fbpx

Polymyxin B Sulfate

Nov 3, 2020 | direktoriObat, Informasi Kesehatan Obat dari Huruf P | 0 Komentar

Artikel ini telah ditinjau oleh dr. Fala Adinda

Polymyxin B Sulfate adalah antibiotik yang aman digunakan untuk anak-anak. Polymyxin B sulfate  merupakan obat topikal untuk bagian kulit, mata, dan telinga, serta anti infeksi (Baca juga Penyebab Telinga Sakit dan Cara Penyembuhan Pertama). 

Informasi

Sedangkan polymyxin B sulfate  masuk subkelas anti bakteri. Obat ini bisa diperoleh bila menggunakan resep dokter. Polymyxin B sulfate  juga tergolong aman untuk digunakan pada bayi di atas 2 bulan. Polymyxin B sulfate  tersedia di pasaran dalam bentuk sediaan tetes mata. 

Dosis

Apabila terjadi kekurangan dosis polymyxin B sulfate  maka yang harus dilakukan adalah:

Ketika seorang penderita yang menggunakan obat ini tidak menjalani pengobatan karena terlupa. Bisa juga karena hal lainnya, maka dosis yang terlewat itu dapat diabaikan. Bila waktu pengobatan berikutnya tidak terlalu dekat. Bila waktu pengobatan berikutnya sudah sangat dekat, silahkan lakukan pengobatan berikutnya. Tidak perlu mengulang dosis sebelumnya. Tidak perlu juga menggandakan dosis karena merasa telah melewatkan sebuah dosis. 

Namun bila belakangan ini beberapa dosis terlewatkan karena lupa maka  ada baiknya mempertimbangkan untuk eset alarm dan minta bantuan keluarga atau saudara untuk mengingatkan anda. Minta bantuan mereka agar jadwal dosis tidak terlewat begitu saja.

Sedangkan bila terjadi overdosis polymyxin B sulfate  maka yang harus dilakukan adalah :

  • Bila mengalami kondisi darurat, sebaiknya bawalah kemasan obat yang sedang digunakan. Hal ini akan memudahkan dokter untuk mengambil tindakan lebih cepat. 
  • Dilarang keras mengkonsumsi obat lebih dari dosis yang ditentukan dokter. Konsumsi obat lebih banyak tidak akan membuat kondisi lebih cepat sembuh. 
  • Jangan pernah menganjurkan dan memberikan orang lain obat yang sedang anda konsumsi meskipun mereka memiliki kondisi yang sepertinya sama dengan kondisi anda saat ini.
  • Apabila anda mencurigai bahwa ada seseorang yang overdosis obat ini, segera bawa ke rumah sakit atau klinik terdekat. Bantu orang itu mendapatkan pertolongan secepat mungkin.

Kontraindikasi

Kontraindikasi pada penggunaan polymyxin B sulfate adalah keadaan hipersensitivitas. 

Interaksi dengan Obat Lain

Karena adanya efek yang saling mempengaruhi, maka sebagian obat harus dikurangi dan sebagian lagi tidak. konsultasikan dengan dokter untuk hal ini. Sebagian besar obat tidak berpotensi  mengalami ketagihan ataupun ketergantungan. Jangan malas untuk membaca petunjuk tentang jenis obat ini pada kemasan yang tertera. Ingatlah selalu jangan pernah mengobati diri sendiri dengan obat apa pun apalagi dengan takaran suka-suka. Bahaya mengancam anda. Meskipun obat itu tidak termasuk obat keras. 

Kelompok Orang Berisiko

  • Amat sangat dianjurkan sebelum mengkonsumsi obat ini beritahukan kepada dokter tentang riwayat kesehatan dan lain-lain kepada dokter. 
  • Katakan juga pada dokter mengenai obat lain maupun suplemen lain yang sedang anda konsumsi.
  • Perempuan hamil, maupun perempuan yang sedang menyusui. Jika Anda sedang merencanakan kehamilan juga sebaiknya tidak mengkonsumsi obat ini. Polymyxin B sulfate  dapat terserap ke dalam ASI sehingga sangat tidak dianjurkan dikonsumsi oleh perempuan menyusui. 
  • Orang yang mengkonsumsi alkohol juga beresiko menggunakan obat ini.
  • Bila menggunakan lensa kontak, maka lepaslah sebelum meneteskan obat ini.

Efek Samping

Perhatikan daftar efek samping yang mungkin timbul setelah menggunakan polymyxin B sulfate:

  • Penglihatan yang kurang jelas
  • Terasa tersengat
  • Mata Bengkak
  • Terasa nyeri 

Jika rasa kantuk berlebih dirasakan, kepala terasa pusing, tekanan darah begitu rendah, maka sangat disarankan untuk tidak mengemudikan kendaraan. Apapun jenis kendaraan itu. sebaiknya gantikan peran dengan orang lain agar keselamatan lebih terjaga. 

Cara Konsumsi

Polymyxin B sulfate  digunakan untuk merawat, mengontrol, mencegah, dan mengobati penyakit, dan kondisi dan gejala infeksi pada mata, kulit, telinga. Untuk mata dan telinga maka diobati dengan cara ditetes.

Penyimpanan polymyxin B sulfate  dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut:

  • Terbaik menyimpan obat ini pada suhu ruangan.
  • Jauhkan dari paparan cahaya secara langsung agar kualitas obat tetap terjaga sehingga efek yang diharapkan dapat tercapai. 
  • Hindari tempat penyimpanan yang lembab. Sama seperti yang di atas, kondisi lembab juga dapat merusak kualitas obat. 
  • Tidak boleh dibekukan agar dapat digunakan dengan optimal dan mengatasi masalah dengan semestinya.
  • Jauhkan dari jangkauan anak-anak. Sering kita dengar orang tua yang kurang berhati-hati meletakkan obat dan terjadilah kasus keracunan karena anak mengkonsumsi atau memakan obat yang tidak seharusnya dimakan.
  • Jauhkan hewan kesayangan dari obat ini. Beberapa hewan mengalami keracunan disebabkan penyimpanan obat yang kurang aman.
  • Tidak diperkenankan membuang obat ke dalam toilet atau saluran pembuangan. Obat yang dibuang seperti itu dapat mencemari lingkungan.

Bagaimana bila terlanjur mengkonsumsi polymyxin B sulfate  yang kadaluarsa? Meskipun tidak membahayakan namun ada baiknya berkonsultasi pada dokter mengenai kondisi anda. Jelaskan bila memang sudah mengobati dengan obat yang kadaluarsa. 

Selalu perhatikan gejala-gejala yang muncul bila sedang konsumsi obat. Sebelumnya jangan segan konsultasi tentang keadaan anda. Ini sangat bermanfaat untuk proses kesembuhan yang lebih cepat. Dan menghindari diri dari bahaya yang mengintai akibat salah resep, maupun kelebihan dosis, dan lain-lain.

Beli obat tanpa perlu antri di apotek dengan Lifepack. Unduh aplikasi Lifepack melalui Google Play Store maupun App Store sekarang. Atau Anda bisa dapatkan rekomendasi produk suplemen dan vitamin terbaik di Jovee.

Dapatkan Kemudahan Pengobatan
di Ujung Jari Anda

∘ Dukungan Apoteker setiap saat
∘ Reminder jam minum obat
∘ Refill sebelum habis

Dapatkan Kemudahan Pengobatan
di Ujung Jari Anda

∘ Dukungan Apoteker setiap saat
∘ Reminder jam minum obat
∘ Refill sebelum habis