fbpx
BerandaTelemedikMenilik Pro Kontra Telemedicine di Masyarakat

Konsultasi kesehatan di zaman serba canggih ini semakin mudah untuk dijangkau. Tanya jawab seputar kondisi kesehatan dengan dokter kini semakin mudah lewat fasilitas telemedicine. Namun, layanan ini tidak sepenuhnya mendapatkan tanggapan positif dari masyarakat. Terdapat pro kontra telemedicine yang berkembang di masyarakat dan membuat kita semua harus bijak menggunakannya.

pro-kontra-telemedicine

Telemedicine merupakan layanan konsultasi dokter jarak jauh yang dapat diakses oleh siapa saja. Fasilitas ini memungkinkan Anda untuk berkonsultasi dengan dokter, mendapatkan informasi diagnosis, serta memperoleh informasi pengobatan berdasarkan kondisi yang Anda alami. Berikut akan dibahas lebih lengkap apa yang menjadi kelebihan serta kekurangan dari layanan yang satu ini.

Pro Kontra Telemedicine: Kelebihan Telemedicine

Layanan telemedicine ini sudah semakin banyak tersedia di tengah masyarakat. Teknologi ini bukan lagi dipandang sebagai suatu hal yang aneh bahkan sudah biasa dilakukan oleh masyarakat. Banyak pula orang yang menikmati layanan konsultasi ini karena dirasa punya banyak keuntungan. Berikut adalah beberapa kelebihan yang ditawarkan oleh layanan telemedicine.

1. Mudah Diakses

Fasilitas ini sangat mudah untuk diakses. Anda bahkan tak harus pergi ke fasilitas kesehatan tertentu. Cukup dengan menggunakan smartphone yang bisa Anda genggam dan bawa pergi kemana-mana. Layanan ini bisa diakses siapa saja dari berbagai kalangan masyarakat. Bisa dikatakan bahwa akses layanan kesehatan jadi jauh lebih merata berkat telemedicine ini.

2. Hemat Biaya

Telemedicine memungkinkan Anda untuk berkonsultasi dan mendapat layanan kesehatan dengan biaya yang lebih hemat. Pertama, Anda tak perlu keluar biaya lebih untuk membayar biaya transportasi menuju rumah sakit atau klinik. Kedua, biaya untuk membayar konsultasi online jauh lebih terjangkau daripada konsultasi langsung dengan dokter.

3. Memperluas Jangkauan Tenaga Kesehatan

Fasilitas telemedicine ini juga sangat efektif untuk memperluas jangkauan tenaga kesehatan masyarakat. Misalnya, Anda bisa mendapatkan konsultasi dengan dokter spesialis yang sesuai kondisi kesehatan Anda. Anda bisa berkonsultasi dengan dokter yang mungkin berada jauh dari lokasi Anda berkat adanya layanan telemedicine ini.

Jaminan Lifepack untuk Anda

4. Meningkatkan Kesadaran Masyarakat

Lewat adanya fasilitas konsultasi online, kesadaran masyarakat terhadap kesehatan menjadi meningkat. Masyarakat tak ragu lagi untuk berkonsultasi seputar masalah kesehatan mereka. Seringkali masyarakat merasa malu untuk berkonsultasi mengenai masalah kesehatannya. Lewat layanan ini, rasa malu itu bisa diminimalkan dan kesadaran akan kesehatan jadi lebih tinggi.

5. Pro Kontra Telemedicine: Solusi Tepat di Era Pandemi

Telemedicine bisa menjadi solusi yang tepat di era pandemi seperti sekarang ini. Anda sebaiknya membatasi kontak dengan fasilitas kesehatan maupun tenaga kesehatan yang risiko penularannya tinggi. Akan jauh lebih baik jika Anda melakukan konsultasi secara online demi menurunkan risiko penularan virus di masa pandemi ini.

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Pro Kontra Telemedicine: Kekurangan Telemedicine

Meskipun punya banyak kelebihan, nyatanya layanan telemedicine juga punya banyak kekurangan. Bahkan terdapat pro kontra telemedicine di masyarakat yang membuat pemakaian layanan ini masih harus dipikirkan matang-matang. Berikut adalah beberapa kekurangan dari layanan telemedicine

1. Butuh Pengelolaan yang Rumit

Telemedicine akan menjadi salah satu fitur yang efektif membantu masyarakat hanya saja butuh pengelolaan yang cukup rumit. Dibutuhkan tenaga ahli yang bisa mengembangkan fitur ini agar bisa digunakan oleh masyarakat. Biaya pengembangan fasilitas telemedicine juga pasti tidak bisa dibilang murah. 

