[wpseo_breadcrumb]

Teknologi mempermudah manusia dalam melakukan berbagai hal. Mulai dari berkomunikasi hingga melakukan perjalanan jauh. Kini teknologi tidak hanya berkembang pada bidang komunikasi dan transportasi, melainkan juga telah merambah ke bidang kesehatan. Salah satu teknologi yang sedang dikembangkan dalam bidang kesehatan adalah layanan telemedicine. 

dokter-telemedicine

Banyak masyarakat atau tenaga profesional kesehatan yang mungkin masih awam terhadap pelayanan kesehatan yang satu ini. Padahal pelayanan kesehatan telemedicine telah banyak digunakan di negara-negara lain. Layanan ini mempermudah pasien dan tenaga profesional kesehatan dalam melakukan konsultasi jarak jauh tanpa harus bertatap muka.

Layanan telemedicine di Indonesia tengah berkembang untuk menjangkau masyarakat lebih luas. Banyak sekali kelebihan telemedicine yang dapat menguntungkan pasien, tenaga profesional kesehatan, dan penyedia layanan kesehatan. Sehingga penting bagi kita untuk terus mendukung layanan telemedicine di Indonesia. 

Apa Itu Telemedicine?

Menurut WHO,  telehealth atau telemedicine merupakan penyampaian layanan  pelayanan kesehatan, di mana pasien dan penyedia layanan dipisahkan oleh jarak. Telehealth atau telemedicine menggunakan teknologi informasi dan komunikasi untuk pertukaran informasi untuk diagnosis dan pengobatan penyakit dan cedera, penelitian dan evaluasi, serta untuk melanjutkan pendidikan profesional kesehatan. 

Sedangkan menurut Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 20 Tahun 2019 tentang Penyelenggaraan Pelayanan Telemedicine antar Fasilitas Pelayanan Kesehatan, Telemedicine adalah pemberian pelayanan kesehatan jarak jauh oleh profesional kesehatan dengan menggunakan teknologi informasi dan komunikasi, meliputi pertukaran, pengobat, pencegahan penyakit dan cedera, penelitian dan evaluasi, dan penyedia kesehatan untuk kepentingan peningkatan kesehatan individu dan masyarakat.

Layanan telemedicine dapat mempermudah pasien dan dokter dalam melakukan konsultasi kesehatan. Keuntungan telemedicine yang didapat pasien adalah lebih mudah dalam mengakses pelayanan kesehatan dan dokter lebih mudah dalam menolong pasien dengan fleksibilitas dalam waktu dan tempat.

Jaminan Lifepack untuk Anda

Keuntungan telemedicine lainnya, yaitu pasien dan dokter juga menghemat waktu, tenaga, dan materi. Waktu tunggu pasien menjadi lebih singkat dibandingkan waktu tunggu yang harus didapatkan saat melakukan pelayanan secara langsung di rumah sakit. Selain itu, Anda sebagai pasien juga dapat membeli obat dengan layanan telemedicine. 

Layanan Kesehatan dalam Telemedicine

Menurut Peraturan Menteri Kesehatan RI nomor 20 tahun 2019,  pelayanan telemedicine dapat melakukan beberapa layanan kesehatan diantaranya adalah: 

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

  1. Teleradiologi, pelayanan radiologi diagnostik dengan menggunakan transmisi elektronik image dari semua modalitas radiologi beserta data pendukung. 
  2. Teleelektrokardiografi, pelayanan elektrokardiografi dengan menggunakan transmisi elektronik gambar dari semua modalitas elektrokardiografi beserta data pendukung. 
  3. Teleultrasonografi, Pelayanan ultrasonografi obstetri dengan menggunakan transmisi elektronik gambar dari semua modalitas ultrasonografi obstetri beserta data pendukung.
  4. Telekonsultasi klinis, Layanan konsultasi klinis jarak jauh untuk membantu menegakkan diagnosis, dan / atau  memberikan pertimbangan atau saran tatalaksana. 
  5. Pelayanan konsultasi telemedicine lainnya.

Meski banyak kelebihan telemedicine yang dapat menguntungkan dokter dan tenaga medis lainnya, namun terdapat beberapa hal yang perlu dilakukan dokter dalam melakukan praktik telemedicine.

