fbpx
BerandaHidup SehatCara Kerja serta Informasi Biaya PCR Tes

Ditinjau oleh: dr. Irma Lidia
Berbagai jenis tes COVID-19 digunakan untuk mengetahui individu sehat dan terinfeksi. Salah satunya yang disebut paling akurat adalah PCR. Swab PCR menjadi salah satu pilihan tes yang memberikan hasil akurat dibandingkan jenis tes lainnya. Namun, biaya PCR tes pun tergolong lebih mahal dari jenis tes yang lain dan waktu pengujiannya juga lebih lama.

biaya-pcr-tes

PCR itu sendiri merupakan kependekan dari polymerase chain reaction. Ini merupakan teknologi pemeriksaan molekuler dengan amplifikasi materi genetik milik virus maupun bakteri. Agar Anda bisa lebih mengenal jenis tes COVID ini, mari pahami lebih banyak informasi mengenai cara tes serta biaya yang dibutuhkan.

Cara Kerja dan Biaya PCR Tes

Setiap jenis tes COVID-19 memiliki penerapan metode yang berbeda-beda meskipun pada akhirnya punya tujuan yang sama. Cara kerja tes PCR pun juga berbeda dari jenis COVID-19 lainnya. Berikut akan dibahas cara dan alur melakukan PCR tes serta berapa banyak biaya yang dibutuhkan.

1. Pengambilan Sampel

Sebelum melakukan PCR tes, pasien tidak harus menjalani persiapan khusus. Dalam kondisi apapun, sakit maupun sehat, pasien bisa langsung melakukan pemeriksaan. Tahap pertama pemeriksaan ini adalah dengan mengambil sampel. Sampel inilah yang nantinya akan dikirimkan ke laboratorium untuk menjalani pemrosesan hingga diperoleh hasil tes yang akurat.

Pengambilan sampel untuk PCR tes ini adalah dengan metode swab test atau tes usap. Sampel yang diambil adalah lendir pada bagian saluran antara hidung dan tenggorokan atau saluran antara mulut serta tenggorokan. Berikut adalah langkah-langkah pengambilan sampel:

  • Pasien akan diminta untuk membuang ingus jika ada
  • Pasien harus mendongakkan kepala
  • Alat swab berupa cotton bud panjang dimasukkan ke lubang hidung hingga bagian atas tenggorokan
  • Alat swab akan diputar selama 15 detik untuk memastikan lendir terambil dengan baik
  • Jika lendir sudah menempel maka alat swab akan ditarik perlahan.

Di situasi pandemi seperti sekarang, individu yang akan menjalani tes PCR harus mengenakan masker dan mematuhi protokol kesehatan. Sementara itu petugas kesehatan harus mengenakan APD lengkap untuk mencegah penularan. Sebelum dilakukan tes, biasanya petugas kesehatan akan memberi penjelasan mengenai prosedur pengambilan sampel tersebut.

Jaminan Lifepack untuk Anda

2. Pemrosesan Sampel

Jika sampel sudah didapatkan maka selanjutnya akan dikirimkan ke laboratorium. Cotton bud yang digunakan untuk mengambil sampel akan dimasukkan ke tabung plastik dan ditutup rapat. Selanjutnya tabung ini akan dibawa ke laboratorium dan dimasukkan ke alat PCR. Penyimpanan tabung sampel ini pun sangatlah ketat dan terjaga agar tidak terjadi kontaminasi yang berbahaya.

Sampel ini nantinya akan mengalami proses ekstraksi materi genetik. Kemudian dilakukan amplifikasi atau penggandaan materi genetik yang sudah didapatkan tadi. Selanjutnya akan didapatkan hasil dan bisa dibaca untuk menentukan status pasien yang memiliki sampel tersebut. Biasanya dibutuhkan waktu 1 hingga 2 hari pemrosesan sampel sampai didapatkan hasil positif atau negatif.

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

3. Informasi Biaya PCR Tes

Jenis tes yang satu ini dinilai paling akurat dan itulah mengapa biaya yang dibutuhkan pun sedikit lebih mahal. Rata-rata biaya PCR tes di berbagai fasilitas kesehatan dimulai dari angka Rp750.000,00. Biaya ini bisa saja lebih mahal di layanan kesehatan yang berbeda. Setiap fasilitas kesehatan yang menyediakan layanan ini biasanya memasang penawaran harga masing-masing.

Harga yang cukup tinggi untuk melakukan satu kali tes PCR ini membuat banyak orang mencari alternatif lain untuk mendapatkan hasil pemeriksaan. Sebenarnya tidak masalah melakukan pemeriksaan dengan jenis tes COVID-19 yang lain. Anda bisa mencoba melakukan rapid test, antigen swab, dan lain sebagainya.

