fbpx
BerandaHidup SehatPentingnya Hazmat Suit dalam Penanganan COVID-19

Ditinjau oleh: dr. Irma Lidia
Semenjak pandemi, masyarakat jadi akrab dengan berbagai macam alat pelindung diri, salah satunya adalah hazmat suit atau pakaian hazmat. Saking pentingnya pakaian hazmat ini bagi para tenaga kesehatan saat merawat pasien Covid-19, harga hazmat suit ini sempat naik begitu tinggi di awal pandemi. Lalu, seberapa pentingkah pakaian hazmat ini? Simak ulasannya berikut ini.   

hazmat-suit

Apa Itu Hazmat Suit? 

Hazmat suit atau pakaian hazmat memang bukanlah alat pelindung diri yang baru ada saat pandemi. Namun, saat pandemi Corona seperti sekarang ini, masyarakat jadi mengetahui dan menyadari betapa pentingnya keberadaan pakaian hazmat ini bagi para tenaga kesehatan, yang sedang berjuang merawat pasien yang terinfeksi virus Corona.  

Nama dari pakaian ini, hazmat, merupakan singkatan dari hazardous material atau dalam Bahasa Indonesia berarti bahan atau zat yang berbahaya. Pakaian ini didesain sedemikian rupa, untuk melindungi orang yang memakainya dari bahan atau senyawa berbahaya di sekitarnya. Tenaga kesehatan, pemadam kebakaran, dan peneliti merupakan beberapa golongan yang kerap memakai pakaian ini. 

Pakaian hazmat terbuat dari plastik, kain, dan karet khusus. Pada beberapa pakaian hazmat, juga bisa ditemukan sumber oksigen, untuk membantu proses pernapasan orang saat sedang menggunakan pakaian tersebut. Pakaian ini didesain agar kedap dan tanpa celah, sehingga zat atau pun senyawa berbahaya tak bisa mengenai kulit. 

Umumnya, pakaian hazmat tersedia lengkap dengan kacamata pelindung, sarung tangan, helm, penutup wajah, serta sepatu khusus. Dengan adanya seluruh perlengkapan tersebut, maka perlindungan atas diri pengguna saat memakainya, akan jadi makin optimal. Makanya, para tenaga kesehatan yang menggunakan pakaian hazmat, bisa terproteksi dari paparan virus Corona. 

Seberapa Penting Penggunaan Hazmat Suit di Tengah Pandemi Covid-19?

Manfaat hazmat suit di tengah Covid-19 begitu besar. Dengan memakai hazmat suit, maka akan bisa melindungi tubuh dari potensi paparan virus apapun, termasuk virus Corona yang sedang merebak pada saat sekarang ini. Makanya, tenaga kesehatan wajib menggunakan pakaian hazmat ini saat melakukan tindakan pada pasien terinfeksi virus Corona. 

Jaminan Lifepack untuk Anda

Bayangkan jika tenaga kesehatan tak menggunakan pakaian hazmat ini. Sudah barang tentu, penularan virus Corona ini akan semakin menjadi-jadi. Selayaknya perlindungan yang diberikan pakaian hazmat ini pada saat terjadi wabah menular seperti Ebola, flu burung, dan Sars, perlindungan yang sama pun juga diberikan pada saat pandemi COVID-19 seperti sekarang ini. 

Bisakah Hazmat Suit Digunakan Berkali-kali? 

Pakaian hazmat merupakan pakaian yang harus langsung dibuang dan dihancurkan setelah digunakan. Jadi, penggunaannya hanya bisa sekali saja. Memang benar, umumnya pakaian hazmat masih terlihat bersih saat dilihat dengan mata telanjang, setelah digunakan. Namun faktanya, risiko menempelnya virus atau kuman di permukaannya tak bisa dielakkan.  

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Pakaian hazmat itu sifatnya infeksius, jadi jika sekiranya dipakai kembali, sangat berpotensi memicu terjadinya infeksi. Oleh sebab itu, setelah selesai digunakan, pakaian hazmat akan tergolong sebagai sampah medis. Sampah medis ini nantinya akan dihancurkan dengan incinerator di rumah sakit. 

Mengenai durasi penggunaannya sendiri, sejauh ini masih disesuaikan dengan shift atau jam kerja dari para tenaga kesehatan. Jadi, para tenaga kesehatan memang harus menghabiskan waktu hingga berjam-jam lamanya di dalam pakaian hazmat yang panas, hingga jam kerjanya selesai, lalu baru bisa dilepas. 

