fbpx
BerandaHidup SehatKenali Tanda Infeksi Virus Corona pada Mata

Masuknya virus ke dalam tubuh manusia dan menginfeksi sel-sel dalam tubuh manusia dapat menimbulkan penyakit. Komponen dalam virus berupa DNA atau RNA masuk dan berkembang biak dalam sel tubuh. Perbanyakan virus ini yang nantinya akan menimbulkan penyakit, salah satunya infeksi virus Corona. Infeksi virus umumnya dapat menular melalui berbagai media penularan. 

infeksi-virus-corona

Gejala Terinfeksi Virus

Gejala yang  ditimbulkan berbeda-beda sesuai dengan jenis virus yang menginfeksinya. Organ yang diinfeksi berbeda, maka gejala yang ditimbulkan juga berbeda. Gejala paling  umum akibat terinfeksi virus yaitu demam. Gejala ini dapat dapat ditangani dengan penurun suhu tubuh

Gejala terinfeksi seringnya muncul secara mendadak dan berlangsung selama 1-2 minggu. Gejala lain akibat infeksi berupa batuk, nyeri tenggorokan, mual, diare, gangguan kulit. Jika gejala timbul pada satu organ tubuh yang sama, belum tentu penanganan yang dilakukan juga sama karena gejala yang ditimbulkan akan berbeda. 

Infeksi Virus Corona

Virus Corona menginfeksi  tubuh dengan masuk ke dalam sel-sel sehat lalu berkembangbiak. Protein virus akan menempel pada reseptor sel terutama di sel paru-paru. Protein masuk melalui reseptor ACE2 lalu mengambil alih fungsi sel-sel tubuh yang sehat. penularan virus terjadi dari sel organ yang terkena percikan batuk, bersin, ataupun uap napas  dari orang yang terinfeksi. 

Droplet ini sebagai media perjalanan virus menuju ke tenggorokan. Setelah berlangsung hingga dua minggu, kekebalan tubuh akan merespon dengan menunjukkan gejala seperti demam, sesak napas, batuk, kelelahan, menggigil, sakit tenggorokan, hilangnya indera penciuman dan indera perasa dan gejala lainnya. 

Sesak napas terjadi karena virus masuk ke organ tersebut lalu terjadi peradangan. Hal ini menimbulkan infeksi pada alveoli (kantung kecil udara) sebagai tempat bertukarnya oksigen dan karbondioksida. Maka dari itu, pernapasan mulai sulit karena tempat pertukaran udara terganggu. 

Jaminan Lifepack untuk Anda

Beberapa pasien COVID-19 memiliki kadar oksigen yang rendah, namun tidak timbul gejala sesak napas. Kemungkinan adanya tahapan penyakit yang membuat virus mengubah keseimbangan hormon dengan mengatur tekanan darah. Pembuluh darah menjadi sempit sehingga oksigen yang diterima sedikit. Jatah oksigen yang diterima diakibatkan oleh pembuluh darah yang sempit, bukan adanya penyumbatan pada alveoli

Tanda Virus Corona Menginfeksi Mata

Corona dapat menginfeksi bagian mata yang berwarna putih atau bagian dalam kelopak mata. Timbul gejala seperti mata mulai memerah, membengkak, lalu rasa gatal mulai menyerang mata. Gejala seperti ini tak hanya disebabkan oleh COVID-19, namun juga virus lainnya. bahkan infeksi mata juga dapat disebabkan oleh alergi hingga bakteri. 

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Saat muncul gejala seperti yang telah disebutkan disertai dengan batuk dan demam, segera periksakan ke dokter. Hindari menyentuh wajah terutama mengucek mata, hidung dan mulut untuk menghindari infeksi virus. Jika terjadi gejala lebih serius seperti berkurangnya kemampuan melihat, mata nyeri disertai mual dan sakit kepala hingga muntah, segera periksakan ke dokter.

Infeksi virus pada mata sesungguhnya dapat dicegah dengan cara mengenakan lensa kontak, memakai kacamata dan hindari mengucek mata. Kacamata sekaligus pelindung muka dapat membantu menghindari tetesan air dari mata hingga pernapasan. Hindari menggosok mata, jika mata gatal, cukup kedipkan berkali-kali atau teteskan air bersih untuk meredakan rasa gatal. 

Selain itu lakukan juga protokol kesehatan seperti biasa untuk mencegah penularan COVID-19. jangan lupakan 3 M. Menjaga jarak mencuci tangan dan masker.

