fbpx
BerandaHidup SehatSebelum Vaksinasi, Ketahui Cara Kerja Vaksin Corona

Ditinjau oleh: dr. Irma Lidia
Pandemi yang masih belum berakhir, membuat semua orang masih terus harus waspada akan risiko infeksi virus Corona, dengan beragam jenis variannya. Selain dengan menjalankan protokol kesehatan, vaksinasi juga menjadi opsi terbaik untuk meningkatkan kekebalan tubuh, agar tak terinfeksi. Penasaran dengan cara kerja vaksin Corona di tubuh? Simak penjelasannya berikut ini.  

cara-kerja-vaksin-corona

Mengenal Vaksin Corona yang Digunakan di Indonesia 

Sebelum membahas mengenai cara kerja vaksin, baiknya Anda ketahui dulu apa saja jenis vaksin yang telah digunakan di Indonesia sejauh ini. Sejak program vaksinasi dilakukan mulai 13 Januari silam, ada 3 jenis vaksin yang telah digunakan di Indonesia, yakni Sinovac, AstraZeneca, dan Sinopharm.   

Ketiga jenis vaksin ini sebelumnya sudah direkomendasikan WHO, melalui daftar penggunaan darurat. Selain tiga jenis vaksin ini, ada tiga jenis vaksin lainnya yang sebelumnya sudah direncanakan untuk digunakan di Indonesia. Tiga jenis vaksin lainnya tersebut adalah Vaksin Merah Putih, Moderna, dan Pfizer Inc-BioNTech.  

Prosedur Pembuatan Vaksin

Layaknya vaksin lainnya, vaksin Corona dibuat melalui prosedur pembuatan vaksin yang sifatnya begitu intensif, untuk memastikan keamanannya saat digunakan. Tak hanya satu kali percobaan saja, namun dilakukan berkali-kali percobaan atas vaksin tersebut, untuk memastikan kelayakan dan keamanannya. Simak tahapan dalam pembuatan vaksin berikut ini. 

  1. Tahap Eksplorasi 

Fase atau tahapan yang paling awal sekali dilakukan dalam membuat vaksin adalah eksplorasi. Eksplorasi dilakukan dengan cara melakukan penelitian di laboratorium, dengan tujuan untuk mengidentifikasi antigen alami atau sintetis yang dapat mencegah suatu penyakit, dalam hal ini adalah Covid-19. Antigen merupakan benda asing yang dapat merangsang pembentukan antibodi.  

  1. Tahap Pra Klinis

Setelah antigen yang tepat berhasil ditemukan saat eksplorasi, maka dilanjutkan ke tahapan praklinis. Pada tahapan ini, vaksin akan diberikan pada hewan percobaan, untuk mengetahui efektivitas dan juga keamanannya. Pada tahapan ini juga, para peneliti akan mengkaji, kemungkinan vaksin menimbulkan efek samping tertentu saat digunakan. 

Jaminan Lifepack untuk Anda

  1. Tahap Uji Klinis I 

Pada tahap uji klinis 1, vaksin akan diberikan pada sekelompok kecil relawan. Pemberian vaksin pada kelompok ini ditujukan untuk mengetahui keamanan vaksin, mengkonfirmasi respons imun yang diberikan tubuh, serta menentukan dosis vaksin yang tepat. Relawan vaksin umumnya merupakan orang dewasa muda yang saat divaksin berada dalam kondisi sehat dan prima. 

  1. Tahap Uji Klinis II

Tahap uji klinis II dilakukan dengan memberikan vaksin pada ratusan relawan, untuk memantau lebih jauh, keamanan dan kemampuan vaksin untuk meningkatkan respons imun tubuh. Semua relawan yang terlibat memiliki karakter yang sama, seperti usia dan jenis kelaminnya, dengan kelompok orang yang nantinya akan divaksin.  

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

  1. Tahap Uji Klinis 3

Pada tahap uji klinis 3, vaksin diberikan pada relawan dengan jumlah ribuan atau lebih banyak dari sebelumnya, untuk mengetahui keefektifan vaksin dalam melindungi tubuh dari infeksi. Banyaknya jumlah relawan pada tahap uji klinis III ini, dimaksudkan untuk menguji keamanannya pada kelompok orang yang lebih banyak dan beragam. 

  1. Tahap IV 

Setelah berhasil lulus uji klinis 3, maka vaksin akan mendapatkan izin edar dan diberikan pada manusia. Terkait dengan vaksin Covid-19 sendiri, sudah ada 3 jenis vaksin yang dipergunakan secara luas di Indonesia hingga saat ini. Ketiga vaksin yang sudah digunakan tersebut adalah vaksin dengan merek Sinopharm, Sinovac, dan AstraZeneca

Cara Kerja Vaksin Corona dalam Tubuh 

Sebagai orang yang akan atau sudah menjalani vaksinasi, sudah sepatutnya Anda mengetahui bagaimana cara kerja vaksin Corona di dalam tubuh. Layaknya vaksin lainnya, vaksin Corona memuat virus penyebab infeksi yang sudah dimatikan atau dilemahkan. Ada juga vaksin yang memuat hanya sebagian kecil dari virus tersebut, seperti protein atau asam nukleatnya. 

