fbpx
BerandaHidup SehatPenyebab Telinga Sakit dan Cara Penyembuhan Pertama

Apabila telinga Anda sering berdenging atau terasa sakit, tandanya ada suatu masalah pada telinga Anda. Telinga termasuk salah satu alat indera penting yang berperan dalam proses pendengaran. Jika terjadi masalah pada telinga Anda, otomatis sistem pendengaran Anda akan terganggu. Hal ini dapat menyebabkan ketulian atau Anda tidak bisa mendengar secara permanen.

penyebab-telinga-sakit

Hal-hal  yang Menyebabkan Telinga Sakit

Sakit telinga dapat dikarenakan oleh berbagai gangguan kesehatan. Sakit telinga juga bisa menjadi tanda terjadinya peradangan atau penumpukan cairan pada salah satu bagian telinga. Telinga sendiri memiliki beberapa bagian yang masing-masing memiliki peranannya dalam sistem pendengaran. Telinga juga memiliki peran dalam mengatur keseimbangan tubuh. Jika salah satu bagian terjadi gangguan, maka berimbas pada seluruh bagian dan sistem pendengaran terganggu.

Infeksi pada Telinga

Infeksi ini biasa terjadi pada telinga bagian tengah, dimana tuba Eustachius mengalami penyumbatan atau terjadi pembengkakan, sehingga menyebabkan penumpukan cairan pada telinga bagian tengah. Penyumbatan bisa terjadi karena flu, alergi, infeksi sinus, produksi lendir berlebih, atau aktivitas merokok. Hal ini biasanya terjadi pada anak-anak, terutama yang berada di bawah usia 10 tahun.

Gejala dari terjadinya infeksi pada telinga seperti berkurangnya pendengaran, nyeri dari dalam telinga, terdapat benjolan di belakang telinga, hingga keluar cairan menyerupai nanah dari dalam telinga. Infeksi ini bisa sembuh dengan sendirinya, namun jika gejala tidak tertahankan, bisa Anda redakan dengan obat dekongestan atau pereda nyeri, menggunakan obat tetes telinga, atau menempatkan kain hangat pada telinga yang terinfeksi. Namun ada baiknya Anda periksakan pada dokter spesialis THT bila gejala yang timbul semakin parah.

Lifepack juga menjual obat Akilen Ear Drops, obat tetes telinga. AKILEN EAR DROP 5 ML obat tetes telinga yang digunakan untuk mengobati infeksi bakteri pada telinga misalnya Chronic suppurative otitis media dan externa. Dalam penggunaan obat ini harus SESUAI DENGAN PETUNJUK DOKTER.

Kondisi Tinnitus

Salah satu keluhanpenyebab telinga sakit lainnya adalah tinnitus. Tinnitus menunjukkan kondisi pendengaran Anda secara subjektif mendengung di dalam telinga dan tidak berasal dari luar tubuh. Kondisi ini bisa muncul saat terjadi sakit telinga karena infeksi pada telinga tengah atau dalam. Kondisi ini dapat ditangani dengan melakukan diagnosis atas penyebab di balik tinnitus, sehingga dapat dilakukan penanganan sesuai kondisi penyerta.

Jaminan Lifepack untuk Anda

Ada beberapa cara yang bisa diterapkan untuk mengatasi kondisi ini. Apabila tinnitus disebabkan gangguan pada pembuluh darah, dapat diatasi dengan obat-obatan atau operasi, serta rajin menghilangkan kotoran telinga untuk mengurangi gejala ini. Tinnitus juga bisa disebabkan karena efek samping dari penggunaan obat tertentu, sehingga obat perlu diganti. Salah satu pemicu kondisi ini adalah suara yang terlalu kencang, sehingga untuk menghindari tinnitus, hindari pula suara yang terlalu kencang.

Barotrauma Telinga

Kondisi ini terjadi karena cedera telinga yang terjadi akibat perubahan tekanan udara atau air ketika Anda mendaki gunung, bepergian dengan pesawat, atau menyelam pada kedalaman tertentu. Gejala utamanya biasanya terjadi hilang pendengaran, telinga terasa buntu, nyeri, dan kepala pening. Pada kondisi tertentu, telinga sakit dapat menyebabkan hilangnya pendengaran, seperti karena penuaan, paparan suara bising, cedera kepala atau telinga, dan efek samping obat tertentu.

