fbpx
BerandaHidup SehatDurasi Anosmia pada Pasien COVID-19

Ditinjau oleh: dr. Amanda Ismoetia

anosmia

Hilangnya fungsi indera penciuman saat kondisi hidung dalam keadaan sehat (tidak mengalami sinus, pilek dan lainnya) . Kondisi ini tidak disadari sebagai sebuah gejala penyakit karena tidak mengganggu aktivitas. Gejala ini muncul terkadang tidak dibarengi atau dibarengi dengan gejala lain seperti demam. Segera periksakan ke dokter jika ciri-ciri anosmia mulai menyerang. 

Penyebab Anosmia

Hilangnya penciuman dapat disebabkan beberapa hal, di antaranya:

1. Flu

Flu disebabkan oleh virus yang akan menginfeksi organ saluran pernapasan. Hidung akan mengeluarkan lendir sangat banyak dan kurang peka saat mencium bau. Namun kondisi ini akan pulih saat hidung dan saluran pernapasan lainnya kembali normal.

2. Sinusitis

Sinusitis yang terlalu akut akan mengalami peradangan di daerah hidung, bahkan pembengkakan. Pembengkakan yang terjadi dapat mengganggu kemampuan mencium seseorang. Namun kondisi ini tidak menghilangkan sepenuhnya  kemampuan mencium bau.

3. Polip Hidung

Polip yang menyerang hidung  ini cukup mengganggu pernapasan. Indera penciuman akan menghilang saat menderita penyakit ini. Jika dapat sembuh, organ pernapasan akan kembali normal.

Jaminan Lifepack untuk Anda

4. COVID-19

Penyakit lain yang menyebabkan hilangnya indera penciuman yaitu COVID-19. Gejala umum yang terkadang disertai seperti demam, batuk kering serta kelelahan. Gejala yang paling umum terjadi karena virus ini paling banyak masuk melalui kulit yang ada di muka dan bagian luar lainnya. 

Ciri-Ciri Anosmia

Sebelum seseorang memutuskan kondisi yang dialami adalah gejala hilang kemampuan mencium, maka perlu diketahui adanya gejala yang timbul menyertainya. Berikut uraiannya.

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

  1. Tidak peka terhadap bau menyengat dan kadang disertai hilangnya indera perasa.
  2. Hidung dalam keadaan baik (tidak mampet karena pilek, atau karena penyakit lain yang menyumbat lubang hidung.
  3. Mulai hilang nafsu makan namun masih bisa makan dengan baik meski tanpa mencium dan merasa.
  4. Penurunan berat badan yang terjadi berkaitan dengan hilangnya nafsu makan.

Anosmia COVID-19

Gejala neurologis paling pertama yang akan dirasakan pada pasien COVID-19. Gejala ini lebih mudah untuk memprediksi terserangnya COVID-19 daripada gejala lain seperti demam, batuk kering dan lainnya. Kerangka hidung dengan atas melingkar, membuat partikel apapun yang masuk melaluinya akan menabrak bagian atas dan menempel di tempat tersebut. 

Virus Corona mengurangi kemampuan mencium pada organ penciuman terjadi secara tidak langsung. Virus akan mempengaruhi fungsi sel pendukung, tidak langsung pada sirkuit pernapasan. Gejala ini tidak terjadi secara terus-menerus selama terjangkit COVID-19. Saat sembuh dari COVID-19, saraf penciuman tidak perlu dibangun atau diperbaiki dari awal. 

Infeksi virus COVID-19 dan virus lainnya  yang menyerang indera penciuman dan mengganggu pernapasan akan memiliki gejala yang berbeda. Perbedaan paling mencolok yaitu pada virus lain, hidung akan tersumbat. Sedangkan pada COVID-19 kehilangan penciuman tanpa adanya sumbatan pada hidung. 

Meski tak mengganggu aktivitas setiap harinya, namun lebih rentan mengganggu kesehatan masyarakat. Berakibat pada psikologi penderitanya yang mampu merembet ke masalah sosial. Gejala  ini lebih susah disembuhkan daripada gejala lain pada COVID-19.

