fbpx

Artikel ini telah ditinjau oleh dr. Denny Archiando

Fe fumarate atau juga dikenal sebagai ferrous fumarate merupakan senyawa dengan kandungan zat besi yang bermanfaat untuk mencegah ataupun mengobati defisiensi zat besi pada tubuh. Kondisi kekurangan zat besi akan sangat berbahaya karena zat besi memiliki peran sangat penting dalam memproduksi sel darah merah tubuh. Oleh sebab itu dokter mungkin menyarankan pasien dengan kondisi defisiensi zat besi untuk mengkonsumsi Fe fumarate atau ferrous fumarate (Baca juga 4 Makanan Sehat untuk Penderita Tumor).

Informasi

Mineral Fe fumarate biasanya tersedia dalam bentuk suplemen yang dapat dibeli secara bebas di apotek ataupun toko obat. Senyawa ini termasuk ke dalam kelas vitamin yang diberikan apabila seseorang mengalami kekurangan zat besi dan tidak terpenuhi hanya dari asupan makanan. Kondisi defisiensi zat besi biasanya dialami oleh wanita hamil serta pasien anemia.

Dosis

Suplemen dengan kandungan Fe fumarate termasuk ke dalam golongan obat bebas yang pembeliannya tidak membutuhkan resep dokter. Konsumsi suplemen dengan kandungan Fe fumarate yang bertujuan untuk mencegah timbulnya kondisi defisiensi zat besi dapat mengikuti petunjuk pada kemasan obat. Sementara jika konsumsi bertujuan untuk terapi atau pengobatan karena kekurangan zat besi, maka sebaiknya konsultasi dengan dokter terlebih dahulu.

Pemberian dosis dalam bentuk suspensi atau cair bagi orang dewasa harus menggunakan sendok takar yang telah disediakan. Hal ini untuk menghindari pemberian dosis yang tidak tepat. Sementara untuk suplemen dalam bentuk sediaan obat tetes yang ditujukan untuk anak dan bayi maka berikan menggunakan pipet yang sudah ada pada kotak kemasan obat. 

Kontraindikasi 

Interaksi dengan Obat Lain 

Seperti halnya obat-obatan medis ataupun obat herbal lainnya, suplemen yang mengandung senyawa aktif Fe fumarate juga tidak disarankan untuk dikonsumsi bersamaan dengan beberapa obat atau makanan. Pasalnya konsumsi dengan obat yang mengandung senyawa tertentu dikhawatirkan akan meningkatkan sensitivitas obat dan menimbulkan efek samping.

Anda disarankan jangan mengkonsumsi suplemen Fe fumarate bersamaan dengan konsumsi kopi, produk susu dan turunannya, dan teh karena dapat menurunkan efektivitas suplemen. Konsumsi setidaknya dengan selang waktu dua jam baik setelah atau sebelum mengkonsumsi suplemen Fe fumarate. Anda juga dilarang mengkonsumsi bersamaan dengan obat jenis antasida karena bisa menurunkan efektivitas obat.

Kelompok Orang Berisiko

Orang yang memiliki riwayat sensitivitas terhadap obat mengandung Fe fumarate dilarang untuk menggunakan obat ini karena bisa menimbulkan reaksi alergi. Selain itu orang yang memiliki kondisi sindrom kelebihan zat besi juga dilarang menggunakan suplemen ini. Orang dengan kondisi thalassemia atau memiliki kelainan genetic pada sel darah merah juga tidak diperbolehkan. 

Orang dengan anemia atau kekurangan sel darah merah juga tidak disarankan mengkonsumsi suplemen Fe fumarate. Sementara penggunaan untuk ibu hamil serta menyusui sebaiknya mengikuti saran dari dokter. Dokter mungkin akan menyarankan penggunaan suplemen Fe fumarate jika dirasa manfaatnya lebih besar ketimbang risikonya. 

Efek Samping

Penggunaan suplemen mengandung Fe fumarate sebenarnya jarang menimbulkan efek samping apabila dikonsumsi dengan tepat. Namun pada beberapa orang penggunaan suplemen Fe fumarate mungkin akan menimbulkan efek samping seperti:

  • Penurunan atau bahkan kehilangan selera makan
  • Mulas, mual dan muntah
  • Gangguan pada pencernaan seperti diare dan sembelit
  • Perubahan warna pada urin dan feses yang menghitam dan berubah gelap

Sementara untuk efek samping cukup serius yang harus mendapat penanganan dokter adalah:

  • Munculnya warna merah darah yang terang di tinja
  • Nyeri pada tenggorokan ketika menelan kapsul mengandung Fe fumarate
  • Rasa nyeri pada bagian dada

Apabila Anda sensitif terhadap Fe fumarate maka efek samping yang timbul berupa gejala reaksi alergi seperti kesulitan untuk bernapas, mual, berkeringat, wajah, tenggorokan, lidah dan bibir membengkak, atau bahkan terasa akan pingsan.

Cara Konsumsi

Konsumsi suplemen dengan kandungan Fe fumarate dapat dilakukan baik perut dalam kondisi kosong atau setelah makan. Hanya saja proses penyerapan mineral zat besi memang diketahui akan lebih optimal apabila perut dalam keadaan kosong atau setidaknya satu jam sebelum makan maupun dua jam setelah makan.  

Namun, untuk orang yang mengalami perut mulas setelah mengkonsumsi suplemen Fe fumarate dalam keadaan perut kosong, maka tidak mengapa untuk mengkonsumsi suplemen ini bersamaan dengan makanan. Untuk suplemen Fe fumarate dalam bentuk kapsul atau tablet maka minumlah bersamaan dengan air putih sekitar satu gelas penuh. Setelah konsumsi obat jangan langsung berbaring. Tunggu setidaknya selama 10 menit.

Menelan kapsul atau tablet harus secara utuh dan tidak boleh dihancurkan atau dikunyah. Pasalnya menghancurkan obat dapat meningkatkan risiko efek samping karena obat akan langsung dilepas sekaligus. Jangan membagi tablet extended-release kecuali apabila tablet terdapat garis bagi dan disarankan oleh dokter atau apoteker. 

Sementara untuk Fe fumarate dalam bentuk sediaan suspensi cair, maka botol dikocok terlebih dulu sebelum dikonsumsi. Sementara untuk tablet kunyah, maka obat dikunyah secara menyeluruh.

Beli obat tanpa perlu antri di apotek dengan Lifepack. Unduh aplikasi Lifepack melalui Google Play Store maupun App Store sekarang. Atau Anda bisa dapatkan rekomendasi produk suplemen dan vitamin terbaik di Jovee.

Dapatkan Kemudahan Pengobatan
di Ujung Jari Anda

∘ Dukungan Apoteker setiap saat
∘ Reminder jam minum obat
∘ Refill sebelum habis

Dapatkan Kemudahan Pengobatan
di Ujung Jari Anda

∘ Dukungan Apoteker setiap saat
∘ Reminder jam minum obat
∘ Refill sebelum habis