fbpx
BerandaHidup Sehat10 Penyebab dan Cara Menghilangkan Bau Ketiak Alami

Setiap tubuh memiliki bau yang berbeda-beda, namu bau ini dapat meningkat jika Anda telah memproduksi banyak keringat. Anda masih bisa menghilangkan bau ketiak dengan alami dan rutinitas kebersihan yang benar. Apa saja penyebab bau ketiak? Berikut ini penyebab ketiak bau dan tidak sedap.

1. Jarang membersihkan pakaian dengan benar

Jika Anda sering menggunakan baju kotor dan basah, kemungkinan besar bakteri akan menumpuk. Penyebab ini terjadi terutama saat musim hujan, saat baju tidak kering maksimal saat dijemur.

2. Kelebihan berat badan

Kelebihan berat badan membuat Anda lebih berisiko memiliki ketiak yang bau. Lipatan lemak yang jumlahnya banyak bisa menyimpan bakteri sehingga menyebabkan bau tak sedap.

3. Keringat berlebih

Salah satu penyebab ketiak bau adalah keringat berlebih. Anda rentan berkeringat saat aktivitas di luar ruangan. Oleh karena itu, Anda perlu membersihkan badan secara rutin.

10 Cara Menghilangkan Bau Ketiak

Berikut 10 tips cara menghilangkan bau ketek secara alami dan mudah.

1. Gunakan pakaian dengan kain yang sesuai

Pakaian dengan bahan alami seperti katun atau bambu dapat membantu menghilangkan bau badan dengan alami karena memiliki daya serap serta sirkulasi yang baik.

Jaminan Lifepack untuk Anda

Sebaliknya, bahan sintetis seperti polyester dan rayon dapat mendorong kelembapan dan bakteri untuk keluar lebih banyak dan hasilnya menciptakan bau yang lebih kentara. Anda juga bisa mengenakan kaos dalam untuk menambahkan lapisan daya serap ekstra untuk menahan kelembaban dan mengurangi bau badan.

2. Usahakan untuk tetap kering

Salah satu cara menghilangkan bau ketiak secara alami adalah dengan membiarkannya tetap kering. Bakteri akan berkembang biak lebih banyak jika tubuh Anda selalu lembab. Setelah melakukan aktivitas basah seperti mandi atau berenang, keringkan tubuh dengan menyeluruh sebelum mengenakan pakaian. Keringkan ketiak dengan benar-benar menyeluruh. 

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

4. Lakukan laundry dengan benar

Salah satu cara menghilangkan bau ketiak alami adalah setelah berkeringat banyak, segera cuci pakaian dan jangan biarkan keringat meresap ke dalam kain terlalu lama. Kondisi ini akan membuat bau akan lebih sulit hilang. Tentunya pemakaian selanjutnya juga akan berpengaruh ke keringat yang lebih tinggi.

5. Perhatikan apa yang Anda makan sebagai cara menghilangkan bau ketiak secara alami

Makanan dapat mempengaruhi sistem ekskresi yaitu keringat yang Anda keluarkan. Biasanya, makanan yang mempengaruhi keringat lebih bau adalah:

  • Makanan pedas
  • Makanan dengan bawang putih dan bawang merah
  • Terlalu banyak daging merah
  • Makanan yang diproses
  • Sayuran yang mengandung belerang seperti brokoli, kubis dan kembang kol
  • Kelebihan kafein dan alkohol

6. Gunakan baking soda sebagai pengganti deodoran

Baking soda dapat menetralkan asam dan basa, sehingga menjadi cara menghilangkan bau ketiak secara alami. Baking soda juga tidak akan meninggalkan noda di pakaian layaknya antiperspirant.

Cara menghilangkan bau ketiak dengan baking soda adalah dengan mencampurkan 1 sendok teh baking soda dengan 1 sendok teh air perasan jeruk nipis lalu oleskan pada ketiak. Diamkan selama 10 menit lalu bilas dengan air hangat. Lakukan setiap hari sekali dengan rutin.

