fbpx

Artikel ini telah ditinjau oleh dr. Irma Lidia

Permethrin merupakan salah satu jenis obat yang digunakan untuk mengobati masalah yang terjadi pada daerah kulit seperti kudis, atau penyakit lain yang disebabkan oleh serangga seperti tungau yang menempel pada kulit sehingga menyebabkan adanya iritasi. Obat ini dapat melumpuhkan serta membunuh tungau beserta sel telur yang ada di dalam jaringan kulit (Baca juga Ini Dia Manfaat Minoxidil, Obat yang Dapat Atasi Kebotakan).

Informasi

Seperti yang sudah dijelaskan diatas jika Permethrin digunakan untuk mengobati iritasi yang disebabkan oleh parasit yang hidup di dalam tubuh manusia. Secara umum obat ini biasa dijumpai dalam bentuk oles. Permethrin termasuk dalam golongan obat antiparasitik dan digunakan juga untuk mencegah penularan kutu rambut pada seseorang yang sudah pernah melakukan kontak langsung dengan penderita. Biasanya penyakit kutu dan kudis seperti ini akan menyerang orang dewasa dan anak-anak usia 2 bulan keatas. Obat ini akan bekerja dengan cara menghancurkan sel-sel parasit yang hidup dan tumbuh di dalam jaringan kulit sehingga dapat membunuh dan membasmi tungau, kutu, beserta dengan telur-telurnya. Beberapa merek dagang Permethrin yang bisa anda jumpai di apotek atau toko obat lainnya adalah Scacid, Medscab, Scabimite, Scabicid, Peditox, dan Ascabs. Obat ini bisa anda dapatkan dengan mudah dan tanpa memerlukan resep dokter karena termasuk dalam kategori obat bebas.

Dosis

Dosis yang diberikan untuk setiap masalah yang dialami akan berbeda. Berikut ini beberapa dosis berdasarkan kondisi medis yang dialami :

Kudis

  1. Dewasa : untuk penggunaan krim 5% dapat dioleskan secara tipis sekitar 30 gr ke permukaan kulit kepala hingga telapak kaki kemudian didiamkan selama 8 – 14 jam dan dibilas hingga bersih.
  2. Anak-anak :
  1. Usia 2 hingga 12 bulan : Oleskan secara tipis sekitar 3,75 gr ke permukaan kulit dari kepada hingga telapak kaki dan didiamkan selama 8 – 14 jam sebelum dibilas.
  2. Usia 1 tahun hingga 5 tahun : oleskan sekitar 7,5 gr ke permukaan kulit dari kepada hingga telapak kaki dan didiamkan selama 8 – 14 jam sebelum dibilas.
  3. Sedangkan untuk usia 6 hingga 12 tahun : oleskan sekitar 15 gr ke permukaan kulit dari kepada hingga telapak kaki dan didiamkan selama 8 – 14 jam sebelum dibilas.
  4. Usia lebih dari 12 tahun dosis bisa disamakan dengan orang dewasa.

Kutu Rambut 

  1. Dewasa dan anak-anak lebih dari 6 bulan : penggunaan lotion 1% bisa diaplikasin pada rambut dan kulit kepala yang telah dibersihkan dan dikeringkan, kemudian didiamkan selama 10 menit sebelum dibilas. Dapat dilakukan berulang kali selama 7 – 10 hari jika diperlukan. 

Kontraindikasi

Obat ini tidak boleh dan dilarang keras untuk dikonsumsi oleh orang yang menderita kondisi atau memiliki riwayat hipersensitivitas terhadap komponen atau komposisi yang ada di dalam obat ini. Hipersensitivitas merupakan suatu kondisi dimana munculnya sebuah reaksi yang berlebihan karena terlalu lemah atau sensitifnya respon imun tubuh. Akibatnya akan terjadi kerusakan, ketidaknyamanan, dan dapat mengakibatkan kondisi yang sangat fatal bagi tubuh. Reaksi ini dibedakan menjadi 4 tipe, yaitu hipersensitivitas tipe 1, hipersensitivitas tipe 2, hipersensitivitas tipe 3, dan hipersensitivitas tipe 4 semakin tinggi tingkat hipersensitivitas, maka dampak yang akan muncul semakin bertambah buruk. Oleh karena itu pastikan anda selalu berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu jika ingin menggunakan obat-obatan lainnya untuk menghindari reaksi ini.

Interaksi dengan Obat Lain

Selama ini belum diketahui adanya interaksi yang muncul akibat penggunaan Permethrin bersamaan dengan obat yang lainnya. Namun jika dirasa perlu, konsultasikan terlebih dahulu tentang produk obat-obatan baik resep, non resep, maupun herbal yang anda konsumsi kepada dokter atau apoteker.

Kelompok Orang Berisiko

Adanya masalah medis tertentu seperti hipersensitivitas akan mempengaruhi penggunaan Permethrin. Pastikan untuk memberitahukan kepada dokter jika anda sedang mengalami kondisi medis tertentu untuk mencegah adanya hal yang tidak diinginkan. 

Efek Samping

Efek samping yang mungkin saja bisa muncul akibat penggunaan Permethrin adalah sensasi terbakar pada kulit, rasa gatal, bengkak, dan iritasi.

Cara Konsumsi

Cara penggunaan Permethrin dalam bentuk krim secara benar dapat dilakukan dengan langkah-langkah seperti berikut :

  • Oleskan secara tipis ke seluruh bagian tubuh mulai dari leher hingga telapak kaki. 
  • Untuk bayi atau lansia berusia 65 tahun penggunaan krim Permethrin diaplikasikan juga ke bagian kulit kepala dan rambut hingga bagian kening.
  • Diamkan obat selama kurang lebih 8 – 14 jam.
  • Setelah 8 – 14 jam, bilas Permethrin dengan menggunakan air bisa pada saat mandi hingga bersih.
  • Pada saat penggunaan obat, bagian kulit mungkin akan terasa sangat gatal. Namun hal tersebut sangat wajar karena sebagai tanda jika obat sedang bekerja secara efektif. Jika setelah 14 hari atau lebih setelah penggunaan tungai masih tetap muncul, anda bisa mengulangi penggunaan Permethrin kembali.

Cara penggunaan Permethrin dalam bentuk lotion bisa dilakukan dengan langkat-langkah seperti berikut :

  1. Cuci rambut hingga bersih menggunakan shampoo dan keringkan tanpa perlu menggunakan kondisioner.
  2. Kocok lotion sebelum mengaplikasikan Permethrin, kemudian gunakan handuk untuk menutupi bagian wajah dan mata.
  3. Oleskan lotion pada bagian rambut dan kulit kepala, mulai dari bagian belakang telinga dan leher kemudian menuju ke arah rambut dan kulit kepala.
  4. Diamkan selama 10 menit kemudian bilas rambut dan kulit kepala menggunakan air hangat, sisir keluar kutu dan telurnya, kemudian keringkan.
  5. Anda bisa menggunakan cara ini selama kutu atau tungai masih terlihat.

Beli obat tanpa perlu antri di apotek dengan Lifepack. Unduh aplikasi Lifepack melalui Google Play Store maupun App Store sekarang. Atau Anda bisa dapatkan rekomendasi produk suplemen dan vitamin terbaik di Jovee.

Dapatkan Kemudahan Pengobatan
di Ujung Jari Anda

∘ Dukungan Apoteker setiap saat
∘ Reminder jam minum obat
∘ Refill sebelum habis

Dapatkan Kemudahan Pengobatan
di Ujung Jari Anda

∘ Dukungan Apoteker setiap saat
∘ Reminder jam minum obat
∘ Refill sebelum habis