fbpx
BerandadirektoriPenyakitJamur Kulit

Informasi 

Indonesia dengan iklim tropis disertai suhu dan kelembaban tinggi membuat lingkungan yang baik untuk pertumbuhan jamur, sehingga angka kejadian infeksi jamur meningkat. Terdapat berbagai jenis masalah kulit yang disebabkan oleh jamur. Beberapa di antaranya adalah: 

jamur-kulit

Tinea versicolor 

Infeksi jamur ini juga dikenal dengan nama pityriasis versicolor atau panu. Tinea versicolor ditandai dengan adanya bercak pada kulit yang terlihat lebih lebih gelap (hiperpigmentasi) atau lebih terang (hipopigmentasi) dari kulit sehat di sekitarnya. Bercak ini paling sering muncul pada punggung dan dada. 

Tinea corporis 

Tinea corporis adalah infeksi jamur kulit pada tubuh manusia yang disebabkan oleh jamur golongan dermatofita. Jamur ini menginfeksi area batang tubuh, leher, lengan, dan tungkai. Infeksi golongan dermatofita memiliki nama khusus sesuai dengan area tubuh yang terinfeksi, misalnya pada kulit kepala (tinea capitis), wajah (tinea fasialis), tangan (tinea manuum), selangkangan (tinea cruris), dan kaki (tinea pedis). 

Cutaneous candidiasis (candidiasis kulit) 

Candidiasis disebabkan oleh jamur golongan non-dermatofita yaitu Candida albicans. Infeksi ini paling sering terjadi pada pasien dengan sistem imun yang rendah (immunocompromised). Candidiasis kulit paling sering muncul pada daerah lipatan tubuh (daerah intertriginosa) seperti pada daerah lipatan payudara, ketiak, lipat paha, atau sela jari. Lesi candidiasis akan tampak sebagai bercak kemerahan yang gatal disertai dengan bercak-bercak kecil di sekitarnya. 

Gejala 

Gejala klasik dari infeksi pada kulit adalah lesi yang memiliki area kulit normal yang sehat yang dikelilingi oleh tepian aktif kemerahan dan bersisik (central healing). Beberapa gejala umum yang dapat muncul pada infeksi jamur kulit, adalah: 

  • Iritasi pada kulit 
  • Kulit tampak bersisik 
  • Kemerahan pada kulit 
  • Gatal, terutama muncul saat berkeringat 
  • Lepuh (blisters

Penyebab 

Terdapat berbagai jenis jamur kulit yang dapat menginfeksi manusia. Secara umum, jamur kulit dibagi menjadi 2 jenis, yaitu: 

Jaminan Lifepack untuk Anda

  • Golongan dermatofita, seperti Trichophyton, Microsporum, dan Epidermophyton 
  • Golongan non-dermatofita, seperti Candida albicans 

Dermatofitosis (infeksi yang disebabkan oleh golongan dermatofita) menginvasi jaringan yang mengandung keratin seperti stratum korneum kulit, rambut, dan kuku. Sehingga, golongan dermatofita dapat menginfeksi hampir seluruh permukaan kulit tubuh manusia. Sementara itu, infeksi oleh Candida lebih sering terjadi pada daerah lipatan kulit seperti lipat pada atau lipat payudara.  

Diagnosis 

Untuk mendiagnosis jamur kulit, dokter akan menanyakan mengenai keluhan dan riwayat penyakit yang diderita. Kemudian, dokter akan melakukan pemeriksaan pada kulit yang mengalami kelainan. Apabila gambaran kelainan pada kulit yang muncul tidak khas, dokter akan mengusulkan untuk melakukan pemeriksaan penunjang untuk memastikannya. Beberapa metode pemeriksaan yang dapat dilakukan, adalah: 

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

  • Pemeriksaan kerokan kulit. Dokter akan mengambil sampel melalui kerokan kulit pada daerah kulit yang mengalami kelainan, kemudian hasil kerokan tersebut akan ditetesi menggunakan larutan KOH (kalium hidroksida). Setelah itu akan dilihat di bawah mikroskop untuk memastikan apakah terdapat jamur pada kerokan kulit tersebut.
  • Pemeriksaan lampu wood. Untuk infeksi jamur golongan dermatofita, dapat dilakukan penyinaran menggunakan lampu wood. Lesi pada kulit akan berpendar berwarna hijau kekuningan apabila terdapat jamur pada lesi tersebut. 

