fbpx
BerandaHidup SehatWaspada 4 Penyakit Musim Hujan yang Mengancam Anda

Penyakit dapat datang mengancam kapanpun dan di manapun, termasuk saat musim hujan. Saat musim hujan datang, berbagai penyakit juga datang mengancam. Pergantian cuaca juga dapat memengaruhi kondisi tubuh. Oleh karena itu sangat penting untuk menjaga kesehatan di saat musim hujan.

penyakit-musim-hujan

Anda masih dapat melakukan upaya pencegahan untuk terhindar dari berbagai penyakit musim hujan. Namun penyakit apa saja sih yang dapat mengancam Anda saat musim hujan? Yuk simak informasi lengkapnya lewat ulasan yang telah Tim Lifepack buat berikut ini.

Macam-Macam Penyakit Musim Hujan

penyakit-musim-hujan

Saat musim hujan, berbagai penyakit musim hujan datang mengancam Anda dan keluarga. Namun Anda masih dapat melakukan upaya untuk menghindarkan diri dan keluarga dari penyakit-penyakit tersebut. Apa saja? Simak daftar penyakit saat banjir dan hujan ini.

1. Flu

Salah satu penyakit musim hujan yang paling sering tejadi adalah flu. Flu adalah infeksi yang disebabkan oleh virus rhinovirus dan coronavirus. Biasanya flu menyerang hidung, tenggorokan, dan saluran pernapasan bagian atas. Gejala khas yang timbul dari penyakit ini, yaitu batuk, demam, sakit tenggorokan, bersin-bersin, dan hidung tersumbat. Dalam mengobati flu, Anda dapat melakukan beberapa upaya seperti beristirahat dan minum air yang cukup, konsumsi makanan sehat seperti buah dan sayur, dan menghindar dari paparan asap rokok. Jika flu tidak sembuh dalam 7-10 hari, maka Anda dapat memeriksakan diri ke dokter untuk mendapatkan pemeriksaan medis lebih lanjut (Baca juga 5 Cara Mudah Redakan Gejala Flu).

2. Diare

Diare adalah salah satu penyakit musim hujan yang disebabkan infeksi virus seperti norovirus dan rotavirus, serta parasit yang biasa ditemukan dalam makanan atau air yang terkontaminasi. Beberapa gejala khas dari diare, yaitu demam, sakit perut atau kram, kembung, frekuensi buang air besar 3-5 kali sehari, feses cair, sakit kepala, kekurangan energi (Baca juga Diare: Penyebab, Gejala, dan Pengobatan). Diare juga dapat menyebabkan dehidrasi akibat cairan tubuh yang terkuras. Oleh karena itu penting untuk minum air yang cukup saat diare untuk mencegah terjadinya dehidrasi.

Pencegahan diare dapat Anda lakukan dengan menerapkan pola hidup bersih seperti mencuci tangan sebelum makan dan setelah beraktivitas, mencuci bersih bahan makanan sebelum dimasak, dan memasak bahan makanan hingga benar-benar matang.

Jaminan Lifepack untuk Anda

3. Demam Tifoid

Demam tifoid atau yang dikenal tifus adalah penyakit yang disebabkan oleh infeksi bakteri Salmonella typhi. Biasanya infeksi ini terjadi akibat kebiasaan sehat yang tidak diterapkan dalam kehidupan sehari-hari seperti mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir dan sanitasi lingkungan yang buruk (Baca juga Seberapa Bahayakah Penyakit Tifus?). Gejala dari penyakit ini adalah demam, sakit perut, sakit kepala, diare parah, muncul ruam atau bintik merah pada kulit, dan kelelahan. Dalam pengobatan demam tifoid, biasanya dokter akan memberikan obat-obatan antibiotik yang untuk mencegah pertumbuhan bakteri di dalam tubuh.

