fbpx
BerandaHidup SehatVaksin Anjuran WHO

dr. Felicia Puspita, S.Ked

vaksin anjuran who

Vaksinasi merupakan salah satu hal penting yang digunakan sebagai upaya pencegahan terhadap suatu penyakit infeksi. Vaksinasi adalah proses pemberian vaksin (antigen) yang akan merangsang pembentukan antibodi pada sistem kekebalan tubuh (sistem imun).

Tidak hanya vaksin COVID-19, terdapat juga berbagai vaksinasi untuk penyakit infeksi lainnya. Bahkan, terdapat vaksinasi rutin yang telah ada dan telah rutin diberikan sebelumnya. Apa saja jenis vaksin yang dianjurkan WHO selama COVID-19? Terdapat 2 jenis vaksin yang sering dikaitkan dengan COVID-19 yaitu vaksin influenza dan vaksin pneumokokal, Lalu apakah mereka bisa ikut mencegah infeksi COVID-19? Mari simak ulasan berikut.  

Vaksin Influenza 

Influenza merupakan penyakit yang berpotensi serius dan dapat memerlukan rawat inap dan terkadang bahkan kematian. Oleh karena itu, di beberapa negara di dunia, masyarakatnya rutin mendapatkan vaksin influenza. Influenza merupakan salah satu jenis virus yang cepat bermutasi, sehingga vaksin influenza tahunan merupakan cara yang dianggap efektif untuk mencegah infeksi virus ini. 

Kebanyakan vaksin influenza melindungi dari 4 jenis virus yaitu virus influenza A (H1N1), H3N2, dan dua jenis virus influenza B. Namun ada juga vaksin yang melindungi dari 3 jenis virus influenza. 

Vaksin influenza menjadi salah satu vaksin anjuran WHO yang bisa didapat tahunan dan vaksin ini direkomendasikan untuk semua orang yang berusia diatas 6 bulan. Vaksin ini bertujuan untuk mengurangi morbiditas dan mortalitas yang disebabkan oleh virus influenza.  

Jaminan Lifepack untuk Anda

Selama pandemi COVID-19 ini, pemberian vaksin influenza diharapkan dapat mengurangi beban keseluruhan dari penyakit pernapasan. Hal ini penting untuk melindungi populasi rentan yang memiliki resiko tinggi memiliki gejala yang berat. 

Vaksin influenza dapat diberikan kepada: 

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

  • Pekerja di sektor esensial seperti tenaga medis, orang yang bertugas di bidang farmasi, serta tenaga kerja infrastruktur penting lainnya 
  • Orang yang memiliki resiko tinggi munculnya gejala yang berat akibat infeksi COVID-19, misalnya orang yang berusia 65 tahun ke atas, orang dengan kondisi medis tertentu. 
  • Orang yang berisiko tinggi terkena komplikasi dari infeksi virus influenza, termasuk bayi berusia 6 bulan ke atas, anak-anak di bawah 5 tahun, ibu hamil, orang dewasa diatas 65 tahun, dan orang dengan kondisi medis tertentu. 

Pneumococcal Conjugate Vaccine (PCV)

Vaksin pneumokokus (Pneumococcal Conjugate Vaccine / PCV)  merupakan vaksin yang bertujuan untuk mencegah penyakit yang disebabkan infeksi bakteri Streptococcus pneumoniae. Bakteri ini dapat menyerang berbagai organ di dalam tubuh. Salah satunya adalah organ pernapasan yaitu paru-paru. 

Ketika bakteri ini menyerang paru, akan muncul penyakit radang paru yang sering disebut sebagai pneumonia. Vaksin PCV direkomendasikan untuk diberikan pada: 

  • Anak yang berusia dibawah 2 tahun 
  • Anak diatas 2 tahun yang beresiko tinggi terinfeksi penyakit pneumokokus 
  • Orang dewasa diatas 65 tahun 

Di masa pandemi ini, apabila kita mengalami pneumonia dan terinfeksi virus penyebab COVID-19, kita menjadi beresiko untuk mengalami gejala yang berat. Oleh sebab itu, dengan mendapatkan vaksinasi PCV, diharapkan dapat membantu menghindarkan kita dari resiko menderita gejala berat ketika terinfeksi COVID-19. 