Tata Cara Memakai dan Melepas Hazmat Suit

Perlu diketahui bahwa, tak sembarangan caranya dalam memakai dan melepas pakaian hazmat ini. Tata cara khusus untuk memakai dan melepas pakaian hazmat ini dilaksanakan, untuk memastikan perlindungan diri orang yang memakainya atas risiko penularan virus. Jadi, orang yang memakainya pun bisa merasa aman dan terlindungi. 

Agar bisa optimal dalam mengenakan pakaian hazmat, dibutuhkan waktu sekitar setengah jam. Kenakan pakaian hazmat setelah pakaian normal. Kemudian, pasang sarung tangan, sarung lengan, sarung sepatu, dan masker wajah, untuk memastikan tak ada celah bagi virus untuk masuk. Terakhir, jangan lupa untuk mengunci bagian pergelangan tangan, kaki, wajah, leher, dan pinggang. 

Jaminan Lifepack untuk Anda

Kemudian, untuk tatacara melepas pakaian hazmat, dimulai dengan melepas sarung tangan tanpa menyentuh bagian luarnya, karena dianggap sudah terkontaminasi. Selanjutnya, lepas pakaian hazmat dengan cara menggulungnya ke bawah, dari ujung ke ujung. Pakaian hazmat ini harus dilepas, sebelum tenaga kesehatan keluar dari ruang isolasi

Salah satu hal yang penting juga harus dilakukan sebelum mengenakan dan setelah melepas pakaian hazmat ini adalah mencuci tangan. Dengan mencuci tangan sebelum dan setelah memakai pakaian hazmat ini, maka akan bisa menghindari risiko perpindahan virus Corona, karena tangan merupakan perantara terbaik bagi virus untuk berpindah.  

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Itulah tadi ulasan mengenai hazmat suit atau pakaian hazmat yang menjadi pakaian wajib bagi para tenaga kesehatan saat berjibaku dengan pandemi Covid-19 sekarang ini. Alat pelindung diri satu ini didesain dengan sedemikian rupa, sehingga bisa menghindari risiko terpaparnya para tenaga kesehatan dengan virus Corona. 

“Selalu lakukan prokes 5 m ( memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menjauhi kerumunan/keramaian, mengurangi mobilitas), dan segera lakukan vaksinasi COVID-19 sesuai anjuran pemerintah” tambah dr. Irma Lidia, tim dokter Lifepack. Peralatan kesehatan juga harus rutin dibersihkan. AC Swabs 2% OneMed box – 100 Pcs – Alkohol Swab (Rp21.800) membantu membersihkan peralatan antiseptik pre injekis, pemasangan IV, pengambilan darah, melepas jahitan, atau tindakan lainnya yang memerlukan antisepsi.

Dengan Lifepack, Anda dapat menolong pasien tanpa rasa khawatir. Konsultasi dengan pasien jadi lebih aman dan nyaman dimana saja. Daftar sekarang dan rasakan kemudahan saat menolong pasien.

Ditulis Oleh: Hairun Nisa

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Pertanyaan Seputar Lifepack

+

Apa itu Lifepack?

+

Apa yang membuat Lifepack berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Lifepack?

+

Berapa lama pengiriman obat saya?

+

Dokter spesialis apa saja yang tersedia di Lifepack?

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat Anda

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Konsultasi mobile Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Jaminan Lifepack untuk Anda

100% Obat Asli

Semua produk yang kami jual dijamin asli dan kualitas terbaik.

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS!

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Kebersihan Apotek Selalu Terjaga

Apoteker selalu dicek suhu badannya

Apoteker selalu menggunakan Sanitizer

Kemasan obat praktis dan aman

Pengiriman dilakukan tanpa kontak langsung

Artikel Terkait

hubungan demam berdarah dan trombositopenia

Hubungan Demam Berdarah dan Trombositopenia

Hidup Sehat   24/09/2022
pentingnya kesehatan seksual

Dari Emosi Hingga Fisik, Ini Pentingnya Kesehatan Seksual untuk Semua Usia

Hidup Sehat   03/09/2022

Nutrimax Nutri Kidz: Manfaat, Kandungan, Efek Samping

Ibu dan Anak   25/07/2022
konimex renovit

Konimex Renovit: Kandungan, Manfaat, dan Dosis

Hidup Sehat   23/07/2022
apotek terlengkap dan terdekat

5 Tips dan Trik Mencari Apotek Terlengkap dan Terdekat

Hidup Sehat   04/07/2022

Tebus Obat Tak Perlu Antre Lagi

Dapatkan atau Upload resep, obat siap dikirim ke lokasi Anda

Chat via Whatsapp

Respon Cepat, Jawaban Akurat

Download Aplikasi

Obat Dijamin Asli, Lengkap dan Murah

Pelajari Lebih Lanjut

Metode Pembayaran

metode pembayaran

Partner Pengiriman