fbpx

Penyebab Telinga Sakit dan Cara Penyembuhan Pertama

Sep 18, 2020 | Hidup Sehat | 0 Komentar

Artikel ini telah ditinjau oleh dr. Irma Lidia

Apabila telinga Anda sering berdenging atau terasa sakit, tandanya ada suatu masalah pada telinga Anda. Telinga termasuk salah satu alat indera penting yang berperan dalam proses pendengaran. Jika terjadi masalah pada telinga Anda, otomatis sistem pendengaran Anda akan terganggu. Hal ini dapat menyebabkan ketulian atau Anda tidak bisa mendengar secara permanen.

Hal-hal  yang Menyebabkan Telinga Sakit

Sakit telinga dapat dikarenakan oleh berbagai gangguan kesehatan. Sakit telinga juga bisa menjadi tanda terjadinya peradangan atau penumpukan cairan pada salah satu bagian telinga. Telinga sendiri memiliki beberapa bagian yang masing-masing memiliki peranannya dalam sistem pendengaran. Telinga juga memiliki peran dalam mengatur keseimbangan tubuh. Jika salah satu bagian terjadi gangguan, maka berimbas pada seluruh bagian dan sistem pendengaran terganggu.

Infeksi pada Telinga

Infeksi ini biasa terjadi pada telinga bagian tengah, dimana tuba Eustachius mengalami penyumbatan atau terjadi pembengkakan, sehingga menyebabkan penumpukan cairan pada telinga bagian tengah. Penyumbatan bisa terjadi karena flu, alergi, infeksi sinus, produksi lendir berlebih, atau aktivitas merokok. Hal ini biasanya terjadi pada anak-anak, terutama yang berada di bawah usia 10 tahun.

Gejala dari terjadinya infeksi pada telinga seperti berkurangnya pendengaran, nyeri dari dalam telinga, terdapat benjolan di belakang telinga, hingga keluar cairan menyerupai nanah dari dalam telinga. Infeksi ini bisa sembuh dengan sendirinya, namun jika gejala tidak tertahankan, bisa Anda redakan dengan obat dekongestan atau pereda nyeri, menggunakan obat tetes telinga, atau menempatkan kain hangat pada telinga yang terinfeksi. Namun ada baiknya Anda periksakan pada dokter spesialis THT bila gejala yang timbul semakin parah.

Kondisi Tinnitus

Salah satu keluhanpenyebab telinga sakit lainnya adalah tinnitus. Tinnitus menunjukkan kondisi pendengaran Anda secara subjektif mendengung di dalam telinga dan tidak berasal dari luar tubuh. Kondisi ini bisa muncul saat terjadi sakit telinga karena infeksi pada telinga tengah atau dalam. Kondisi ini dapat ditangani dengan melakukan diagnosis atas penyebab di balik tinnitus, sehingga dapat dilakukan penanganan sesuai kondisi penyerta.

Ada beberapa cara yang bisa diterapkan untuk mengatasi kondisi ini. Apabila tinnitus disebabkan gangguan pada pembuluh darah, dapat diatasi dengan obat-obatan atau operasi, serta rajin menghilangkan kotoran telinga untuk mengurangi gejala ini. Tinnitus juga bisa disebabkan karena efek samping dari penggunaan obat tertentu, sehingga obat perlu diganti. Salah satu pemicu kondisi ini adalah suara yang terlalu kencang, sehingga untuk menghindari tinnitus, hindari pula suara yang terlalu kencang.

Barotrauma Telinga

Kondisi ini terjadi karena cedera telinga yang terjadi akibat perubahan tekanan udara atau air ketika Anda mendaki gunung, bepergian dengan pesawat, atau menyelam pada kedalaman tertentu. Gejala utamanya biasanya terjadi hilang pendengaran, telinga terasa buntu, nyeri, dan kepala pening. Pada kondisi tertentu, telinga sakit dapat menyebabkan hilangnya pendengaran, seperti karena penuaan, paparan suara bising, cedera kepala atau telinga, dan efek samping obat tertentu.

Untuk mengatasi barotrauma telinga, sebaiknya Anda lebih cermat dalam menjaga kesehatan telinga. Sebaiknya Anda menghindarkan telinga bagian dalam dari paparan suara yang kencang untuk waktu yang lama. Anda juga harus memberi jeda sesekali jika mendengarkan music melalui earphone dan jangan sekali-kali tidur dengan earphone menyala dan masih terpasang pada telinga. Anda juga harus menghindari berada di dekat pengeras suara, serta hindari membersihkan telinga bagian dalam dengan cotton bud atau jepit rambut.

Penyakit Meniere

Meniere merupakan salah satu penyebab telinga sakit lainnya. Penyakit ini biasa terjadi pada salah satu telinga Anda karena ketidaknormalan cairan di telinga sehingga menyebabkan vertigo secara tiba-tiba. Pusing yang berputar dan datang tiba-tiba serta kondisi tinnitus merupakan dua gejala utama penyakit Meniere. Penyakit ini menyerang orang dewasa usia 25-50 tahun. Meniere dapat ditangani dengan obat-obatan untuk menangani vertigo, melakukan penyuntikan pada telinga bagian tengah, atau operasi.

Penanganan Pertolongan Pertama Jika Telinga Sakit

Telinga yang terasa sakit bisa disebabkan oleh banyak hal. Sehingga obat telinga sakit harus disesuaikan dengan penyebab sakit telinga yang Anda alami. Anda bisa mendapatkan obat telinga sakit ketika mengunjungi dokter THT. Namun, apabila Anda merasakan sakitnya tak tertahankan, bisa melakukan penanganan pertama, apalagi ketika belum bisa segera mendatangi dokter THT. Anda bisa melakukan hal-hal sederhana, seperti mengompres telinga dengan kompres panas atau dingin.

Cara mengompres telinga cukup mudah. Anda hanya perlu meletakkan bantalan termal atau kompres dingin pada telinga Anda selama 10 menit sekali, bergantian antara kompres panas dengan dingin Anda juga bisa menggunakan kompres panas saja atau dingin saja. Metode ini dapat diaplikasikan pada orang dewasa maupun anak-anak.

Anda juga bisa melakukan pijatan ringan atau dengan mengoleskan minyak zaitun pada telinga yang sakit. Berikan pijatan lembut pada area telinga yang sakit dengan menekan dan mulai dari belakang telinga, bergerak ke arah leher dengan gerakan ke bawah, kemudian ke arah depan. Jenis pijatan ini dapat membantu meringankan sakit yang disebabkan oleh infeksi telinga dan kelebihan cairan.

Ingin berkonsultasi lebih lanjut? Temukan solusi konsultasi dokter online hanya dengan mengunduh aplikasi Lifepack yang tersedia di Google Play Store dan App Store sekarang!

Dapatkan Kemudahan Pengobatan
di Ujung Jari Anda

∘ Dukungan Apoteker setiap saat
∘ Reminder jam minum obat
∘ Refill sebelum habis

Dapatkan Kemudahan Pengobatan
di Ujung Jari Anda

∘ Dukungan Apoteker setiap saat
∘ Reminder jam minum obat
∘ Refill sebelum habis