fbpx
BerandaHidup SehatAturan Minum Obat selama Puasa Ramadhan

Ditinjau oleh: dr. Amanda Ismoetia

minum-obat

Bulan suci Ramadan menjadi waktu yang dinantikan oleh para umat muslim. Di bulan inilah pintu ampunan dibuka dan berkah terus diberikan. Selama Ramadan, umat muslim wajib menjalankan ibadah puasa. Lalu, muncul pertanyaan bagaimana dengan umat muslim yang harus mengonsumsi obat rutin? Bagaimana manajemen minum obat selama menjalani ibadah puasa Ramadan?

Menjaga kesehatan tubuh dan menjalankan perintah Allah adalah dua hal yang harus berjalan beriringan. Anda tetap bisa mengonsumsi obat secara rutin tanpa harus meninggalkan kewajiban beribadah puasa. Berikut akan dibahas lebih lengkap seperti apa aturan konsumsi obat di bulan Ramadan.

Alasan Konsumsi Obat

Tidak semua orang harus mengonsumsi obat secara rutin setiap hari. Tentu ada alasan yang jelas dan kondisi kesehatan yang mengharuskan seseorang mengonsumsi obat. Berikut adalah beberapa alasan konsumsi obat secara rutin.

Tentu saja perintah untuk mengonsumsi obat secara rutin ini didapatkan dari dokter atau tenaga kesehatan ahli. Disebut sebagai obat rutin karena konsumsinya harus dilakukan setiap hari dan tidak boleh berhenti tanpa perintah dokter. Konsumsi obat bahkan tetap harus dilakukan selama bulan puasa Ramadan.

Aturan Minum Obat saat Puasa

Jenis obat sangat beragam dan tentu aturan konsumsinya juga sangat bervariasi. Berikut adalah aturan konsumsi obat yang bisa diterapkan selama Anda menjalankan ibadah puasa.

Jaminan Lifepack untuk Anda

1. Dosis 1 Kali Sehari

Jenis obat yang harus dikonsumsi dengan dosis 1 kali sehari sangat mudah untuk dikonsumsi baik saat berpuasa atau tidak. Anda hanya butuh meminumnya sebanyak 1 kali. Jenis obat ini sebaiknya Anda konsumsi saat malam hari atau pada waktu sahur.

2. Dosis 2 Kali Sehari

Sama seperti dosis 1 kali sehari, dosis obat 2 kali sehari juga tidak membutuhkan aturan minum yang rumit. Anda bisa mengonsumsi jenis obat ini pada waktu sahur dan berbuka.

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

3. Dosis 3 Kali Sehari

Jika aturan konsumsi obat adalah 3 kali sehari maka harus diterapkan strategi yang tepat agar tidak membatalkan puasa. Anda bisa berkonsultasi kepada dokter untuk mengganti jenis obat dengan tipe long-acting formula. Obat jenis ini bisa memberikan efek dengan durasi yang lebih panjang sehingga frekuensi konsumsi obat bisa dikurangi.

Lalu, bagaimana jika jenis obat tidak bisa diganti? Tak masalah, Anda bisa menerapkan strategi manajemen waktu minum obat. Anda bisa melakukan konsumsi obat tepat pada waktu berbuka, malam hari sekitar jam 23.00, dan waktu sahur.

4. Dosis 4 Kali Sehari

Obat yang harus diminum sebanyak 4 kali dalam sehari juga bisa dikonsultasikan dulu dengan dokter. Anda bisa meminta dokter untuk mengganti obat long-acting formula. Namun jika tidak memungkinkan untuk diganti, Anda bisa menerapkan strategi yang hampir sama seperti sebelumnya. Konsumsi obat bisa dilakukan saat berbuka puasa, malam hari sekitar pukul 22.00, dini hari sekitar pukul 01.00, dan waktu sahur.

5. Obat Berdasarkan Waktu Makan

Terdapat jenis obat yang harus dikonsumsi sebelum dan sesudah makan. Jika obat harus dikonsumsi sebelum makan, maka Anda bisa meminumnya 30 menit sebelum sahur dan berbuka. 

