fbpx
BerandaHidup Sehat15 Efek Samping Vaksin AstraZeneca

Ditinjau oleh: dr. Irma Lidia
Berbagai jenis vaksin didistribusikan di seluruh pelosok negeri untuk membantu percepatan penanganan pandemi. Salah satunya adalah vaksin AstraZeneca yang juga menjadi salah satu bagian dari program vaksinasi pemerintah. Pemberian vaksin ini diharapkan mampu menghasilkan antibodi yang efektif untuk menangkal virus Corona. Manfaat vaksin Astrazeneca adalah untuk melindungi tubuh dari berkembangnya coronavirus di dalam tubuh menjadi gejala parah hingga kematian.

vaksin-astrazeneca

AstraZeneca telah melalui berbagai tahap uji coba sebelum didistribusikan kepada publik. Uji coba yang dilakukan memberikan hasil bahwa vaksin ini aman untuk digunakan. Meskipun begitu, tetap ada efek samping dari penggunaan vaksin ini. Kali ini akan dibahas apa saja efek samping yang bisa dirasakan oleh tubuh setelah dilakukan penyuntikan.

Efek Samping Umum Penyuntikan Vaksin AstraZeneca

Ada beberapa jenis efek samping yang mungkin muncul akibat penyuntikan AstraZeneca. Dimulai dari jenis efek samping yang paling umum terjadi. Berikut adalah beberapa efek umum penggunaan vaksin ini:

  • Sakit kepala
  • Nyeri pada bagian yang disuntik
  • Nyeri sendi
  • Mual
  • Demam
  • Kelelahan

Tanda-tanda ini sangat umum terjadi. Menurut penelitian, gejala-gejala umum ini ditemukan pada 1 dari 10 orang. Sementara itu ada juga gejala umum namun tidak terlalu banyak ditemui, kira-kira hanya 1 dari 100 orang. Gejala umum yang jarang terjadi ini di antaranya:

  • Diare
  • Muntah
  • Nilai trombosit rendah namun tidak ada gejala apapun

Apa yang harus dilakukan jika ditemui gejala umum seperti ini setelah menerima vaksin? Anda sangat disarankan untuk beristirahat untuk membantu meredakan gejala yang muncul. Konsultasikan kepada dokter jika gejala ini dirasa mengganggu kenyamanan Anda secara berlebihan.

Pada dasarnya tidak perlu merasa panik karena sebagian besar orang juga akan mengalami efek samping setelah vaksin. Pastikan untuk mendapatkan istirahat yang cukup demi menjaga kondisi tubuh. Anda juga harus memastikan tubuh dalam kondisi sehat sebelum menerima vaksinasi.

Jaminan Lifepack untuk Anda

Efek Samping Vaksin AstraZeneca yang Jarang terjadi

Selain efek samping umum ada juga gejala yang sangat jarang terjadi. Bisa dikatakan bahwa risiko kejadian efek samping ini hanya 1 dari 1000 orang yang menerima vaksin. Berikut adalah efek samping vaksin AstraZeneca yang jarang terjadi:

  • Penurunan nafsu makan
  • Vertigo
  • Terlalu mengantuk
  • Berkeringat
  • Pembengkakan kelenjar limfa
  • Ruam

Jika ditemukan gejala Astrazeneca ini maka segera konsultasikan kepada dokter. Setelah menerima vaksin biasanya akan didapatkan kartu vaksin lengkap dengan nomor telepon dokter yang bisa dihubungi saat terjadi efek samping vaksin Astrazeneca. Tak perlu merasa panik karena gejala-gejala ini tetap bisa ditangani dengan baik.

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Efek Samping Sangat Jarang Terjadi

Berikutnya adalah jenis efek samping yang sangat jarang terjadi dan tak perlu dikhawatirkan secara berlebihan. Efek samping tersebut adalah pengentalan darah dan kebocoran kapiler. Namun kondisi ini sangat jarang ditemui pada individu yang menerima AstraZeneca. 

Kemungkinan pengentalan darah memang ada namun tidak ditemui di banyak individu setelah vaksinasi. Biasanya kondisi pengentalan darah ini ditandai dengan adanya beberapa gejala sebagai berikut:

  • Kesulitan bernapas
  • Nyeri di perut dan dada
  • Pembengkakan di area kaki
  • Nyeri kepala yang berat
  • Pandangan mengabur
  • Perdarahan di beberapa bagian tubuh
  • Ruam di beberapa bagian kulit

Apabila Anda menemui gejala-gejala ini setelah pemberian vaksin maka jangan ragu untuk menghubungi dokter. Anda juga bisa langsung ke fasilitas kesehatan terdekat untuk menerima pertolongan. Namun tetaplah tenang agar penanganan gejala bisa dilakukan dengan mudah. 

