fbpx

Hal Yang Harus Dilakukan Dokter Saat Praktik Telemedicine

Okt 13, 2020 | Dokter | 0 Komentar

Artikel ini telah ditinjau oleh Nada Karisma

Teknologi mempermudah manusia dalam melakukan berbagai hal. Mulai dari berkomunikasi hingga melakukan perjalanan jauh. Kini teknologi tidak hanya berkembang pada bidang komunikasi dan transportasi, melainkan juga telah merambah ke bidang kesehatan. Salah satu teknologi yang sedang dikembangkan dalam bidang kesehatan adalah layanan telemedicine. 

Banyak masyarakat atau tenaga profesional kesehatan yang mungkin masih awam terhadap pelayanan kesehatan yang satu ini. Padahal pelayanan kesehatan telemedicine telah banyak digunakan di negara-negara lain. Layanan ini mempermudah pasien dan tenaga profesional kesehatan dalam melakukan konsultasi jarak jauh tanpa harus bertatap muka.

Layanan telemedicine di Indonesia tengah berkembang untuk menjangkau masyarakat lebih luas. Banyak sekali kelebihan telemedicine yang dapat menguntungkan pasien, tenaga profesional kesehatan, dan penyedia layanan kesehatan. Sehingga penting bagi kita untuk terus mendukung layanan telemedicine di Indonesia. 

Apa Itu Telemedicine?

Menurut WHO,  telehealth atau telemedicine merupakan penyampaian layanan  pelayanan kesehatan, di mana pasien dan penyedia layanan dipisahkan oleh jarak. Telehealth atau telemedicine menggunakan teknologi informasi dan komunikasi untuk pertukaran informasi untuk diagnosis dan pengobatan penyakit dan cedera, penelitian dan evaluasi, serta untuk melanjutkan pendidikan profesional kesehatan. 

Sedangkan menurut Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 20 Tahun 2019 tentang Penyelenggaraan Pelayanan Telemedicine antar Fasilitas Pelayanan Kesehatan, Telemedicine adalah pemberian pelayanan kesehatan jarak jauh oleh profesional kesehatan dengan menggunakan teknologi informasi dan komunikasi, meliputi pertukaran, pengobat, pencegahan penyakit dan cedera, penelitian dan evaluasi, dan penyedia kesehatan untuk kepentingan peningkatan kesehatan individu dan masyarakat.

Layanan telemedicine dapat mempermudah pasien dan dokter dalam melakukan konsultasi kesehatan. Keuntungan telemedicine yang didapat pasien adalah lebih mudah dalam mengakses pelayanan kesehatan dan dokter lebih mudah dalam menolong pasien dengan fleksibilitas dalam waktu dan tempat. Keuntungan telemedicine lainnya, yaitu pasien dan dokter juga menghemat waktu, tenaga, dan materi. Waktu tunggu pasien menjadi lebih singkat dibandingkan waktu tunggu yang harus didapatkan saat melakukan pelayanan secara langsung di rumah sakit. 

Layanan Kesehatan dalam Telemedicine

Menurut Peraturan Menteri Kesehatan RI nomor 20 tahun 2019,  pelayanan telemedicine dapat melakukan beberapa layanan kesehatan diantaranya adalah: 

  1. Teleradiologi, pelayanan radiologi diagnostik dengan menggunakan transmisi elektronik image dari semua modalitas radiologi beserta data pendukung. 
  2. Teleelektrokardiografi, pelayanan elektrokardiografi dengan menggunakan transmisi elektronik gambar dari semua modalitas elektrokardiografi beserta data pendukung. 
  3. Teleultrasonografi, Pelayanan ultrasonografi obstetrik dengan menggunakan transmisi elektronik gambar dari semua modalitas ultrasonografi  obstetrik beserta data pendukung.
  4. Telekonsultasi klinis, Layanan konsultasi klinis jarak jauh untuk membantu menegakkan diagnosis, dan / atau  memberikan pertimbangan atau saran tatalaksana. 
  5. Pelayanan konsultasi telemedicine lainnya.

Meski banyak kelebihan telemedicine yang dapat menguntungkan dokter dan tenaga medis lainnya, namun terdapat beberapa hal yang perlu dilakukan dokter dalam melakukan praktik telemedicine (Baca juga Hal yang Tidak Boleh Dilakukan Dokter Saat Praktik Telemedicine). 

Hal yang Perlu Dilakukan Oleh Dokter dalam Layanan Telemedicine

dokter-telemedicine

1. Memiliki Surat Izin Praktik (SIP)

Meski layanan kesehatan dilakukan secara virtual terdapat beberapa syarat yang perlu dipenuhi oleh dokter dalam melakukan praktik. Sesuai dengan Peraturan Menteri Kesehatan RI nomor 20 Tahun 2019 tentang Penyelenggaraan Pelayanan Telemedicine antar Fasilitas Pelayanan Kesehatan, dalam melakukan praktik di layanan telemedicine, Dokter  perlu memiliki surat izin praktik (SIP). Surat izin praktik harus surat izin yang sah dan masih berlaku hingga masa praktik dokter di layanan telemedicine tersebut.

