fbpx
BerandaHidup SehatObat Rutin Pasien Penyakit Kronis setelah Vaksin COVID-19

Ditinjau oleh: dr. Irma Lidia

obat-rutin

Pemberian vaksin COVID-19 kini mulai dilakukan di berbagai wilayah di Indonesia. Masyarakat kini bisa mulai merasa tenang dengan adanya distribusi vaksin yang semakin merata. Namun, muncul pertanyaan bagaimana dengan para penderita penyakit kronis yang mengonsumsi obat rutin? Amankah untuk mendapatkan vaksin dan bolehkah minum obat rutin setelah vaksin?

Penderita penyakit kronis bisa menanggung risiko yang lebih besar saat terpapar virus COVID-19. Itulah mengapa golongan orang dengan penyakit kronis juga sangat disarankan menerima vaksin. Berikut akan dibahas bagaimana konsumsi obat yang harus mereka lakukan untuk mengatasi penyakit kronis yang diderita setelah vaksin.

Tentang Vaksin COVID-19

Merebaknya virus COVID-19 harus dikendalikan agar masyarakat bisa menjalani kehidupan seperti sedia kala. Cara pengendalian yang paling efektif adalah lewat pemberian vaksin. Vaksin COVID-19 adalah senjata yang bisa dipakai untuk mengakhiri pandemi ini.

Pemberian vaksin kini telah dilakukan di berbagai negara termasuk Indonesia. Ada beberapa jenis vaksin yang diberikan mulai dari Moderna, Sinopharm, Sinovac, Pfizer-BioNTech, Novavax, juga vaksin produksi Bio Farma. Semua jenis vaksin ini memiliki tujuan yang sama yaitu membentuk kekuatan tubuh terhadap serangan virus COVID-19. 

Pasien Penyakit Kronis

Semua lapisan masyarakat sebaiknya menerima vaksin untuk mencegah penularan virus semakin meluas. Termasuk kelompok masyarakat yang menderita penyakit kronis. Apalagi di Indonesia ini angka penderita penyakit kronis tergolong tinggi. Berikut adalah beberapa jenis penyakit kronis yang ada di sekitar kita.

Jaminan Lifepack untuk Anda

  • Hipertensi
  • Diabetes
  • Stroke
  • Jantung koroner
  • Gagal ginjal kronis

Penyakit kronis itu sendiri adalah kondisi gangguan kesehatan yang berlangsung dalam jangka waktu lama. Kondisi ini jauh lebih kompleks dari penyakit akut yang terjadi dalam waktu singkat. Biasanya pasien dengan penyakit kronis akan mengalami penurunan kondisi fisik secara bertahap.

Pasien dengan penyakit kronis harus mengonsumsi obat secara rutin. Obat-obatan yang dikonsumsi oleh penderita penyakit kronis akan membantu meningkatkan kualitas hidup. Misalnya pada penderita hipertensi, konsumsi obat harus dilakukan rutin untuk mengendalikan tekanan darah. 

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Penyakit Kronis dan Obat Rutin yang Dikonsumsi

Ada begitu banyak jenis obat yang termasuk ke golongan obat konsumsi rutin. Setiap jenis penyakit kronis membutuhkan tipe obat yang berbeda sesuai dengan fungsinya. Berikut adalah beberapa jenis penyakit kronis beserta obat rutin yang dikonsumsi.

1. Hipertensi

Pasien hipertensi harus mengonsumsi obat yang bisa mengendalikan tekanan darah. Obat yang dikonsumsi termasuk ke golongan angiotensin converting enzyme/ACE inhibitor seperti ramipril dan captopril. Pasien hipertensi juga bisa mengonsumsi obat bisoprolol golongan beta-blocker dan Amlodipine golongan calcium-channel.

2. Diabetes

Penderita diabetes juga tidak boleh melewatkan jadwal konsumsi obat. Jenis obat yang bisa dikonsumsi pasien diabetes adalah vildagliptin dan acarbose. Ada juga jenis obat golongan sulfonylurea seperti glimepiride dan gliclazide yang harus dikonsumsi setiap hari.

3. Strok

Pasien dengan penyakit stroke perlu mengonsumsi jenis obat yang lebih kompleks. Mulai dari obat penurun kolesterol, obat hipertensi, dan obat pengencer darah. Selain itu pasien stroke juga perlu mengonsumsi tPA atau tissue plasminogen activator setiap kali serangan terjadi.

Jaminan Lifepack untuk Anda

4. Jantung Koroner

Pasien yang memiliki penyakit jantung koroner juga wajib mengonsumsi obat secara rutin. Jenis obat yang dikonsumsi berupa obat penurun kolesterol seperti niasin dan statin. Kemudian pasien juga harus mengonsumsi aspirin sebagai pengencer darah, beta-blocker, serta nitrogliserin.