4. Demam Berdarah Dengue (DBD)

Demam Berdarah Dengue (DBD) adalah penyakit musim hujan yang disebabkan oleh virus dengue. Virus ini menginfeksi manusia melalui gigitan nyamuk yang membawa virus di dalam tubuhnya. Ketika nyamuk yang telah terinfeksi virus menggigit manusia, virus yang dibawa dalam tubuh nyamuk berpindah ke tubuh manusia dan menyebabkan DBD (Baca juga Fase Penyakit Demam Berdarah yang Perlu Anda Ketahui). Gejala khas yang timbul dari penyakit ini adalah nyeri otot dan sendi, sakit pada bagian belakang bola mata, ruam, mual, dan muntah. Gejala demam berdarah biasanya berlangsung 2-7 hari. Anda dapat mencegah penyakit yang satu ini dengan menerapkan 3M (Menguras, Mengubur, dan Menutup). Anda dapat menguras bak mandi secara berkala untuk menghindari adanya sarang nyamuk dan larva yang berkembang. Kemudian Anda juga dapat mencegah DBD dengan mengubur barang-barang bekas yang tidak digunakan. Selain itu Anda juga dapat menutup penampungan air agar nyamuk tidak bisa masuk dan berkembangbiak di dalamnya.

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Itulah informasi mengenai penyakit musim hujan yang biasanya datang mengancam. Anda melakukan beberapa cara menghindari penyakit musim hujan dengan melakukan pola hidup bersih dan sehat. dr. Irma LIdia dari Tim Dokter Lifepack juga menyebutkan bahwa dengan menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat (antara lain kebiasaan mencuci tangan, menggunakan air bersih, menggunakan jamban yang sehat, memberantas jentik nyamuk, makan sehat konsumsi buah dan sayur, aktivitas fisik/olahraga, dan masih banyak lagi) kita juga dapat menghindari, mencegah, dan mengurangi berbagai penyakit, baik yang menular maupun penyakit kronis. Jika Anda merasakan gejala dari penyakit-penyakti di atas, segera periksakan diri ke dokter untuk mendapatkan pemeriksaan medis lebih lanjut.

Ingin berkonsultasi lebih lanjut dengan dokter mengenai kesehatan? Unduh aplikasi Lifepack. Tebus resep obat, bebas antri. Tersedia melalui Google Play Store maupun App Store

Ditulis oleh : Nada Karisma

Referensi:

Jaminan Lifepack untuk Anda

Health Direct. (nd). Colds. Diakses pada 2021.

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Pertanyaan Seputar Lifepack

+

Apa itu Lifepack?

+

Apa yang membuat Lifepack berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Lifepack?

+

Berapa lama pengiriman obat saya?

+

Dokter spesialis apa saja yang tersedia di Lifepack?

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat Anda

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Konsultasi mobile Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Jaminan Lifepack untuk Anda

100% Obat Asli

Semua produk yang kami jual dijamin asli dan kualitas terbaik.

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS!

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Kebersihan Apotek Selalu Terjaga

Apoteker selalu dicek suhu badannya

Apoteker selalu menggunakan Sanitizer

Kemasan obat praktis dan aman

Pengiriman dilakukan tanpa kontak langsung

Artikel Terkait

hubungan demam berdarah dan trombositopenia

Hubungan Demam Berdarah dan Trombositopenia

Hidup Sehat   24/09/2022
pentingnya kesehatan seksual

Dari Emosi Hingga Fisik, Ini Pentingnya Kesehatan Seksual untuk Semua Usia

Hidup Sehat   03/09/2022

Nutrimax Nutri Kidz: Manfaat, Kandungan, Efek Samping

Ibu dan Anak   25/07/2022
konimex renovit

Konimex Renovit: Kandungan, Manfaat, dan Dosis

Hidup Sehat   23/07/2022
apotek terlengkap dan terdekat

5 Tips dan Trik Mencari Apotek Terlengkap dan Terdekat

Hidup Sehat   04/07/2022

Tebus Obat Tak Perlu Antre Lagi

Dapatkan atau Upload resep, obat siap dikirim ke lokasi Anda

Chat via Whatsapp

Respon Cepat, Jawaban Akurat

Download Aplikasi

Obat Dijamin Asli, Lengkap dan Murah

Pelajari Lebih Lanjut

Metode Pembayaran

metode pembayaran

Partner Pengiriman