fbpx
BerandaTelemedikKepercayaan Pasien kepada Layanan Telemedicine

Definisi Telemedicine adalah sebuah praktik yang menggunakan teknologi sebagai media pelayanan kesehatan jarak jauh. Dokter di satu tempat akan memberikan pelayanan pada pasien yang berada di tempat lain. Layanan online ini juga dapat melayani antar fasilitas kesehatan untuk pertukaran data pasien. Layanan ini memberikan manfaat serta kepercayaan pasien terhadap telemedicine

kepercayaan-pasien

Kepercayaan Pasien terhadap Layanan Telemedicine

Layanan yang disediakan telemedicine mencakup empat bidang. Cakupan tersebut diantaranya berupa radiologi, USG, elektrokardiografi serta konsultasi. Simak uraiannya di bawah ini.

1. TELE-RADIOLOGI

Layanan ini membantu menginterpretasikan foto membentuk sebuah diagnosis. Foto ini akan dikirim via online dari satu tempat ke tempat tujuan. Foto yang telah sampai akan digunakan oleh dokter ahli radiologi untuk penanganan secara cepat. 

2. TELE-EKG

Layanan ini menyediakan pemeriksaan terhadap aktivitas elektrik jantung. Aktivitas yang dilihat, ditujukan untuk menilai kerja jantung. Hasil yang didapatkan dari pemeriksaan ini akan dikirim dan dianalisis oleh dokter spesialis jantung. 

3. TELE-USG

Layanan yang sangat menguntungkan bagi ibu hamil yang bertempat tinggal di daerah pelosok. Kurangnya perlengkapan canggih untuk USG, layanan ini membantu diagnosis pada ibu hamil. Setelah hasil USG didapat, akan dikirimkan via online dengan penerima yaitu spesialis obgyn untuk mempercepat rujukan. 

4. TELE-KONSULTASI

Layanan yang paling mudah karena hanya menghubungkan calon pasien dengan dokter. Pasien yang mengalami gangguan tertentu akan dihubungkan langsung dengan dokter ahli pada bidangnya. Pasien akan menjelaskan tentang kondisinya, kemudian dokter dapat memberikan rekomendasi untuk pengobatan pasien

Jaminan Lifepack untuk Anda

Keunggulan Telemedicine yang Bisa Membangun Kepercayaan Pasien

Telemedicine memiliki keunggulan yang dapat memudahkan pasien dalam menggunakannya. Simak keunggulannya  di bawah ini.

1. Praktis

Layanan ini membuat pengguna mudah dan praktis dalam memakainya. Berbagai layanan dapat dilakukan secara online, sehingga akan lebih praktis dan dapat dilakukan di mana saja. Kini, layanan tebus obat juga dapat dilakukan sehingga pasien tak perlu mengantri di apotek untuk mendapatkannya. 

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

2. User Friendly

Mudah diakses dimanapun dengan mudah, membuat telemedicine lebih fleksibel dalam pemakaian. Cara ini dapat menjangkau layanan kesehatan di seluruh Indonesia. Keunggulan yang didapatkan oleh penggunanya yaitu layanan berbasis interface yang ringan, minimalis serta memiliki bandwith kecil.

3. Rujukan Cepat

Pertukaran data dilakukan dalam hitungan menit, sehingga mudah untuk mencari dokter. Dokter ahli yang dibutuhkan, akan dihubungkan cepat dengan pasien. Menemukan dokter spesialis lebih mudah dan tepat secara online

4. Laporan Akurat

Terhubung dari layanan kesehatan satu ke layanan kesehatan lainnya untuk mempermudah pertukaran data. Data akan dikirimkan dan langsung diterima oleh orang yang dituju. Sehingga laporan yang diterima dan data yang diproses lebih akurat dan menjadi mudah, lebih cepat dan akurat. 

Cara Membangun Kepercayaan Pasien di Telemedicine

Kondisi saat ini memaksa dokter beralih ke pertemuan secara virtual dengan pasien, kecuali untuk penanganan dengan alat medis. Kini yang menjadi tugas bagi tenaga medis tak hanya menangani, namun juga membangun kepercayaan pasien sama seperti pertemuan secara langsung. Mempunyai empat elemen utama yang mampu membangun kepercayaan, berikut uraiannya. 

