fbpx

PHMB (Polyhexamethylene Biguanide)

Nov 3, 2020 | direktoriObat, Informasi Kesehatan Obat dari Huruf P | 0 Komentar

Artikel ini telah ditinjau oleh dr. Irma Lidia

Tak bisa dipungkiri lagi namanya luka pastinya terasa sakit dan juga perih. Dari sini biasanya banyak orang mempergunakan antiseptik ketika melakukan perawatan luka. Antiseptik adalah senyawa kimia yang mempunyai kegunaan memperlambat adanya pertumbuhan mikroorganisme sekaligus mampu membunuh kuman. Antiseptik ini seringkali dipergunakan ketika sedang menangani luka. Baik saat mengalami operasi sesuai dengan prosedur yang ada. PHMB menjadi salah satu jenis antiseptik terbaik (Baca juga Ekstrak Centella Asiatica). 

Informasi 

Polyhexamethylene biguanide  atau PHMB mampu membersihkan sekaligus melakukan perawatan luka. Selain itu antiseptik ini bisa juga melawan bakteri yang tadinya menjadi penyebab infeksi bahkan tidak ada lagi rasa nyeri ketika anda mempergunakan produk tersebut. Bahkan dalam sebagian kasus ternyata produk tersebut bisa memberikan bantuan dalam mengurangi rasa perih pada luka anda.

Dengan beragam keunggulannya ini ternyata mampu membuat banyak orang merasa tertarik memilih produk tersebut. Apalagi jenis antiseptik ini bisa membuat rasa perih pada luka semakin berkurang. Tentu saja hal ini sangatlah berbeda sekali dengan jenis yang lainnya. 

PHMB, Polyhexamethylene Biguanide
Antiseptik adalah senyawa kimia untuk memperlambat pertumbuhan mikroorganisme hingga membunuh kuman. PHMB salah satu jenis antiseptik terbaik.

Tentu saja produk dari antiseptik ini bukan hanya satu macam saja yang sudah tersedia di pasaran. Tapi usahakan anda tidak sembarangan lagi dalam menentukan sebuah pilihan. Apalagi antiseptic pembersih luka. Konon masih ada saja sebagian produk yang dikenal bisa menimbulkan iritasi yang bisa menghambat sembuhnya luka. 

PHMB bahkan dipergunakan sebagai bahan dalam beragam produk kosmetik, pembersih lensa kontak, deodorant pribadi bahkan produk hewan sekalipun. Uniknya lagi ada pula yang mempergunakannya dalam perawatan pakaian sebab mampu mencegah adanya bau yang membuat kita merasa kesal. Semoga saja sedikit ulasan mengenai produk antiseptic ini memperluas pengetahuan anda. Apalagi bagi anda yang berkeinginan memperoleh antiseptic tanpa rasa perih. Anda pastinya bisa menjatuhkan pilihan hanya pada produk yang satu ini.

Cara Penggunaan

Merawat luka seringkali menjadikan luka terasa semakin perih. Inilah alasan mengapa kebanyakan orang merasa enggan dalam melakukan perawatan luka dengan benar. Apalagi kini sebagian pembersih luka maupun antiseptik menimbulkan sebuah iritasi pada kulit sekitarnya. Penting sekali bagi anda menentukan pilihan jenis antiseptik tepat. Dengan begitu nantinya perawatan luka bisa dilakukan dengan benar sehingga mampu terhindar dari rasa perih.

Luka yang  berada pada tubuh kita jika tidak segera kita bersihkan dan tangani pastinya tidak segera sembuh. Kali ini anda harus mengerti bagaimana caranya melakukan perawatan luka paling tepat. Tentunya tidak semua orang memahami hal ini. Dari pada penasaran sebaiknya simak beberapa langkah berikut:

  1. Bersihkan terlebih dahulu lukanya menggunakan larutan antiseptic. Antiseptic yang mempunyai kandungan PHMB pastinya pilihan yang terbaik untuk anda. Hal ini dikarenakan rasa perih bakalan semakin berkurang setelah mempergunakan antiseptic tersebut.
  2. Selanjutnya anda mampu menghentikan pendarahan yang terjadi hanya dengan menekan lukanya mempergunakan kain kasa secara perlahan. Jika memang pendarahannya sudah berhenti, anda pun bisa menutup lukanya mempergunakan perban. Hal ini bertujuan supaya luka anda terhindar dari penyebab infeksi. 

Mempergunakan antiseptic menjadi salah satu cara terbaik ketika anda melakukan perawatan luka di rumah. Tetapi jika lukanya kelihatan begitu parah bahkan seringkali kambuh sebaiknya anda memeriksakan pada dokter agar nantinya mampu peroleh perawatan paling tepat sesuai kondisi lukanya. Meskipun banyak sekali jenis antiseptic yang mampu menyembuhkan luka. Namun kebanyakan orang kini hanya tertuju pada PHMB. 

Konon klinik sekaligus rumah sakit saja banyak yang menentukan pilihan mempergunakan obat pembersih luka dengan adanya kandungan polyhexanide ini jika dibandingkan alkohol. PHMB memang tidak ada baunya bahkan rasa perih pun tidak akan terasa. Uniknya lagi tidak akan ada noda yang tertinggal bekas dari lukanya. Pantas saja banyak orang lebih suka dengan produk antiseptic tersebut. Padahal di pasaran kita bisa dengan mudah menemukan jenis antiseptic beragam mereknya.

Berbagai macam produk dengan kandungan PHMB pun dipergunakan untuk irigasi antar-operasi, desinfeksi kulit maupun selaput lendir sebelum bahkan sesudah operasi. Tentunya banyak sekali manfaat yang bisa anda rasakan ketika mempergunakan produk antiseptic tersebut. Semoga saja anda yang kini mengalami luka bisa memilih produk ini hingga luka pun segera sembuh. Obat tetes mata PHMB pun bahkan juga sudah tersedia. Dimana produknya bisa dipergunakan untuk pengobatan mata yang sudah terkena keratitis acanthamoeba. 

Ternyata begitu banyak sekali khasiat yang bisa kita rasakan saat mempergunakan antiseptic tersebut. Semoga anda bisa menemukan produk tersebut di daerah anda dengan mudah. Jadi saat terjadi luka, nantinya luka tersebut bisa segera sembuh dan kembali pulih. Rasa perih ketika mempergunakan produk pun bisa hilang. Tentunya kebanyakan orang lebih suka produk seperti ini jika dibandingkan lainnya.

Beli obat tanpa perlu antri di apotek dengan Lifepack. Unduh aplikasi Lifepack melalui Google Play Store maupun App Store sekarang. Atau Anda bisa dapatkan rekomendasi produk suplemen dan vitamin terbaik di Jovee.

Dapatkan Kemudahan Pengobatan
di Ujung Jari Anda

∘ Dukungan Apoteker setiap saat
∘ Reminder jam minum obat
∘ Refill sebelum habis

Dapatkan Kemudahan Pengobatan
di Ujung Jari Anda

∘ Dukungan Apoteker setiap saat
∘ Reminder jam minum obat
∘ Refill sebelum habis