Jaminan Lifepack untuk Anda

7. Oleskan cuka apel setiap sebelum mandi

Asam tartar yang ada di dalam cuka sari apel dapat menghambat pertumbuhan bakteri penyebab bau ketiak. Asam asetat dalam cuka apel juga berfungsi sebagai antimikroba. Dengan begitu, cuka apel dapat menghilangkan bau ketiak secara alami.

Caranya adalah dengan mengoleskan cuka apel menggunakan kapas pada ketiak. Diamkan selama 15 menit lalu bilas saat mandi. Anda bisa melakukan ini dengan rutin setiap sebelum mandi.

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

8. Mandi dengan air rebusan daun sirih

Daun sirih memiliki kandungan antioksidan yang tinggi yang dapat menangani berbagai masalah kesehatan. Daun sirih juga memiliki kandungan Vitamin C, tiamin, niacin, riboflavin yang dapat menghilangkan bau badan.

Cara menggunakan daun sirih untuk menghilangkan bau ketiak adalah dengan mengambil beberapa lembar daun sirih lalu rebus dengan 2 gelas air. Campurkan air rebusan pada bak air yang akan digunakan untuk mandi. Mandi dengan air tersebut secara rutin.

9. Minum air rebusan bahan alami daun beluntas, daun kemangi, atau temulawak

Tips menghilangkan bau ketiak secara alami adalah dengan bantuan bahan alami. Daun beluntas adalah tanaman kecil yang seringkali ditemukan tumbuh di pinggir pantai. Daun beluntas mengandung banyak senyawa yang dapat menghilangkan bau ketiak, yakni alkaloid, minyak atsiri, fosfor, kalsium, magnesium, lemak, natrium, flavonoid, tanin, asam amino, vitamin A, dan juga vitamin C. 

Cara mengkonsumsinya sebagai cara menghilangkan bau ketiak mudah saja. Kamu hanya perlu rutin meminum air rebusan beluntas sebanyak 2 kali dalam sehari.

Jaminan Lifepack untuk Anda

Selain itu Anda juga bisa menggunakan minyak atsiri yang ada di dalam daun kemangi. Minyak kemangi dapat berfungsi sebagai antiseptik yang akan memiliki efek positif untuk mengurangi bau ketiak.

Biasanya kemangi dikonsumsi sebagai lalapan, tetapi Anda juga bisa meminumnya sebagai teh. Caranya adalah dengan mengeringkan, lalu tumbuk halus dan larutkan dan saring dengan air panas. Sama seperti air daun beluntas, minum 2 kali setiap hari.

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Bahan alami lainnya yang dapat Anda konsumsi adalah temulawak. Temulawak mengandung minyak atsiri dan zat-zat alami seperti saponin dan flavonoid yang dapat menghilangkan bau ketiak. 

Cara konsumsinya adalah dengan memarut temulawak, lalu beri air dan peras parutan. Anda bisa menambahkan 1 sendok teh madu atau gula untuk memberikan rasa yang lebih manis.

10. Mencukur bulu ketiak dengan rutin sebagai cara menghilangkan bau ketiak secara alami

Cara menghilangkan bau ketiak secara alami ini termasuk umum, tetapi benar-benar efektif. Rutin mencukur bulu ketiak akan membuat ketiak Anda lebih steril dari bakteri dan keringat yang menempel. Selain dicukur, Anda juga bisa melakukan waxing supaya bulu dapat terangkat dengan menyeluruh.

Anda juga dapat menggunakan deodoran khusus laki-laki yang memiliki bau maskulin. Salah satunya adalah Axe Urban Antibac Roll On 50 ml – 1 buah (Rp22.000). Deodoran yang memiliki proteksi anti bakteri dapat menahan perkembangan anti bakteri yang menimbulkan bau ketiak. Untuk wanita, Anda bisa menggunakan Nivea Deo Dry Comfrot – 50 ml – Spray Diodoran, Ketiak dan Bau Keringat (Rp21.500).

Jaminan Lifepack untuk Anda

Demikian 10 cara menghilangkan bau ketiak secara alami dan mudah. Konsultasi dengan dokter umum seputar masalah bau ketiak lebih lanjut. Jika bau badan tidak kunjung hilang, sebaiknya konsultasikan diri ke dokter.

