fbpx

Formoterol Fumarate

Nov 3, 2020 | direktoriObat, Informasi Kesehatan Obat dari Huruf F | 0 Komentar

Artikel ini telah ditinjau oleh dr. Fala Adinda

Formoterol fumarate merupakan jenis obat yang digunakan untuk meredakan berbagai gangguan sistem pernapasan seperti sesak napas, asma, emfisema, obstruktif-COPD (penyakit paru obstruktif) kronis, dan bronkitis kronis. Selain itu, formoterol fumarate juga dapat digunakan untuk meringankan gejala Exercise Induced Bronchospasm (EIB) atau bronkospasme yang disebabkan  oleh olahraga. Obat yang tergolong dalam obat resep ini bekerja sebagai bronkodilator yang berfungsi untuk  merelaksasikan otot pada organ pernapasan, membuka dan melebarkan  saluran udara untuk mempermudah proses pertukaran udara. Obat ini hanya dapat dikonsumsi jangka panjang yaitu apabila gangguan sistem pernapasan tidak dapat diredakan oleh obat lainnya (Baca juga Fe Fumarate).

Dosis

Dewasa

Asma, dosis yang dianjurkan yakni  12 mcg bubuk (satu inhalasi). Obat ini digunakan setiap 12 jam. Takaran maksimal, 24 mcg per hari.

Penyakit paru obstruktif kronis, 12 mcg kapsul inhalasi: 12 mcg bubuk (1 inhalasi). Dihisap setiap 12 jam. Dosis maksimal formoterol fumarate sebanyak 24 mcg per hari. Jika memakai larutan inhalasi, dosis yang diperlukan 20 mcg/2 mL larutan inhalasi: 20 mcg/2 mL vial berbantu jet nebulizer. Penggunaan setiap 12 jam.

Exercise induce bronchospasm (EIB), takaran yang diperlukan yakni 12 mcg bubuk/1 inhalasi. Digunakan 15 menit sebelum berolahraga. Jika dalam sehari sudah menggunakan formoterol fumarate, maka tidak diperkenankan menggunakan kembali untuk membantu meringankan gejala EIB.

Profilaksis Bronkospasme (latihan yang memicu bronkospasme), dosis yang disarankan 12 mcg bubuk 1 inhalasi). Digunakan 15 menit sebelum melakukan latihan. Tidak diperkenankan menggunakan obat ini lebih dari dua kali dalam sehari.

Anak-anak (5 tahun atau lebih)

Asma, takaran yang dianjurkan yaitu 12 mcg  bubuk ( 1 inhalasi). Digunakan dua kali sehari. Takaran maksimal, 24 mcg (mikrogram) per hari.

Profilaksis Bronkospasme, anjuran dosis sebanyak 12 mcg bubuk (1 inhalasi). Adapun aturan penggunaan sebaiknya 15 menit sebelum melakukan latihan. Tidak diperbolehkan mengkonsumsi formoterol fumarate lebih dari dua kali sehari.

Dalam penggunaan harus sesuai dosis yang dianjurkan. Tidak diperkenankan mengkonsumsi terlalu sering dan berlebihan karena dapat meningkatkan risiko efek samping yang serius, tidak diperkenankan pula mengurangi atau pun berhenti menggunakan obat ini tanpa persetujuan dokter. 

Kontraindikasi

Interaksi dengan Obat Lain

Obat-obatan tertentu akan terhambat cara kerjanya jika digunakan bersamaan dengan obat lain. begitu pula formoterol fumarate.  Obat yang dapat menghambat cara kerja obat ini yaitu beta-blocker (misalnya, propranolol), kortikosteroid (misalnya, prednisone), diuretik (misalnya,furosemide, hydrochlorothiazide), linezolid (misalnya, salmeterol), MAOIs (misalnya, phenelzine), antidepresan trisiklik (misalnya,  amitriptyline), arformoterol, kombinasi fluticasone dan salmeterol.

