fbpx

Mengenal Apa Itu Obat Mefinal 500 MG 10 Kaplet

Okt 12, 2020 | Obat | 0 Komentar

Artikel ini telah ditinjau oleh dr. Irma Lidia

Anda mungkin sudah tahu bahwa terdapat berbagai jenis obat untuk meredakan rasa nyeri, salah satunya adalah obat mefinal. Mungkin Anda bertanya-tanya Mefinal 500 obat apa? Bagaimana dosisnya dan cara penggunaannya? Simak penjelasan lengkapnya pada ulasan yang telah Tim Lifepack buat berikut ini.

Apa Itu Mefinal 500 MG?

Obat ini merupakan salah satu obat yang dapat meredakan rasa nyeri, antara lain nyeri pada sakit gigi, nyeri haid, nyeri sendi, dan akibat sakit kepala. Adanya merupakan salah satu obat yang masuk kedalam kelompok obat  Nonsteroidal Anti-Inflammatory Drugs (NSAID). 

Obat ini sebenarnya tersedia dalam dua bentuk, yaitu Mefinal 250 mg dan Mefinal 500 mg. Kedua jenis obat ini mengacu pada jumlah dosis yang terkandung di dalamnya. Mefinal 500 mg dan maksimal 250 mg mengandung bahan aktif Asam Mefenamat.

Mefinal merupakan merek obat anti nyeri berbahan aktif asam mefenamat yang sering digunakan untuk  meredakan nyeri akibat sakit gigi, nyeri haid, sakit kepala, dan nyeri sendi. 

Obat ini bekerja dengan menghambat aktivitas enzim siklooksigenase (COX). COX adalah enzim yang berperan dalam membentuk hormon yang menimbulkan rasa nyeri dan peradangan.

Mefinal 500 merupakan obat yang dapat digunakan untuk mengobati rasa nyeri dengan skala ringan hingga sedang. Selain itu obat Mefinal juga sering digunakan sebagai terapi atau Pencegahan untuk sakit kepala sebelah atau migrain terutama akibat sindrom PMS (Pre Menstrual Syndrome) pada wanita.

Dosis Mefinal 500

Obat Mefinal tersedia dia secara luas di apotek mefinal 250 mg dan mefinal 500 mg. Sediaan obat ini berbentuk kaplet atau kapsul. Terdapat beberapa rekomendasi dosis untuk penggunaan obat mefinal ini, antara lain:

Dosis Dewasa

  1. Sakit gigi : 500 mg yang terbagi menjadi dua kali waktu minum dalam sehari.
  2. Nyeri haid (dismenore) : 500 mg yang terbagi dua kali waktu minum dalam sehari.

Efek Samping

Penggunaan obat mefinal dapat menimbulkan beberapa efek samping. Efek samping yang umum terjadi akibat penggunaan obat ini, antara lain:

  1. Nyeri dada
  2. Sesak napas
  3. Penurunan kemampuan melihat
  4. Kehilangan keseimbangan
  5. Buang air besar disertai darah atau tinja bewarna kehitaman
  6. Batuk disertai darah
  7. Mual atau muntah
  8. Sakit perut
  9. Rasa nyeri saat buang air kecil
  10. Demam (Baca juga Redakan Demam Anak dengan 4 Cara Ini)
  11. Muncul ruam pada kulit

Kontraindikasi

Interaksi Obat

Mau merupakan obat yang tidak dapat digunakan bersamaan dengan obat pengencer darah (antikoagulan) yang dapat memperpanjang waktu pembekuan darah. Obat-obatan yang tergolong obat pengencer darah seperti warfarin. 

Obat ini juga tidak dapat digunakan bersamaan dengan obat diuretik yang mana dapat mengurangi kinerja obat diuretik itu sendiri. Obat-obatan diuretik diantaranya seperti chlorthalidone, torsemide, dan bumetanide. 

Obat mefinal 500 juga tidak dapat digunakan bersamaan dengan obat antihipertensi. Hal ini karena obat antihipertensi memiliki efek untuk menurunkan tekanan darah, efek obat ini dapat menurun jika digunakan bersamaan dengan obat mefinal 500. Obat anti hipertensi seperti angiotensin receptor blocker (valsartan, candesartan, dan losartan); angiotensin-converting enzyme (ACE) (captopril, lisinopril, dan enalapril); dan beta blocker (metoprolol, atenolol, dan timolol). 

Selain dengan obat anti hipertensi, Obat Mefinal 500 tidak bisa digunakan bersamaan dengan obat antidepresan (Baca juga Cara Untuk Mendeteksi dan Mengatasi Hipertensi). Obat ini akan mempengaruhi serotonin di dalam tubuh atau menimbulkan interaksi dengan obat mefinal yang dapat menyebabkan pendarahan pada lambung. Obat antidepresan yang perlu dihindari penggunaannya bersamaan dengan mefinal adalah fluoxetine, fluvoxamine, paroxetine, dan obat-obatan antidepresan lainnya.

