fbpx

Fenil Merkuri Nitrat

Nov 2, 2020 | direktoriObat, Informasi Kesehatan Obat dari Huruf F | 0 Komentar

Artikel ini telah ditinjau oleh dr. Fala Adinda

Tidak dapat dipungkiri jika saat ini gaya hidup manusia mulai berubah. Anda pasti juga sudah sadar bagaimana manusia yang hidup di dunia yang serba digital seperti sekarang kerap menghabiskan waktu di depan layar komputer atau smartphone selama berjam-jam tanpa istirahat. Hal ini tentu saja sangat berbahaya bagi kesehatan mata ditambah kebiasaan kurangnya olahraga bisa memicu timbulnya penyakit lain seperti diabetes melitus yang bisa menyebabkan gangguan penglihatan jika sudah cukup parah.

Anda tentu tidak ingin mengalaminya mengingat mata adalah organ penting bagi manusia. Tanpanya aktivitas keseharian akan sangat terganggu sehingga kualitas hidup Anda akan menurun. Sayangnya masih banyak masyarakat yang kurang memperhatikan kesehatan mata (Baca juga 5 Jenis Penyakit Mata yang Perlu Anda Ketahui). 

Banyak yang baru memeriksakan diri saat kondisinya sudah cukup parah dan terpaksa harus menjalani perawatan dalam jangka waktu yang cukup lama. Padahal perlu Anda tahu pengobatan untuk penyakit mata cukup mahal dan lumayan sulit karena dokter spesialis di Indonesia jumlahnya masih terbatas apalagi jika Anda tinggal di daerah dengan infrastruktur kesehatan yang terbatas. Oleh karena itu, sebaiknya Anda mulai menjaga kesehatan mata sejak dini agar tidak menyesal di kemudian hari.

Informasi

Fenil merkuri nitrat saat ini sudah tidak terlalu banyak digunakan dalam dunia medis. Dulu senyawa ini digunakan sebagai obat untuk mensterilkan luka karena memiliki efek antiseptik yang kuat. Namun, karena mengandung senyawa merkuri yang beracun maka penggunaan obat ini pun dilarang. 

Saat ini Fenil merkuri nitrat dengan konsentrasi rendah masih tetap digunakan dalam bidang oftalmologi atau studi tentang penyakit mata. Hampir semua kandungan Fenil merkuri nitrat merupakan obat beracun. Merkuri merupakan logam berat yang pemakaiannya sudah dilarang sejak dulu karena bisa meracuni tubuh manusia sedangkan nitrat merupakan senyawa yang bersifat toksik yang diketahui bisa mengakibatkan kelebihan methemoglobin. 

fenil merkuri nitrat
Dulu fenil merkuri nitrat digunakan untuk mensterilkan luka. Namun saat ini Fenil merkuri nitrat digunakan dalam studi tentang penyakit mata.

Kelebihan methemoglobin bisa menyebabkan kulit penderitanya berubah menjadi ambak biru keunguan akibat oksigen yang terjebak dan tidak bisa  diedarkan ke sel-sel lain. Di bidang kedokteran Fenil merkuri nitrat kerap digunakan sebagai obat tetes mata bagi pasien yang menjalani pemeriksaan mata. Namun, penggunaan obat ini harus diawasi secara ketat oleh dokter dan petugas kesehatan. 

Tidak banyak informasi yang diketahui tentang fungsi dari Fenil merkuri nitrat karena sebagian besar dianggap berbahaya dan tidak direkomendasikan lagi. Di pasaran pun Anda tidak dapat menemukannya dengan mudah sehingga kemungkinan besar senyawa ini hanya bisa dibeli dengan berbagai syarat tertentu.

Dosis

Pada prakteknya, pasien yang menggunakan Fenil merkuri nitrat harus berkonsultasi dulu dengan dokter. Penggunaannya pun harus berdasarkan anjuran dokter karena akan sangat berbahaya jika digunakan secara sembarangan apalagi dalam jangka waktu yang cukup lama. Kandungan merkuri dikhawatirkan bisa masuk kedalam tubuh dan merusak tubuh pasien.

Kriteria penggunaannya pun belum banyak diketahui apakah Fenil merkuri nitrat bisa dipergunakan untuk pasien anak-anak-dewasa, ibu hamil atau menyusui serta lansia. Namun yang pasti senyawa ini beracun, bersifat korosif serta bisa menimbulkan gangguan kesehatan serta berbahaya bagi lingkungan. Oleh karena itu, Anda harus waspada pada efek penggunaan Fenil merkuri nitrat terutama  dalam jangka panjang. 

Kontraindikasi

Interaksi dengan Obat Lain

Sebagai obat keras, Fenil merkuri nitrat sebaiknya tidak dipergunakan bersamaan dengan obat lain terutama bila sama-sama obat luaran. Karena kandungannya yang berbahaya maka sebaiknya penggunaannya dibatasi dalam konsentrasi yang rendah. 

Jika Anda masih ragu segeralah berkonsultasi dengan dokter untuk menghindari interaksi dengan obat yang berpotensi membahayakan kesehatan.

Kelompok Orang Berisiko

Belum ada keterangan lebih mengenai kelompok orang yang rentan pada penggunaan Fenil merkuri nitrat. Namun, jika menilik bahaya merkuri pada bayi dan anak-anak maka kemungkinan kelompok ini serta ibu hamil dan menyusui merupakan kelompok yang paling rentan. 

Oleh karena itu, jika Anda berencana memeriksakan mata atau melakukan operasi mata beritahu kondisi kesehatan Anda sejujur-jujurnya pada dokter untuk menghindari gangguan kesehatan lainnya.

Efek Samping

Untuk penggunaan Fenil merkuri nitrat jangka pendek belum ada laporan pasti tentang efek sampingnya. Namun, beberapa studi menunjukan jika penggunaan obat tetes yang mengandung Fenil merkuri nitrat bisa menyebabkan timbulnya pigmen kecoklatan di area pupil. Oleh karena itu, berhati-hatilah dalam menggunakan obat ini terutama jika digunakan dalam jangka waktu sekitar 3-15 tahun. 

Cara Konsumsi

Penggunaan Fenil merkuri nitrat dalam bidang kedokteran dilakukan dengan cara diteteskan pada mata pasien. Dosis yang digunakan pun berbeda-beda tergantung kondisi pasien itu sendiri. Penggunaannya pun tidak sembarangan, hanya boleh dilakukan oleh tenaga kesehatan berpengalaman dan harus diawasi oleh dokter ahli. 

Namun, jika Anda mengalami beberapa gejala yang tidak biasa sebaiknya Anda segera memberitahu dokter agar bisa menggantinya dengan obat lain atau mengurangi dosisnya.

Beli obat tanpa perlu antri di apotek dengan Lifepack. Unduh aplikasi Lifepack melalui Google Play Store maupun App Store sekarang. Atau Anda bisa dapatkan rekomendasi produk suplemen dan vitamin terbaik di Jovee.

Dapatkan Kemudahan Pengobatan
di Ujung Jari Anda

∘ Dukungan Apoteker setiap saat
∘ Reminder jam minum obat
∘ Refill sebelum habis

Dapatkan Kemudahan Pengobatan
di Ujung Jari Anda

∘ Dukungan Apoteker setiap saat
∘ Reminder jam minum obat
∘ Refill sebelum habis