fbpx
BerandaHidup SehatFenomena COVID-19 di India

ditinjau oleh dr. Felicia Puspita, S.Ked

covid-19 di india

Beberapa bulan terakhir ini, dunia internasional menaruh perhatian khusus terhadap lonjakan kasus COVID-19 yang terjadi di India. Pasalnya, peningkatan kasus pasien yang terinfeksi COVID-19 terjadi dengan sangat cepat, puluhan ribu orang terinfeksi setiap harinya.

Menurut data yang diperoleh dari World Health Organization (WHO), jumlah kasus terinfeksi virus COVID-19 di India mulai meningkat sejak bulan Maret dan mencapai puncaknya pada awal bulan Mei lalu. Saat itu, jumlah kasus terkonfirmasi infeksi COVID-19 mencapai lebih dari 2 juta kasus. 

WHO dan hampir seluruh negara di dunia memberikan perhatian khusus terhadap peningkatan jumlah kasus di India. Hal ini menyebabkan sistem kesehatan di India kewalahan oleh karena jumlah pasien yang membutuhkan perawatan rumah sakit telah melebihi kapasitas. 

Lalu, apa yang menyebabkan lonjakan kasus tersebut? Mari simak ulasan berikut ini.

Apa jenis virus yang menyebabkan lonjakan COVID-19 di India? 

Penelitian melaporkan bahwa jenis virus COVID-19 India yang menyebabkan lonjakan kasus ini adalah virus corona varian delta (b1617). Virus ini dilaporkan pertama kali ditemukan di India sekitar bulan Oktober 2020. Varian ini memiliki sifat yang sangat mudah menular. Varian delta memiliki kemampuan menginfeksi hampir 2 kali lipat dari varian virus sebelumnya. 

Jaminan Lifepack untuk Anda

Apa saja gejala infeksi varian COVID-19 di India ini? 

Secara umum, gejala yang ditimbulkan oleh varian ini tampak sama dengan gejala varian virus corona yang sebelumnya. Varian ini dilaporkan dapat memunculkan gejala dengan lebih cepat sejak terpaparnya virus. Gejala yang umum muncul, misalnya: 

  • Demam 
  • Batuk kering 
  • Kelelahan

Gejala yang lebih jarang terjadi misalnya: 

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

  • Nyeri otot 
  • Nyeri tenggorokan 
  • Nyeri kepala 
  • Diare 
  • Kehilangan kemampuan penciuman 

Gejala dapat muncul sejak hari ke 5 sejak orang tersebut terpapar virus, terkadang dapat lebih cepat maupun lebih lambat. Orang yang tidak menerima vaksinasi lebih beresiko untuk menunjukkan gejala yang lebih berat dibandingkan dengan orang yang telah menerima vaksin. Jika tidak menerima vaksin, orang yang terinfeksi juga lebih beresiko untuk memerlukan perawatan di rumah sakit. 

Mengapa bisa terjadi lonjakan kasus? 

Terdapat beberapa faktor yang dikatakan menjadi penyebab terjadinya lonjakan kasus di India, misalnya adalah: 

  • Masyarakat yang kurang menaati protokol kesehatan 

Selama ini, masih banyak masyarakat India yang mengabaikan protokol kesehatan. Masih banyak ditemukan orang yang beraktivitas tanpa menggunakan masker. Padahal, penggunaan masker ini berperan sangat penting untuk mencegah penularan infeksi virus corona karena virus ini menular melalui percikan air liur (droplets). 

Anda harus memastikan untuk menggunakan masker dengan benar. Gunakan masker menutupi mulut dan hidung. Penggunaan masker yang kurang tepat akan menurunkan efektivitasnya dalam mencegah penularan virus. 

Jaminan Lifepack untuk Anda

  • Masih diadakannya acara yang menimbulkan kerumunan 

Menurut laporan, masih banyak diadakannya kegiatan-kegiatan yang melibatkan banyak orang sehingga menimbulkan adanya kerumunan. Salah satu kegiatan yang mendapatkan perhatian adalah acara dimana masyarakat melakukan ritual untuk mandi secara bersama-sama di sungai. 

