fbpx
BerandadirektoriPenyakitWaspada Varian Mu, Varian COVID Baru Yang Kebal Vaksin

Ditinjau oleh dr. Amanda Ismoetia.

varian covid baru varian mu

Pandemi Covid-19 yang sedang terjadi disebabkan oleh adanya proses mutasi dari virus SARS-CoV menjadi sangat infeksius, hal ini menjadi tantangan bagi masyarakat untuk bisa menjaga diri dengan sangat baik terhadap paparan virus.

World Health Organization (WHO) baru-baru ini menyatakan berhasil mengidentifikasi varian baru virus korona. Varian ini dikenal dengan sebutan varian Mu, yang memiliki kode varian B1621. Varian Mu ini pertama kali ditemukan di Columbia pada Januari tahun 2021. Hingga saat ini, varian Mu telah ditemukan di kurang lebih 39 negara. Dengan hal ini, dapat dikatakan bahwa kita telah memasuki COVID-19 gelombang ketiga.

Varian Mu ini muncul akibat terjadinya mutasi pada virus. Mutasi virus ini merupakan cara beradaptasi yang dilakukan virus untuk menyesuaikan diri dengan perubahan yang ada di lingkungannya seiring terjadinya proses replikasi. Terjadinya mutasi ini pun memungkinkan varian Mu menghindari dirinya dari vaksin COVID-19 yang telah kita terima. 

Tetapi satu hal yang sudah pasti yaitu, meskipun varian Mu telah ada sejak Januari, varian ini dapat dikatakan belum sampai menyaingi varian Delta, yang saat ini menjadi varian virus COVID-19 yang paling mendominasi hampir seluruh belahan dunia. 

WHO menyebutkan varian Mu sebagai variant of interest. Apakah itu? Simak selengkapnya dalam artikel ini.

Jaminan Lifepack untuk Anda

Apa Itu Variant of Interest?

COVID-19 telah berhasil melewati genome sequencing. Genome sequencing adalah upaya yang dilakukan untuk melihat urutan kode genetik pada suatu virus. Metode ini dianggap menjadi salah satu kunci dalam menangani virus corona. Dengan genome sequencing, kita berhasil melacak dan memetakan perkembangan virus yang telah bermutasi dan beradaptasi secara real time.

Terjadinya mutasi pada beberapa virus dapat memberikan dampak yang menguntungkan dan bisa pula merugikan. Jika suatu perubahan pada virus dikatakan memiliki potensi untuk menimbulkan bahaya yang lebih, maka WHO akan menyebutnya sebagai variant of interest.

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Bukti yang saat ini bermunculan mengatakan bahwa mutasi varian Mu memiliki kecenderungan untuk menimbulkan hal-hal yang berbahaya. Beberapa variant of interest lainnya adalah Eta, Iota, Kappa, dan juga Lambda.

Jika nanti muncul bukti yang mengatakan bahwa varian Mu telah berkembang menjadi lebih serius dan berkemungkinan untuk menyaingi varian lain misalnya varian Delta, maka varian Mu akan “naik level” menjadi variant of concern. 4 varian yang termasuk variant of concern adalah Alpha, Beta, Gamma, dan Delta.

Benarkah varian Mu merupakan varian virus COVID-19 kebal vaksin?

Hampir semua vaksin COVID menjadikan spike protein dari virus sebagai target yang digunakan untuk memasuki sel dalam tubuh kita. Vaksin yang kita terima ini akan memperkenalkan tubuh kita ke sebagian dari virus melalui spike protein, agar sistem imun kita dapat mengenali virus tersebut sehingga jika suatu saat terjangkit, tubuh kita akan membentuk antibodi yang dapat melawan virus tersebut.

Jika suatu varian memiliki perubahan yang signifikan pada spike proteinnya, hal ini dapat menyebabkan penurunan efektivitas dari vaksin yang kita terima. Varian Mu adalah variant of interest kelima yang dipantau oleh WHO sejak Maret. Varian ini memiliki sejumlah mutasi yang menunjukkan varian ini bisa lebih kebal terhadap vaksin. Tetapi, ditekankan bahwa penelitian lebih lanjut akan diperlukan untuk mengkonfirmasi hal ini.

