fbpx
BerandaHidup SehatJenis Gangguan Delusi dan Pilihan Pengobatannya

Delusi adalah jenis gangguan mental yang dikenal dengan istilah psikosis. Psikosis itu sendiri ditandai dengan ketidaksinambungan antara pikiran, imajinasi, emosi, dan realita. Jadi, seorang penderita delusi sering memiliki pengalaman yang jauh dari keyakinan. Ia selalu meyakini hal-hal tidak nyata dan tidak sesuai dengan keadaan sebenarnya. Walaupun sudah terbukti jika apa yang diyakini penderita berbeda dengan realita sekalipun, ia tetap teguh pada pemikirannya.

Jenis Gangguan Delusi dan Pilihan Pengobatannya

Jenis-jenis Delusi

Delusi yang dialami oleh setiap penderita bisa berbeda-beda. Delusi yang sering dialami yaitu delusi paranoia. Selengkapnya, simak jenis-jenis delusi dibawah ini.

Delusi Keagungan (Grandiose delusion)

Seorang penderita delusi keagungan umumnya memiliki rasa keberhargaan diri, kekuatan, identitas, dan pengetahuan yang berlebihan. Ia merasa dirinya telah menemukan sesuai yang luar biasa atau kemampuan unik. Dirinya juga percaya bahwa dirinya memiliki koneksi dengan orang-orang penting. Pada kasus tertentu, penderita delusi keagungan percaya jika dirinya adalah orang terkenal atau pemimpin dari suatu sekte agama tertentu.

Delusi Somatik

Penderita delusi somatik merasa dirinya memiliki kecacatan pada bagian tubuh atau kondisi medis tertentu. Bahkan, penderita terkadang merasakan disfungsi fisik tertentu.

Delusi Erotomanik (Erotomanic delusion)

Penderita delusi erotomanik merasa dirinya dicintai oleh orang tertentu. Biasanya, orang yang dianggap menyukai dirinya adalah orang penting atau terkenal. Bahkan, penderita akan berusaha mendekati hingga menguntit orang-orang yang dianggap mencintainya.

Delusi Paranoia (Paranoia/persecutory delusion)

Seorang penderita paranoia merasa dirinya tidak diperlakukan dengan benar, sedang diintai, atau ada seseorang yang berniat melukainya. Penderita tidak percaya pada orang-orang sekitarnya dan sering merasa cemas atau takut. Terkadang, penderita akan mengisolasi diri dan menghubungi pihak berwajib.

Jaminan Lifepack untuk Anda

Delusi Kecemburuan

Penderita delusi kecemburuan sering merasa bahwa pasangannya selingkuh atau tidak jujur padanya. 

Delusi Campuran

Seorang penderita delusi campuran berarti mengalami lebih dari satu jenis delusi.

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Delusi vs. Halusinasi

Seringkali orang tertukar istilah antara delusi dan halusinasi. Sebenarnya, apakah perbedaan diantara keduanya? Delusi merupakan suatu kepercayaan penderita yang kuat dan tidak sesuai dengan kenyataannya. Penderita tidak bisa membedakan antara kenyataan dan imajinasi. Sedangkan halusinasi merujuk pada persepsi yang tidak nyata, seperti melihat, merasakan, mendengar, mencium, dan mengecap sesuatu yang tidak nyata. Halusinasi adalah gejala ketika indra seseorang mengalami hal-hal yang tidak nyata. Dari penjelasan tersebut, delusi dan halusinasi sama-sama kondisi dimana penderita mengalami hal yang tidak nyata.

Penyebab Delusi

Delusi merupakan penyakit mental yang dipengaruhi oleh beberapa faktor risiko diantaranya:

Genetik

Seperti halnya skizofrenia, gangguan delusi bisa terjadi pada seseorang yang memiliki anggota keluarga dengan riwayat yang sama. Sangat mungkin delusi diturunkan dari orangtua terhadap anaknya.

Biologis

Delusi juga mungkin terbentuk ketika bagian otak untuk berpikir (lobus frontal) dan persepsi (lobus parietal) mengalami gangguan, seperti tumbuhnya tumor otak.

Jaminan Lifepack untuk Anda

Lingkungan atau Psikologis

Gangguan delusi bisa dipicu oleh stres berlebih perilaku berisiko, seperti penyalahgunaan narkotika. Seseorang yang kesepian dan terisolasi karena cacat indera pendengaran dan penglihatan juga mungkin mengalami delusi.

Pengobatan Delusi

Seorang penderita delusi harus mendapatkan pengobatan yang tepat. Tanpanya, kemungkinan besar pasien akan terancam sepanjang hidupnya. Meskipun tidak sebaik skizofrenia dalam hal efektivitas pengobatan delusi, namun langkah ini berpotensi mencapai pemulihan sepenuhnya atau 50% kasus gejalanya berkurang. Meskipun derajatnya tidak separah skizofrenia, seringkali penderita delusi menolak pengobatan. Padahal, seiring tertundanya pengobatan delusi, penderita akan mengalami gejala yang lebih parah. 

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Berikut adalah pilihan pengobatan untuk gangguan delusi.

Pengobatan Farmakologi

Pengobatan antipsikotik dapat mengurangi dan terkadang menghilangkan delusi pasien. Pengobatan ini juga berpotensi mengurangi gejala gangguan mental, seperti kecemasan, mudah marah, dan gangguan tidur. Untuk menghindari efek samping pengobatan farmakologi, dosis akan dimulai dari tingkat rendah dengan pengawasan dokter. Kemudian, dosis akan dititrasi perlahan untuk menghindari kecurigaan pasien terhadap dokter. 