Ingin konsultasi dokter dan tebus obat resep?

Nikmati kemudahan konsultasi GRATIS dengan tim dokter berpengalaman Apotek Lifepack. Sampaikan keluhan dan kebutuhan obat Anda langsung ke dokter kami melalui WhatsApp di nomor 0811 1062 5888 atau melalui link berikut.

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Dengan layanan digital Apotek Lifepack yang telah terintegrasi, Anda tidak perlu lagi antre ketika menebus resep obat. Jika Anda telah memiliki resep obat, unggah foto resep Anda melalui aplikasi atau WhatsApp. Apoteker kami akan membantu memvalidasi resep Anda. Layanan tebus resep akan sangat membantu kebutuhan obat rutin pasien kronis.

Apa Itu Apotek Lifepack?

Apotek Lifepack menyediakan beragam obat bebas, obat rutin, suplemen, hingga alat kesehatan dengan harga hemat, produk original berlisensi BPOM, dan gratis ongkir se-Indonesia. Layanan Lifepack tersedia secara online maupun offline. Dapatkan konsultasi dokter gratis dan program prioritas obat rutin secara khusus di layanan online kami. 

Kunjungi juga apotek offline kami di berbagai kota besar. Jakarta di alamat Infinia Park, Jl. Dr. Saharjo No.45, Manggarai, Tebet. Sedangkan Surabaya di Jl. Raya Manyar 11 F, Menur Pumpungan. Untuk warga Bandung, Anda juga bisa membeli obat di Apotek Lifepack Bandung di Jl. Abdul Rahman Saleh Nomor 1A Ruko D, Cicendo. Nantikan kehadiran Apotek Lifepack di kota-kota besar Indonesia lainnya.

Jangan ragu juga untuk hubungi WhatsApp di nomor 0811 1062 5888 untuk beli obat, tebus resep, layanan konsultasi, dan lain-lainnya. Tim Asisten Apoteker kami akan membalas pesan Anda pada jadwal operasional, yaitu hari Senin – Minggu, pukul 07.00 – 23.00. Dapatkan informasi Apotek Lifepack lebih lanjut di sini.

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Pertanyaan Seputar Lifepack

+

Apa itu Lifepack?

+

Apa yang membuat Lifepack berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Lifepack?

+

Berapa lama pengiriman obat saya?

+

Dokter spesialis apa saja yang tersedia di Lifepack?

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat Anda

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Konsultasi mobile Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Jaminan Lifepack untuk Anda

100% Obat Asli

Semua produk yang kami jual dijamin asli dan kualitas terbaik.

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS!

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Kebersihan Apotek Selalu Terjaga

Apoteker selalu dicek suhu badannya

Apoteker selalu menggunakan Sanitizer

Kemasan obat praktis dan aman

Pengiriman dilakukan tanpa kontak langsung

Artikel Terkait

hubungan demam berdarah dan trombositopenia

Hubungan Demam Berdarah dan Trombositopenia

Hidup Sehat   24/09/2022
pentingnya kesehatan seksual

Dari Emosi Hingga Fisik, Ini Pentingnya Kesehatan Seksual untuk Semua Usia

Hidup Sehat   03/09/2022

Nutrimax Nutri Kidz: Manfaat, Kandungan, Efek Samping

Ibu dan Anak   25/07/2022
konimex renovit

Konimex Renovit: Kandungan, Manfaat, dan Dosis

Hidup Sehat   23/07/2022
apotek terlengkap dan terdekat

5 Tips dan Trik Mencari Apotek Terlengkap dan Terdekat

Hidup Sehat   04/07/2022

Tebus Obat Tak Perlu Antre Lagi

Dapatkan atau Upload resep, obat siap dikirim ke lokasi Anda

Chat via Whatsapp

Respon Cepat, Jawaban Akurat

Download Aplikasi

Obat Dijamin Asli, Lengkap dan Murah

Pelajari Lebih Lanjut

Metode Pembayaran

metode pembayaran

Partner Pengiriman