Jaminan Lifepack untuk Anda

Sementara obat setelah makan bisa diminum 10 menit setelah makan besar. Jika Anda menerapkan jadwal konsumsi obat tengah malam, maka usahakan mengisi perut dengan roti atau makanan lain.

Obat yang Tidak Membatalkan Puasa

Penerapan tips minum obat rutin bulan ramadan akan sangat membantu Anda untuk tetap menjalankan ibadah puasa dengan lancar. Namun, ada juga solusi lain yang bisa diambil yaitu dengan konsumsi jenis obat yang tidak membatalkan puasa. Berikut adalah jenis obat yang tidak membatalkan ibadah puasa.

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

  • Obat tetes mata
  • Obat tetes telinga
  • Salep dan krim
  • Nitrogliserin (obat yang diselipkan di bawah lidah pada kondisi angina)
  • Obat yang disuntikan
  • Obat kumur (kecuali jika tertelan)
  • Obat suppositoria (lewat dubur dan vagina)
  • Obat dalam bentuk oksigen

Tetap Sehat selama Berpuasa

Individu yang mengonsumsi obat secara rutin pasti memiliki alasan tertentu. Ada kondisi kesehatan khusus yang kemudian mengharuskan mereka mengonsumsi obat secara teratur. Tentu hal ini harus diperhatikan dan dikonsultasikan dulu dengan dokter. Apakah memang memungkinkan atau tidak untuk menjalankan ibadah puasa.

Puasa memang menjadi ibadah wajib bagi para muslim. Namun, jika kondisi kesehatan tidak memungkinkan maka ada keringanan yang bisa dinikmati. Jadi pastikan untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter. Mulai dari kondisi tubuh apakah memungkinkan berpuasa, jenis obat yang bisa dikonsumsi selama berpuasa, hingga pola makan yang bisa diterapkan.

Minum obat selama berpuasa akan membantu menjaga kondisi tubuh tetap fit di bulan Ramadan. Khususnya bagi Anda yang memiliki kondisi kesehatan tertentu. Terapkan pula pola makan dan gaya hidup yang sehat selama menjalankan ibadah puasa Ramadan.

Ingin berkonsultasi lebih lanjut dengan dokter mengenai kesehatan? Unduh aplikasi Lifepack. Tebus resep obat, bebas antre. Tersedia melalui Google Play Store maupun App Store.

Jaminan Lifepack untuk Anda

Ditulis oleh: Hairun Nisa

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Referensi

Pertanyaan Seputar Lifepack

+

Apa itu Lifepack?

+

Apa yang membuat Lifepack berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Lifepack?

+

Berapa lama pengiriman obat saya?

+

Dokter spesialis apa saja yang tersedia di Lifepack?

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat Anda

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Konsultasi mobile Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Jaminan Lifepack untuk Anda

100% Obat Asli

Semua produk yang kami jual dijamin asli dan kualitas terbaik.

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS!

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Kebersihan Apotek Selalu Terjaga

Apoteker selalu dicek suhu badannya

Apoteker selalu menggunakan Sanitizer

Kemasan obat praktis dan aman

Pengiriman dilakukan tanpa kontak langsung

Artikel Terkait

info-pengiriman-2022

Info Pengiriman Pesanan Selama Lebaran 2022

Uncategorized   29/04/2022
cara mengatasi flu saat puasa

10 Cara Mengatasi Flu Saat Puasa

Uncategorized   18/03/2022

3 Pantangan Makanan Penyakit Infeksi Saluran Pernapasan

Uncategorized   09/03/2022
susu yang baik untuk pencernaan anak

4 Rekomendasi Susu yang Baik untuk Pencernaan Anak Usia di Atas 1 Tahun

Uncategorized   23/02/2022
bahaya coklat

Bahaya Konsumsi Coklat Berlebihan di Hari Valentine

Uncategorized   11/02/2022

Tebus Obat Tak Perlu Antre Lagi

Dapatkan atau Upload resep, obat siap dikirim ke lokasi Anda

Chat via Whatsapp

Respon Cepat, Jawaban Akurat

Download Aplikasi

Obat Dijamin Asli, Lengkap dan Murah

Pelajari Lebih Lanjut

Metode Pembayaran

metode pembayaran

Partner Pengiriman