2. Memilih Layanan Telemedicine yang Tepat

Sebelum memulai praktik, sebaiknya Dokter menentukan layanan telemedicine mana yang baik dan tepat untuk Anda. Hal ini sangat menentukan Fleksibilitas dan kenyamanan dokter dalam melayani pasien. Semakin baik layanan telemedicine yang Dokter pilih semakin memudahkan dokter dalam menolong pasien. 

3. Responsif

Sikap responsif merupakan hal yang sangat penting dalam pelayanan kesehatan. Pasien yang melakukan layanan kesehatan tentu memiliki harapan tertentu terhadap kondisi kesehatannya. Dengan sikap yang responsif, Anda dapat membuat pasien merasa lebih didengar. Hal ini juga akan membuat pasien merasa lebih nyaman untuk menyampaikan masalah kesehatannya.

4. Tepat Waktu

Hal ini adalah salah satu hal yang sangat penting dalam melakukan pelayanan di layanan telemedicine. Meski pada layanan telemedicine, Dokter merasa lebih fleksibel dalam waktu dan tempat, ketepatan waktu tetap perlu dijaga. Pasien tentu mengharapkan waktu tunggu yang lebih pendek dibandingkan melakukan pelayanan secara tatap muka ke rumah sakit. Hal ini dapat meningkatkan kepuasan pasien saat melakukan konsultasi dengan Dokter. Selain itu, meningkatnya kepuasan pasien juga akan berpengaruh terhadap rating pelayanan telemedicine tempat Anda bekerja.

5. Mendengarkan Pasien dengan Serius dan Teliti

Pelayanan kesehatan yang dilakukan secara virtual, dapat mengalami banyak hambatan terkait teknis. Seperti masalah jaringan internet, atau alat komunikasi antara pasien dan dokter. Sehingga Dokter perlu mendengarkan keluhan pasien dengan serius dan teliti agar tidak terjadi kesalahan dalam menyimpulkan masalah kesehatan yang dialami oleh pasien. Hal ini sangat penting dalam menegakkan diagnosis, serta membuat pasien merasa didengar.

6. Ramah dan Santun

Meski pelayanan kesehatan dilakukan secara virtual, dokter tetap perlu ramah terhadap pasien. Hal ini sangat membantu dokter dan pasien dalam menjaga komunikasi yang baik. Pasien  ih akan lebih ih merasa nyaman dan mudah dalam Menyampaikan keluhan jika dokter tanggap ramah dan santun dalam melayani pasien. 

7. Ruang Kerja yang Nyaman

Pelayanan yang dilakukan secara virtual  mungkin kesulitan dalam yang untuk melakukan pelayanan. Oleh karena itu dokter perlu menyiapkan tempat kerja yang nyaman agar dokter dapat melayani pasien dengan baik dan tidak terganggu oleh hal-hal di sekitar.

8. Pakaian yang Rapi

Layanan  telemedicine yang membuat dokter melakukan konsultasi jarak jauh dengan pasien, terkadang membuat dokter berpenampilan lebih santai. Padahal berpenampilan rapi akan membuat dokter lebih terlihat profesional meski melayani pasien dari jarak jauh. Dengan penampilan yang rapi, pasien mungkin akan merasa lebih nyaman dan percaya.

Itulah hal yang perlu dokter perhatikan dalam melakukan praktik di layanan telemedicine. Pastikan Dokter memilih layanan telemedicine terbaik yang membuat Dokter nyaman dan lebih mudah dalam menolong pasien. Bergabunglah dengan Lifepack, karena kami punya solusinya!

Dengan Lifepak Dokter akan lebih mudah dalam menolong pasien. Bersama lifepak, dokter mendapatkan waktu dan tempat yang lebih fleksibel. Dokter juga dapat  memberikan resep obat dengan mudah. Hanya dengan membuat dan mengunggah resep obat dari aplikasi, isi data pasien, dan  resep akan langsung diproses oleh apoteker. Setelah pesanan diproses, pesanan obat akan langsung diantar sesuai dengan alamat pasien yang tercantum dalam pesanan.

Bersama Lifepack, dokter juga berkontribusi dalam meningkatkan pelayanan kesehatan dan akses masyarakat terhadap layanan kesehatan di Indonesia. Selain itu, Dokter juga bisa mendapatkan referral fee yang menarik.

Dengan Lifepack, Anda dapat menolong pasien tanpa rasa khawatir. Konsultasi dengan pasien jadi lebih aman dan nyaman dimana saja. Daftar sekarang dan rasakan kemudahan saat menolong pasien.

Ditulis oleh: Nada Karisma Oktavia

Referensi:

Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 20 Tahun 2019 tentang Penyelenggaraan Pelayanan Telemedicine antar Fasilitas Pelayanan Kesehatan.

WHO. Telehealth. Diakses pada 2020.

Dapatkan Kemudahan Pengobatan
di Ujung Jari Anda

∘ Dukungan Apoteker setiap saat
∘ Reminder jam minum obat
∘ Refill sebelum habis

Dapatkan Kemudahan Pengobatan
di Ujung Jari Anda

∘ Dukungan Apoteker setiap saat
∘ Reminder jam minum obat
∘ Refill sebelum habis