Hal yang Perlu Dilakukan Oleh Dokter dalam Layanan Telemedicine

dokter-telemedicine

1. Memiliki Surat Izin Praktik (SIP)

Meski layanan kesehatan dilakukan secara virtual terdapat beberapa syarat yang perlu dipenuhi oleh dokter dalam melakukan praktik. Sesuai dengan Peraturan Menteri Kesehatan RI nomor 20 Tahun 2019 tentang Penyelenggaraan Pelayanan Telemedicine antar Fasilitas Pelayanan Kesehatan, dalam melakukan praktik di layanan telemedicine, Dokter  perlu memiliki surat izin praktik (SIP). Surat izin praktik harus surat izin yang sah dan masih berlaku hingga masa praktik dokter di layanan telemedicine tersebut.

2. Memilih Layanan Telemedicine yang Tepat

Sebelum memulai praktik, sebaiknya Dokter menentukan layanan telemedicine mana yang baik dan tepat untuk Anda. Hal ini sangat menentukan Fleksibilitas dan kenyamanan dokter dalam melayani pasien. Semakin baik layanan telemedicine yang Dokter pilih semakin memudahkan dokter dalam menolong pasien. 

3. Responsif

Sikap responsif merupakan hal yang sangat penting dalam pelayanan kesehatan. Pasien yang melakukan layanan kesehatan tentu memiliki harapan tertentu terhadap kondisi kesehatannya. Dengan sikap yang responsif, Anda dapat membuat pasien merasa lebih didengar. Hal ini juga akan membuat pasien merasa lebih nyaman untuk menyampaikan masalah kesehatannya.

Jaminan Lifepack untuk Anda

4. Tepat Waktu

Hal ini adalah salah satu hal yang sangat penting dalam melakukan pelayanan di layanan telemedicine. Meski pada layanan telemedicine, Dokter merasa lebih fleksibel dalam waktu dan tempat, ketepatan waktu tetap perlu dijaga. Pasien tentu mengharapkan waktu tunggu yang lebih pendek dibandingkan melakukan pelayanan secara tatap muka ke rumah sakit. Hal ini dapat meningkatkan kepuasan pasien saat melakukan konsultasi dengan Dokter. Selain itu, meningkatnya kepuasan pasien juga akan berpengaruh terhadap rating pelayanan telemedicine tempat Anda bekerja.

5. Mendengarkan Pasien dengan Serius dan Teliti

Pelayanan kesehatan yang dilakukan secara virtual, dapat mengalami banyak hambatan terkait teknis. Seperti masalah jaringan internet, atau alat komunikasi antara pasien dan dokter. Sehingga Dokter perlu mendengarkan keluhan pasien dengan serius dan teliti agar tidak terjadi kesalahan dalam menyimpulkan masalah kesehatan yang dialami oleh pasien. Hal ini sangat penting dalam menegakkan diagnosis, serta membuat pasien merasa didengar.

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

6. Ramah dan Santun

Meski pelayanan kesehatan dilakukan secara virtual, dokter tetap perlu ramah terhadap pasien. Hal ini sangat membantu dokter dan pasien dalam menjaga komunikasi yang baik. Pasien  ih akan lebih ih merasa nyaman dan mudah dalam Menyampaikan keluhan jika dokter tanggap ramah dan santun dalam melayani pasien. 

7. Ruang Kerja yang Nyaman

Pelayanan yang dilakukan secara virtual  mungkin kesulitan dalam yang untuk melakukan pelayanan. Oleh karena itu dokter perlu menyiapkan tempat kerja yang nyaman agar dokter dapat melayani pasien dengan baik dan tidak terganggu oleh hal-hal di sekitar.

8. Pakaian yang Rapi

Layanan  telemedicine yang membuat dokter melakukan konsultasi jarak jauh dengan pasien, terkadang membuat dokter berpenampilan lebih santai. Padahal berpenampilan rapi akan membuat dokter lebih terlihat profesional meski melayani pasien dari jarak jauh. Dengan penampilan yang rapi, pasien mungkin akan merasa lebih nyaman dan percaya.

Itulah hal yang perlu dokter perhatikan dalam melakukan praktik di layanan telemedicine. Pastikan Dokter memilih layanan telemedicine terbaik yang membuat Dokter nyaman dan lebih mudah dalam menolong pasien. Bergabunglah dengan Lifepack, karena kami punya solusinya!

Jaminan Lifepack untuk Anda

Dengan Lifepak Dokter akan lebih mudah dalam menolong pasien. Bersama lifepak, dokter mendapatkan waktu dan tempat yang lebih fleksibel. Dokter juga dapat  memberikan resep obat dengan mudah. Hanya dengan membuat dan mengunggah resep obat dari aplikasi, isi data pasien, dan  resep akan langsung diproses oleh apoteker. Setelah pesanan diproses, pesanan obat akan langsung diantar sesuai dengan alamat pasien yang tercantum dalam pesanan.

