fbpx
BerandaHidup SehatPenjelasan Lengkap Vaksin Inovio asal Amerika

Ditinjau oleh: dr. Irma Lidia
Berbagai lembaga medis dan penelitian telah berlomba-lomba untuk merilis jenis vaksin yang efektif melawan COVID-19. Salah satunya datang dari salah satu perusahaan bioteknologi dan layanan kesehatan di Amerika Serikat. Vaksin yang diberi nama vaksin Inovio ini bahkan telah diuji coba sejak awal tahun 2020 silam. Lalu, bagaimana perkembangannya dan apa yang bisa didapatkan dari vaksin ini?

vaksin-inovio

Jenis vaksin satu ini melalui proses pengembangan berdasarkan hasil kerja sama antara Inovio Pharmaceuticals Inc. dengan Bill & Melinda Gates Foundation. Mereka juga bekerja sama dengan Beijing Advaccine Biotechnology untuk merilis vaksin ini. Sayangnya, proses pengembangan Inovio tidak berjalan dengan lancar seperti yang diharapkan kita semua.

Pengujian Vaksin Inovio Sempat Dihentikan

Vaksin Inovio Amerika ini menggelar uji coba pra-klinik pada tanggal 3 Maret 2020 lalu. Kemudian uji coba kepada manusia dimulai pada bulan April 2020 dan rencana hasilnya bisa dilihat pada bulan September 2020. Sayangnya, pada bulan September pula diumumkan bahwa uji coba terhadap vaksin ini harus dihentikan. Tentu ada alasan kuat di balik pemberhentian uji coba tersebut.

Disebutkan bahwa pihak Inovio telah memberikan konfirmasi bahwa pemberhentian uji coba tersebut dilakukan bukan karena adanya masalah efek samping. Penyebabnya adalah adanya penangguhan dari pihak FDA. Meskipun diberhentikan namun bukan berarti uji coba tidak akan dilanjutkan kembali. 

Setelah diberhentikan untuk sementara karena ada kendala dari FDA, tidak ada kepastian lagi mengenai pengembangan vaksin ini. Pihak Inovio menyebutkan bahwa vaksin corona Inovio akan kembali dikembangkan pada pertengahan bulan Oktober. Hanya saja memang tidak ada kepastian mengenai berlanjutnya kembali pengerjaan vaksin ini. 

Vaksin Inovio Tertinggal dari Lainnya

Kehadiran vaksin Inovio pada awalnya menjadi harapan bagi masyarakat dunia. Dikembangkan oleh Amerika Serikat dan diprediksi memiliki tingkat efikasi yang tinggi, sayangnya vaksin ini tak menemui jalan yang mulus. Sejak diberhentikan proses pengembangannya karena ada kendala dengan FDA, vaksin ini tak lagi dijadikan harapan.

Jaminan Lifepack untuk Anda

Bahkan pemberhentian uji coba vaksin ini juga sempat membuat nilai saham Inovio jatuh sebanyak 25%. Sejak saat itu posisi vaksin ini tertinggal jauh dari vaksin-vaksin lain yang juga dikembangkan. Sebut saja Moderna, AstraZeneca, Sinovac, juga Pfizer yang kini telah didistribusikan kepada masyarakat.

Ketertinggalan Inovio ini tentu memberikan kerugian bagi berbagai pihak. Namun, pemerintah dari berbagai negara bekerja sama agar setiap warga bisa mendapatkan perlindungan vaksin jenis apapun. Di luar kerugian yang ditanggung oleh perusahaan, penyebaran beragam jenis tipe vaksin tetap menjadi kabar baik bagi dunia. 

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Berita Terbaru Vaksin Inovio

Saat ini dunia tengah mencapai titik dimana vaksin-vaksin didistribusikan dan diinjeksikan kepada masyarakat. Bahkan beberapa negara telah memenuhi target vaksinasi dan situasi bisa kembali normal. Sementara itu kabar keberlanjutan Inovio ternyata tak berkembang baik.

Di saat jenis-jenis vaksin lain sudah diinjeksikan, pemerintah Amerika Serikat justru menghentikan pendanaan studi akhir pengujian vaksin ini. Alasan utama penghentian tersebut adalah ketersediaan vaksin resmi di sana telah mencapai target. Hal ini menyebabkan Inovio dinilai tak lagi diperlukan sehingga aliran dana untuk pengujian terakhir bisa dihentikan.

Sementara itu di Amerika Serikat sendiri telah dilakukan distribusi vaksin untuk jenis Pfizer, Moderna, serta vaksin produksi Johnson & Johnson. Meskipun menyatakan akan menghentikan aliran dana untuk uji akhir vaksin, namun pemerintah AS masih mendanai uji coba tahap menengah. Saat ini Inovio memang tengah melanjutkan uji coba tahap menengah vaksin dan masih didukung oleh pemerintah AS.

