fbpx
BerandaHidup Sehat5 Jenis Penyakit Mata yang Perlu Anda Ketahui

Mata merupakan organ yang sangat penting yang menunjang penglihatan kita. Ketika mata sakit tentu hal ini sangat mengganggu terutama dalam melihat. Meski begitu penyakit pada mata merupakan hal yang sangat sering terjadi. Gangguan yang umum terjadi pada mata. Biasanya berupa mata merah, gatal, perih, dan berkurangnya kemampuan melihat seperti mata minus atau positif. 

jenis-penyakit-mata

Namun ternyata, terdapat banyak jenis penyakit mata loh! Apa saja? Simak penjelasan lengkapnya pada ulasan yang telah Tim Lifepack buat berikut ini. 

5 Jenis Penyakit Mata

jenis-penyakit-mata

1. Mata Kering

Mata kering merupakan jenis penyakit mata yang dapat terjadi pada siapa saja dan kapan saja. Namun umumnya gangguan yang satu ini sering terjadi pada wanita. Gejala yang umum pada gangguan ini biasanya terasa seperti terdapat benda asing di dalam mata, perih, mata merah, dan terasa sangat gatal.

Gangguan ini dapat diatasi dengan meneteskan obat tetes mata Cendo Vital untuk meningkatkan produksi air mata. Faktor penyebab dari gangguan ini ini umumnya akibat berkurangnya produksi air mata yang disebabkan oleh infeksi, iritasi, alergi, kekurangan nutrisi, efek samping obat yang dikonsumsi, dan dan sering terpaparnya polutan di udara.

Menurut dr. Irma Lidia salah satu anggota Tim Dokter Lifepack, mata kering atau dry eye syndrome dapat juga disebabkan adanya penguapan air mata berlebih dan menyebabkan bola mata kering, contohnya pemakaian komputer/gadget terus menerus (mata sering lupa berkedip), di ruangan ber AC, kondisi mata yang terbuka saat tidur , ataupun kondisi dimana produksi pelumas mata berkurang seperti penuaan, menopause, adanya masalah kesehatan lain seperti diabetes melitus, dan, konsumsi obat-obatan tertentu.

2. Konjungtivitis

Jenis penyakit mata yang satu ini mungkin jarang Anda dengar padahal umum terjadi. Biasanya Penyakit ini ini terjadi pada jaringan lunak di sekitar mata. Hal ini membuat mata menjadi iritasi seperti merah, gatal, berair, atau terasa perih.

Jaminan Lifepack untuk Anda

Konjungtivitis merupakan jenis penyakit mata yang dapat sembuh sendiri dalam beberapa waktu. Jenis penyakit ini disebabkan oleh alergi, bakteri, dan virus. Untuk pengobatannya pun harus disesuaikan dengan penyebab dari konjungtivitis yang dialami. Biasanya jika konjungtivitis disebabkan oleh alergi maka penanganannya adalah dengan menghindari pemicu alergi dan menggunakan obat-obatan antihistamin. 

Sedangkan jika konjungtivitis disebabkan oleh infeksi virus maka konjungtivitis dapat sembuh dalam beberapa waktu. Untuk konjungtivitis yang disebabkan oleh infeksi bakteri maka dibutuhkan pengobatan tertentu seperti obat tetes mata atau salep mata yang mengandung antibiotik. 

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

3. Katarak

Katarak merupakan jenis penyakit yang mungkin sering Anda dengar. Jenis penyakit mata yang satu ini biasanya terjadi pada orang dengan usia lanjut yakni 60 tahun keatas. Tetapi pada beberapa kasus katarak juga dapat terjadi pada usia lebih muda bahkan pada bayi yang baru lahir.

Penyebab dari penyakit ini sendiri cukup beragam. Selain dipengaruhi oleh faktor usia, katarak juga dapat terjadi akibat protein yang menggumpal pada lensa mata. Selain itu katarak juga dapat disebabkan kan oleh cedera pada mata, paparan sinar UV berlebih, efek samping dari konsumsi obat-obatan, efek samping dari terapi atau pengobatan penyakit mata tertentu, dan juga dapat disebabkan oleh penyakit diabetes melitus. Pengobatan penyakit yang satu ini biasanya dilakukan dengan operasi katarak.

4. Glaukoma

Pernahkah Anda mendengar istilah glaukoma? Istilah ini merupakan nama dari sebuah penyakit yang yang menyebabkan kerusakan saraf pada mata karena peningkatan tekanan yang terjadi di bola mata. Penyakit ini biasanya terjadi akibat terganggunya sistem aliran cairan pada mata. Umumnya glaukoma tidak menimbulkan gejala. Jika terjadi gejala, berarti kondisi kerusakan pada mata sudah semakin parah. Bahkan penyakit ini dapat menyebabkan kebutaan.

Terdapat beberapa jenis glaukoma, antara lain glaukoma sudut terbuka, glaukoma sudut tertutup, glaukoma bawaan, dan glaukoma sekunder. Gejala yang umum pada glaukoma adalah penglihatan yang kabur, terdapat lingkaran seperti pelangi saat melihat cahaya, sakit kepala, mual, muntah, dan mata merah.