Bersama Lifepack, dokter juga berkontribusi dalam meningkatkan pelayanan kesehatan dan akses masyarakat terhadap layanan kesehatan di Indonesia. Selain itu, Dokter juga bisa mendapatkan referral fee yang menarik.

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Dengan Lifepack, Anda dapat menolong pasien tanpa rasa khawatir. Konsultasi dengan pasien jadi lebih aman dan nyaman dimana saja. Daftar sekarang dan rasakan kemudahan saat menolong pasien.

Demikian informasi seputar hal yang harus dilakukan dokter saat praktik telemedicine. Dapatkan informasi dan kebutuhan kesehatan Anda hanya di Apotek Lifepack.

Ingin konsultasi dokter dan tebus obat resep?

Nikmati kemudahan konsultasi GRATIS dengan tim dokter berpengalaman Apotek Lifepack. Sampaikan keluhan dan kebutuhan obat Anda langsung ke dokter kami melalui WhatsApp di nomor 0811 1062 5888 atau melalui link berikut.

Dengan layanan digital Apotek Lifepack yang telah terintegrasi, Anda tidak perlu lagi antre ketika menebus resep obat. Apoteker kami akan membantu memvalidasi resep Anda. Layanan tebus resep akan sangat membantu kebutuhan obat rutin pasien kronis.

Jaminan Lifepack untuk Anda

Apa Itu Apotek Lifepack?

Apotek Lifepack menyediakan beragam obat bebas, obat rutin, suplemen, hingga alat kesehatan dengan harga hemat, produk original berlisensi BPOM, dan gratis ongkir se-Indonesia. Layanan Lifepack tersedia secara online maupun offline. Dapatkan konsultasi dokter gratis dan program prioritas obat rutin secara khusus di layanan online kami. 

Kunjungi juga apotek offline kami di berbagai kota besar. Jakarta di alamat Infinia Park, Jl. Dr. Saharjo No.45, Manggarai, Tebet. Sedangkan Surabaya di Jl. Raya Manyar 11 F, Menur Pumpungan. Untuk warga Bandung, Anda juga bisa membeli obat di Apotek Lifepack Bandung di Jl. Abdul Rahman Saleh Nomor 1A Ruko D, Cicendo. Nantikan kehadiran Apotek Lifepack di kota-kota besar Indonesia lainnya.

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Jangan ragu juga untuk hubungi WhatsApp di nomor 0811 1062 5888 untuk beli obat, tebus resep, layanan konsultasi, dan lain-lainnya. Tim Asisten Apoteker kami akan membalas pesan Anda pada jadwal operasional, yaitu hari Senin – Minggu, pukul 07.00 – 23.00. Dapatkan informasi Apotek Lifepack lebih lanjut di sini.

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Referensi

Pertanyaan Seputar Lifepack

+

Apa itu Lifepack?

+

Apa yang membuat Lifepack berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Lifepack?

+

Berapa lama pengiriman obat saya?

+

Dokter spesialis apa saja yang tersedia di Lifepack?

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat Anda

Konsultasi mobile Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Jaminan Lifepack untuk Anda

100% Obat Asli

Semua produk yang kami jual dijamin asli dan kualitas terbaik.

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS!

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Kebersihan Apotek Selalu Terjaga

Apoteker selalu dicek suhu badannya

Apoteker selalu menggunakan Sanitizer

Kemasan obat praktis dan aman

Pengiriman dilakukan tanpa kontak langsung

Artikel Terkait

hari dokter nasional

Selamat Hari Dokter Nasional, Indonesia! Asal Usulnya Penuh Perjuangan

Dokter   24/10/2022
resep obat harus ditulis dengan baik dan benar. Agar tidak lupa dan bingung, berikut cara penulisan resep obat yang baik dan benar.

Begini Cara Penulisan Resep Obat yang Baik dan Benar

Dokter   24/05/2022
cara tebus obat online

Cara Tebus Obat Online & Obat Rutin di Lifepack

Telemedik   18/03/2022
dokter perempuan pertama di indonesia

Marie Thomas: Dokter Perempuan Pertama di Indonesia

Dokter   08/03/2022
dokter umum surabaya

20 Rekomendasi Dokter Umum Surabaya

Dokter   17/02/2022

Tebus Obat Tak Perlu Antre Lagi

Dapatkan atau Upload resep, obat siap dikirim ke lokasi Anda

Chat via Whatsapp

Respon Cepat, Jawaban Akurat

Download Aplikasi

Obat Dijamin Asli, Lengkap dan Murah

Pelajari Lebih Lanjut