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Untuk mengatasi barotrauma telinga, sebaiknya Anda lebih cermat dalam menjaga kesehatan telinga. Sebaiknya Anda menghindarkan telinga bagian dalam dari paparan suara yang kencang untuk waktu yang lama. Anda juga harus memberi jeda sesekali jika mendengarkan music melalui earphone dan jangan sekali-kali tidur dengan earphone menyala dan masih terpasang pada telinga. Anda juga harus menghindari berada di dekat pengeras suara, serta hindari membersihkan telinga bagian dalam dengan cotton bud atau jepit rambut.

Penyakit Meniere

Meniere merupakan salah satu penyebab telinga sakit lainnya. Penyakit ini biasa terjadi pada salah satu telinga Anda karena ketidaknormalan cairan di telinga sehingga menyebabkan vertigo secara tiba-tiba. Pusing yang berputar dan datang tiba-tiba serta kondisi tinnitus merupakan dua gejala utama penyakit Meniere. Penyakit ini menyerang orang dewasa usia 25-50 tahun. Meniere dapat ditangani dengan obat-obatan untuk menangani vertigo, melakukan penyuntikan pada telinga bagian tengah, atau operasi.

Penanganan Pertolongan Pertama Jika Telinga Sakit

Telinga yang terasa sakit bisa disebabkan oleh banyak hal. Sehingga obat telinga sakit harus disesuaikan dengan penyebab sakit telinga yang Anda alami. Anda bisa mendapatkan obat telinga sakit ketika mengunjungi dokter THT. Namun, apabila Anda merasakan sakitnya tak tertahankan, bisa melakukan penanganan pertama, apalagi ketika belum bisa segera mendatangi dokter THT. Anda bisa melakukan hal-hal sederhana, seperti mengompres telinga dengan kompres panas atau dingin.

Cara mengompres telinga cukup mudah. Anda hanya perlu meletakkan bantalan termal atau kompres dingin pada telinga Anda selama 10 menit sekali, bergantian antara kompres panas dengan dingin Anda juga bisa menggunakan kompres panas saja atau dingin saja. Metode ini dapat diaplikasikan pada orang dewasa maupun anak-anak.

Jaminan Lifepack untuk Anda

Anda juga bisa melakukan pijatan ringan atau dengan mengoleskan minyak zaitun pada telinga yang sakit. Berikan pijatan lembut pada area telinga yang sakit dengan menekan dan mulai dari belakang telinga, bergerak ke arah leher dengan gerakan ke bawah, kemudian ke arah depan. Jenis pijatan ini dapat membantu meringankan sakit yang disebabkan oleh infeksi telinga dan kelebihan cairan.

Ingin berkonsultasi lebih lanjut? Temukan solusi konsultasi dokter online hanya dengan mengunduh aplikasi Lifepack yang tersedia di Google Play Store dan App Store sekarang!

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Pertanyaan Seputar Lifepack

+

Apa itu Lifepack?

+

Apa yang membuat Lifepack berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Lifepack?

+

Berapa lama pengiriman obat saya?

+

Dokter spesialis apa saja yang tersedia di Lifepack?

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat Anda

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Konsultasi mobile Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Jaminan Lifepack untuk Anda

100% Obat Asli

Semua produk yang kami jual dijamin asli dan kualitas terbaik.

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS!

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Kebersihan Apotek Selalu Terjaga

Apoteker selalu dicek suhu badannya

Apoteker selalu menggunakan Sanitizer

Kemasan obat praktis dan aman

Pengiriman dilakukan tanpa kontak langsung

Artikel Terkait

hubungan demam berdarah dan trombositopenia

Hubungan Demam Berdarah dan Trombositopenia

Hidup Sehat   24/09/2022
pentingnya kesehatan seksual

Dari Emosi Hingga Fisik, Ini Pentingnya Kesehatan Seksual untuk Semua Usia

Hidup Sehat   03/09/2022

Nutrimax Nutri Kidz: Manfaat, Kandungan, Efek Samping

Ibu dan Anak   25/07/2022
konimex renovit

Konimex Renovit: Kandungan, Manfaat, dan Dosis

Hidup Sehat   23/07/2022
apotek terlengkap dan terdekat

5 Tips dan Trik Mencari Apotek Terlengkap dan Terdekat

Hidup Sehat   04/07/2022

Tebus Obat Tak Perlu Antre Lagi

Dapatkan atau Upload resep, obat siap dikirim ke lokasi Anda

Chat via Whatsapp

Respon Cepat, Jawaban Akurat

Download Aplikasi

Obat Dijamin Asli, Lengkap dan Murah

Pelajari Lebih Lanjut

Metode Pembayaran

metode pembayaran

Partner Pengiriman