fbpx

Artikel ini telah ditinjau oleh dr. Fala Adinda

Mata termasuk salah satu organ tubuh terpenting pada manusia. Sedikit saja terjadi sesuatu pada mata, penglihatan Anda akan terganggu. Ketika Anda selesai melakukan prosedur operasi pada mata, setelah obat biusnya hilang, Anda bisa merasakan sakit (baca juga 5 Jenis Penyakit Mata yang Perlu Anda Ketahui). Bahkan bisa terjadi pembengkakan pada area mata. Untuk pencegahan atau pengobatan hal tersebut, biasanya menggunakan obat nepafenac. 

Informasi

Nepafenac termasuk obat golongan NSAID yang digunakan sebagai obat untuk mata. Cara kerja obat ini dengan menghambat produksi prostaglandin atau senyawa yang menyebabkan nyeri, inflamasi, atau bengkak. 

Fungsi obat nepafenac untuk menghilangkan rasa sakit dan inflamasi atau pembengkakan setelah dilakukan operasi mata. Bentuk suspensi ophthalmic obat ini digunakan untuk mengurangi rasa sakit dan pembengkakan setelah operasi katarak.

Dosis

Penggunaan obat nepafenac harus atas resep dan petunjuk dokter, karena dokter biasanya memberikan obat sesuai dengan tingkat keparahan penyakit yang dialami atau kondisi kesehatan. 

Obat ini dapat digunakan untuk mengatasi inflamasi okular setelah operasi katarak, diberi dosis 1 tetes pada mata yang sakit 3 kali sehari (suspensi 0,1%) atau 1 kali sehari dengan tambahan tetesan obat 30-120 menit sebelum operasi (suspensi 0,3%). Pemberian obat ini pada 1 hari sebelum operasi, pada hari operasi, dan selama 1-2 minggu pasca operasi.

Obat nepafenac digunakan untuk mencegah risiko edema atau penumpukan cairan pada makula yang disertai operasi katarak bagi pasien diabetes, dapat diberi dosis 1 hari sebelum operasi, pada hari operasi, dan hingga 60 hari setelah operasi. Dosis diberikan sebanyak 1 tetes pada mata yang sakit 3 kali sehari dengan tetes tambahan 30-120 menit sebelum operasi (suspensi 0,1%).

Penggunaan obat nepafenac pada pasien anak-anak untuk peradangan pasca  operasi dalam bentuk suspensi 0,1%  1 tetes ke mata. Juga diberi dosis suspensi 0,3% sebanyak 1 tetes ke mata yang terkena sekali sehari dengan tambahan 30-120 menit sebelum operasi.

Penggunaan obat nepafenac pada anak-anak untuk mengurangi resiko edema makula setelah operasi katarak pada pasien diabetes dengan diberi suspensi 0,1% sebanyak 1 tetes ke mata yang terkena dengan penurunan tambahan 30-120 mnt sebelum operasi.

Kontraindikasi

nepafenac

Interaksi dengan Obat Lain

Penggunaan obat nepafenac ini hanya atas resep dan petunjuk dokter. Konsumsi obat ini berpotensi meningkatkan perdarahan jaringan okuler (termasuk hifema) terkait dengan operasi okuler, jika digunakan bersama obat AINS topikal.

Apabila obat ini dikombinasikan dengan steroid topikal berpotensi memperlambat penyembuhan. Nepafenac tidak dianjurkan dikonsumsi dalam jangka panjang, karena dapat menyebabkan kerusakan epitelial, penebalan erosi, luka atau perforasi pada kornea, sehingga harus segera dihentikan dan dilakukan pemantauan ketat. 

Obat ini juga tidak dianjurkan bagi penderita dengan tendensi perdarahan atau penderita yang sedang mengkonsumsi obat lain yang dapat memperpanjang waktu perdarahan.

Kelompok Orang Berisiko

Obat ini termasuk obat yang hanya bisa digunakan atas resep dokter. Obat nepafenac tidak dianjurkan bagi pasien dengan hipersensitivitas, ibu hamil, ibu menyusui, serta anak-anak di bawah usia 10 tahun. 

Efek Samping

Konsumsi obat nepafenac ini dapat terjadi efek samping ringan dan tidak membahayakan, seperti merasa sesuatu yang janggal di mata dan sensasi lengket pada kelopak mata. Namun, Anda mungkin juga akan mengalami efek samping yang jarang terjadi, seperti batuk, pengerasan di sudut mata, kesulitan melihat pada malam hari, dan pusing.

Anda juga bisa saja mengalami gejala mata kering, demam, sakit kepala, meningkatnya sensitivitas mata terhadap sinar matahari, mual atau muntah, kegugupan, telinga berdengung, melihat kilatan atau percikan cahaya, detak jantung lambat atau cepat, hidung tersumbat atau berair, serta sesak napas atau mengi.

Jika Anda mengalami efek samping tersebut, jangan panik dulu. Karena tidak semua orang mengalami efek samping tersebut. Anda mungkin akan mengalami salah satu, beberapa, atau efek samping lain yang tidak disebutkan. Ketika Anda merasakan hal yang tidak wajar setelah menggunakan atau mengonsumsi obat ini, segeralah berkonsultasi kepada dokter.

Cara Konsumsi

Usahakan selama konsumsi obat ini, Anda mengikuti semua aturan sesuai dengan yang direkomendasikan oleh dokter. Usahakan Anda tidak menggunakan dosis obat berbeda atau dalam jangka lebih panjang daripada yang direkomendasikan.

Selama konsumsi obat ini, jangan sampai Anda menggunakan kontak lensa. Bagi ibu hamil dan ibu menyusui sebaiknya konsultasikan dengan dokter terlebih dahulu. Cara penyimpanan obat ini cukup pada pada suhu ruang dan jauhkan dari lembab dan panas. Obat nepafenac tidak boleh dibekukan dan tutup botol obat nepafenac dengan rapat.

Usahakan tidak memulai, menghentikan, atau mengganti dosis obat tanpa persetujuan atau anjuran dokter, karena dapat berpengaruh pada efektivitas penggunaan obat dan efek samping. Perlu Anda tahu bahwa obat ini dapat meningkatkan potensi dalam masalah penyembuhan dengan obat kortikosteroid untuk mata.

Dapatkan Kemudahan Pengobatan
di Ujung Jari Anda

∘ Dukungan Apoteker setiap saat
∘ Reminder jam minum obat
∘ Refill sebelum habis

Dapatkan Kemudahan Pengobatan
di Ujung Jari Anda

∘ Dukungan Apoteker setiap saat
∘ Reminder jam minum obat
∘ Refill sebelum habis