fbpx

Fructus Lycium Barbarum

Nov 4, 2020 | direktoriObat, Informasi Kesehatan Obat dari Huruf F | 0 Komentar

Artikel ini telah ditinjau oleh dr. Irma Lidia

Fructus Lycium Barbarum atau nama lain dari buah Goji Berry (Gou Qi) adalah buah dari tanaman yang biasanya tumbuh subur di daerah dataran tinggi Chinna. Buahnya kecil berwarna orange kemerahan atau merah kehitaman dengan rasa yang manis dipercaya memiliki antioksidan tinggi melampaui buah lainnya. Sebagai turunan dari keluarga Solanaceae dan Lycium L. yang kabarnya sudah ada sejak 5.000 tahun lampau, tanaman ini sering dijadikan pilihan sebagai bahan dasar pembuatan obat-obatan dalam sistem pengobatan tradisional China di masa lampau. Banyak varietas Fructus Lycium Barbarum yang dapat ditemukan di seluruh dunia. Tetapi penghasil nutrisi tertinggi dari jenis buah ini adalah yang berasal dari Lembah Himalaya (Baca juga Ekstrak Schisandra Chinensis Fructus).

Informasi

Fructus Lycium Barbarum terdiri dari susunan daun, buah, dan kulit akar yang mengandung banyak kandungan amida, peptida, karotenoid, flavonoid, polisakarida, asam organic, minyak esensial, dan nutrisi pendukung lainnya yang sangat baik sebagai suplemen bagi tubuh manusia. Konsumsi dalam jangka panjang dan sesuai anjuran akan meningkatkan pertahanan tubuh terhadap berbagai penyakit secara signifikan. 

Dengan serat dan protein yang tinggi, buah ini dapat memberi efek kenyang tanpa perlu mengkonsumsi kalori berlebihan dan mendukung pola diet yang sehat juga mencegah obesitas. Manfaat lain yang dapat diperoleh dari mengkonsumsi buah ini seperti menurunkan kadar insulin sehingga terhindar dari diabetes. 

Apabila dikonsumsi dengan teratur, buah ini dapat membantu tubuh meningkatkan limfosit yaitu sel darah merah untuk melindungi tubuh dari serangan bakteri yang membahayakan tubuh. Selain itu juga dapat bermanfaat untuk penderita disfungsi ereksi, pusing, telinga berdenging, demam, dan mengembalikan mood yang buruk. dr. Irma Lidia, salah satu dokter Lifepack juga menyebutkan bahwa penelitian dari tahun 2016 yang dilakukan menggunakan tikus menunjukkan goji berry dapat meningkatkan depresi dan perilaku seperti kecemasan.

fructus lycium barbarum
Fructus Lycium Barbarum adalah tanaman yang sering dijadikan pilihan sebagai bahan dasar pembuatan obat-obatan tradisional di China.

Penelitian pada model hewan menunjukkan goji berry dapat membantu mengelola kesehatan hati dan mencegah perkembangan penyakit hati berlemak yang disebabkan alkohol.

Penelitian tentang sel kanker hati manusia juga menemukan goji berry dapat menghambat pertumbuhan tumor. Bahkan dipercaya bahwa khasiat buah Fructus Lycium Barbarum ini sanggup menghambat penyebaran sel kanker dalam tubuh. Menurut penelitian lain buah ini dapat digunakan sebagai nutrisi bagi mata untuk penglihatan yang kabur, degenerasi makula, atau untuk menangani gangguan mata lainnya. 

Saat ini Fructus Lycium Barbarum menjadi salah satu pilihan makanan favorite di seluruh dunia karena terbukti memiliki nilai gizi dan antioksidan yang tinggi. Asam amino yang dihasilkan buah ini menjadi pendukung kulit halus dan cerah. Kandungan vitamin C mengurangi tanda-tanda penuaan, didukung dengan adanya karotenoid dan polisakarida untuk menjaga kesehatan kulit dan tampak awet muda juga memperpanjang usia.

Dosis

Konsumsi Fructus Lycium Barbarum yang disarankan kurang lebih 150 gram dalam bentuk buah segar atau 10 s/d 30 gram untuk buah kering. Dapat juga dipengaruhi faktor usia, kesehatan, dan kondisi lainnya atau sesuai dengan anjuran dokter.

