fbpx
BerandaVaksinMungkinkah Kesemutan Setelah Vaksin?

Apakah Anda pernah kesemutan setelah vaksin? Mungkin Anda bertanya-tanya apakah vaksin yang diberikan aman dan tidak seharusnya memiliki efek samping. Daripada berasumsi, simak penjelasan efek samping vaksinasi COVID-19 di artikel ini.

Sebelum diberikan kepada masyarakat, vaksin COVID-19 telah menjalani berbagai tahapan penelitian dan pengujian untuk melihat keamanan dan efektivitasnya. Centers for Disease Control and Prevention (CDC) menyatakan bahwa vaksin COVID-19 yang beredar luas telah memenuhi standar keamanan yang ditetapkan dan mendapatkan izin untuk digunakan pada masyarakat. 

Namun, seperti vaksin yang digunakan untuk penyakit lainnya, vaksin COVID-19 juga dapat menimbulkan beberapa efek samping. Berbagai informasi mengenai efek samping vaksin banyak beredar di masyarakat khususnya melalui media elektronik.

Namun sayangnya, informasi yang salah mengenai efek samping vaksin dapat menyebabkan orang menjadi takut untuk mendapatkan vaksinasi. Padahal, vaksinasi merupakan salah satu upaya pencegahan yang dapat membantu mengontrol penyebaran infeksi pada masa pandemi ini.

Mengenal efek samping vaksin COVID-19 

Efek samping vaksin merupakan gejala atau keluhan yang timbul setelah Anda menerima vaksin. Keluhan yang muncul mungkin dapat berbeda-beda pada setiap orang tergantung dari kondisi tubuh mereka masing-masing ketika mendapatkan vaksin. 

Baik orang dewasa maupun anak-anak dapat mengalami beberapa efek samping setelah mendapatkan vaksinasi. Efek samping yang ringan merupakan tanda normal bahwa tubuh kita sedang bereaksi terhadap vaksin untuk membentuk sistem kekebalan tubuh. 

Jaminan Lifepack untuk Anda

Efek samping ini dapat hilang dengan sendirinya dalam beberapa hari tanpa memerlukan penanganan atau pengobatan khusus. Bahkan, beberapa orang tidak mengalami efek samping sama sekali. 

Apa penyebab munculnya kesemutan? 

Salah satu efek samping yang dikeluhkan oleh beberapa orang setelah mendapatkan vaksinasi adalah rasa kesemutan. Mati rasa dan kesemutan dalam bahasa medis biasa dikenal dengan sebutan paresthesia. Keluhan ini biasanya dideskripsikan sebagai perasaan aneh apapun yang dirasakan pada kulit Anda, seperti perasaan ditusuk, gatal, hingga sensasi seperti adanya binatang merayap. 

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Penyebab kesemutan setelah vaksin dapat dipicu oleh berbagai hal dan hingga saat ini belum dapat dijelaskan secara pasti. Salah satu alasan yang menyebabkan munculnya sensasi kesemutan ini adalah adanya reaksi sistem saraf terhadap suntikan atau jarum yang masuk ke tubuh. 

Apakah kesemutan setelah vaksin berbahaya? 

Hingga saat ini, kesemutan merupakan efek samping yang sangat jarang dikeluhkan oleh orang yang mendapatkan vaksinasi COVID-19. Oleh sebab itu, kesemutan juga tidak disebutkan sebagai efek samping vaksin COVID-19 dalam uji coba vaksin yang telah dilakukan. 

Sebuah teori juga mengatakan bahwa seseorang yang memiliki ketakutan atau perasaan cemas, misalnya pada orang yang memiliki ketakutan pada jarum suntik, dapat memicu munculnya kesemutan. 

Kecemasan menyebabkan Anda akan bernapas dengan cepat. Ketika Anda bernapas dengan cepat, Anda mungkin akan mengalami suatu kondisi yang disebut sebagai hiperventilasi. Kondisi ini terjadi ketika Anda mengeluarkan terlalu banyak karbon dioksida. Hiperventilasi cenderung menyebabkan kesemutan pada lengan dan tungkai bawah Anda. Hal ini terjadi karena pembuluh darah Anda akan menyempit dan menghentikan aliran darah yang seharusnya mencapai jari tangan atau kaki. Sehingga akan menimbulkan sensasi kesemutan. 

Jaminan Lifepack untuk Anda

Prinsip yang sama juga berlaku ketika Anda duduk dengan kaki disilangkan terlalu lama atau tertidur dengan tangan ditekuk di bawah kepala. Aliran darah atau perjalanan saraf yang terganggu akan menyebabkan sensasi kesemutan. Namun, kesemutan dapat hilang dengan sendirinya ketika aliran darah atau penjalaran saraf kembali normal.  