2. Catatan Medis Tidak Efektif

Jika pasien melakukan konsultasi dengan fasilitas telemedicine, maka catatan medis bisa menjadi kurang efektif. Konsultasi online semacam ini mungkin tidak akan dicatat atau direkam oleh tenaga kesehatan terkait. Akan sulit bagi Anda untuk menerima rekam medis yang sesuai dengan riwayat kondisi tubuh Anda secara detail.

3. Efektivitas Diagnosis Berkurang

Konsultasi yang dilakukan secara online tentu tidak bisa seefektif konsultasi tatap muka. Hal ini memang tidak bisa dipungkiri dan dapat menyebabkan efektivitas dari diagnosis menjadi berkurang. Dokter bisa saja salah melakukan diagnosis begitu juga Anda mungkin akan kesulitan untuk mengungkapkan seperti apa kondisi kesehatan yang sedang dialami.

Jaminan Lifepack untuk Anda

4. Tidak Bisa Pemeriksaan Lengkap

Lewat layanan telemedicine, Anda mungkin bisa melakukan konsultasi. Namun, Anda tentu akan kesulitan untuk menjalani pemeriksaan lengkap. Jika dilakukan pemeriksaan, pasti hanya pemeriksaan mendasar yang dilakukan lewat prosedur tanya jawab. Tidak bisa dilakukan pemeriksaan lebih detail yang bisa mendukung diagnosis.

5. Risiko Salah Paham Merupakan Pro Kontra Telemedicine Terbesar

Dilakukan secara online dan jarak jauh, risiko salah paham antara tenaga kesehatan dan pasien akan menjadi lebih tinggi. Pasien mungkin akan kesulitan memahami penjelasan dari dokter. Dokter juga mungkin sulit untuk menerima informasi yang lengkap dan detail dari pasien yang melakukan telemedicine. Bukan tidak mungkin keduanya akan mengalami salah paham setelah menjalani konsultasi online.

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Itulah tadi kelebihan dan kekurangan dari fitur telemedicine. Pro kontra telemedicine di tengah masyarakat mungkin tidak akan bisa dengan mudah diatasi. Masyarakat perlu lebih cerdas dalam menggunakan fasilitas ini sesuai kebutuhan masing-masing. Jika memang bisa dimanfaatkan secara optimal, maka layanan ini jelas akan membantu Anda untuk mendapatkan layanan kesehatan terbaik. 

Lifepack adalah sistem konsultasi medis bagi dokter atau tenaga medis untuk meresepkan obat bagi pasiennya. Dokter dapat membuat resep elektronik atau mengunggah foto resep ke aplikasi. Obat pesanan langsung diantar ke rumah/lokasi pasien.

Ditulis oleh: Hairun Nisa

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Referensi

Pertanyaan Seputar Lifepack

+

Apa itu Lifepack?

+

Apa yang membuat Lifepack berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Lifepack?

+

Berapa lama pengiriman obat saya?

+

Dokter spesialis apa saja yang tersedia di Lifepack?

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat Anda

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Konsultasi mobile Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Jaminan Lifepack untuk Anda

100% Obat Asli

Semua produk yang kami jual dijamin asli dan kualitas terbaik.

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS!

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Kebersihan Apotek Selalu Terjaga

Apoteker selalu dicek suhu badannya

Apoteker selalu menggunakan Sanitizer

Kemasan obat praktis dan aman

Pengiriman dilakukan tanpa kontak langsung

Artikel Terkait

jenis jenis apotek

Ternyata Ada Beberapa, Ini Jenis-jenis Apotek dan Pengertiannya

Telemedik   30/09/2022

Tak Usah Bingung, Cek Cara Tebus Obat di Apotek Bandung

Obat   28/07/2022
apotek terlengkap dan terdekat

5 Tips dan Trik Mencari Apotek Terlengkap dan Terdekat

Hidup Sehat   04/07/2022
apotek terlengkap di bandung

Daftar Apotek Terlengkap di Bandung

Telemedik   17/06/2022
apotek bandung

Apotek Modern Lifepack Akan Segera Hadir di Bandung

Telemedik   16/06/2022

Tebus Obat Tak Perlu Antre Lagi

Dapatkan atau Upload resep, obat siap dikirim ke lokasi Anda

Chat via Whatsapp

Respon Cepat, Jawaban Akurat

Download Aplikasi

Obat Dijamin Asli, Lengkap dan Murah

Pelajari Lebih Lanjut

Metode Pembayaran

metode pembayaran

Partner Pengiriman