fbpx
BerandaHidup Sehat10 Tips Menurunkan Darah Tinggi saat Liburan

Pola makan dan gaya hidup yang berbeda saat liburan tahun baru dan hari Natal dapat membuat tekanan darah Anda meninggi. Faktor-faktor seperti salah makan hingga stress dapat memicu tekanan darah tinggi yang dapat membuat kondisi memburuk. Simak 10 tips menurunkan darah tinggi saat liburan berikut.

tips menurunkan darah tinggi saat liburan

1. Kurangi sodium

Mungkin Anda merasa banyak makanan yang harus dicoba saat liburan. Jika Anda merasa darah tinggi Anda naik secara tiba-tiba, cek lagi apakah makanan yang baru Anda konsumsi memiliki tingkat sodium tinggi. Makanan yang mengandung sodium beberapa diantaranya adalah udang, keju, daging olahan, serta bermacam saus kemasan.

Segera coret menu tersebut dari pilihan Anda untuk keesokan harinya jika Anda sudah merasa memakan makanan tinggi sodium. Biarkan makanan yang sudah Anda konsumsi tersebut dicerna dengan baik dan jangan menambahkan kadarnya.

2. Manajemen stress sebagai tips menurunkan darah tinggi saat liburan

Ada kalanya liburan yang tidak sesuai rencana akan berujung kepada emosi dan stres. Saat stres, tubuh Anda akan melepaskan hormon stres adrenalin dan kortisol ke dalam darah yang mempersiapkan jantung berdetak lebih cepat dan menyempitkan pembuluh darah.

Istirahatlah segera dan bicarakan masalah dengan keluarga atau rekan liburan agar Anda tidak memendam stress sendirian dan membuat tekanan darah bertambah tinggi.

3. Waspadai sleep apnea

Anda mungkin mendengkur setelah aktivitas liburan selesai di akhir hari. Hati-hati, mendengkur adalah salah satu gejala yang menandai sleep apnea. Sleep apnea sendiri menyebabkan jaringan tenggorokan bermasalah dan akan menghalangi pernapasan saat Anda tidur. Dengan begitu Anda akan terbangun berkali-kali dan oksigen yang masuk ke dalam tubuh tidak bersirkulasi dengan lancar. 

Jaminan Lifepack untuk Anda

Kondisi masalah tidur tentunya akan meningkatkan darah tinggi. Anda bisa mencegahnya dengan cara tidak makan berat sebelum tidur dan menanganinya dengan cara merubah posisi tidur hingga menyamping. Tips menurunkan darah tinggi yang mudah saat liburan adalah dengan memiliki tidur berkualitas.

4. Meditasi

Luangkan waktu untuk bermeditasi untuk mendapatkan waktu istirahat yang cukup serta mengatur stres dan emosi dengan baik. Mulai meditasi saat pagi hari dengan cara duduk di tempat yang tenang dan berlatih bernafas dalam-dalam. Lakukan aktivitas ini di mana pun Anda merasa tidak akan mendapatkan gangguan.

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Anda akan merasa segar setelah bermeditasi. Dalam jangka panjang, Anda akan menjadi lebih tenang dalam situasi stres dan menjaga tingkat stres Anda secara keseluruhan tetap rendah. 

5. Makan coklat dengan kadar kokoa tinggi

Cokelat hitam mengandung flavonoid yang membantu pembuluh darah menjadi lebih elastis. Suatu studi menunjukkan bahwa 18% partisipan yang makan coklat hitam setiap hari mengalami penurunan tekanan darah. 

Anda bisa mendapatkan coklat ini di supermarket dan minimarket terdekat. Pastikan yang Anda beli adalah coklat murni, bukan coklat susu. Siapa sangka makan coklat merupakan tips menurunkan darah tinggi saat liburan?

6. Pantau tekanan darah Anda

Selalu pantau tekanan darah Anda dengan tensimeter. Anda dapat membawa tenismeter dan rutin mengeceknya setelah menyelesaikan suatu aktivitas atau memakan makanan tertentu.

Jaminan Lifepack untuk Anda

Dengan selalu memantau tekanan darah, Anda bisa melihat mana yang cocok dan tidak cocok dengan tubuh Anda. Dengan kemudian, waktu untuk berhenti dan beristirahat juga bisa lebih diatur sesuai dengan kondisi Anda.

7. Batasi konsumsi alkohol menjadi salah satu tips menurunkan darah tinggi saat liburan

Selama musim liburan, Anda mungkin harus bertemu dengan banyak orang dan merayakannya dengan minum alkohol. Alkohol memang dapat memiliki efek positif pada tekanan darah, tetapi hanya jika Anda meminumnya dalam jumlah sedang. 

