fbpx

Ekstrak Schisandra Chinensis Fructus

Nov 2, 2020 | direktoriObat, Informasi Kesehatan Obat dari Huruf E | 0 Komentar

Artikel ini telah ditinjau oleh dr. Irma Lidia

Ekstrak schisandra chinensis fructus merupakan ekstrak yang berasal dari tanaman yang disebut dengan Schisandra. Tanaman yang satu ini memiliki buah yang berguna untuk dijadikan makanan serta dimanfaatkan sebagai obat. Schisandra sendiri umumnya digunakan sebagai adaptogen yang mana berfungsi guna meningkatkan resistensi terhadap stress maupun terhadap penyakit. Selain ini juga berguna untuk meningkatkan kinerja fisik, energy maupun daya tahan tubuh. selain itu juga berguna untuk mengobati hepatitis.

Schisandra sendiri juga bisa dimanfaatkan guna mencegah penuaan dini, membantu menormalkan tekanan maupun kadar gula darah, dipercaya mampu memperpanjang usia serta mampu untuk kekebalan tubuh. Ekstrak schisandra chinensis fructus ini juga berguna untuk mempercepat pemulihan setelah menjalani prosedur operasi (Baca juga Ini Daftar Makanan-Minuman Pencegah Kanker Hati).

Informasi

Schisandra chinensis fructus umumnya digunakan untuk mengatasi penyakit hati atau hepatitis dengan cara mengurangi SGPT yang terkandung di dalam darah dimana menjadi salah satu tAnda bahwa hati mengalami kerusakan. Obat ini juga berguna untuk meningkatkan pertumbuhan jumlah sel yang ada di hati serta melindungi hati dari racun.

Schisandra biasanya juga digunakan untuk mengatasi masalah batuk, pneumonia kolesterol yang tinggi, serta gangguan emosional yang menyebabkan seseorang menjadi lebih mudah untuk marah. Obat ini juga biasanya digunakan untuk menangani kondisi pra menstruasi sindrom, disentri, diare yang parah, keringat malam, keluar kencing yang tak sengaja, disfungsi ereksi, depresi, buang air kecil terus menerus, serta kehilangan ingatan atau memori.

schisandra chinensis fructus
Ekstrak schisandra chinensis fructus adalah ekstrak dari tanaman yang disebut dengan Schisandra yang dapat dimanfaatkan sebagai obat.

Schisandra umumnya juga dikonsumsi oleh anak dengan tujuan mengurangi frekuensi termasuk tingkat keparahan dari demam yang memang berhubungan dengan adanya penyakit bawaan yakni familial Mediterranean fever.

Ekstrak Schisandra juga dapat membantu untuk meningkatkan aktivitas otot serta meningkatkan penglihatan. Obat yang satu ini juga mampu meningkatkan energi, melindungi tubuh dari paparan radiasi, mencegah terjadinya infeksi, menjaga kelenjar adrenal agar tetap baik, meningkatkan kinerja fisik maupun otak.

Dosis

Berikut dosis yang umum diberikan pada orang yang membutuhkan ekstrak Schisandra:

  • Bagi orang yang memiliki penyakit hepatitis, dosisi yang diberikan untuk obat ini adalah 20 mg- 2. Dosis tersebut diminum setiap hari.
  • Untuk membuat kinerja mental serta fisik menjadi lebih meningkat, maka penggunaan dosis yang dianjurkan adalah 500 mg sampai dengan 2 gr ekstrak schisandra yang dikonsumsi setiap harinya.

Setiap orang bisa mendapatkan dosis yang berbeda. Pemberian dosis ini sendiri diberikan berdasarkan faktor kondisi, usia, maupun riwayat kesehatan maupun faktor lain yang terkait. Pastikan untuk meminum obat sesuai dengan dosis yang seharusnya. Penggunaan obat herbal tidak selalu aman, lebih baik untuk mengikuti semua instruksi yang tertera pada kemasan obat. Selain itu, konsultasikan penggunaan obat ini dengan dokter Anda terlebih dahulu.