Jaminan Lifepack untuk Anda

1. Kompetensi

Penampilan serta latar belakang dokter menjadi poin yang harus ditampilkan di lingkungan virtual. Pastikan lingkungan terlihat formal, bersih serta profesional di depan kamera. Tidak memperlihatkan keraguan saat berbicara, karena keraguan yang muncul akan membuat lawan bicara menilai kurang kompeten daripada realitanya. Cara terbaik membuktikan kompetensi bukan dengan menceritakan pengalaman, namun bisa dengan mendengarkan empati. 

Fokus dengan apa yang diucapkan pasien tentang gejala yang dialami. Perhatikan kata kunci dari keterangan yang diucapkan oleh pasien. Konfirmasikan gejala yang dialami pasien dengan menekankan kata kunci dari ucapan pasien.

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

2. Logika

Jika dapat mengetahui, mengingat dan memikirkan masalah secara komprehensif dan logis, akan membuat pasien percaya.  Jika tidak ingat sepenuhnya, telemedicine memberikan kemudahan untuk melihat data rekam medis secara diam-diam tanpa diketahui pasien. Namun perlu diketahui, gerakan mata yang berlebihan dapat diketahui pasien saat sedang membaca. Lebih baik jika data di-share bersama dan melakukan konfirmasi data terhadap pasien. 

3. Empati

Pertemuan virtual tak dapat melakukan kontak fisik untuk menyampaikan empati pasien.  Namun empati dapat dilakukan dengan cara menggunakan isyarat verbal seperti “mmmhhmm” agar tidak terdapat jeda keheningan yang cukup lama dan membuat pasien mempunyai asumsi jika dokter tidak bersimpati. Gunakan bahasa yang dapat dimengerti pasien, jika mengharuskan memakai bahasa medis, sebaiknya diterjemahkan dengan bahasa yang dimengerti pasien. 

4. Menjadi Andal

Andal yang dimaksud dalam konteks ini yaitu muncul saat dibutuhkan pasien. Melihat telemedicine merupakan layanan yang siap dan mudah digunakan. Menjaga waktu kunjungan pasien dinilai penting untuk mengimbangi dengan jadwal yang telah terbentuk agar tidak bertabrakan. Saat pasien membutuhkan, dokter benar-benar siap untuk diandalkan sehingga kepercayaan pasien akan semakin meningkat.

Lifepack menyediakan layanan tebus obat dan konsultasi medis bagi dokter atau tenaga medis untuk meresepkan obat bagi pasiennya. Dokter dapat membuat resep elektronik atau mengunggah foto resep ke aplikasi. Obat pesanan langsung diantar ke rumah/lokasi pasien.

Jaminan Lifepack untuk Anda

Ditulis oleh: Hairun Nisa

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Referensi

Pertanyaan Seputar Lifepack

+

Apa itu Lifepack?

+

Apa yang membuat Lifepack berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Lifepack?

+

Berapa lama pengiriman obat saya?

+

Dokter spesialis apa saja yang tersedia di Lifepack?

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat Anda

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Konsultasi mobile Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Jaminan Lifepack untuk Anda

100% Obat Asli

Semua produk yang kami jual dijamin asli dan kualitas terbaik.

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS!

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Kebersihan Apotek Selalu Terjaga

Apoteker selalu dicek suhu badannya

Apoteker selalu menggunakan Sanitizer

Kemasan obat praktis dan aman

Pengiriman dilakukan tanpa kontak langsung

Artikel Terkait

jenis jenis apotek

Ternyata Ada Beberapa, Ini Jenis-jenis Apotek dan Pengertiannya

Telemedik   30/09/2022

Tak Usah Bingung, Cek Cara Tebus Obat di Apotek Bandung

Obat   28/07/2022
apotek terlengkap dan terdekat

5 Tips dan Trik Mencari Apotek Terlengkap dan Terdekat

Hidup Sehat   04/07/2022
apotek terlengkap di bandung

Daftar Apotek Terlengkap di Bandung

Telemedik   17/06/2022
apotek bandung

Apotek Modern Lifepack Akan Segera Hadir di Bandung

Telemedik   16/06/2022

Tebus Obat Tak Perlu Antre Lagi

Dapatkan atau Upload resep, obat siap dikirim ke lokasi Anda

Chat via Whatsapp

Respon Cepat, Jawaban Akurat

Download Aplikasi

Obat Dijamin Asli, Lengkap dan Murah

Pelajari Lebih Lanjut

Metode Pembayaran

metode pembayaran

Partner Pengiriman