5. Gagal Ginjal Kronis

Pasien dengan penyakit gagal ginjal kronis perlu menerima beberapa jenis pengobatan harian. Obat yang bisa diberikan adalah obat hipertensi, penurun kolesterol seperti atorvastatin, dan obat anemia seperti suplemen eritropoietin

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Vaksin pada Pasien Penyakit Kronis

Bolehkah penderita penyakit kronis menerima vaksin? Pemberian vaksin pada pasien dengan penyakit kronis boleh dilakukan. Sebelum vaksin didistribusikan, telah ditemukan fakta bahwa pasien dengan penyakit kronis bisa menderita gejala yang lebih berat saat terpapar COVID-19. Bahkan risiko kematian bisa lebih meningkat pada penderita penyakit kronis.

Pemberian vaksin akan sangat membantu pasien dengan penyakit kronis untuk terhindar dari COVID-19. Namun, perlu dilakukan pemeriksaan menyeluruh sebelum dilakukan pemberian vaksin. Konsumsi obat juga bisa dilakukan agar kondisi fisik pasien siap untuk menerima vaksin. Baik saat pemberian dosis vaksin COVID-19 tahap pertama maupun kedua.

Menurut dr. Irma Lidia, tim dokter Lifepack, “Pada pasien pasien yang memiliki penyakit kronis dapat berkonsultasi dahulu dengan dokter  untuk persiapan vaksin dan minum obat-obatan rutinnya secara teratur juga sehingga pada saat dilakukannya vaksin, kondisinya lebih terkontrol dan dapat menerima vaksin dan hasil vaksin juga akan lebih optimal.”

Konsumsi Obat setelah Vaksin

Pasien dengan penyakit kronis diharuskan untuk mengonsumsi obat secara rutin. Lalu, setelah menerima vaksin apakah pasien bisa tetap mengonsumsi obat tersebut? Setelah menerima vaksin COVID-19, pasien tetap bisa mengonsumsi obat sesuai arahan dokter.

Jaminan Lifepack untuk Anda

Konsumsi obat pada penderita penyakit kronis nyatanya tidak akan memberikan pengaruh yang berarti terhadap pemberian vaksin. Beberapa jenis obat bisa menyebabkan menurunnya imunitas tubuh, namun tidak berpengaruh langsung terhadap vaksin yang disuntikkan.  

Penyakit kronis bukan halangan bagi seseorang untuk menerima vaksin COVID-19. Vaksin tetap dapat diberikan dengan pemeriksaan kesehatan menyeluruh sebelum penyuntikan. Konsumsi obat rutin tetap bisa dilakukan dengan pengawasan oleh tenaga kesehatan untuk mencegah munculnya reaksi yang tidak diharapkan.

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Lakukan rapid tes covid dari Lifepack mulai dari 200ribu. Rapid test adalah tes metode awal / screening yang menggunakan imunoglobulin dalam darah sebagai parameter untuk mengetahui apakah seseorang memiliki resiko terjangkit Covid19 atau tidak.

Ingin berkonsultasi lebih lanjut dengan dokter mengenai kesehatan? Unduh aplikasi Lifepack. Tebus resep obat, bebas antre. Tersedia melalui Google Play Store maupun App Store.

Ditulis oleh: Hairun Nisa

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Referensi

Pertanyaan Seputar Lifepack

+

Apa itu Lifepack?

+

Apa yang membuat Lifepack berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Lifepack?

+

Berapa lama pengiriman obat saya?

+

Dokter spesialis apa saja yang tersedia di Lifepack?

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat Anda

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Konsultasi mobile Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Jaminan Lifepack untuk Anda

100% Obat Asli

Semua produk yang kami jual dijamin asli dan kualitas terbaik.

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS!

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Kebersihan Apotek Selalu Terjaga

Apoteker selalu dicek suhu badannya

Apoteker selalu menggunakan Sanitizer

Kemasan obat praktis dan aman

Pengiriman dilakukan tanpa kontak langsung

Artikel Terkait

vaksin-hepatitis-b

Manfaat, Dosis, dan Efek Samping dari Vaksin Hepatitis B

Hidup Sehat   27/05/2021
pap-smear

Mengenal Pap Smear, Fungsi, Proses, serta Efek Sampingnya

Hidup Sehat   27/05/2021
mammogram-skrining

Mammogram Skrining: Upaya Pencegahan Kanker Payudara

Hidup Sehat   27/05/2021
pesan-obat-online

Kemudahan Pesan Obat Online di Tengah Pandemi

Hidup Sehat   24/04/2021
keunggulan-apotek-online

Beli Obat Makin Mudah, Ini 7 Keunggulan Apotek Online

Hidup Sehat   18/04/2021

Tebus Obat Tak Perlu Antre Lagi

Dapatkan atau Upload resep, obat siap dikirim ke lokasi Anda

Chat via Whatsapp

Respon Cepat, Jawaban Akurat

Download Aplikasi

Obat Dijamin Asli, Lengkap dan Murah

Pelajari Lebih Lanjut

Metode Pembayaran

Partner Pengiriman