Meski obat Mefinal 500 merupakan obat yang tergolong dalam kategori obat NSAID Tapi sebaiknya penggunaan obat ini tidak digunakan bersamaan dengan obat NSAID lainnya. 

Kelompok Orang Berisiko

mefinal-500-obat

Obat Mefinal 500 dapat dikontraindikasikan terhadap beberapa kelompok orang yang berisiko. Berikut ini daftar kelompok orang yang berisiko:

1. Edema

Obat ini dikontraindikasikan pada orang yang memiliki atau menderita penyakit edema. Obat Mefinal 500 mengandung bahan aktif Asam Mefenamat yang dapat berinteraksi pada pasien dengan edema. Oleh karena itu sebaiknya obat Mefinal 500 tidak digunakan oleh penderita edema. 

2. Gangguan Hati

Obat sakit maag merupakan salah satu obat yang berpotensi menimbulkan hepatotoksisitas atau obat yang dapat menimbulkan kerusakan atau gangguan pada hati. Sehingga penggunaan obat ini dikontraindikasikan terhadap penderita gangguan atau penyakit pada hati.

3. Penyakit Ginjal

Orang yang menderita penyakit ginjal juga tidak dianjurkan untuk mengkonsumsi obat ini. Kandungan asam mefenamat dalam obat Mefinal dapat berpotensi meningkatkan kadar kreatinin yang dapat memicu terjadinya gagal ginjal (Baca juga Gagal Ginjal Kronis). 

4. Penyakit Jantung

Obat Mefinal juga sebaiknya tidak dikonsumsi oleh orang yang menderita penyakit jantung Seperti penyakit jantung iskemik dan gagal jantung. Hal ini karena obat Mefinal dapat menimbulkan interaksi si yang dapat memicu terjadinya serangan jantung (Bava juga Bahaya Penyakit Jantung Di Usia Muda)

5. Penyakit pada Saluran Cerna

Mungkin anda bertanya-tanya mengapa obat Mefinal 500 tidak dapat digunakan oleh penderita penyakit saluran cerna. Hal ini karena obat golongan steroid termasuk nasional dapat beresiko menimbulkan luka pada lambung atau usus. Sehingga obat ini sebaiknya tidak digunakan pada orang yang sedang menderita penyakit saluran cerna.

Peringatan

Dalam menggunakan obat  Mefinal 500, anda perlu berhati-hati dan memastikan bahwa anda telah memahami menunjuk yang tertera pada kemasan. Tanyakan kepada dokter atau apoteker jika anda tidak memahami Mi instruksi yang tertera pada label kemasan. 

Jangan tambahkan atau kurangi dosis tanpa konsultasi dengan apoteker maupun dokter. Hal ini guna mencegah menurunnya efektivitas obat dan overdosis. 

Konsultasikan terlebih dahulu Jika anda ingin mengonsumsi obat ini bersamaan dengan obat, suplemen, atau vitamin lainnya. Beritahukan kepada dokter jika anda memiliki masalah kesehatan tertentu seperti gangguan hati, penyakit ginjal, dan penyakit jantung. 

Tanyakan kepada dokter Apakah Anda boleh mengonsumsi obat ini ini jika anda dalam kondisi hamil, menyusui, atau ingin melakukan program hamil. 

Jika anda mengalami gejala efek samping yang tidak kunjung hilang, periksakan diri ke dokter untuk segera mendapatkan penanganan.

Anda harus segera pelayanan kesehatan mengalami overdosis. Kunjungi Unit Gawat Darurat (UGD) di rumah sakit terdekat untuk mendapatkan penanganan segera.

Itulah penjelasan mengenai  obat apa Mefinal 500, dosis, efek samping, dan kontraindikasi obat. Pastikan anda memahami betul cara penggunaan obat ini. Tanyakan kepada dokter atau apoteker jika anda kebingungan dalam menggunakan obat ini. Jangan kurangi atau tambahkan dosis tanpa sepengetahuan dokter. 

Ingin berkonsultasi lebih lanjut dengan dokter mengenai kesehatan? Unduh aplikasi Lifepack. Tebus resep obat, bebas antri. Tersedia melalui Google Play Store maupun App Store. Dengan Lifepack Anda juga dapat melakukan konsultasi dengan dokter secara online yang dapat dilakukan meski dari rumah saja!

Ditulis oleh: Nada Karisma

Dapatkan Kemudahan Pengobatan
di Ujung Jari Anda

∘ Dukungan Apoteker setiap saat
∘ Reminder jam minum obat
∘ Refill sebelum habis

Dapatkan Kemudahan Pengobatan
di Ujung Jari Anda

∘ Dukungan Apoteker setiap saat
∘ Reminder jam minum obat
∘ Refill sebelum habis