Perlu diwaspadai yaitu penderita yang memiliki riwayat alergi terhadap formoterol fumarate atau salah satu komposisi yang terdapat dalam obat ini. Apabila alergi terhadap susu protein sebaiknya  tanyakan dan baca dengan seksama komposisi yang tertera dalam kemasan. Hal lain yang harus diperhatikan yaitu apabila sedang atau akan mengkonsumsi vitamin, suplemen makanan, dan produk herbal tertentu.  Baru saja atau akan menjalani operai gigi. 

Kelompok Orang Berisiko

Ibu Hamil dan menyusui. formoterol fumarate tergolong ke dalam risiko kehamilan kategori C ( tidak berisiko pada beberapa penelitian). Meskipun belum ada penelitian yang menyatakan akan risiko penggunaan, namun tidak ada salahnya untuk berkonsultasi kepada dokter. Agar dapat mempertimbangkan manfaat dan akibatnya secara jelas. Demikian pula untuk ibu menyusui.

Kelompok orang berisiko lainnya, yaitu orang yang sejak awal sudah mengalami gangguan kesehatan, seperti asma akut, Penyakit Paru Obstruktif (PPOK) berat, nyeri dada yang parah (angina), penyakit jantung, pelebaran abnormal pada pembuluh nadi karena kondisi dinding pembuluh darah lemah (aneurisma), tingginya kadar gula darah(diabetes), gangguan detak jantung (aritmia), tekanan darah tinggi (hipertensi), masalah kelenjar adrenal (pheochromocytoma), asam dalam darah (ketoasidosis), tiroid yang terlalu aktif (hipertiroidisme), dan kalium dalam darah rendah (hipokalemia).

Efek Samping

Obat hisap ini mempunyai beberapa efek samping. Namun ada tidak semua penderita mengalami efek samping yang sama setelah mengonsumsi obat ini. Hal ini disebabkan kondisi masing-masing penderita berbeda-beda. Efek samping yang timbul antara lain tremor, nyeri dada, jantung berdetak cepat, sakit kepala, sesak napas, tersedak, perasaan gelisah, kejang, rasa haus dan lapar yang berlebihan, sering buang air kecil, kram otot,  insomnia, sakit punggung, mulut kering, sakit tenggorokan, batuk, hidung tersumbat, ruam, gatal-gatal pada kulit, dan suara mengalami perubahan. Sebaiknya segera menghentikan pemakaian dan periksakan ke dokter.

Apabila mengalami reaksi alergi seperti mual, muntah, berkeringat, susah bernapas, bagian-bagian tertentu mengalami pembengkakan (wajah, lidah, bibir, dan tenggorokan), hingga pingsan. Dianjurkan meminta bantuan medis darurat secepatnya, sebab efek ini sangat serius.

Cara Konsumsi

Formoterol fumarate tersedia dalam kemasan kapsul inhalasi, larutan nebulasi, dan bubuk inhalasi oral. Cara penggunaan kapsul inhalasi tidak ditelan melainkan dengan cara membuka isi kapsul kemudian dihirup dengan cepat dan dalam melalui mulut  dengan bantuan inhaler. Pastikan tangan dalam keadaan bersih dan kering saat menggunakan. Tidak diperkenankan memakai inhaler yang sama secara berulang-ulang.  Setelah kapsul dalam inhaler kosong, sebaiknya segera isi ulang dan  gunakan perangkat inhaler yang baru.

Beli obat tanpa perlu antri di apotek dengan Lifepack. Unduh aplikasi Lifepack melalui Google Play Store maupun App Store sekarang. Atau Anda bisa dapatkan rekomendasi produk suplemen dan vitamin terbaik di Jovee.

Dapatkan Kemudahan Pengobatan
di Ujung Jari Anda

∘ Dukungan Apoteker setiap saat
∘ Reminder jam minum obat
∘ Refill sebelum habis

Dapatkan Kemudahan Pengobatan
di Ujung Jari Anda

∘ Dukungan Apoteker setiap saat
∘ Reminder jam minum obat
∘ Refill sebelum habis