Lalu bagaimana dengan kebocoran kapiler yang diketahui menjadi salah satu efek samping dari pemberian vaksin ini? Ingat, kondisi ini sangat jarang terjadi dan biasanya memang terjadi pada orang dengan riwayat capillary leak syndrome sebelumnya. Oleh sebab itu, jika Anda punya riwayat kondisi ini sebaiknya tidak mendapatkan vaksin AstraZeneca.

Jaminan Lifepack untuk Anda

Menyikapi Efek Vaksin AstraZeneca

Tidak bisa dipungkiri memang bahwa pemberian vaksin pasti akan mendatangkan efek samping. Apapun jenis vaksinnya pasti akan selalu ada efek samping yang muncul. Jenis efek samping masing-masing individu pun bisa saja berbeda tergantung kondisi tubuh. Jadi, jangan termakan berita mengenai efek samping yang dirasakan orang lain.

Pahami tubuh Anda sebelum menerima vaksin. Konsultasikan kepada dokter jika ada kondisi kesehatan khusus yang Anda alami. Pemeriksaan kesehatan atau observasi juga sangat penting untuk dilakukan sebelum vaksin. Itulah mengapa penting sekali untuk berpikir matang sebelum menerima suntikan vaksin.

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Haruskah takut menerima vaksin? Tentu saja tidak. Setiap jenis vaksin sudah menjalani uji coba dan telah dinyatakan aman. Setiap efek yang muncul sebenarnya adalah hal biasa sebagai respon dari tubuh terhadap virus yang masuk ke tubuh melalui vaksin. Tak perlu panik jika mengalami gejala tertentu, langsung saja hubungi dokter untuk mendapat pertolongan tepat.

Vaksin AstraZeneca menjadi salah satu pilihan vaksin yang disediakan oleh pemerintah. Jenis vaksin ini dinyatakan aman dan bisa membantu tubuh membentuk antibodi terhadap virus Corona. Tak ada salahnya untuk mengumpulkan informasi sebanyak mungkin mengenai vaksin ini agar tak lagi salah paham. Dapatkan bantuan dari tenaga kesehatan profesional agar lebih yakin menerima vaksin.

“Tetap lakukan prokes 5 m walaupun telah vaksin ( memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menjauhi kerumunan/keramaian, mengurangi mobilitas)” tambah dr. Irma Lidia, tim dokter Lifepack.

Lifepack adalah sistem konsultasi medis bagi dokter atau tenaga medis untuk meresepkan obat bagi pasiennya. Dokter dapat membuat resep elektronik atau mengunggah foto resep ke aplikasi. Obat pesanan langsung diantar ke rumah/lokasi pasien.

Jaminan Lifepack untuk Anda

Ditulis oleh: Hairun Nisa

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Pertanyaan Seputar Lifepack

+

Apa itu Lifepack?

+

Apa yang membuat Lifepack berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Lifepack?

+

Berapa lama pengiriman obat saya?

+

Dokter spesialis apa saja yang tersedia di Lifepack?

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat Anda

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Konsultasi mobile Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Jaminan Lifepack untuk Anda

100% Obat Asli

Semua produk yang kami jual dijamin asli dan kualitas terbaik.

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS!

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Kebersihan Apotek Selalu Terjaga

Apoteker selalu dicek suhu badannya

Apoteker selalu menggunakan Sanitizer

Kemasan obat praktis dan aman

Pengiriman dilakukan tanpa kontak langsung

Artikel Terkait

hari lanjut usia internasional

Hari Lanjut Usia Internasional: Lansia Sehat, Wujudkan Hari Tua Sejahtera

Hidup Sehat   03/10/2022
hubungan demam berdarah dan trombositopenia

Hubungan Demam Berdarah dan Trombositopenia

Hidup Sehat   24/09/2022
pentingnya kesehatan seksual

Dari Emosi Hingga Fisik, Ini Pentingnya Kesehatan Seksual untuk Semua Usia

Hidup Sehat   03/09/2022

Nutrimax Nutri Kidz: Manfaat, Kandungan, Efek Samping

Ibu dan Anak   25/07/2022
konimex renovit

Konimex Renovit: Kandungan, Manfaat, dan Dosis

Hidup Sehat   23/07/2022

Tebus Obat Tak Perlu Antre Lagi

Dapatkan atau Upload resep, obat siap dikirim ke lokasi Anda

Chat via Whatsapp

Respon Cepat, Jawaban Akurat

Download Aplikasi

Obat Dijamin Asli, Lengkap dan Murah

Pelajari Lebih Lanjut

Metode Pembayaran

metode pembayaran

Partner Pengiriman