Saat vaksin yang memuat virus Corona yang sudah mati atau dilemahkan ini disuntikkan ke tubuh, maka respons imun tubuh akan muncul. Dengan begini, maka tubuh sudah bisa mengenali virus Corona tersebut sebagai benda asing, sehingga harus dibasmi. Respons imun yang sama akan secara otomatis terjadi, saat virus Corona asli mencoba menginfeksi tubuh di kemudian hari. 

Jaminan Lifepack untuk Anda

Perlu diketahui juga bahwa munculnya efek samping ringan setelah menerima vaksin Corona merupakan hal yang wajar terjadi. Munculnya efek samping ringan seperti demam, sakitnya area tangan yang disuntik, serta sakit kepala, merupakan tanda bahwa vaksin sedang bekerja dan tubuh sedang membasmi virus Corona. Jadi jangan langsung panik saat efek samping itu muncul.  

Vaksin Corona ada banyak jenisnya, ada vaksin Corona yang berbahan baku virus yang sudah dimatikan, hingga vaksin Corona dari tembakau yang diambil proteinnya. Baiya Phytopharm, sebuah startup dari Fakultas Farmasi Universitas Chulalongkorn, Thailand, sedang mengembangkan vaksin Covid-19 berbasis tembakau.

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Daun tembakau diketahui memiliki potensi biofarmasi yang efisien. Antigen dapat diproduksi lebih cepat dan konsisten. Uji coba terhadap monyet dan tikus menunjukkan peningkatan kadar antibodi. Uji coba terhadap manusia dijadwalkan tahun 2022.

Namun, apa pun jenis vaksin Corona itu, cara kerja vaksin Corona tetap sama, yakni mengenalkan tubuh dengan si virus, sehingga nantinya saat virus asli mencoba menginfeksi, respons imun tubuh bisa melawannya.

“Walaupun sudah vaksin tetap lakukan prokes 5 m ( memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menjauhi kerumunan/keramaian, mengurangi mobilitas) karena antibodi perlu waktu untuk terbentuk dan karena belum terbentuk herd immunity,” tambah dr. Irma Lidia, tim dokter Lifepack.

Segera lakukan isolasi mandiri jika memiliki kontak erat dengan orang yang terinfeksi Covid-19 atau jika Anda baru sampai dari luar kota. Isoman A – Paket Multivitamin untuk Isoman (Rp217.399) akan membantu memelihara daya tahan tubuh Anda.

Jaminan Lifepack untuk Anda

Dengan Lifepack, Anda dapat menolong pasien tanpa rasa khawatir. Konsultasi dengan pasien jadi lebih aman dan nyaman dimana saja. Daftar sekarang dan rasakan kemudahan saat menolong pasien.

Ditulis oleh: Hairun Nisa

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Pertanyaan Seputar Lifepack

+

Apa itu Lifepack?

+

Apa yang membuat Lifepack berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Lifepack?

+

Berapa lama pengiriman obat saya?

+

Dokter spesialis apa saja yang tersedia di Lifepack?

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat Anda

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Konsultasi mobile Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Jaminan Lifepack untuk Anda

100% Obat Asli

Semua produk yang kami jual dijamin asli dan kualitas terbaik.

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS!

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Kebersihan Apotek Selalu Terjaga

Apoteker selalu dicek suhu badannya

Apoteker selalu menggunakan Sanitizer

Kemasan obat praktis dan aman

Pengiriman dilakukan tanpa kontak langsung

Artikel Terkait

hari lanjut usia internasional

Hari Lanjut Usia Internasional: Lansia Sehat, Wujudkan Hari Tua Sejahtera

Hidup Sehat   03/10/2022
hubungan demam berdarah dan trombositopenia

Hubungan Demam Berdarah dan Trombositopenia

Hidup Sehat   24/09/2022
pentingnya kesehatan seksual

Dari Emosi Hingga Fisik, Ini Pentingnya Kesehatan Seksual untuk Semua Usia

Hidup Sehat   03/09/2022

Nutrimax Nutri Kidz: Manfaat, Kandungan, Efek Samping

Ibu dan Anak   25/07/2022
konimex renovit

Konimex Renovit: Kandungan, Manfaat, dan Dosis

Hidup Sehat   23/07/2022

Tebus Obat Tak Perlu Antre Lagi

Dapatkan atau Upload resep, obat siap dikirim ke lokasi Anda

Chat via Whatsapp

Respon Cepat, Jawaban Akurat

Download Aplikasi

Obat Dijamin Asli, Lengkap dan Murah

Pelajari Lebih Lanjut

Metode Pembayaran

metode pembayaran

Partner Pengiriman