penyakit ginjal dengan bantuan tenaga medis.

  • Pemberian obat untuk mengontrol penyebab atau komplikasi terkait seperti tekanan darah tinggi dan kolesterol tinggi.
  • Dialisis untuk mereplikasi fungsi ginjal
  • Transplantasi ginjal 

Stok obat dan suplemen ginjal Anda bersama kami. Tebus resep obat ginjal original dan hemat hanya di Apotek Online Lifepack. Dapatkan juga asupan sehat untuk penyakit ginjal seperti Nephrisol Cokelat – 185mg – Makanan Diet Khusus Untuk Gangguan Ginjal (Rp97.500).

Jaminan Lifepack untuk Anda

Ingin konsultasi seputar kesehatan dengan dokter? Nikmati kemudahan konsultasi gratis dengan dokter umum dari Apotek Online Lifepack. Sampaikan keluhan dan pertanyaan Anda melalui WhatsApp di link ini.

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Pertanyaan Seputar Lifepack

+

Apa itu Lifepack?

+

Apa yang membuat Lifepack berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Lifepack?

+

Berapa lama pengiriman obat saya?

+

Dokter spesialis apa saja yang tersedia di Lifepack?

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat Anda

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Konsultasi mobile Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Jaminan Lifepack untuk Anda

100% Obat Asli

Semua produk yang kami jual dijamin asli dan kualitas terbaik.

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS!

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Kebersihan Apotek Selalu Terjaga

Apoteker selalu dicek suhu badannya

Apoteker selalu menggunakan Sanitizer

Kemasan obat praktis dan aman

Pengiriman dilakukan tanpa kontak langsung

Artikel Terkait

perbedaan demam berdarah malaria

Perbedaan Demam Berdarah dan Malaria

direktoriPenyakit   27/09/2022
demam berdarah dan tifus

Wajib Tahu! Perbedaan Demam Berdarah dan Tifus

direktoriPenyakit   26/09/2022
hubungan demam berdarah dan trombositopenia

Hubungan Demam Berdarah dan Trombositopenia

Hidup Sehat   24/09/2022
fase demam berdarah

Jangan Lengah, Ini 3 Fase Demam Berdarah yang Harus Dipahami

direktoriPenyakit   05/09/2022
pentingnya kesehatan seksual

Dari Emosi Hingga Fisik, Ini Pentingnya Kesehatan Seksual untuk Semua Usia

Hidup Sehat   03/09/2022

Tebus Obat Tak Perlu Antre Lagi

Dapatkan atau Upload resep, obat siap dikirim ke lokasi Anda

Chat via Whatsapp

Respon Cepat, Jawaban Akurat

Download Aplikasi

Obat Dijamin Asli, Lengkap dan Murah

Pelajari Lebih Lanjut

Metode Pembayaran

metode pembayaran

Partner Pengiriman