Jaminan Lifepack untuk Anda

5. Ablasio

Ablasio merupakan jenis penyakit pada mata yang mungkin jarang Anda dengar. Penyakit ini terjadi pada retina akibat lepasnya sensoris retina dari epitel pigmen retina. Hal ini disebabkan oleh terjadinya robekan pada retina yang membuat penglihatan menjadi terganggu.

Penyakit ini menimbulkan beberapa gejala yang dapat dirasakan oleh penderitanya, yaitu penglihatan terasa seperti terdapat floater atau bintik-bintik, melayang, sering terjadi kilatan cahaya, dan menurunnya penglihatan. Penyakit ini dapat berakibat mata buta secara permanen bila tidak mendapat penanganan yang baik.

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Demikian informasi seputar 5 jenis penyakit mata yang perlu Anda ketahui. Karena tergolong ke dalam obat keras, obat-obatan untuk membantu mengatasi infeksi mata hanya bisa didapatkan melalui konsultasi dokter dengan obat resep. Dapatkan informasi dan kebutuhan kesehatan Anda hanya di Apotek Lifepack.

Ingin konsultasi dokter dan tebus obat resep?

Nikmati kemudahan konsultasi GRATIS dengan tim dokter berpengalaman Apotek Lifepack. Sampaikan keluhan dan kebutuhan obat Anda langsung ke dokter kami melalui WhatsApp di nomor 0811 1062 5888 atau melalui link berikut.

Dengan layanan digital Apotek Lifepack yang telah terintegrasi, Anda tidak perlu lagi antre ketika menebus resep obat. Apoteker kami akan membantu memvalidasi resep Anda. Layanan tebus resep akan sangat membantu kebutuhan obat rutin pasien kronis.

Apa Itu Apotek Lifepack?

Apotek Lifepack menyediakan beragam obat bebas, obat rutin, suplemen, hingga alat kesehatan dengan harga hemat, produk original berlisensi BPOM, dan gratis ongkir se-Indonesia. Layanan Lifepack tersedia secara online maupun offline. Dapatkan konsultasi dokter gratis dan program prioritas obat rutin secara khusus di layanan online kami. 

Jaminan Lifepack untuk Anda

Kunjungi juga apotek offline kami di berbagai kota besar. Jakarta di alamat Infinia Park, Jl. Dr. Saharjo No.45, Manggarai, Tebet. Sedangkan Surabaya di Jl. Raya Manyar 11 F, Menur Pumpungan. Untuk warga Bandung, Anda juga bisa membeli obat di Apotek Lifepack Bandung di Jl. Abdul Rahman Saleh Nomor 1A Ruko D, Cicendo. Nantikan kehadiran Apotek Lifepack di kota-kota besar Indonesia lainnya.

Jangan ragu juga untuk hubungi WhatsApp di nomor 0811 1062 5888 untuk beli obat, tebus resep, layanan konsultasi, dan lain-lainnya. Tim Asisten Apoteker kami akan membalas pesan Anda pada jadwal operasional, yaitu hari Senin – Minggu, pukul 07.00 – 23.00. Dapatkan informasi Apotek Lifepack lebih lanjut di sini.

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Pertanyaan Seputar Lifepack

+

Apa itu Lifepack?

+

Apa yang membuat Lifepack berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Lifepack?

+

Berapa lama pengiriman obat saya?

+

Dokter spesialis apa saja yang tersedia di Lifepack?

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat Anda

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Konsultasi mobile Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Jaminan Lifepack untuk Anda

100% Obat Asli

Semua produk yang kami jual dijamin asli dan kualitas terbaik.

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS!

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Kebersihan Apotek Selalu Terjaga

Apoteker selalu dicek suhu badannya

Apoteker selalu menggunakan Sanitizer

Kemasan obat praktis dan aman

Pengiriman dilakukan tanpa kontak langsung

Artikel Terkait

cara mencegah penyakit kronis

Cara Mencegah Penyakit Kronis dengan Gaya Hidup Sehat

Hidup Sehat   23/01/2023
olahraga pengidap diabetes

Olahraga Pengidap Diabetes: Apa Manfaatnya dan Apa Jenis Olahraga yang Bagus?

Diabetes   14/12/2022
komunitas penyakit kronis

Daftar Komunitas Penyakit Kronis: Hipertensi, Diabetes, TBC, dan Banyak Lagi

Hidup Sehat   06/12/2022
komunitas hipertensi indonesia

Daftar Komunitas Hipertensi Indonesia, Beserta Manfaatnya!

Hidup Sehat   05/12/2022
komunitas stroke

Cek Daftar Komunitas Stroke Indonesia, Ayo Gabung!

Hidup Sehat   28/11/2022

Tebus Obat Tak Perlu Antre Lagi

Dapatkan atau Upload resep, obat siap dikirim ke lokasi Anda

Chat via Whatsapp

Respon Cepat, Jawaban Akurat

Download Aplikasi

Obat Dijamin Asli, Lengkap dan Murah

Pelajari Lebih Lanjut

Metode Pembayaran

metode pembayaran

Partner Pengiriman