fbpx

Gaya Hidup Millennials Yang Menyebabkan Penyakit Kronis

Apr 30, 2020 | Hidup Sehat | 0 Komentar

Artikel ini telah ditinjau oleh Nada Karisma

Ditinjau oleh: dr. Fala Adinda

Kehidupan yang padat dan penuh tantangan membuat millennials menjadi generasi yang dekat dengan kemajuan teknologi. Gaya hidup millennials sontak dipenuhi dengan banyak kemudahan. Sebut saja toko online, pemesanan transportasi online, delivery makanan, hingga berbagai macam pembayaran digital yang mudah diakses hanya dengan internet.

Namun, tidak semua dari gaya hidup tersebut dapat dikategorikan sehat. Beberapa diantaranya justru dapat mengantarkan millennials pada penyakit kronis. Apa saja sih gaya hidup millennials yang dapat menyebabkan penyakit kronis?

Yuk simak beberapa informasi berikut ini mengenai gaya hidup yang dapat menyebabkan penyakit kronis yang telah tim Lifepack rangkum untuk kamu.

Sebelum mengenal gaya hidup yang dapat menyebabkan penyakit kronis, millennials perlu tahu apa itu gaya hidup sehat. Gaya hidup sehat didefinisikan WHO sebagai cara hidup yang dapat menurunkan risiko untuk mengalami sakit parah atau kematian lebih awal.

Gaya Hidup Millennials Yang Menyebabkan Penyakit Kronis

Terdapat beberapa gaya hidup yang dapat menyebabkan penyakit kronis seperti hipertensi, diabetes, penyakit jantung, stroke, dan kanker. Lalu apa saja gaya hidup yang dapat menyebabkan penyakit-penyakit tersebut?

Pola Makan Tidak Sehat

Seberapa seringkah millennials mengkonsumsi junk food atau makanan manis seperti dessert

Pola makan tidak sehat adalah konsumsi makanan  yang tinggi akan lemak jenuh, lemak trans, gula, dan terlalu banyak garam (natrium). 

Terlalu sering mengkonsumsi junk food dan makanan manis dapat meningkatkan kadar lemak dan gula dalam darah. Padahal konsumsi makanan yang mengandung tinggi lemak dan garam dapat meningkatkan kadar tekanan darah dan meningkatkan risiko terkena penyakit jantung dan stroke. Selain itu pola makan yang tidak sehat dapat menyebabkan pada obesitas yang juga merupakan faktor risiko penyakit jantung, diabetes, dan kanker.

Kurang Aktivitas Fisik

WHO mendefinisikan aktivitas fisik sebagai setiap gerakan yang dihasilkan oleh otot rangka dari tubuh manusia yang menggunakan energi. Aktivitas fisik dapat mencakup kegiatan sehari-hari, seperti bermain, bekerja, berjalan, dan pekerjaan rumah tangga. Selain itu, aktivitas fisik juga meliputi olahraga.

Banyak dari millennials yang tidak menyadari bahwa kemudahan seperti toko online, delivery makanan, penggunaan transportasi online meskipun jarak yang ditempuh dekat dapat membuat millennials kurang aktivitas fisik.

Padahal kurangnya aktivitas fisik yang merupakan salah satu faktor risiko utama kematian dini di seluruh dunia. Orang-orang yang kurang aktif secara fisik memiliki risiko 20-30% mengalami kematian dini. Kurang aktivitas fisik juga merupakan faktor utama dari penyakit jantung dan diabetes.

Merokok

Menurut WHO, tembakau membunuh hampir setengah dari penggunanya dan menyebabkan 6 juta kematian di dunia setiap tahunnya. Sepuluh persen dari kematian tersebut akibat dari menghirup asap rokok di rumah, restoran, kantor atau ruang tertutup lainnya.

Asap rokok mengandung setidaknya 250 bahan kimia berbahaya, yang mana 69 diantaranya diketahui sebagai penyebab kanker. Selain itu, merokok juga penyebab dari penyakit jantung dan penyebab sekitar 10% dari semua kematian akibat penyakit jantung.

Konsumsi Alkohol

Perilaku konsumsi alkohol secara berlebihan merupakan penyebab lebih dari 200 penyakit dan cedera.

Konsumsi alkohol yang berbahaya adalah minum secara berlebihan setiap hari, serta konsumsi alkohol dalam satu waktu atau berulang hingga mengalami keracunan. Konsumsi alkohol secara berlebihan dapat meningkatkan risiko terserang penyakit jantung, karena alkohol dapat merusak otot jantung. Selain itu alkohol juga dapat menyebabkan stroke dan aritmia jantung.

– – – – – – Editorial Pick – – – – – –
Suplemen dan Vitamin Yang Baik Untuk Puasa
Tips Pola Sehat Saat Ramadhan Agar Puasa Lancar
7 Penyebab Diabetes yang Dari Kebiasaan Sehari-Hari
Suplemen dan Vitamin Yang Baik Untuk Puasa
10 Cara Menurunkan Berat Badan Dengan Mudah
5 Komplikasi Yang Harus Diwaspadai Penderita Diabetes

Itulah beberapa gaya hidup yang dapat menyebabkan penyakit kronis di kemudian hari. Menerapkan gaya hidup sehat seperti pola makan sehat, melakukan aktivitas fisik, menghindari rokok dan penggunaan alkohol dapat menurunkan risiko milenials terserang penyakit kronis.

Jika Anda membutuhkan konsultasi mengenai kesehatan, Anda dapat mengunduh aplikasi Lifepack yang tersedia di Google Play Store dan App Store, serta dapatkan kemudahan untuk menebus resep obat tanpa antri.

Sumber:
World Health Organization

Centers for Disease Control and Prevention

Penulis: Nada Karisma

Dapatkan Kemudahan Pengobatan
di Ujung Jari Anda

∘ Dukungan Apoteker setiap saat
∘ Reminder jam minum obat
∘ Refill sebelum habis

Dapatkan Kemudahan Pengobatan
di Ujung Jari Anda

∘ Dukungan Apoteker setiap saat
∘ Reminder jam minum obat
∘ Refill sebelum habis