Jaminan Lifepack untuk Anda

Durasi Waktu Anosmia Pasien COVID-19

Pulihnya indera penciuman pada pasien COVID-19 akan berbeda-beda pada setiap orang. Banyak yang sembuh dan dapat mencium dengan normal saat minggu kedua hingga ketiga dari awal papan COVID-19. Tercatat, pemulihan indera penciuman paling lama berlangsung hingga enam bulan sejak  terpapar virus. 

Gejala hilangnya penciuman yang berlangsung lama hingga berbulan-bulan ini dinamakan Parosmia. Hilangnya kemampuan ini tergolong gejala ringan. Dengan neuron sensorik yang lambat laun secara bertahap akan kembali ke semula. Pentingnya menghitung pertama gejala ini muncul sehingga dapat langsung didiagnosis. 

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Perawatan hilangnya indera penciuman dapat dilakukan dengan mencuci hidung hingga bersih. Dapat disemprotkan cairan khusus hidung. Jika terdapat penyakit lain yang mengganggu hidung segera atasi dengan periksa ke dokter. Beberapa dokter akan merekomendasikan obat steroid hidung untuk membantu penyembuhannya. 

Steroid merupakan obat anti radang yang diformulasikan seperti obat semprot sehingga mudah digunakan. Obat  semprot ini juga memiliki sedikit resiko. Obat ini akan bereaksi setelah beberapa hari pemakaian. Hati-hati saat menggunakannya, karena obat ini rentan salah penerapan. Terkadang melesat ke tenggorokan pasien. Pahami dengan cermat cara menggunakannya agar obat  dapat berfungsi secara optimal. 

Beberapa peneliti menganjurkan cara terbaik menangani Anosmia dengan perawatan. Seringnya latihan penciuman terhadap bau-bau menyengat. Jangan lupa konsumsi Youvit Multivitamin Adult 7 days (Rp91.800) yang dapat membantu meringankan gejala dengan memelihara daya tahan tubuh Anda. Pelatihan mencium dapat dimulai dari benda-benda yang ada di rumah dengan wewangian yang berbeda. Pilih bau yang wangi agar tidak pusing dan menyebabkan mual saat pelatihan berhasil.

Konsultasi gratis dengan dokter umum dan beli obat rutin. Download aplikasi Lifepack di Playstore dan Appstore, apotek online untuk tebus resep obat. Solusi berobat bebas antri. Asli, Lengkap, Mudah.

Jaminan Lifepack untuk Anda

Ditulis oleh: Hairun Nisa

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Referensi

Pertanyaan Seputar Lifepack

+

Apa itu Lifepack?

+

Apa yang membuat Lifepack berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Lifepack?

+

Berapa lama pengiriman obat saya?

+

Dokter spesialis apa saja yang tersedia di Lifepack?

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat Anda

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Konsultasi mobile Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Jaminan Lifepack untuk Anda

100% Obat Asli

Semua produk yang kami jual dijamin asli dan kualitas terbaik.

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS!

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Kebersihan Apotek Selalu Terjaga

Apoteker selalu dicek suhu badannya

Apoteker selalu menggunakan Sanitizer

Kemasan obat praktis dan aman

Pengiriman dilakukan tanpa kontak langsung

Artikel Terkait

komunitas stroke

Cek Daftar Komunitas Stroke Indonesia, Ayo Gabung!

Hidup Sehat   28/11/2022
omunitas jantung sehat

Gabung ke Komunitas Jantung Sehat, Dapat Apa Saja?

Hidup Sehat   28/11/2022
komunitas kanker Indonesia

Dukung Perjuangan Sembuh, Ini 5 Manfaat Bergabung Komunitas Kanker Indonesia

Hidup Sehat   24/11/2022
diet untuk penyakit sirosis hepatis

6 Tips Diet untuk Penyakit Sirosis Hepatis

Hidup Sehat   07/11/2022
diet pada penyakit kanker

Cukupi Energi dan Nutrisi, Ini Anjuran Diet pada Penyakit Kanker

Hidup Sehat   07/11/2022

Tebus Obat Tak Perlu Antre Lagi

Dapatkan atau Upload resep, obat siap dikirim ke lokasi Anda

Chat via Whatsapp

Respon Cepat, Jawaban Akurat

Download Aplikasi

Obat Dijamin Asli, Lengkap dan Murah

Pelajari Lebih Lanjut

Metode Pembayaran

metode pembayaran

Partner Pengiriman