Ciri-Ciri Virus Corona di Mata (Conjunctivitis)

Mata juga Memiliki selaput lendir yang  memiliki potensi penularan virus Corona di mata. Ciri-ciri virus Corona yang telah menyerang mata sebagai berikut.

Jaminan Lifepack untuk Anda

1. Sensitif Cahaya

Pasien lebih peka terhadap cahaya atau dinamakan fotofobia. Lingkungan yang  terlalu terang akan mengganggu penglihatan pasien dan menimbulkan ketidaknyamanan dalam melihat. Terkadang, gejala ini dibarengi dengan sakit kepala yang berdenyut-denyut saat di lingkungan dengan cahaya terang.

2. Rasa Gatal

Mata mulai merasakan gatal, perih dan kering karena lendir yang membantu pergerakan bola mata telah terinfeksi. Gejala ini semakin diperparah dengan adanya alergi pada mata. Mata terasa seperti terbakar dengan adanya rasa gatal  dan perih yang bercampur. Gejala lain yang tampak seperti kondisi mata yang memerah serta membengkak. 

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

3. Mata Merah

Konjungtivitis merupakan infeksi pada bagian konjungtiva mata (selaput tipis berwarna putih). Infeksi pada bagian ini menyebabkan mata berair, bengkak serta sering merasakan gatal. Perubahan warna di mata menjadi warna merah, ini juga dapat menjadi pertanda bahwa virus Corona telah menjangkiti jaringan konjungtiva pada mata. 

Jika gejala-gejala tersebut sudah mulai terlihat, maka perlu membatasi diri dari kegiatan di luar rumah. Jika terpaksa harus melakukannya, perlu adanya perlindungan khusus di bagian mata. 

Dapat menggunakan kacamata hitam untuk menghindari pantulan sinar matahari yang langsung mengenai mata. Tetap rajin merawat kebersihan mata dengan membilasnya menggunakan air bersih untuk menghindari infeksi virus Corona semakin banyak.Anda bisa menggunakan Rohto Cool Eye Drop 7 ml – 7 ml – Tetes Mata Membantu Menyegarkan Mata Kering dan Kemerahan (Rp31.300).

Download aplikasi Lifepack di Playstore dan Appstore, apotek online untuk penuhi kebutuhan kesehatan.

Jaminan Lifepack untuk Anda

Ditulis oleh: Hairun Nisa

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Referensi

Pertanyaan Seputar Lifepack

+

Apa itu Lifepack?

+

Apa yang membuat Lifepack berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Lifepack?

+

Berapa lama pengiriman obat saya?

+

Dokter spesialis apa saja yang tersedia di Lifepack?

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat Anda

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Konsultasi mobile Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Jaminan Lifepack untuk Anda

100% Obat Asli

Semua produk yang kami jual dijamin asli dan kualitas terbaik.

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS!

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Kebersihan Apotek Selalu Terjaga

Apoteker selalu dicek suhu badannya

Apoteker selalu menggunakan Sanitizer

Kemasan obat praktis dan aman

Pengiriman dilakukan tanpa kontak langsung

Artikel Terkait

komunitas kanker Indonesia

Dukung Perjuangan Sembuh, Ini 5 Manfaat Bergabung Komunitas Kanker Indonesia

Hidup Sehat   24/11/2022
diet untuk penyakit sirosis hepatis

6 Tips Diet untuk Penyakit Sirosis Hepatis

Hidup Sehat   07/11/2022
diet pada penyakit kanker

Cukupi Energi dan Nutrisi, Ini Anjuran Diet pada Penyakit Kanker

Hidup Sehat   07/11/2022
diet penyakit tbc

Bantu Proses Penyembuhan, Cek Diet Penyakit TBC Berikut

Hidup Sehat   06/11/2022
diet penyakit saluran cerna bawah

Ini Diet Penyakit Saluran Cerna Bawah: Konstipasi, Diare, Seliak, dan lain-lain

Hidup Sehat   06/11/2022

Tebus Obat Tak Perlu Antre Lagi

Dapatkan atau Upload resep, obat siap dikirim ke lokasi Anda

Chat via Whatsapp

Respon Cepat, Jawaban Akurat

Download Aplikasi

Obat Dijamin Asli, Lengkap dan Murah

Pelajari Lebih Lanjut

Metode Pembayaran

metode pembayaran

Partner Pengiriman