Pada pengobatan ini, diperlukan hubungan yang baik antara pasien dan dokter. Kebanyakan, pasien menolak pengobatan. Dengan kepercayaan yang diperoleh dari pasien dan hubungan yang baik, maka perlawanan dari pasien dalam pengobatan akan berkurang. Pada akhirnya, walaupun pasien tidak menyadari dirinya mengalami delusi, namun tetap patuh terhadap saran dokter untuk mengonsumsi obat.

Psikoterapi

Psikoterapi sebaiknya dilengkapi dengan pengobatan farmakologi untuk mendapatkan efek yang baik. Terapis akan berusaha menghindari konfrontasi dengan pasien terkait isi delusi dan akan merefleksikan kenyataan pada waktu yang tepat. 

Jaminan Lifepack untuk Anda

Saat menghadapi pasien yang keras kepala, dokter akan membantu mengarahkan pasien ke kehidupan yang lebih bahagia dan membiarkannya hidup dengan damai dalam delusinya. Dokter juga akan mencoba memahami kebencian, ketidakberdayaan, dan rasa malu pada diri pasien, kemudian membantu menyelesaikan rasa frustasinya. Dalam waktu yang bersamaan, dokter akan mengajari pasien bagaimana cara mengatasi krisis dengan cara yang positif saat tekanan tiba-tiba dihadapi.

Demikian informasi seputar jenis gangguan delusi dan pilihan pengobatannya. Karena tergolong ke dalam obat keras, obat-obatan untuk membantu penderita gangguan kejiwaan hanya bisa didapatkan melalui konsultasi dokter dengan obat resep. Dapatkan informasi dan kebutuhan kesehatan Anda hanya di Apotek Lifepack.

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Ingin konsultasi dokter dan tebus obat resep?

Nikmati kemudahan konsultasi GRATIS dengan tim dokter berpengalaman Apotek Lifepack. Sampaikan keluhan dan kebutuhan obat Anda langsung ke dokter kami melalui WhatsApp di nomor 0811 1062 5888 atau melalui link berikut.

Dengan layanan digital Apotek Lifepack yang telah terintegrasi, Anda tidak perlu lagi antre ketika menebus resep obat. Apoteker kami akan membantu memvalidasi resep Anda. Layanan tebus resep akan sangat membantu kebutuhan obat rutin pasien kronis.

Apa Itu Apotek Lifepack?

Apotek Lifepack menyediakan beragam obat bebas, obat rutin, suplemen, hingga alat kesehatan dengan harga hemat, produk original berlisensi BPOM, dan gratis ongkir se-Indonesia. Layanan Lifepack tersedia secara online maupun offline. Dapatkan konsultasi dokter gratis dan program prioritas obat rutin secara khusus di layanan online kami. 

Kunjungi juga apotek offline kami di berbagai kota besar. Jakarta di alamat Infinia Park, Jl. Dr. Saharjo No.45, Manggarai, Tebet. Sedangkan Surabaya di Jl. Raya Manyar 11 F, Menur Pumpungan. Untuk warga Bandung, Anda juga bisa membeli obat di Apotek Lifepack Bandung di Jl. Abdul Rahman Saleh Nomor 1A Ruko D, Cicendo. Nantikan kehadiran Apotek Lifepack di kota-kota besar Indonesia lainnya.

Jaminan Lifepack untuk Anda

Jangan ragu juga untuk hubungi WhatsApp di nomor 0811 1062 5888 untuk beli obat, tebus resep, layanan konsultasi, dan lain-lainnya. Tim Asisten Apoteker kami akan membalas pesan Anda pada jadwal operasional, yaitu hari Senin – Minggu, pukul 07.00 – 23.00. Dapatkan informasi Apotek Lifepack lebih lanjut di sini.

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Pertanyaan Seputar Lifepack

+

Apa itu Lifepack?

+

Apa yang membuat Lifepack berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Lifepack?

+

Berapa lama pengiriman obat saya?

+

Dokter spesialis apa saja yang tersedia di Lifepack?

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat Anda

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Konsultasi mobile Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Jaminan Lifepack untuk Anda

100% Obat Asli

Semua produk yang kami jual dijamin asli dan kualitas terbaik.

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS!

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Kebersihan Apotek Selalu Terjaga

Apoteker selalu dicek suhu badannya

Apoteker selalu menggunakan Sanitizer

Kemasan obat praktis dan aman

Pengiriman dilakukan tanpa kontak langsung

Artikel Terkait

cara mencegah penyakit kronis

Cara Mencegah Penyakit Kronis dengan Gaya Hidup Sehat

Hidup Sehat   23/01/2023
olahraga pengidap diabetes

Olahraga Pengidap Diabetes: Apa Manfaatnya dan Apa Jenis Olahraga yang Bagus?

Diabetes   14/12/2022
komunitas penyakit kronis

Daftar Komunitas Penyakit Kronis: Hipertensi, Diabetes, TBC, dan Banyak Lagi

Hidup Sehat   06/12/2022
komunitas hipertensi indonesia

Daftar Komunitas Hipertensi Indonesia, Beserta Manfaatnya!

Hidup Sehat   05/12/2022
komunitas stroke

Cek Daftar Komunitas Stroke Indonesia, Ayo Gabung!

Hidup Sehat   28/11/2022

Tebus Obat Tak Perlu Antre Lagi

Dapatkan atau Upload resep, obat siap dikirim ke lokasi Anda

Chat via Whatsapp

Respon Cepat, Jawaban Akurat

Download Aplikasi

Obat Dijamin Asli, Lengkap dan Murah

Pelajari Lebih Lanjut

Metode Pembayaran

metode pembayaran

Partner Pengiriman