fbpx
BerandaHidup SehatMalaysia Hentikan Pemberian Vaksin AstraZeneca

dr. Felicia Puspita, S.Ked 

malaysia hentikan pemberian vaksin astrazeneca

Saat ini vaksinasi merupakan salah satu upaya pengendalian penyakit infeksi yang sedang banyak dilakukan. Ilmuwan dan laboratorium di seluruh dunia berusaha mengembangkan dan memproduksi vaksin yang dapat membantu mengontrol pandemi ini. Oleh sebab itu, muncullah berbagai macam jenis vaksin. 

Walaupun berbeda jenis, semua vaksin ini memiliki fungsi dan tujuan yang sama yaitu untuk membentuk kekebalan tubuh terhadap virus corona. Salah satu jenis vaksin yang ada adalah vaksin AstraZeneca. Namun, beberapa waktu lalu, muncul berita yang menyatakan bahwa negara Malaysia memutuskan untuk tidak lagi membolehkan pemberian vaksin AstraZeneca ini untuk program vaksinasi nasional. 

Keputusan tersebut diambil oleh karena munculnya keresahan masyarakat terhadap efek samping yang mungkin muncul setelah mendapatkan vaksin astrazeneca. Keresahan ini muncul setelah ditemukannya kasus pasien yang mengalami pembekuan darah setelah mendapatkan vaksin. 

Lalu, apakah efek samping tersebut akan selalu muncul ketika mendapatkan vaksin astrazeneca? Mari simak ulasan berikut untuk mengetahui informasi lebih lanjut mengenai vaksin ini. 

Mengenal vaksin AstraZeneca

Vaksin AstraZeneca adalah vaksin yang diproduksi oleh perusahaan AstraZeneca. Kandungan vaksin ini adalah materi genetik virus penyebab COVID-19. Vaksin ini dibuat menggunakan modifikasi materi genetik virus corona yang kemudian diletakkan pada virus lain sebagai virus pembawa atau vektor. Contoh vaksin lain yang menggunakan virus pembawa adalah vaksin Janssen/Johnson & Johnson. 

Jaminan Lifepack untuk Anda

Bagaimana vaksin AstraZeneca diberikan? 

Vaksin ini harus diberikan dalam 2 dosis. Vaksin jenis AstraZeneca dapat diberikan dengan jarak antara 8 hingga 12 minggu antara dosis pertama dan kedua. Vaksin harus disimpan dalam lemari pendingin dengan suhu antara 2 hingga 8 derajat celcius.Jika disimpan dalam kondisi yang baik dan benar, vaksin dapat bertahan di dalam lemari pendingin selama 6 bulan. Vaksin harus segera digunakan dalam 6 jam setelah botol vaksin dibuka.  

Bagaimana efektivitas vaksin ini? 

Menurut data yang dikeluarkan oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), vaksin AstraZeneca memiliki efikasi sebesar 64,09% terhadap infeksi virus corona yang memiliki gejala. Pemberian vaksin tidak menjamin Anda untuk terbebas dari infeksi virus. Namun, dengan menerima vaksinasi dapat membantu mengurangi terjadinya gejala yang berat apabila terinfeksi SARS-CoV-2. Sehingga, Anda tetap harus menjalani protokol kesehatan agar tetap terhindar dari infeksi virus corona. 

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Apakah efek samping pemberian vaksin AstraZeneca? 

Pemberian vaksin dapat menimbulkan efek samping ringan yang wajar terjadi. Efek samping yang muncul menandakan bahwa vaksin yang Anda terima sedang bekerja. Beberapa efek samping ringan yang dapat muncul misalnya: 

  • Nyeri pada lokasi suntikan 
  • Demam 
  • Meriang 
  • Nyeri kepala 

Efek samping yang ringan akan membaik dengan sendirinya tanpa perlu pengobatan khusus dalam beberapa hari. Anda bisa mengkonsumsi paracetamol atau ibuprofen seperti Spedifen 400 mg – 30 Tablet – Obat Nyeri Kepala, Demam 400mg (Rp261.500) untuk mempercepat efek samping yang muncul setelah vaksin. Namun, jika gejala dirasa memberat, Anda sebaiknya melakukan konsultasi dengan dokter atau petugas kesehatan. 