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Pada umumnya, konsumsi alkohol harus dibatasi satu gelas per hari untuk wanita dan dua gelas sehari untuk pria. Konsultasikan juga dengan dokter agar Anda bisa menyesuaikannya dengan tubuh Anda sendiri.

8. Lakukan aktivitas yang membuat tubuh bergerak

Anda akan melakukan liburan dengan kondisi terbaik jika sudah terbiasa aktif gerak. Jangan segera berbaring dan tidur setelah makan. Gunakan waktu untuk berjalan-jalan santai dengan keluarga dan atau bermain dengan anggota keluarga yang lebih kecil.

Liburan tanpa aktivitas fisik dapat meningkatkan resiko Anda akan obesitas yang malah akan memicu peningkatan darah tinggi.

9. Waspadalah terhadap dekongestan

Saat liburan, Anda mungkin mengalami gejala pilek dan flu karena perbedaan cuaca. Berhati-hatilah untuk tidak memilih obat flu yang memiliki kandungan dekongestan. Dekongestan dapat ditemui di dalam banyak obat pilek dan flu yang dijual bebas. Tetapi, perlu diketahui bahwa kandungan dekongestan malah akan meningkatkan tekanan darah dan mengurangi efektivitas beberapa obat tekanan darah. 

Jaminan Lifepack untuk Anda

Jika Anda butuh obat flu, pertimbangkan terapi alternatif, seperti saline hidung, kortikosteroid intranasal, atau antihistamin. Namun, sebaiknya konsultasikan dulu dengan dokter sebelum mengonsumsi obat.

10. Restock obat Anda

Jika Anda sedang menjalani pengobatan untuk mengontrol tekanan darah, pastikan stok obat Anda sudah cukup dan Anda tetap meminumnya sesuai resep. Anda bisa memilih salah satu dari banyaknya aplikasi pengingat obat yang dapat Anda unduh di perangkat seluler Anda, seperti Lifepack.

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Membawa stok obat yang cukup sangat penting karena obat yang dijual bebas bisa jadi akan memberikan efek negatif ke tubuh Anda. Maka dari itu, segera restock obat hipertensi Anda dengan menebus resep dari dokter.

Ingin menebus obat hipertensi? Tebus resep obat, bebas antri di Lifepack. Lifepack menyediakan berbagai macam obat hipertensi seperti Acetensa, Lodoz, dan banyak lagi.

Dapatkan juga konsultasi gratis dengan dokter umum dan berbagai promo diskon dengan belanja di Lifepack. Beli obat tanpa antri, langsung dikirim ke rumah atau penginapan yang Anda tinggali selama liburan.

Itulah tadi 10 tips menurunkan darah tinggi saat liburan. Semoga artikel ini bisa membantu Anda menangani hipertensi dan mendapatkan waktu liburan yang sehat dan berkualitas!

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Pertanyaan Seputar Lifepack

+

Apa itu Lifepack?

+

Apa yang membuat Lifepack berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Lifepack?

+

Berapa lama pengiriman obat saya?

+

Dokter spesialis apa saja yang tersedia di Lifepack?

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat Anda

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Konsultasi mobile Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Jaminan Lifepack untuk Anda

100% Obat Asli

Semua produk yang kami jual dijamin asli dan kualitas terbaik.

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS!

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Kebersihan Apotek Selalu Terjaga

Apoteker selalu dicek suhu badannya

Apoteker selalu menggunakan Sanitizer

Kemasan obat praktis dan aman

Pengiriman dilakukan tanpa kontak langsung

Artikel Terkait

hubungan demam berdarah dan trombositopenia

Hubungan Demam Berdarah dan Trombositopenia

Hidup Sehat   24/09/2022
pentingnya kesehatan seksual

Dari Emosi Hingga Fisik, Ini Pentingnya Kesehatan Seksual untuk Semua Usia

Hidup Sehat   03/09/2022

Nutrimax Nutri Kidz: Manfaat, Kandungan, Efek Samping

Ibu dan Anak   25/07/2022
konimex renovit

Konimex Renovit: Kandungan, Manfaat, dan Dosis

Hidup Sehat   23/07/2022
apotek terlengkap dan terdekat

5 Tips dan Trik Mencari Apotek Terlengkap dan Terdekat

Hidup Sehat   04/07/2022

Tebus Obat Tak Perlu Antre Lagi

Dapatkan atau Upload resep, obat siap dikirim ke lokasi Anda

Chat via Whatsapp

Respon Cepat, Jawaban Akurat

Download Aplikasi

Obat Dijamin Asli, Lengkap dan Murah

Pelajari Lebih Lanjut

Metode Pembayaran

metode pembayaran

Partner Pengiriman