fbpx
BerandaHidup Sehat10 Penyebab Muntah Darah, Berbahayakah?

Mungkin beberapa dari Anda pernah mengalami muntah darah? Ketika Anda mengalami muntah darah mungkin anda merasa panik, bingung, dan khawatir apa penyebab dari muntah darah tersebut. Karena muntah darah merupakan kejadian yang mungkin tidak biasa bagi Anda (Baca juga Bahaya Penyakit Asam Lambung dan Cara Mengatasinya).

penyebab muntah darah

Terdapat berbagai macam hal yang dapat menyebabkan seseorang mengalami muntah darah. Apa sajakah itu? Tenang! Tim Lifepack akan mengulas lebih lanjut seberapa bahaya dan penyebab dari muntah darah.

Apa Itu Muntah Darah?

Muntah darah atau hematemesis bukanlah suatu penyakit, melainkan gejala dari penyakit itu sendiri. Muntah darah Biasanya berupa memuntahkan isi perut namun disertai disertai dengan darah. Gejala ini biasanya berasal dari sistem pencernaan bagian atas seperti lambung dan kerongkongan. 

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa muntah darah merupakan gejala dari suatu penyakit. Namun anda jangan dulu panik ketika menghadapi gejala ini. Karena banyak sekali penyakit yang ditandai dengan gejala muntah darah. Ketika anda mengalami gejala muntah darah ini sebaiknya segera ke pelayanan kesehatan untuk mendapatkan penanganan medis lebih lanjut. 

Jenis muntah darah dapat diketahui dari volume dan warna darah yang dikeluarkan. Tentu anda jadi lebih mudah dalam mengenali jenis muntah darah yang terjadi. 

Penyakit yang Dapat Menyebabkan Muntah Darah

1. Mimisan

Siapa yang sangka? Ternyata mimisan juga dapat menyebabkan seseorang mengalami muntah darah loh! Hal ini karena darah akibat mimisan dapat tertelan dari saluran pernapasan ke dalam saluran cerna. Kondisi ini dapat menyebabkan munculnya darah pada ada saat Anda muntah atau terdapat pada feses Anda. Sehingga feses berwarna lebih gelap atau terdapat darah di dalamnya. 

Jaminan Lifepack untuk Anda

2. Gastroesophageal Reflux Disease (GERD)

Gastroesophageal reflux disease atau GERD,  merupakan penyakit yang menyebabkan peningkatan asam lambung. Pada penyakit ini asam lambung naik hingga ke kerongkongan. Asam lambung yang naik ke kerongkongan dapat mengiritasi kerongkongan dan menyebabkan terjadinya pendarahan pada kerongkongan. Sehingga menyebabkan terjadinya muntah darah. 

3. Gastritis

Selain gastroesophageal reflux disease (GERD), penyakit akibat asam lambung lainnya yang dapat menyebabkan muntah darah adalah gastritis atau peradangan pada dinding lambung. Penyakit ini disebabkan oleh peningkatan jumlah asam di dalam lambung. Peningkatan asam lambung membuat terjadinya peradangan pada dinding lambung. Sehingga timbul rasa perih atau nyeri pada ulu hati dan lambung. Hal ini dapat membuat dinding lambung mengalami pendarahan dan terjadinya muntah darah.

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Salah satu obat untuk asam lambung adalah Pepzol. PEPZOL 40 MG mengandung pantoprazole yang digunakan untuk mengobati masalah akibat asam lambung naik misalkan pada tukak lambung dan penyakit refluks asam, dimana asam lambung naik ke kerongkongan dan menimbulkan peradangan. Dalam penggunaan obat ini harus SESUAI DENGAN PETUNJUK DOKTER.

4. Varises Kerongkongan

Penyakit yang dapat menyebabkan muntah darah lainnya adalah varises kerongkongan. Varises kerongkongan biasanya ditandai dengan terjadinya pembesaran pembuluh darah pada dinding di kerongkongan yang diakibatkan oleh sirosis. Umumnya varises kerongkongan ini disebabkan oleh kebiasaan konsumsi minuman beralkohol secara berlebihan. 

5. Esofagitis

Selain varises kerongkongan, esofagitis juga dapat menyebabkan terjadinya muntah darah. Esofagitis merupakan suatu penyakit yang menimbulkan peradangan pada lapisan kerongkongan dalam sehingga menyebabkan seseorang mengalami kesulitan saat menelan, mual, dan mengalami muntah darah. 

6. Duodenitis

Penyebab gejala muntah darah lainnya adalah penyakit duodenitis. Duodenitis merupakan penyakit yang menimbulkan peradangan yang terjadi pada usus halus dengan gejala mual, muntah, hingga muntah yang disertai dengan darah. 

Jaminan Lifepack untuk Anda

7. Sindrom Mallory Weiss

Sindrom Mallory Weiss merupakan suatu kondisi dimana terjadi robekan pada selaput lendir atau lapisan dalam kerongkongan yang berbatasan dengan lambung. Robekan ini dapat menyebabkan terjadinya pendarahan yang cukup parah hingga menyebabkan muntah darah dan feses yang disertai darah. 

8. Kanker Lambung

Kanker lambung merupakan terjadinya mutasi genetik pada sel lambung yang menyebabkan sel-sel lambung tumbuh secara tidak normal dan tidak terkendali. Biasanya kanker lambung sulit untuk di diagnosis sampai kanker lambung ada pada tahap stadium akhir. 

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Kanker jenis ini meski sulit didiagnosis namun menimbulkan beberapa tanda seperti sering terjadinya perut kembung, nyeri pada ulu hati, naiknya asam lambung, mual hingga muntah. Pada kanker lambung stadium lanjut biasanya akan menimbulkan gejala yang lebih berat seperti mengalami kurang darah (anemia),  sakit kuning, nafsu makan semakin berkurang, penurunan berat badan, BAB berwarna hitam atau disertai darah, dan muntah darah. 