Apakah benar dapat terjadi pembekuan darah? 

Beberapa saat lalu, masyarakat sempat dibuat heboh oleh karena temuan kasus terjadinya pembekuan darah setelah pemberian vaksin AstraZeneca. Kejadian ini disebut dengan thrombosis dengan thrombocytopenia syndrome (TTS).  

TTS merupakan kondisi dimana terjadinya penggumpalan darah (thrombosis) dan kadar trombosit yang rendah. TTS dapat muncul sejak 4-42 hari setelah menerima vaksin. Gejala yang mungkin muncul adalah nyeri perut dan/atau nyeri kepala yang sangat hebat serta tidak membaik dengan obat anti nyeri. 

Jaminan Lifepack untuk Anda

Namun, Anda tidak perlu khawatir dengan efek samping ini. Karena, efek samping ini tergolong efek samping yang sangat jarang terjadi. Kemungkinan terjadinya TTS adalah 1 dari 250.000 orang yang mendapatkan vaksin yaitu 0.0004%, sedangkan angka kematian yang disebabkan oleh TTS adalah 1 dari 1 juta orang yang mendapatkan vaksin. Oleh sebab itu, TTS digolongkan ke dalam efek samping yang sangat jarang terjadi. 

Jadi, Anda tidak perlu khawatir jika akan menerima vaksinasi menggunakan vaksin AstraZeneca. Vaksin ini memiliki manfaat yang lebih besar dibandingkan dengan efek sampingnya. Sehingga vaksin ini dapat digunakan oleh masyarakat luas. 

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Segeralah mendapatkan vaksinasi untuk diri Anda. Apapun vaksinnya memiliki fungsi yang sama agar tubuh dapat membentuk kekebalan terhadap virus corona. Vaksin terbaik adalah vaksin yang tersedia dan bisa Anda dapatkan. 

Konsultasi gratis dengan dokter umum dan beli obat rutin. Download aplikasi Lifepack di Play Store dan App Store, apotek online untuk tebus resep obat. Solusi berobat bebas antri. Asli, Lengkap, Mudah.

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Referensi

Pertanyaan Seputar Lifepack

+

Apa itu Lifepack?

+

Apa yang membuat Lifepack berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Lifepack?

+

Berapa lama pengiriman obat saya?

+

Dokter spesialis apa saja yang tersedia di Lifepack?

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat Anda

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Konsultasi mobile Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Jaminan Lifepack untuk Anda

100% Obat Asli

Semua produk yang kami jual dijamin asli dan kualitas terbaik.

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS!

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Kebersihan Apotek Selalu Terjaga

Apoteker selalu dicek suhu badannya

Apoteker selalu menggunakan Sanitizer

Kemasan obat praktis dan aman

Pengiriman dilakukan tanpa kontak langsung

Artikel Terkait

cara mencegah penyakit kronis

Cara Mencegah Penyakit Kronis dengan Gaya Hidup Sehat

Hidup Sehat   23/01/2023
olahraga pengidap diabetes

Olahraga Pengidap Diabetes: Apa Manfaatnya dan Apa Jenis Olahraga yang Bagus?

Diabetes   14/12/2022
komunitas penyakit kronis

Daftar Komunitas Penyakit Kronis: Hipertensi, Diabetes, TBC, dan Banyak Lagi

Hidup Sehat   06/12/2022
komunitas hipertensi indonesia

Daftar Komunitas Hipertensi Indonesia, Beserta Manfaatnya!

Hidup Sehat   05/12/2022
komunitas stroke

Cek Daftar Komunitas Stroke Indonesia, Ayo Gabung!

Hidup Sehat   28/11/2022

Tebus Obat Tak Perlu Antre Lagi

Dapatkan atau Upload resep, obat siap dikirim ke lokasi Anda

Chat via Whatsapp

Respon Cepat, Jawaban Akurat

Download Aplikasi

Obat Dijamin Asli, Lengkap dan Murah

Pelajari Lebih Lanjut

Metode Pembayaran

metode pembayaran

Partner Pengiriman