fbpx
BerandaObatPetunjuk Cara Pemakaian Obat Semprot Hidung

Ditinjau oleh: dr. Irma Lidia
Pemakaian obat semprot hidung atau nasal spray saat ini mulai banyak digunakan di masyarakat. Obat ini dipercaya efektif mengatasi berbagai jenis gangguan atau gejala alergi pada hidung. Jenis obat ini juga disukai karena bisa bekerja cepat. Pengaplikasian obat yang langsung ke area hidung membuat efek obat bisa bekerja lebih cepat dan membuat Anda merasa lebih nyaman.

obat-semprot-hidung

Nasal spray dapat dijadikan andalan bagi Anda yang mungkin menderita alergi dan sering mengalami gangguan pernapasan tepatnya di bagian hidung. Tak hanya bisa bekerja cepat, obat ini juga mudah untuk digunakan. Kali ini akan dibahas lebih jauh seperti apa cara menggunakan obat semprot hidung agar bisa bekerja secara efektif.

Jenis-Jenis Obat Semprot Hidung

Sebelum memahami seperti apa cara pemakaian obat, mari kenali dulu apa saja jenis nasal spray yang bisa Anda gunakan. Nasal spray itu sendiri terbagi menjadi beberapa jenis yang disesuaikan dengan kandungan utamanya. Berikut adalah beberapa jenis nasal spray yang beredar di pasaran:

1. Nasal Spray Steroid

Jenis nasal spray yang pertama adalah steroid. Obat semprot ini sudah lama diketahui sebagai obat pertama dalam penanganan alergi. Untuk tipe yang kortikosteroid juga dinilai efektif mengatasi hidung sinusitis karena bisa mengurangi pembengkakan. Gejala-gejala yang mendukung untuk diatasi dengan obat semprot steroid ini adalah hidung tersumbat, mata berair, bersin, hingga hidung meler.

2. Obat Semprot Hidung Antihistamin

Berikutnya ada obat semprot antihistamin. Sesuai dengan namanya, obat ini akan menghalangi histamin yang merupakan pemicu terjadinya reaksi alergi. Jelas sekali obat ini akan bekerja efektif bagi orang yang mengalami alergi tertentu. Hanya saja jenis obat ini tidak begitu nyaman saat dipakai karena meninggalkan rasa pahit.

3. Kombinasi Kortikosteroid dan Antihistamin

Tipe nasal spray berikutnya adalah gabungan atau kombinasi dari kortikosteroid dan antihistamin. Produk nasal spray ini sayangnya tidak bisa diperoleh secara bebas. Anda hanya bisa menggunakan obat jenis ini dengan resep dari dokter. Anda bisa menebus Modexa Nasal Spray 60 doses (Rp254.100) di Lifepack.

Jaminan Lifepack untuk Anda

4. Nasal Spray Dekongestan

Pilihan selanjutnya adalah obat nasal spray dekongestan. Obat ini efektif untuk mengatasi hidung yang tersumbat. Obat ini akan bekerja memperkecil pembuluh darah hidung sehingga pembengkakan bisa berkurang. Hanya saja obat jenis ini tidak bisa digunakan untuk jangka waktu yang panjang karena bisa berdampak buruk bagi kesehatan. Anda bisa membeli Avamys Nasal Spray 120 Spray (Rp314.400) di Lifepack dengan resep dokter.

5. Obat Semprot Saline

Jenis obat semprot hidung satu ini memiliki kandungan garam yang bisa membantu membersihkan sekaligus menjaga kelembapan. Nasal spray jenis ini sangat efektif membantu mencegah terjadinya iritasi juga infeksi pada hidung. Obat ini juga banyak dijadikan pilihan pada orang yang mengalami mimisan.

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

6. Obat Sodium Cromolyn

Tipe nasal spray berikutnya adalah sodium cromolyn. Obat semprot yang satu ini sangat efektif mengatasi kondisi hidung tersumbat serta bersin dan pilek akibat alergi. Sayangnya jenis obat ini tergolong lebih kuat dari yang lain. Di awal pemakaian, Anda akan merasakan sedikit sensasi tersengat.

7. Nasal Spray Antikolinergik

Kemudian ada tipe nasal spray antikolinergik. Jenis obat ini bisa dipakai untuk mengatasi batuk maupun pilek yang dipicu oleh rinitis alergi maupun non-alergi. Sayangnya jenis obat ini bisa dengan mudah membuat suasana di mulut Anda menjadi sangat kering.