Kapan harus memeriksakan diri ke Dokter? 

Efek samping yang serius dari pemberian vaksin COVID-19 jarang terjadi. Namun, Anda dapat menghubungi fasilitas kesehatan jika Anda mengalami reaksi efek samping berat seperti: 

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

  • Gatal-gatal pada tubuh 
  • Pembengkakan pada wajah dan mulut 
  • Gangguan pernapasan seperti merasa sesak 
  • Penurunan kesadaran atau perasaan terus mengantuk 
  • Demam tinggi (lebih dari 40 derajat celcius) 
  • Kejang 
  • Rasa kesemutan atau mati rasa yang parah setelah vaksin

Segera periksakan diri Anda ke fasilitas kesehatan apabila muncul gejala berat seperti yang telah disebutkan. Anda juga dapat memeriksakan diri apabila merasakan efek samping yang tidak kunjung sembuh dan malah memberat terutama apabila keluhan tidak kunjung hilang dalam tiga hari setelah menerima vaksinasi.Untuk sementara, redakan rasa sakit dengan konsumsi Panadol Biru 10 Kaplet – Paracetamol 500 mg – Mengobati Demam, Nyeri & Sakit Kepala (Rp15.000).

Hingga saat ini, jutaan orang telah menerima vaksin COVID-19 dan tidak adanya efek samping jangka panjang yang terdeteksi. CDC akan terus memantau keamanan vaksin COVID-19 yang digunakan di masyarakat. Jika dibandingkan dengan resiko efek samping yang muncul, vaksinasi COVID-19 memiliki manfaat yang lebih besar. Oleh sebab itu, Anda tidak perlu khawatir apabila ingin menerima vaksinasi COVID-19.

Jika Anda merasakan efek samping setelah vaksinasi, segera konsultasi gratis dengan dokter dan tebus resep obat di Lifepack. Download juga aplikasi Lifepack di Play Store dan App Store, apotek online untuk tebus resep obat. Solusi berobat bebas antri. Asli, Lengkap, Mudah.

Referensi:

Jaminan Lifepack untuk Anda

  1. Centers for Disease Control and Prevention (CDC). Possible side effects. CDC website. 2021 [online] 
  2. Michigan Medicine. Numbness and tingling after covid-19: care instructions.University of Michigan website. 2021 [online] 
  3. Ontario Ministry of Health. After your COVID-19 vaccine. Ontario Ministry of health website. 2021 [online] 
  4. Satuan Tugas Penanganan COVID-19 Indonesia. Laporan terbaru CDC mengenai efek samping vaksin COVID-19. Covid-19 Indonesia website. 2021 [online] 
  5. Thorpe JR. Why are my hand tingly post-COVID vax?. Bustle website. 2021 [online] 
  6. Sumber foto: Unsplash 

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Pertanyaan Seputar Lifepack

+

Apa itu Lifepack?

+

Apa yang membuat Lifepack berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Lifepack?

+

Berapa lama pengiriman obat saya?

+

Dokter spesialis apa saja yang tersedia di Lifepack?

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat Anda

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Konsultasi mobile Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Jaminan Lifepack untuk Anda

100% Obat Asli

Semua produk yang kami jual dijamin asli dan kualitas terbaik.

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS!

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Kebersihan Apotek Selalu Terjaga

Apoteker selalu dicek suhu badannya

Apoteker selalu menggunakan Sanitizer

Kemasan obat praktis dan aman

Pengiriman dilakukan tanpa kontak langsung

Artikel Terkait

cara daftar vaksin booster

Tetap Tenang! Ini Cara Daftar Vaksin Booster

Vaksin   31/01/2022

5 Daftar Hoaks Vaksin COVID-19

Vaksin   04/01/2022

Jenis Vaksin COVID-19 untuk Anak

Hidup Sehat   27/12/2021

Vaksinasi Anak: Syarat, Persiapan, Efek Samping, Pengobatan

Vaksin   27/12/2021

Mual Setelah Suntik Vaksin

Vaksin   01/12/2021

Tebus Obat Tak Perlu Antre Lagi

Dapatkan atau Upload resep, obat siap dikirim ke lokasi Anda

Chat via Whatsapp

Respon Cepat, Jawaban Akurat

Download Aplikasi

Obat Dijamin Asli, Lengkap dan Murah

Pelajari Lebih Lanjut

Metode Pembayaran

metode pembayaran

Partner Pengiriman