Namun, jika dari hasil tes sebelumnya diperoleh hasil positif maka wajib hukumnya untuk melanjutkan tes PCR. Tes ini dianggap sebagai prosedur untuk memastikan apakah seseorang memang terinfeksi atau tidak. Keakuratan yang cukup tinggi membuat jenis tes ini dipercaya untuk menentukan status terinfeksi seseorang.

4. Berburu Biaya PCR Tes Terjangkau

Bisakah mendapatkan tes PCR dengan harga yang terjangkau? Sebenarnya rata-rata biaya swab PCR ini hampir sama meskipun memang ada penawaran yang berbeda tergantung kebijakan penyedia layanan. Namun, Anda masih punya kesempatan untuk menjalani tes ini dengan biaya yang ringan. Kuncinya adalah dengan berburu dan membandingkan harga di berbagai tempat.

Jaminan Lifepack untuk Anda

Jika memang diperlukan, tes PCR ini sangatlah mudah untuk didapatkan. Saat ini berbagai layanan kesehatan membuka fasilitas tes PCR dengan hasil yang akurat. Tak ada salahnya untuk membandingkan biaya tes dari satu tempat dengan tempat yang lain. Seringkali juga ada program penawaran khusus bagi masyarakat yang ingin menjalani tes PCR.

Selain mempertimbangkan biaya PCR tes, jangan lupa untuk tetap memperhatikan kualitas pelayanan. Pastikan Anda memilih untuk menjalani tes PCR di tempat yang berkualitas dan melayani dengan baik. Gunakan hasil tes ini dengan sebaik mungkin dan selalu patuhi protokol kesehatan apapun hasil yang diberikan. 

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Anda bisa menggunakan layanan PCR Test Sameday Covid-19 dari Lifepack seharga Rp790.000. Tersedia untuk layanan Home Service dan datang ke Lab. Harga layanan sudah termasuk APD Tenaga Medis & Surat Keterangan hasil tes (dapat memilih Bahasa Indonesia, atau Bahasa Inggris) dalam bentuk softcopy. Lakukan pemesanan tes 2 hari sebelumnya.

“Bila hasil negatif, selalu lakukan prokes 5 m (memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menjauhi kerumunan/keramaian, mengurangi mobilitas). Bila hasil pcr positif bergantung gejala bila tanpa gejala atau gejala ringan dapat isolasi mandiri namun bila bergejala sedang atau berat dirawat di RS.” tambah dr. Irma Lidia, tim dokter Lifepack.

Konsultasi gratis dengan dokter umum dan beli obat rutin. Download aplikasi Lifepack di Playstore dan Appstore, apotek online untuk tebus resep obat. Solusi berobat bebas antri. Asli, Lengkap, Mudah.

Ditulis oleh: Hairun Nisa

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Pertanyaan Seputar Lifepack

+

Apa itu Lifepack?

+

Apa yang membuat Lifepack berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Lifepack?

+

Berapa lama pengiriman obat saya?

+

Dokter spesialis apa saja yang tersedia di Lifepack?

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat Anda

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Konsultasi mobile Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Jaminan Lifepack untuk Anda

100% Obat Asli

Semua produk yang kami jual dijamin asli dan kualitas terbaik.

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS!

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Kebersihan Apotek Selalu Terjaga

Apoteker selalu dicek suhu badannya

Apoteker selalu menggunakan Sanitizer

Kemasan obat praktis dan aman

Pengiriman dilakukan tanpa kontak langsung

Artikel Terkait

hubungan demam berdarah dan trombositopenia

Hubungan Demam Berdarah dan Trombositopenia

Hidup Sehat   24/09/2022
pentingnya kesehatan seksual

Dari Emosi Hingga Fisik, Ini Pentingnya Kesehatan Seksual untuk Semua Usia

Hidup Sehat   03/09/2022

Nutrimax Nutri Kidz: Manfaat, Kandungan, Efek Samping

Ibu dan Anak   25/07/2022
konimex renovit

Konimex Renovit: Kandungan, Manfaat, dan Dosis

Hidup Sehat   23/07/2022
apotek terlengkap dan terdekat

5 Tips dan Trik Mencari Apotek Terlengkap dan Terdekat

Hidup Sehat   04/07/2022

Tebus Obat Tak Perlu Antre Lagi

Dapatkan atau Upload resep, obat siap dikirim ke lokasi Anda

Chat via Whatsapp

Respon Cepat, Jawaban Akurat

Download Aplikasi

Obat Dijamin Asli, Lengkap dan Murah

Pelajari Lebih Lanjut

Metode Pembayaran

metode pembayaran

Partner Pengiriman