fbpx
BerandadirektoriObatObat Demacolin: Manfaat, Dosis, dan Efek Samping

Ditinjau oleh: dr. Amanda Ismoetia

obat demacolin

Gejala flu yang sering muncul seperti demam, sakit kepala, hidung tersumbat, bersin-bersin, tentu akan sangat mengganggu dalam menjalani aktivitas sehari-hari dengan maksimal. Apalagi sekarang kondisi cuaca sering tidak menentu, sehingga menjaga tubuh agar tidak mengalami gejala flu sangat penting.

Apabila penyakit flu tidak membaik setelah pemberian terapi non obat, maka disarankan melakukan terapi obat. Obat flu yang dapat diperoleh bebas bisa merupakan sediaan analgetik/antipiretik tunggal atau kombinasi dengan beberapa zat aktif lain, yang termasuk dekongestan, dan antihistamin. 

1. Analgesik/antipiretik

Antipiretik merupakan obat yang digunakan untuk menurunkan demam dan biasanya juga memiliki efek pereda nyeri (analgesik). Antipiretik/analgesik yang biasa digunakan dalam pengobatan flu antara lain parasetamol.

2. Dekongestan

Dekongestan merupakan obat untuk membantu melancarkan hidung tersumbat. Dekongestan bekerja dengan cara menyempitkan pembuluh darah di daerah hidung sehingga melegakan hidung tersumbat karena pembengkakan mukosa. Obat-obat yang termasuk ke dalam dekongestan antara lain yaitu fenil propanol amin (PPA), fenilefrin, pseudoefedrin, dan efedrin.

3. Antihistamin 

Beberapa antihistamin yang dapat diperoleh tanpa resep dokter antara lain klorfeniramin maleat/klorfenon (CTM), prometazin, tripolidin, dan difenhidramin. Obat flu yang mengandung antihistamin dapat menyebabkan kantuk, oleh karena itu hindari menjalankan mesin atau mengendarai kendaraan bermotor setelah menggunakan obat flu.

Jaminan Lifepack untuk Anda

Untuk mengatasi gejala flu yang dialami oleh tubuh, Anda bisa mengkonsumsi salah satu obat antihistamin seperti Demacolin. Obat Demacolin obat apa? Demacolin adalah obat bebas terbatas yang dapat digunakan untuk membantu meredakan gejala flu. Demacolin sendiri memiliki kandungan zat aktif seperti paracetamol, klorfeniramin maleat, dan pseudoefedrin HCL yang dapat membuat orang yang mengkonsumsinya jadi mengantuk.

Manfaat Obat Demacolin

Obat Demacolin memiliki manfaat untuk membantu tubuh meredakan gejala flu seperti hidung tersumbat, sakit kepala, bersin-bersin, dan demam. Fungsi obat demacolin bekerja dengan cara menghentikan kerja dari zat kimia (histamin) yang diproduksi oleh tubuh saat mengalami alergi, sehingga meredakan rasa nyeri dan juga mempersempit pembuluh darah agar dapat melancarkan hidung tersumbat.

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Dosis Dan Cara Penggunaan Obat Demacolin

obat demacolin

Obat pereda gejala flu ini tersedia dalam 2 jenis, yaitu tablet dan juga sirup. Dosis masing-masing obat berbeda tergantung jenis obatnya, yang tentunya penting sekali untuk diperhatikan anjuran dosis penggunaannya. Berikut penjelasan dosis dari obat Demacolin:

  • Dosis Tablet

Dosis tablet untuk pasien dewasa adalah 1 tablet dan diminum 3 kali sehari. Sedangkan untuk anak-anak usia 6 sampai 12 tahun, ½  tablet dan diminum 3 kali sehari.

  • Dosis Sirup

Sirup Demacolin dikhususkan untuk anak-anak, dimana dosisnya harus disesuaikan dengan usia anak. Untuk usia 2 sampai 5 tahun dosisnya 1 sendok takar ukuran 5 mL, untuk diminum 3 kali sehari. Sedangkan untuk usia 6 sampai 12 tahun dosisnya 2 sendok takar ukuran 10mL, untuk diminum 3 kali sehari.

Cara penggunaan obat adalah dengan konsumsi satu tablet obat Demacolin saat gejala nyeri atau sakit kepala muncul. Apabila dalam 3 hari gejala tidak hilang, segera hentikan konsumsi obat dan coba konsultasikan ke dokter.

Jaminan Lifepack untuk Anda

Simpan juga obat ini di suhu ruangan di bawah 30 derajat celcius dan di tempat yang kering atau sejuk. Hindari juga mengkonsumsi alkohol saat sedang menggunakan Demacolin.

Efek Samping Obat

Selain bermanfaat untuk meredakan gejala flu yang mengganggu tubuh, obat ini juga tentu punya efek samping yang dapat muncul. Waspadai beberapa efek samping yang mungkin muncul saat konsumsi obat Demacolin :

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

  • Insomnia
  • Gangguan pencernaan
  • Gelisah
  • Mulut Kering
  • Sulit berkemih
  • Jantung Berdebar
  • Pasien dosis besar dan jangka panjang bisa menyebabkan kerusakan pada hati
  • Mengantuk setelah konsumsi

Jika efek samping muncul dan kondisi tidak kunjung membaik, segera hentikan penggunaan obat dan segera konsultasikan kondisi Anda dengan dokter.