Jaminan Lifepack untuk Anda

WHO menyatakan bahwa bukti awal mengindikasikan bahwa varian Mu dapat menghindari sebagian antibodi yang telah kita terima dari vaksinasi. Data awal WHO menunjukkan penurunan efektivitas vaksin ini mirip dengan yang terlihat pada varian Beta. 

varian mu

Untuk saat ini Anda tidak perlu khawatir, karena vaksin yang telah kita terima sudah cukup untuk melindungi tubuh dengan baik dari gejala dan infeksi semua varian COVID-19 yang sejauh ini muncul.

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Saat ini ada kemungkinan yang cukup tinggi dimana suatu saat akan muncul varian baru yang secara signifikan dapat menghindari perlindungan dari vaksin yang kita terima. Varian virus ini dikenal dengan sebutan “escape variant”. Sulit untuk mengetahui kapan dan bagaimana hal ini dapat terjadi, tetapi penularan virus yang saat ini transmisinya masih cukup merajalela di masyarakat meningkatkan kemungkinan varian ini muncul.

Namun saat ini produsen vaksin COVID-19 sudah menyiapkan diri jika hal ini terjadi. Bahkan ada beberapa yang sudah mulai mengembangkan vaksin untuk varian baru, seperti varian Delta.

Suatu teori memprediksikan bahwa seiring berjalannya waktu virus akan lebih mudah bertransmisi, tetapi menimbulkan gejala yang tidak separah sebelumnya. Tetapi hal ini belum tentu apa yang akan terjadi pada SARS-CoV-2.

“Pemerintah di seluruh dunia mengeluarkan kebijakan tentang upaya pencegahan penularan yang beragam. Salah satu upaya yang telah disepakati dunia adalah penggunaan masker oleh seluruh masyarakat, dengan kesadaran masyarakat yang tinggi mengenai pencegahan dan pengobatan di masa pandemi ini, akan menjadi kolaborasi yang sangat baik dengan pemerintah dalam mengakhiri pandemi ini.” tambah dr. Amanda Ismoetia, tim dokter Lifepack.

Jaminan Lifepack untuk Anda

Selain menggunakan masker, cara terbaik yang dapat kita lakukan untuk melawan varian-varian baru ini adalah dengan menghimbau sebanyak mungkin masyarakat untuk melakukan vaksinasi. Hal ini dapat mengurangi populasi inang yang rentan untuk virus bermutasi dan bereproduksi.

Perkembangan virus dapat terjadi begitu cepat. Jaga dan tingkatkanlah sistem imun Anda dengan mengkonsumsi Paket ISOMAN A (Rp217.399). Paket ini terdiri dari berbagai vitamin  yang baik untuk daya tahan tubuh. 

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Konsultasi gratis dengan dokter umum dan beli obat rutin. Download aplikasi Lifepack di Play Store dan App Store, apotek online untuk tebus resep obat. Solusi berobat bebas antri. Asli, Lengkap, Mudah.

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Referensi

Pertanyaan Seputar Lifepack

+

Apa itu Lifepack?

+

Apa yang membuat Lifepack berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Lifepack?

+

Berapa lama pengiriman obat saya?

+

Dokter spesialis apa saja yang tersedia di Lifepack?

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat Anda

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Konsultasi mobile Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Jaminan Lifepack untuk Anda

100% Obat Asli

Semua produk yang kami jual dijamin asli dan kualitas terbaik.

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS!

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Kebersihan Apotek Selalu Terjaga

Apoteker selalu dicek suhu badannya

Apoteker selalu menggunakan Sanitizer

Kemasan obat praktis dan aman

Pengiriman dilakukan tanpa kontak langsung

Artikel Terkait

Pemicu Penyakit Menahun

Kenali Pemicu Penyakit Menahun Untuk Mencegahnya Terjadi

direktoriPenyakit   08/09/2021
Jenis-Jenis Penyakit Kronis

Jenis-Jenis Penyakit Kronis: Gejala dan Pengobatannya

direktoriPenyakit   08/09/2021
penyakit kronis

Kenali Penyakit Kronis Yang Berpotensi Menyebabkan Kematian

direktoriPenyakit   07/09/2021

Diabetes Menyebabkan Stroke, Apa Benar?

direktoriPenyakit   06/09/2021
penularan kusta

Cara Penularan Penyakit Kusta

direktoriPenyakit   03/09/2021

Tebus Obat Tak Perlu Antre Lagi

Dapatkan atau Upload resep, obat siap dikirim ke lokasi Anda

Chat via Whatsapp

Respon Cepat, Jawaban Akurat

Download Aplikasi

Obat Dijamin Asli, Lengkap dan Murah

Pelajari Lebih Lanjut

Metode Pembayaran

Partner Pengiriman