fbpx

5 Jenis Penyakit Mata yang Perlu Anda Ketahui

Okt 12, 2020 | Hidup Sehat | 0 Komentar

Artikel ini telah ditinjau oleh dr. Irma Lidia

Mata merupakan organ yang sangat penting yang menunjang penglihatan kita. Ketika mata sakit tentu hal ini sangat mengganggu terutama dalam melihat. Meski begitu penyakit pada mata merupakan hal yang sangat sering terjadi. Gangguan yang umum terjadi pada mata. Biasanya berupa mata merah, gatal, perih, dan berkurangnya kemampuan melihat seperti mata minus atau positif. 

Namun ternyata, terdapat banyak jenis penyakit mata loh! Apa saja? Simak penjelasan lengkapnya pada ulasan yang telah Tim Lifepack buat berikut ini. 

5 Jenis Penyakit Mata

jenis-penyakit-mata

1. Mata Kering

Mata kering merupakan jenis penyakit mata yang dapat terjadi pada siapa saja dan kapan saja. Namun umumnya gangguan yang satu ini sering terjadi pada wanita. Gejala yang umum pada gangguan ini biasanya terasa seperti terdapat benda asing di dalam mata, perih, mata merah, dan terasa sangat gatal.

Gangguan ini dapat diatasi dengan meneteskan obat tetes mata untuk meningkatkan produksi air mata. Faktor penyebab dari gangguan ini ini umumnya akibat berkurangnya produksi air mata yang disebabkan oleh infeksi, iritasi, alergi, kekurangan nutrisi, efek samping obat yang dikonsumsi, dan dan sering terpaparnya polutan di udara.

Menurut dr. Irma Lidia salah satu anggota Tim Dokter Lifepack, mata kering atau dry eye syndrome dapat juga disebabkan adanya penguapan air mata berlebih dan menyebabkan bola mata kering, contohnya pemakaian komputer/gadget terus menerus (mata sering lupa berkedip), di ruangan ber AC, kondisi mata yang terbuka saat tidur , ataupun kondisi dimana produksi pelumas mata berkurang seperti penuaan, menopause, adanya masalah kesehatan lain seperti diabetes melitus, dan, konsumsi obat-obatan tertentu.

2. Konjungtivitis

Jenis penyakit mata yang satu ini mungkin jarang Anda dengar padahal umum terjadi. Biasanya Penyakit ini ini terjadi pada jaringan lunak di sekitar mata. Hal ini membuat mata menjadi iritasi seperti merah, gatal, berair, atau terasa perih.

Konjungtivitis merupakan jenis penyakit mata yang dapat sembuh sendiri dalam beberapa waktu. Jenis penyakit ini disebabkan oleh alergi, bakteri, dan virus. Untuk pengobatannya pun harus disesuaikan dengan penyebab dari konjungtivitis yang dialami. Biasanya jika konjungtivitis disebabkan oleh alergi maka Penanganannya adalah dengan menghindari pemicu alergi dan menggunakan obat-obatan antihistamin. Sedangkan jika konjungtivitis disebabkan oleh infeksi virus maka konjungtivitis dapat sembuh dalam beberapa waktu. Untuk konjungtivitis yang disebabkan oleh infeksi bakteri maka dibutuhkan pengobatan tertentu seperti obat tetes mata atau salep mata yang mengandung antibiotik. 

3. Katarak

Katarak merupakan jenis penyakit yang mungkin sering Anda dengar. Jenis penyakit mata yang satu ini biasanya terjadi pada orang dengan usia lanjut yakni 60 tahun keatas. Tetapi pada beberapa kasus katarak juga dapat terjadi pada usia lebih muda bahkan pada bayi yang baru lahir.

Penyebab dari penyakit ini sendiri cukup beragam. Selain dipengaruhi oleh faktor usia, katarak juga dapat terjadi akibat protein yang menggumpal pada lensa mata. Selain itu katarak juga dapat disebabkan kan oleh cedera pada mata, paparan sinar UV berlebih, efek samping dari konsumsi obat-obatan, efek samping dari terapi atau pengobatan penyakit mata tertentu, dan juga dapat disebabkan oleh penyakit diabetes melitus. Pengobatan penyakit yang satu ini biasanya dilakukan dengan operasi katarak.

4. Glaukoma

Pernahkah Anda mendengar istilah glaukoma? Istilah ini merupakan nama dari sebuah penyakit yang yang menyebabkan kerusakan saraf pada mata karena peningkatan tekanan yang terjadi di bola mata. Penyakit ini biasanya terjadi akibat terganggunya sistem aliran cairan pada mata. Umumnya glaukoma tidak menimbulkan gejala. Jika terjadi gejala, berarti kondisi kerusakan pada mata sudah semakin parah. Bahkan penyakit ini dapat menyebabkan kebutaan.

Terdapat beberapa jenis glaukoma, antara lain glaukoma sudut terbuka, glaukoma sudut tertutup, glaukoma bawaan, dan glaukoma sekunder. Gejala yang umum pada glaukoma adalah penglihatan yang kabur, terdapat lingkaran seperti pelangi saat melihat cahaya, sakit kepala, mual, muntah, dan mata merah.

5. Ablasio

Ablasio merupakan jenis penyakit pada mata yang mungkin jarang Anda dengar. Penyakit ini terjadi pada retina akibat lepasnya sensoris retina dari epitel pigmen retina. Hal ini disebabkan oleh terjadinya robekan pada retina yang membuat penglihatan menjadi terganggu.

Penyakit ini menimbulkan beberapa gejala yang dapat dirasakan oleh penderitanya, yaitu penglihatan terasa seperti terdapat floater atau bintik-bintik, melayang, sering terjadi kilatan cahaya, dan menurunnya penglihatan. Penyakit ini dapat berakibat mata buta secara permanen bila tidak mendapat penanganan yang baik.

Itulah informasi mengenai 5 jenis penyakit mata yang perlu Anda ketahui. Jika Anda mengalami gejala-gejala di atas, segera periksakan ke dokter untuk mengetahui penyebab dan mendapat penanganan lebih lanjut.

Ingin berkonsultasi lebih lanjut dengan dokter mengenai kesehatan? Unduh aplikasi Lifepack. Tebus resep obat, bebas antri. Tersedia melalui Google Play Store maupun App Store.

Ditulis oleh: Nada Karisma

Dapatkan Kemudahan Pengobatan
di Ujung Jari Anda

∘ Dukungan Apoteker setiap saat
∘ Reminder jam minum obat
∘ Refill sebelum habis

Dapatkan Kemudahan Pengobatan
di Ujung Jari Anda

∘ Dukungan Apoteker setiap saat
∘ Reminder jam minum obat
∘ Refill sebelum habis