9. Syok

Selain gangguan pencernaan, hal lain yang dapat menyebabkan muntah darah adalah syok. Syok terjadi akibat terjadinya pendarahan hebat sehingga memicu kesulitan bernapas, penurunan jumlah urin, warna kulit menjadi pucat, hingga muntah darah.

10. Anemia

Mungkin yang anda ketahui dari anemia adalah terjadinya kekurangan sel darah merah pada tubuh. Namun, terdapat banyak sekali penyebab dari anemia itu sendiri. Anemia dapat disebabkan oleh kekurangan nutrisi sehingga produksi sel darah merah sangat sedikit. Tetapi penyebab lain dari anemia adalah pendarahan. Pendarahan dapat terjadi di dengan cepat maupun secara perlahan sehingga menyebabkan anemia. Salah satu pendarahan yang menandakan anemia adalah terjadinya muntah darah.

Diagnosis Muntah Darah

Ketika seseorang mengalami muntah darah, orang tersebut sedang mengalami syok yang dapat membahayakan jiwa. Oleh karena itu ketika Anda atau orang-orang disekitar Anda mengalami muntah darah, sebaiknya segera ke pelayanan kesehatan untuk mendapatkan penanganan medis lebih lanjut. Hal ini guna mencegah terjadinya hal-hal buruk yang dapat terjadi yang dapat terjadi. 

Jaminan Lifepack untuk Anda

Untuk mendiagnosis penyakit yang ditandai dengan muntah darah biasanya dokter akan melakukan beberapa tes. Tes yang paling umum dilakukan adalah tes darah guna memeriksa jumlah sel darah secara menyeluruh.

Tes lainnya yang akan dilakukan oleh dokter adalah dengan melakukan endoskopi yang mana dilakukan untuk melihat kelainan pada saluran cerna. Ketika terjadi suatu kelainan pada saluran cerna dokter akan melakukan biopsi atau pengambilan sampel jaringan dan memeriksanya di laboratorium. Hal ini dilakukan guna mengetahui penyebab pasti dari terjadinya muntah darah. 

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Beberapa teks lain yang dilakukan untuk melengkapi pemeriksaan biasanya adalah dengan melakukan tes USG, rontgen, CT scan hingga MRI.

Pengobatan Muntah Darah

Pengobatan untuk mengatasi muntah darah pun tidak bisa sembarangan. Biasanya dokter akan memberikan infus cairan untuk mengembalikan cairan yang hilang akibat muntah darah dan mencegah terjadinya akibat kehilangan darah. Namun untuk tindakan lebih lanjut biasanya pengobatan akan disesuaikan dengan penyebab dari terjadinya muntah darah tersebut. Tindakan lanjut yang biasanya digunakan untuk mengatasi muntah darah dapat berupa endoskopi, operasi, hingga pemberian obat-obatan seperti obat penghambat pompa proton untuk menghambat peningkatan asam lambung. 

Itulah informasi mengenai penyebab hingga penanganan dari muntah darah. Jangan panik ketika anda mengalami gejala yang satu ini, dan segeralah ke pelayanan kesehatan Ketika anda mengalaminya. Pastikan anda segera mendapatkan penanganan medis lebih lanjut.

Ingin berkonsultasi lebih lanjut dengan dokter mengenai kesehatan? Unduh aplikasi Lifepack. Tebus resep obat, bebas antri. Tersedia melalui Google Play Store maupun App Store. Atau Anda bisa dapatkan rekomendasi produk suplemen dan vitamin terbaik di Jovee.

Jaminan Lifepack untuk Anda

Ditulis oleh: Nada Karisma

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Pertanyaan Seputar Lifepack

+

Apa itu Lifepack?

+

Apa yang membuat Lifepack berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Lifepack?

+

Berapa lama pengiriman obat saya?

+

Dokter spesialis apa saja yang tersedia di Lifepack?

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat Anda

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Konsultasi mobile Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Jaminan Lifepack untuk Anda

100% Obat Asli

Semua produk yang kami jual dijamin asli dan kualitas terbaik.

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS!

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Kebersihan Apotek Selalu Terjaga

Apoteker selalu dicek suhu badannya

Apoteker selalu menggunakan Sanitizer

Kemasan obat praktis dan aman

Pengiriman dilakukan tanpa kontak langsung

Artikel Terkait

hari lanjut usia internasional

Hari Lanjut Usia Internasional: Lansia Sehat, Wujudkan Hari Tua Sejahtera

Hidup Sehat   03/10/2022
hubungan demam berdarah dan trombositopenia

Hubungan Demam Berdarah dan Trombositopenia

Hidup Sehat   24/09/2022
pentingnya kesehatan seksual

Dari Emosi Hingga Fisik, Ini Pentingnya Kesehatan Seksual untuk Semua Usia

Hidup Sehat   03/09/2022

Nutrimax Nutri Kidz: Manfaat, Kandungan, Efek Samping

Ibu dan Anak   25/07/2022
konimex renovit

Konimex Renovit: Kandungan, Manfaat, dan Dosis

Hidup Sehat   23/07/2022

Tebus Obat Tak Perlu Antre Lagi

Dapatkan atau Upload resep, obat siap dikirim ke lokasi Anda

Chat via Whatsapp

Respon Cepat, Jawaban Akurat

Download Aplikasi

Obat Dijamin Asli, Lengkap dan Murah

Pelajari Lebih Lanjut

Metode Pembayaran

metode pembayaran

Partner Pengiriman