Setelah acara tersebut diselenggarakan, terjadi lonjakan kasus terinfeksi COVID-19 dengan sangat cepat. Ribuan orang terinfeksi virus ini ketika menghadiri acara ritual tersebut. 

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

  • Angka penerima vaksinasi yang masih rendah 

Salah satu hal yang merupakan faktor penting dalam pengendalian infeksi ini adalah dengan mendapatkan vaksinasi. Negara India termasuk ke dalam daftar negara yang cakupan vaksinasinya masih rendah. Baru sekitar 6.7% dari keseluruhan total penduduk di India yang mendapatkan vaksinasi. 

Vaksinasi merupakan salah satu upaya untuk mendapatkan kekebalan kelompok atau herd immunity sehingga membantu mengendalikan penyebaran virus. Semakin banyak orang yang telah menerima vaksinasi, semakin cepat juga tercapainya kekebalan kelompok. 

Beberapa saat belakangan ini, di Indonesia juga terjadi peningkatan jumlah pasien yang terinfeksi virus corona. Indonesia bahkan telah disebut sebagai episentrum baru untuk COVID-19. 

Penyebaran infeksi yang sangat cepat ini tentu meresahkan banyak pihak. Untuk itu, agar mengurangi resiko penularan virus ini, Anda sebaiknya terus menerapkan protokol kesehatan dengan ketat. Jika tidak ada urusan yang mendesak, tetaplah tinggal di rumah. 

Jaminan Lifepack untuk Anda

Ketika harus bepergian keluar rumah, selalu gunakan masker dan menjaga jarak dengan orang lain. Anda juga dianjurkan membawa hand sanitizer jika keluar rumah. Hand sanitizer seperti Chisou Hand Sanitizer – 100 ml – Antiseptic pembersih tangan gel 100ml (Rp43.300) dapat Anda beli secara bebas di pasaran. Setelah sampai kembali di rumah, segera mandi dan berganti pakaian. 

Konsultasi gratis dengan dokter umum dan beli obat rutin. Download aplikasi Lifepack di Play Store dan App Store, apotek online untuk tebus resep obat. Solusi berobat bebas antri. Asli, Lengkap, Mudah.

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Referensi

Pertanyaan Seputar Lifepack

+

Apa itu Lifepack?

+

Apa yang membuat Lifepack berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Lifepack?

+

Berapa lama pengiriman obat saya?

+

Dokter spesialis apa saja yang tersedia di Lifepack?

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat Anda

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Konsultasi mobile Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Jaminan Lifepack untuk Anda

100% Obat Asli

Semua produk yang kami jual dijamin asli dan kualitas terbaik.

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS!

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Kebersihan Apotek Selalu Terjaga

Apoteker selalu dicek suhu badannya

Apoteker selalu menggunakan Sanitizer

Kemasan obat praktis dan aman

Pengiriman dilakukan tanpa kontak langsung

Artikel Terkait

vaksin anjuran who

Vaksin Anjuran WHO

Hidup Sehat   13/09/2021

Apakah Benar Vaksin Corona Menyebabkan Impotensi?

Hidup Sehat   06/09/2021
vaksin mrna

Vaksin mRNA Dapat Memicu Kanker? Apakah Benar?

Hidup Sehat   03/09/2021
efek sampin vaksin

Efek Samping Vaksin COVID-19, Apa Saja?

Hidup Sehat   03/09/2021
cara penularan hiv aids

Penyakit HIV: Penyebab, Penularan, Gejala Dan Cara Mengatasi

Hidup Sehat   01/09/2021

Tebus Obat Tak Perlu Antre Lagi

Dapatkan atau Upload resep, obat siap dikirim ke lokasi Anda

Chat via Whatsapp

Respon Cepat, Jawaban Akurat

Download Aplikasi

Obat Dijamin Asli, Lengkap dan Murah

Pelajari Lebih Lanjut

Metode Pembayaran

Partner Pengiriman