Kontraindikasi

Interaksi dengan Obat Lain

Ekstrak schisandra yang satu ini dapat membuat kecepatan hati dalam memecah obat menjadi lebih cepat. Mengkonsumsi obat-obatan lain secara bersamaan dengan schisandra dapat menyebabkan kegunaan atau efek obat menjadi lebih lemah.

Berikut beberapa obat yang dapat menimbulkan interaksi dengan ekstrak schisandra jika dikonsumsi secara bersama-sama

  • Celecoxib (Celebrex)
  • Diclofenac (Voltaren)
  • Fluvastatin (Lescol)
  • Glipizide (Glucotrol)
  • Ibuprofen (Advil, Motrin)
  • Irbesartan (Avapro)
  • Losartan (Cozaar)
  • Fenitoin (Dilantin)
  • Piroxicam (Feldene)
  • Tamoxifen (Nolvadex)
  • Tolbutamide (Tolinase)
  • Torsemide (Tolinase)
  • Warfarin (Coumadin).

Penggunaan obat di atas yang dilakukan secara bersama dengan schisandra bukan hanya dapat mengurangi kinerja ekstrak tersebut, namun juga bisa memicu terjadinya resiko efek samping yang bermacam-macam. Pastikan untuk mengkonsultasikan penggunaan obat ini dengan dokter Anda untuk menghindari resiko interaksi obat.

Kelompok Orang Berisiko

Selain karena interaksi dengan obat lain, kontraindikasi juga bisa terjadi karena adanya faktor orang beresiko. Obat ini sangat dilarang untuk dikonsumsi oleh wanita hamil karena dapat menyebabkan resiko terjadi kontraksi hingga keguguran.

Beberapa orang dengan kondisi penyakit seperti epilepsi serta intrakranial juga disarankan untuk tidak mengkonsumsi ekstrak tersebut karena dapat menyebabkan timbulnya rangsangan pada bagian sistem saraf pusat. Bagi para penderita GERD atau tukak lambung juga tidak diperbolehkan mengkonsumsi ekstrak ini karena dapat menyebabkan asam lambung menjadi meningkat.

Efek Samping

Layaknya obat lain, ekstrak schisandra juga memiliki beberapa efek samping. Berikut beberapa efek samping yang mungkin akan terjadi:

  • Sakit perut
  • Gangguan lambung atau mengalami mulas
  • Munculnya ruam pada kulit
  • Timbul rasa gatal
  • Kehilangan nafsu makan.

Cara Konsumsi

Cara mengkonsumsi obat herbal yang satu ini adalah dengan mengikuti petunjuk penggunaan obat yang tertera di kemasan. Anda juga bisa mengikuti anjuran atau petunjuk dokter. Jangan mengubah dosis termasuk mengurangi maupun menambahkan dosis penggunaan obat ini tanpa sepengetahuan dokter atau melebihi aturan pakai yang seharusnya. Pastikan untuk mengkonsultasikan riwayat penyakit Anda serta obat yang sedang Anda konsumsi untuk mengurangi resiko kontraindikasi serta mengurangi risiko terjadinya efek samping.

Beli obat tanpa perlu antri di apotek dengan Lifepack. Unduh aplikasi Lifepack melalui Google Play Store maupun App Store sekarang. Atau Anda bisa dapatkan rekomendasi produk suplemen dan vitamin terbaik di Jovee.

Dapatkan Kemudahan Pengobatan
di Ujung Jari Anda

∘ Dukungan Apoteker setiap saat
∘ Reminder jam minum obat
∘ Refill sebelum habis

Dapatkan Kemudahan Pengobatan
di Ujung Jari Anda

∘ Dukungan Apoteker setiap saat
∘ Reminder jam minum obat
∘ Refill sebelum habis