Kontraindikasi

Interaksi dengan Obat Lain

  • Tidak dianjurkan untuk mengkonsumsi obat-obatan lain bersamaan dengan buah Fructus Lycium Barbarum karena ada kemungkinan buah ini mengurangi kemampuan hati atau liver mengurai khasiat obat lain sehingga justru efek samping dari obat-obat tersebut akan timbul.
  • Hindari penggunaan Fructus Lycium Barbarum apabila sedang mengkonsumsi obat pengencer darah karena menimbulkan efek serius yaitu hipotensi atau tekanan darah menurun secara tidak normal. 
  • Obat diabetes juga tidak dapat dikonsumsi bersamaan dengan buah ini karena sama-sama memiliki sifat menurunkan gula darah.
  • Termasuk di dalamnya juga konsumsi buah ini bersamaan dengan obat penurun tekanan darah mengakibatkan tekanan darah menjadi sangat rendah.
  • Obat yang berfungsi untuk memperlambat pembekuan darah atau warfarin juga tidak disarankan digunakan bersamaan dengan buah ini. Fructus Lycium Barbarum akan memperpanjang masa warfarin bekerja di dalam tubuh sehingga menimbulkan memar dan pendarahan.

Kelompok Orang Berisiko

  • Penderita alergi serbuk sari 
  • Ibu hamil
  • Penderita diabetes
  • Penderita masalah pencernaan
  • Bagi penderita tekanan darah tinggi 
  • Penderita tekanan darah rendah 

Efek Samping

Meskipun mengkonsumsi Fructus Lycium Barbarum atau Goji Berry sebagai pilihan sehat dan belum ditemukannya efek samping yang serius, tetapi disarankan agar tetap menjadi perhatian saat mengkonsumsi buah ini

  • Alergi atau terjadi anafilaktik seperti gatal, ruam-ruam pada kulit, mual, muntah atau sesak nafas
  • Ibu hamil tidak disarankan sebagai pengguna karena kadar selenium tinggi pada buah ini memicu janin tumbuh tidak normal dan memberi dampak cacat serius pada janin. Termasuk mempengaruhi produksi sperma abnormal, penurunan kualitas dan jumlah sperma. Buah ini juga mengandung betaine yang berfungsi menginduksi menstruasi dan aborsi. 
  • Buah Fructus Lycium Barbarum juga menghasilkan estrogen sehingga tidak dianjurkan untuk mereka yang sensitif terhadap estrogen maupun wanita menyusui.
  • Penderita diabetes disarankan untuk lebih berhati-hati apabila menjadikan buah ini sebagai konsumsi sebab dapat menurunkan tingkat kadar gula sehingga menjadi pusing ataupun pingsan.
  • Diare.
  • Penderita tekanan darah tinggi yang sedang mengkonsumsi obat penurun darah dapat melewati penurunan ambang batas darah tanpa disadari.
  • Penderita darah rendah dapat mengalami penurunan tekanan darah secara mendadak.
  • Tidak disarankan konsumsi buah ini di malam hari karena dapat mengganggu pola tidur atau bahkan tidak tidur sama sekali.

Cara Konsumsi

  • Buah Fructus Lycium Barbarum atau Goji Berry dapat dikonsumsi sebagai camilan yang dimakan mentah 
  • Dapat dicampur ke dalam makanan lain atau tambahan aksesoris pada kue, biskuit, sereal, muffin, dan sejenisnya
  • Bisa juga diseduh sebagai minuman seperti teh atau jus Goji Berry

Ingin berkonsultasi lebih lanjut dengan dokter mengenai kesehatan? Unduh aplikasi Lifepack. Tebus resep obat, bebas antri. Tersedia melalui Google Play Store maupun App Store. Atau Anda bisa dapatkan rekomendasi produk suplemen dan vitamin terbaik di Jovee.

Dapatkan Kemudahan Pengobatan
di Ujung Jari Anda

∘ Dukungan Apoteker setiap saat
∘ Reminder jam minum obat
∘ Refill sebelum habis

Dapatkan Kemudahan Pengobatan
di Ujung Jari Anda

∘ Dukungan Apoteker setiap saat
∘ Reminder jam minum obat
∘ Refill sebelum habis