Cara Pemakaian Obat Semprot hidung

Obat semprot hidung adalah salah satu jenis obat yang sangat efektif memberikan kenyamanan kembali pada penderita alergi. Kini Anda sudah paham apa saja jenis nasal spray dan penting untuk mengetahui bagaimana cara pemakaian yang tepat. Berikut adalah cara memakai nasal spray yang baik dan benar.

  • Lakukan pembersihan bagian hidung terlebih dahulu sebisanya
  • Pilih jenis nasal spray yang sesuai dengan kebutuhan
  • Tekan salah satu cuping lubang hidung menggunakan jari
  • Ambil botol nasal spray kemudian posisikan di bagian ludang hidung yang terbuka
  • Posisikan dengan tepat dan pastikan bahwa bagian atas obat ada di bawah lubang hidung Anda
  • Tekan pompa sampai obat tersemprot ke dalam hidung
  • Tarik napas perlahan saat obat disemprotkan
  • Lakukan di lubang hidung satunya

Baca kembali deskripsi produk dan petunjuk pemakaian yang tertera. Apabila obat harus menggunakan resep dokter, maka pastikan untuk berkonsultasi terlebih dahulu. Pelajari juga batas penggunaan obat agar tidak berlebihan memakainya dan merusak indera penciuman Anda.

Jaminan Lifepack untuk Anda

Sangat disarankan untuk berhati-hati saat menggunaan nasal spray. Jenis obat seperti ini bisa saja akan membuat Anda merasa tidak nyaman. Apalagi jika sebelumnya tidak pernah menggunakan obat sejenis. Pastikan untuk memahami dengan baik cara penggunaan dan santai dulu agar tidak kaget. Jika Anda tenang maka akan lebih mudah untuk menggunakan obat dengan nyaman.

“Konsultasi dengan dokter keluhan Anda untuk mendapatkan obat yang sesuai kebutuhan. Hindari penggunaan obat berlebihan dan terus menerus kecuali dengan petunjuk dokter” tambah dr. Irma Lidia, tim dokter Lifepack.

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Pastikan untuk memilih jenis obat semprot hidung yang tepat sesuai kebutuhan dan tujuan penggunaan obat. Apabila butuh obat dengan resep dokter maka pastikan bahwa Anda sudah berkonsultasi terlebih dahulu. Hindari pemakaian jika kemudian ditemukan reaksi alergi yang berlebihan. 

Download aplikasi Lifepack di Playstore dan Appstore, apotek online untuk tebus resep obat. Solusi berobat bebas antri.

Ditulis oleh: Hairun Nisa

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Pertanyaan Seputar Lifepack

+

Apa itu Lifepack?

+

Apa yang membuat Lifepack berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Lifepack?

+

Berapa lama pengiriman obat saya?

+

Dokter spesialis apa saja yang tersedia di Lifepack?

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat Anda

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Konsultasi mobile Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Jaminan Lifepack untuk Anda

100% Obat Asli

Semua produk yang kami jual dijamin asli dan kualitas terbaik.

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS!

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Kebersihan Apotek Selalu Terjaga

Apoteker selalu dicek suhu badannya

Apoteker selalu menggunakan Sanitizer

Kemasan obat praktis dan aman

Pengiriman dilakukan tanpa kontak langsung

Artikel Terkait

obat tipes paling ampuh di apotek

5 Obat Tipes Paling Ampuh di Apotek

Obat   19/05/2022
obat cantengan jempol kaki paling ampuh di apotek

3 Obat Cantengan Jempol Kaki Paling Ampuh di Apotek

Obat   19/05/2022
cara membedakan obat asli atau palsu

5 Cara membedakan obat asli atau palsu

Obat   17/05/2022
obat asam lambung paling ampuh di apotek

10 Obat Asam Lambung Paling Ampuh di Apotek

Obat   17/05/2022
rekomendasi obat sakit ulu hati

5 Rekomendasi Obat Sakit Ulu Hati Di Apotek

Obat   17/05/2022

Tebus Obat Tak Perlu Antre Lagi

Dapatkan atau Upload resep, obat siap dikirim ke lokasi Anda

Chat via Whatsapp

Respon Cepat, Jawaban Akurat

Download Aplikasi

Obat Dijamin Asli, Lengkap dan Murah

Pelajari Lebih Lanjut

Metode Pembayaran

metode pembayaran

Partner Pengiriman