Apakah vaksin influenza dan vaksin PCV dapat mencegah COVID-19? 

Vaksin influenza dan vaksin PCV tidak dapat mencegah Anda untuk terinfeksi virus SARS-CoV-2. Kedua vaksin ini memiliki manfaat untuk mencegah infeksi influenza dan pneumokokus pada paru. Pemberian kedua vaksin ini bertujuan untuk mengurangi kemungkinan terjadinya infeksi pada paru. Infeksi paru merupakan salah satu faktor resiko yang dapat berperan menyebabkan munculnya gejala yang berat apabila seseorang terinfeksi COVID-19.

Jaminan Lifepack untuk Anda

Vaksin yang dapat mengurangi resiko terjadinya infeksi COVID-19 adalah vaksin yang dibuat khusus untuk virus SARS-CoV-2. Berbagai jenis vaksin yang khusus dibuat untuk mencegah COVID-19 telah mendapat izin edar dan digunakan pada program imunisasi nasional. 

Jadi, baik vaksin influenza maupun vaksin PCV ini sifatnya merupakan vaksin tambahan yang Anda dapat peroleh apabila Anda ingin mengurangi resiko terjadinya infeksi lain pada paru. Vaksin yang dapat mencegah COVID-19 hanya vaksin yang dibuat khusus untuk virus penyebab COVID-19. Sebagai antisipasi, Anda juga dapat melakukan PCR TES (Rp495.000) rutin di rumah menggunakan layanan dari Lifepack.

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Konsultasikan kepada Dokter Anda atau petugas kesehatan apabila Anda ingin mendapatkan vaksin tambahan tersebut. 

Konsultasi gratis dengan dokter umum dan beli obat rutin. Download aplikasi Lifepack di Play Store dan App Store, apotek online untuk tebus resep obat. Solusi berobat bebas antri. Asli, Lengkap, Mudah.

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Referensi

Pertanyaan Seputar Lifepack

+

Apa itu Lifepack?

+

Apa yang membuat Lifepack berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Lifepack?

+

Berapa lama pengiriman obat saya?

+

Dokter spesialis apa saja yang tersedia di Lifepack?

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat Anda

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Konsultasi mobile Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Jaminan Lifepack untuk Anda

100% Obat Asli

Semua produk yang kami jual dijamin asli dan kualitas terbaik.

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS!

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Kebersihan Apotek Selalu Terjaga

Apoteker selalu dicek suhu badannya

Apoteker selalu menggunakan Sanitizer

Kemasan obat praktis dan aman

Pengiriman dilakukan tanpa kontak langsung

Artikel Terkait

covid-19 di india

Fenomena COVID-19 di India

Hidup Sehat   13/09/2021

Apakah Benar Vaksin Corona Menyebabkan Impotensi?

Hidup Sehat   06/09/2021
vaksin mrna

Vaksin mRNA Dapat Memicu Kanker? Apakah Benar?

Hidup Sehat   03/09/2021
efek sampin vaksin

Efek Samping Vaksin COVID-19, Apa Saja?

Hidup Sehat   03/09/2021
cara penularan hiv aids

Penyakit HIV: Penyebab, Penularan, Gejala Dan Cara Mengatasi

Hidup Sehat   01/09/2021

Tebus Obat Tak Perlu Antre Lagi

Dapatkan atau Upload resep, obat siap dikirim ke lokasi Anda

Chat via Whatsapp

Respon Cepat, Jawaban Akurat

Download Aplikasi

Obat Dijamin Asli, Lengkap dan Murah

Pelajari Lebih Lanjut

Metode Pembayaran

Partner Pengiriman