fbpx
BerandaObatApa Fungsi Ciprofloxacin dan Bagaimana Dosisnya?

Ditinjau oleh: dr. Irma Lidia

Apa Fungsi Ciprofloxacin dan Bagaimana Dosisnya?

Terdapat berbagai obat untuk menyembuhkan infeksi akibat bakteri, salah satunya adalah ciprofloxacin. Pernahkah Anda mendengarnya? Jika sudah mungkin Anda juga mengetahui beberapa fungsi dari obat ini. Tentunya obat ini memiliki banyak fungsi yang dapat membantu Anda dalam mengatasi beberapa penyakit. Apa saja fungsinya? Dan bagaimana dosisnya? Simak ulasan berikut mengenai fungsi dan dosis ciprofloxacin yang telah Tim Lifepack buat untuk Anda.

Fungsi Ciprofloxacin

Ciprofloxacin adalah obat yang memiliki banyak fungsi. Obat ini biasa digunakan untuk mengatasi infeksi akibat bakteri seperti pneumonia, gonore, demam tifoid, diare, bahkan infeksi pada kulit, tulang, sendi, abdomen, hingga kelenjar prostat. Obat ini juga dapat digunakan untuk mengobati antraks inhalasi, bronkitis, infeksi sinus, atau infeksi saluran kemih. Namun obat ini bukan pilihan utama untuk digunakan pada infeksi bronkitis dan sinus, atau jenis infeksi saluran kemih tanpa komplikasi. Selalu konsultasikan dengan dokter untuk penggunaan antibiotik seperti ciprofloxacin untuk menghindari kemungkinan buruk dapat terjadi.

Dosis Penggunaan Ciprofloxacin

Dalam penggunaan obat ciprofloxacin, Anda perlu berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter untuk mencegah kemungkinan buruk yang dapat terjadi. Pada ciprofloxacin oral biasanya diberikan dua kali sehari selama 7-14 hari.

Regimen dosis oral yang disarankan adalah 250 mg dua kali sehari untuk mengobati gejala ringan hingga sedang, dan 500 mg dua kali sehari untuk infeksi saluran kemih parah. Terapi untuk saluran pernapasan ringan hingga sedang atau infeksi kulit dan jaringan lunak memerlukan dosis 500 mg yang diminum dua kali sehari, sedangkan dosis 750 mg dua kali sehari dianjurkan untuk infeksi parah. Ciprofloxacin harus diberikan bersama makanan untuk meminimalkan gangguan pencernaan.

Pada ciprofloxacin intravena, dosis diberikan dengan jumlah 200-400 mg yang diminum dua kali sehari dan direkomendasikan untuk infeksi ringan hingga sedang. Untuk dosis hingga 400 mg setiap 8 jam digunakan untuk infeksi parah yang mengancam jiwa.

Jaminan Lifepack untuk Anda

Anda bisa membeli Ciprofloxacin Novel (mulai dari 90ribu) di Lifepack. CIPROFLOXACIN merupakan obat antibiotik generik turunan Quinolon dengan aktivitas antibakteri spektrum luas. Obat ini bersifat bakterisid dan digunakan untuk pengobatan infeksi yang disebabkan oleh bakteri Gram positif dan Gram negatif yang sensitif terhadap ciprofloxacin seperti infeksi pada saluran kemih, saluran cerna, termasuk demam tifoid yang disebabkan oleh S. thypi, saluran napas (kecuali pneumonia akibat Streptococcus), kulit dan jaringan lunak, tulang dan sendi. Dalam penggunaan obat ini harus SESUAI DENGAN PETUNJUK DOKTER.

Peringatan

Sebelum mengonsumsi obat ini, Anda perlu memberi tahu dokter jika Anda memiliki alergi terhadap ciprofloxacin atau obat antibiotik seperti quinolone atau fluoroquinolone lainnya seperti delafloxacin, gemifloxacin, levofloxacin, moxifloxacin, dan ofloxacin. Selain itu beritahu juga dokter jika Anda sedang mengonsumsi obat-obatan lain atau vitamin untuk menghindari interaksi obat.

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Efek Samping

Ciprofloxacin dapat menimbulkan beberapa gejala efek samping pada beberapa orang. Berikut gejala yang dapat muncul, antara lain:

  • Mual
  • Muntah
  • Sakit perut
  • Diare
  • Gatal atau keputihan pada vagina
  • Kulit pucat
  • Kelelahan yang tidak biasa
  • Rasa kantuk

Jika gejala efek samping memburuk seperti muncul ruam, demam, kulit mengelupas, hingga sesak napas, segera periksakan diri ke dokter untuk mendapatkan penanganan. Berhati-hatilah dalam mengonsumsi obat agar terhindari dari hal-hal yang tidak diinginkan.Unduh aplikasi Lifepack yang tersedia di Google Play Store dan App Store. Dapatkan kemudahan tebus resep obat tanpa antri.

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Pertanyaan Seputar Lifepack

+

Apa itu Lifepack?

+

Apa yang membuat Lifepack berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Lifepack?

+

Berapa lama pengiriman obat saya?

+

Dokter spesialis apa saja yang tersedia di Lifepack?

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat Anda

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Konsultasi mobile Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Jaminan Lifepack untuk Anda

100% Obat Asli

Semua produk yang kami jual dijamin asli dan kualitas terbaik.

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS!

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Kebersihan Apotek Selalu Terjaga

Apoteker selalu dicek suhu badannya

Apoteker selalu menggunakan Sanitizer

Kemasan obat praktis dan aman

Pengiriman dilakukan tanpa kontak langsung

Artikel Terkait

ibuprofen dan parasetamol

Ibuprofen dan Parasetamol: 5 Perbedaan yang Harus Dipahami

Obat   20/09/2022
statin dalam obat

Perbedaan 7 Jenis Statin dalam Obat Kolesterol

Obat   10/09/2022

Cara Mengobati Luka, Serta Rekomendasi Obat Luka di Apotek

Obat   02/08/2022

Butuh Obat? Cek Daftar Apotek di Bandung

Obat   29/07/2022

Tak Usah Bingung, Cek Cara Tebus Obat di Apotek Bandung

Obat   28/07/2022

Tebus Obat Tak Perlu Antre Lagi

Dapatkan atau Upload resep, obat siap dikirim ke lokasi Anda

Chat via Whatsapp

Respon Cepat, Jawaban Akurat

Download Aplikasi

Obat Dijamin Asli, Lengkap dan Murah

Pelajari Lebih Lanjut

Metode Pembayaran

metode pembayaran

Partner Pengiriman