Interaksi Dengan Obat Lain

Interaksi obat bisa menyebabkan kinerja obat jadi berubah, sehingga ada baiknya jangan gunakan obat Demacolin bersamaan dengan obat lain seperti:

  • Efedrin
  • Fluoroquinolon
  • Atenolol
  • Antipsikotik
  • Amitriptyline
  • Doxepin
  • Disulfiram
  • Cimetidine

Kategori Kehamilan

Apakah obat Demacolin aman untuk ibu yang sedang hamil? Obat ini adalah obat untuk meredakan gejala flu, dan juga kandungan yang terkandung dalam obat aman untuk dikonsumsi ibu hamil. Tetapi sebaiknya konsultasi dulu dengan dokter kandungan, karena harus dalam pengawasan ketat dari dokter.

Sekian informasi terkait manfaat, dosis, dan efek samping obat Demacolin. Jika Anda memerlukan obat untuk meringankan gejala flu, selain obat Demacolin Anda juga bisa mengkonsumsi obat flu lainnya seperti Anadex Tablet, 1 strip – 4 kaplet – Obat Flu, Batuk, Demam (Rp 257.900).

Jaminan Lifepack untuk Anda

Butuh konsultasi dokter dan tebus obat resep?

Nikmati konsultasi gratis dengan tim dokter berpengalaman Lifepack. Sampaikan keluhan dan kebutuhan obat Anda langsung ke dokter kami melalui WhatsApp di nomor 021 5086 8889 atau melalui link berikut.

Dengan layanan digital Lifepack yang telah terintegrasi, Anda tidak perlu lagi antre ketika menebus resep obat. Jika Anda telah memiliki resep obat, unggah foto resep Anda melalui aplikasi atau WhatsApp. Apoteker kami akan membantu memvalidasi resep Anda. Layanan tebus resep akan sangat membantu kebutuhan obat rutin pasien kronis.

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Apa Itu Apotek Lifepack?

Apotek Lifepack menyediakan beragam obat bebas, obat rutin, hingga alat kesehatan dengan harga hemat, produk original berlisensi BPOM, dan gratis ongkir se-Indonesia. Layanan Lifepack tersedia secara online maupun offline. Dapatkan konsultasi dokter gratis dan program prioritas obat rutin secara khusus di layanan online kami. 

Atau kunjungi apotek kami offline Jakarta di alamat Infinia Park, Jl. Dr. Saharjo No.45, Manggarai, Tebet atau Surabaya di Jl. Raya Manyar 11 F, Menur Pumpungan. Nantikan kehadiran Apotek Lifepack di kota-kota besar Indonesia lainnya.

Jangan ragu juga untuk hubungi WhatsApp di nomor 021 5086 8889 untuk beli obat, tebus resep, layanan konsultasi dan lainnya. Tim Asisten Apoteker kami akan membalas pesan Anda setiap Senin – Minggu, pukul 07.00 – 23.00. Dapatkan informasi Apotek Lifepack di sini.

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Pertanyaan Seputar Lifepack

+

Apa itu Lifepack?

+

Apa yang membuat Lifepack berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Lifepack?

+

Berapa lama pengiriman obat saya?

+

Dokter spesialis apa saja yang tersedia di Lifepack?

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat Anda

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Konsultasi mobile Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Jaminan Lifepack untuk Anda

100% Obat Asli

Semua produk yang kami jual dijamin asli dan kualitas terbaik.

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS!

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Kebersihan Apotek Selalu Terjaga

Apoteker selalu dicek suhu badannya

Apoteker selalu menggunakan Sanitizer

Kemasan obat praktis dan aman

Pengiriman dilakukan tanpa kontak langsung

Artikel Terkait

itramag

Itramag: Manfaat, Dosis, dan Efek Samping

direktoriObat   25/09/2022
improvox

Improvox: Manfaat, Dosis, dan Efek Samping

direktoriObat   23/09/2022
obat amcor

Amcor: Manfaat, Dosis, dan Efek Samping

direktoriObat   12/09/2022
Albistrok

Albistrok: Manfaat, Dosis, Efek Samping

direktoriObat   09/09/2022
simvastatin vs atorvastatin

Sama-sama Obat Kolesterol, Ini Bedanya Simvastatin vs Atorvastatin

direktoriObat   06/09/2022

Tebus Obat Tak Perlu Antre Lagi

Dapatkan atau Upload resep, obat siap dikirim ke lokasi Anda

Chat via Whatsapp

Respon Cepat, Jawaban Akurat

Download Aplikasi

Obat Dijamin Asli, Lengkap dan Murah

Pelajari Lebih Lanjut

Metode Pembayaran

metode pembayaran

Partner Pengiriman