Pengobatan 

Pengobatan yang diberikan pada pasien dengan jamur kulit bergantung terhadap jenis jamur penyebabnya. Obat anti-jamur bekerja untuk mengobati infeksi jamur dengan membunuh jamur secara langsung serta mencegahnya tumbuh dan berkembang kembali. Obat anti-jamur tersedia dalam berbagai sediaan, diantaranya: 

Jika disebabkan oleh jamur dermatofita, pengobatan anti-jamur yang disarankan untuk infeksi jamur lokal adalah dengan menggunakan obat golongan azol yang diberikan secara topikal, misalnya: 

Terapi topikal harus diberikan pada lesi dan 2 cm kulit di luar area lesi sebanyak satu atau dua kali sehari selama minimal 2 minggu, tergantung terhadap agen yang digunakan. 

Bila lesi pada kulit luas, pasien akan dianjurkan untuk mengkonsumsi obat secara oral. Obat yang merupakan pilihan pada lesi kulit yang luas adalah griseofulvin, terbinafin, atau ketokonazole. Sebelum mengonsumsi obat, konsultasikan terlebih dahulu kepada dokter. Konsumsi obat-obatan harus sesuai petunjuk dan pengawasan dokter. 

Jaminan Lifepack untuk Anda

Pencegahan 

Beberapa hal yang dapat mencegah terjadinya infeksi jamur kulit antara lain: 

  • Hindari penggunaan pakaian yang terlalu ketat 
  • Gunakan pakaian dengan bahan yang mudah menyerap keringat 
  • Menjaga kebersihan tubuh
  • Ganti secara teratur pakaian, kaos kaki, atau sepatu bila sering terkena keringat 
  • Jangan berganti-gantian saat menggunakan pakaian dan handuk dengan orang lain, terutama dengan orang yang sedang mengalami infeksi jamur kulit 

Ingin berkonsultasi lebih lanjut dengan dokter mengenai kesehatan? Unduh aplikasi Lifepack. Tebus resep obat, bebas antri. Tersedia melalui Google Play Store maupun App Store.

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Referensi

Pertanyaan Seputar Lifepack

+

Apa itu Lifepack?

+

Apa yang membuat Lifepack berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Lifepack?

+

Berapa lama pengiriman obat saya?

+

Dokter spesialis apa saja yang tersedia di Lifepack?

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat Anda

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Konsultasi mobile Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Jaminan Lifepack untuk Anda

100% Obat Asli

Semua produk yang kami jual dijamin asli dan kualitas terbaik.

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS!

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Kebersihan Apotek Selalu Terjaga

Apoteker selalu dicek suhu badannya

Apoteker selalu menggunakan Sanitizer

Kemasan obat praktis dan aman

Pengiriman dilakukan tanpa kontak langsung

Artikel Terkait

pembesaran kantung udara di paru-paru

Emfisema: Pembesaran Kantung Udara di Paru-Paru

direktoriPenyakit   10/11/2022
perbedaan demam berdarah malaria

Perbedaan Demam Berdarah dan Malaria

direktoriPenyakit   27/09/2022
demam berdarah dan tifus

Wajib Tahu! Perbedaan Demam Berdarah dan Tifus

direktoriPenyakit   26/09/2022
fase demam berdarah

Jangan Lengah, Ini 3 Fase Demam Berdarah yang Harus Dipahami

direktoriPenyakit   05/09/2022
jantung koroner

Jantung Koroner: Penyebab, Gejala, Pengobatan, dan Pencegahan

direktoriPenyakit   02/09/2022

Tebus Obat Tak Perlu Antre Lagi

Dapatkan atau Upload resep, obat siap dikirim ke lokasi Anda

Chat via Whatsapp

Respon Cepat, Jawaban Akurat

Download Aplikasi

Obat Dijamin Asli, Lengkap dan Murah

Pelajari Lebih Lanjut

Metode Pembayaran

metode pembayaran

Partner Pengiriman