Target Varian Baru

Pihak Inovio tentu dirugikan dengan dihentikannya dukungan dana dari pemerintah ini. Namun, telah disebutkan bahwa Inovio akan terus melanjutkan proses pengembangan vaksin. Uji coba tahap akhir tetap akan dilanjutkan agar vaksin ini bisa didistribusikan kepada masyarakat. Khususnya bagi masyarakat yang belum menerima jenis vaksin apapun.

Jaminan Lifepack untuk Anda

Meskipun sudah tertinggal dari tipe-tipe vaksin yang lain, Inovio berharap vaksin yang mereka kembangkan tetap akan menjadi solusi bagi masyarakat. Dalam proses pengujiannya, Inovio akan menargetkan varian virus corona yang baru. Vaksin ini diharapkan akan menjadi solusi terbaik untuk jenis varian terbaru virus corona yang lebih ganas dari sebelumnya. 

Seperti kita tahu bahwa varian delta saat ini berkembang semakin parah dan begitu mudah menyebar. Bahkan beberapa negara juga telah mewaspadai kemungkinan hadirnya varian lambda yang dinilai akan jauh lebih kuat dari varian delta. Vaksin-vaksin yang sudah didistribusikan tak bisa secara total mencegah terjadinya infeksi tersebut. Hal inilah yang akan menjadi target baru bagi Inovio.

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Vaksin Apa yang Terbaik?

Inovio mungkin bisa segera didistribusikan jika tahap pengujian akhir telah selesai. Jika vaksin ini berhasil mendapatkan izin edar maka bertambah banyak pilihan vaksin yang tersedia. Lalu, mana vaksin terbaik yang bisa didapatkan? Vaksin yang terbaik adalah vaksin yang tersedia dan bisa disuntikan sesegera mungkin. 

Vaksin Inovio bisa saja jadi pilihan terbaik kelak jika memang sudah resmi didistribusikan. Setiap jenis vaksin akan memberikan perlindungan terbaik di tengah masa pandemi ini. Oleh sebab itu jangan ragu untuk menerima vaksin. Konsultasikan kepada tenaga kesehatan sebelum menerima vaksin untuk mencegah efek samping yang tidak diharapkan.

“Segera lakukan vaksin sesuai anjuran pemerintah dan tetap lakukan prokes 5 M (memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menjauhi keramaian, mengurangi mobilisasi)” tambah dr. Irma Lidia, tim dokter Lifepack.

Lifepack adalah sistem konsultasi medis bagi dokter atau tenaga medis untuk meresepkan obat bagi pasiennya. Dokter dapat membuat resep elektronik atau mengunggah foto resep ke aplikasi. Obat pesanan langsung diantar ke rumah/lokasi pasien. Lifepack juga menyediakan layanan kesehatan seperti Antigen Swab (Rp185.000).

Jaminan Lifepack untuk Anda

Ditulis oleh: Hairun Nisa

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Pertanyaan Seputar Lifepack

+

Apa itu Lifepack?

+

Apa yang membuat Lifepack berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Lifepack?

+

Berapa lama pengiriman obat saya?

+

Dokter spesialis apa saja yang tersedia di Lifepack?

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat Anda

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Konsultasi mobile Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Jaminan Lifepack untuk Anda

100% Obat Asli

Semua produk yang kami jual dijamin asli dan kualitas terbaik.

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS!

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Kebersihan Apotek Selalu Terjaga

Apoteker selalu dicek suhu badannya

Apoteker selalu menggunakan Sanitizer

Kemasan obat praktis dan aman

Pengiriman dilakukan tanpa kontak langsung

Artikel Terkait

hubungan demam berdarah dan trombositopenia

Hubungan Demam Berdarah dan Trombositopenia

Hidup Sehat   24/09/2022
pentingnya kesehatan seksual

Dari Emosi Hingga Fisik, Ini Pentingnya Kesehatan Seksual untuk Semua Usia

Hidup Sehat   03/09/2022

Nutrimax Nutri Kidz: Manfaat, Kandungan, Efek Samping

Ibu dan Anak   25/07/2022
konimex renovit

Konimex Renovit: Kandungan, Manfaat, dan Dosis

Hidup Sehat   23/07/2022
apotek terlengkap dan terdekat

5 Tips dan Trik Mencari Apotek Terlengkap dan Terdekat

Hidup Sehat   04/07/2022

Tebus Obat Tak Perlu Antre Lagi

Dapatkan atau Upload resep, obat siap dikirim ke lokasi Anda

Chat via Whatsapp

Respon Cepat, Jawaban Akurat

Download Aplikasi

Obat Dijamin Asli, Lengkap dan Murah

Pelajari Lebih Lanjut

Metode Pembayaran

metode pembayaran

Partner Pengiriman