Apa yang Kamu Ketahui Dari Kanker Serviks

Jun 30, 2020 | Hidup Sehat | 0 comments

Artikel ini telah ditinjau oleh Nada Karisma

Ditinjau oleh: dr. Fala Adinda

Bagi para wanita mungkin sudah sering sekali mendengar kanker serviks. Menurut WHO, pada tahun 2018 diperkirakan terdapat 311.000 wanita mati akibat kanker serviks, dan merupakan kanker nomor dua yang paling banyak menyerang wanita.

Kanker serviks adalah penyakit yang disebabkan oleh virus yang disebut HPV (Human Papilloma Virus). Virus ini biasanya menyebar melalui kontak seksual. Sebagian besar tubuh wanita mampu melawan infeksi HPV. Namun terkadang virus ini bisa menyebabkan kanker. Terdapat 100 jenis HPV, dan 14 di antaranya dapat menyebabkan kanker. Ketika kanker muncul pada serviks, sel-sel kanker dalam serviks akan tumbuh di luar kendali.

Lalu Apa Saja yang Harus Anda Ketahui Mengenai Kanker Serviks?

Menurut WHO, pada tahun 2018 terdapat 517.000 kasus baru kanker serviks yang terjadi di seluruh dunia, terutama pada negara-negara berkembang. Mungkin Anda jadi penasaran apa saja yang harus Anda ketahui tentang kanker serviks agar dapat terhindar dari penyakit tersebut. Berikut beberapa hal yang perlu Anda ketahui mengenai kanker serviks.

Gejala

Hal pertama yang perlu Anda ketahui setelah penyebab kanker serviks adalah gejalanya. Gejala kanker serviks biasanya tidak muncul pada tahap awal kanker. Gejala sering tidak dimulai sampai kanker menjadi lebih besar dan menyebar ke jaringan terdekat. Ketika ini terjadi, gejala yang paling umum pada kanker serviks antara lain:

  • Pendarahan abnormal pada vagina seperti pendarahan setelah hubungan seks vaginal, pendarahan setelah menopause, atau periode menstruasi yang menjadi lebih lama dari biasanya. 
  • Keputihan yang tidak biasa dari vagina  yang mungkin terdapat darah dan dapat terjadi pada wanita yang masih mengalami menstruasi atau telah menopause.
  • Rasa sakit saat berhubungan seks
  • Nyeri di daerah panggul

Tanda dan gejala dapat berkembang pada tahap lebih lanjut dari kanker ini, yaitu:

  • Pembengkakan kaki
  • Masalah buang air kecil atau buang air besar
  • Terdapat darah pada urin

Faktor Risiko Kanker Serviks

Anda perlu mengetahui apa saja faktor-faktor yang dapat meningkatkan risiko Anda untuk terkena kanker serviks agar Anda dapat menghindari faktor-faktor tersebut. Berikut 5 faktor yang dapat meningkatkan risiko Anda untuk terkena kanker serviks.

  • Menderita HIV atau kondisi lain yang berkaitan dengan penurunan kekebalan tubuh
  • Merokok
  • Menggunakan pil KB untuk waktu yang lama (lima tahun atau lebih)
  • Pernah melahirkan tiga anak atau lebih
  • Memiliki beberapa pasangan seksual

Pencegahan

Selain dengan menghindari faktor risiko, Anda juga dapat mencegah kanker serviks dengan beberapa cara, antara lain:

Screening

Anda dapat melakukan screening untuk mengetahui sejak awal jika terjadi perubahan sel pada serviks yang mengindikasi terdapat sel kanker. Terdapat dua tes screening yang dapat Anda lakukan, yaitu:

  • Pap smear, yaitu mencari prekursor, perubahan sel pada serviks yang mungkin menjadi kanker serviks jika mereka tidak dirawat dengan tepat.
  • Tes HPV mencari virus (human papillomavirus) yang dapat menyebabkan perubahan sel ini.

Vaksin HPV

Vaksin HPV dapat melindungi Anda dari jenis HPV yang paling sering menyebabkan kanker serviks, vagina, dan vulva. Vaksinasi HPV direkomendasikan untuk usia pra remaja, yaitu 11-12 tahun dan orang hingga usia 26 tahun. 

Sebenarnya vaksinasi HPV dapat mencegah infeksi HPV, tetapi tidak mengatasiinfeksi atau penyakit yang sudah diderita. Inilah sebabnya mengapa vaksin HPV bekerja paling baik ketika diberikan sebelum terjadi paparan HPV.

– – – – – – Editorial Pick – – – – – –
Mempelajari Faktor Risiko dan Gejala Sinusitis
Mengenal Penyakit Paru Obstruktif Kronis
Paru-Paru Basah: Penyebab dan Cara Penanganan
Teknik Foreplay Suami yang Dahsyat untuk Memuaskan Istri
Mengenal Apa Itu Penyakit Autoimun
Penyakit Meningitis: Penyebab, Gejala, dan Faktor Risikonya
Pelajari Apa itu Omeprazole dan Fungsinya

Itulah beberapa informasi mengenai kanker serviks. Tetap jaga kesehatan Anda dengan menghindari faktor-faktor yang meningkatkan risiko Anda terhadap kanker serviks.

Unduh aplikasi Lifepack yang tersedia di Google Play Store dan App Store dan dapatkan solusi apotek online yang dapat Anda jangkau kapanpun dan dimanapun.