fbpx
BerandaHidup Sehat5 Olahraga untuk Menurunkan Kolesterol Saat Liburan

Olahraga merupakan aktivitas yang harus rutin dilakukan setiap hari termasuk saat liburan, khususnya untuk penderita kadar kolesterol tinggi. Kolesterol yang tinggi di dalam darah dapat menyebabkan berbagai kondisi tubuh yang tidak nyaman seperti kelelahan, nyeri dada, kesemutan, dan sebagainya. Tanpa melakukan olahraga rutin, kolesterol tinggi tentunya juga akan mempengaruhi kualitas liburan Anda. Tidak perlu khawatir, mari simak 5 olahraga untuk menurunkan kolesterol yang bisa Anda lakukan saat liburan tahun baru dan Natal.

Bagaimana olahraga dapat menurunkan kolesterol?

Pertama-tama, Anda perlu memahami bahwa olahraga sudah terbukti dapat membantu meningkatkan kolesterol HDL (high density lipoprotein) atau kolesterol baik untuk tubuh. 

Olahraga yang harus dilakukan bukanlah olahraga yang memerlukan teknik rumit dan keahlian tinggi. Sebuah penelitian pada tahun 2013 menemukan bahwa berjalan kaki selama 1 jam setiap 5 hari seminggu untuk hampir 6 bulan akan meningkatkan kadar kolesterol HDL dalam tubuh. Sebuah studi pada tahun 2015 juga menemukan bahwa HDL akan lebih meningkat dengan olahraga intensitas tinggi yang dilakukan dengan rutin selama 3 kali seminggu untuk 2 minggu.

Pada umumnya, penderita kolesterol dianjurkan untuk berolahraga minimal 30 menit per hari. Jenis olahraganya tidak dibatasi, tetapi olahraga yang porsinya lebih berat dan lama tentu akan menurunkan LDL (low density lipoprotein) atau lemak baik secara lebih sedikit.

Dalam rangka liburan, Anda bisa memilih opsi olahraga untuk menurunkan kolesterol yang sesuai dengan kondisi dan lingkungan Anda sebagai berikut:

1. Jalan cepat

Saat liburan, Anda bisa menggunakan waktu untuk mengeksplorasi area baru di sekitar penginapan sekaligus berolahraga jalan cepat.

Jaminan Lifepack untuk Anda

Jalan cepat akan membutuhkan tubuh Anda untuk bergerak aktif dan saling bersinkronisasi. Seseorang  yang berjalan selama 1 jam sehari pada 5 hari dalam seminggu ditemukan mengalami penurunan jumlah kolesterol LDL dalam tubuh mereka.

Selain menurunkan kolesterol jahat, jalan cepat juga merupakan latihan yang akan meningkatkan sirkulasi oksigen dan kardiovaskular dengan cara memperkuat jantung dan paru-paru.Bahkan, sebuah penelitian di Amerika Serikat menemukan bahwa jalan cepat sama efektifnya dalam menurunkan kolesterol seperti berlari. 

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Jalan cepat juga cocok untuk para orang tua atau lansia yang tidak memiliki energi cukup untuk berlari. Anda bisa mengajak sanak saudara mulai dari si kecil hingga kakek dan nenek untuk meluangkan waktu olahraga yang sehat dan ceria.

2. Bersepeda

Bersepeda adalah latihan aerobik yang aman dan efektif untuk membakar kalori dan menurunkan kolesterol jahat. Sama seperti opsi sebelumnya, bersepeda bisa Anda lakukan dengan sanak saudara sembari mengeksplor tempat liburan Anda.

Sebuah penelitian di Swedia menunjukkan bahwa bersepeda sebanyak minimum satu kilometer dapat mengurangi risiko obesitas, tekanan darah tinggi, kolesterol, dan diabetes. Keempat penyakit ini merupakan faktor utama yang akan meningkatkan risiko Anda mengalami penyakit jantung.

Anda tidak perlu melakukan sepeda dengan intensitas tinggi. Mulailah dengan bersepeda di dataran landai. Jika Anda merasa intensitas tersebut terlalu mudah, Anda bisa pelan-pelan meningkatkan tingkat kesusahannya dengan mengunjungi jalur-jalur yang lebih menanjak. Anda juga bisa bergabung dengan komunitas bersepeda yang sekarang bisa Anda temui bahkan di kota-kota besar.

Jaminan Lifepack untuk Anda

3. Berenang

Berenang dan latihan air adalah aktivitas lain yang cocok untuk dilakukan saat liburan. Anda bisa mengajak keluarga ke kolam renang untuk berlibur sekaligus olahraga.

Aktivitas air dapat menurunkan kolesterol jahat seperti latihan aerobik lainnya, serta akan menjadi latihan kesehatan untuk persendian Anda. Berenang dapat meningkatkan kadar kolesterol HDL di mana setiap peningkatan 1 persen kolesterol HDL, risiko kematian akibat penyakit jantung turun 3,5 persen. 

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Melakukan aktivitas renang selama 30 menit sehari juga dapat mengurangi penyakit jantung koroner karena dapat menurunkan tekanan darah. Selain itu, aktivitas renang yang rutin juga akan membakar sekitar 240 kalori dan membantu menjaga berat badan.

4. Yoga

Yoga sangat baik untuk membantu Anda mendapatkan waktu ketenangan yang cukup di tengah hingar-bingar liburan akhir tahun. Siapa yang tahu yoga juga bisa menjadi salah satu olahraga untuk menurunkan kolesterol saat liburan.

Sebagian orang mungkin menganggap yoga umumnya sebagai latihan intensitas rendah, tetapi siapa sangka yoga juga bisa menurunkan kolesterol dengan signifikan, mengurangi risiko penyakit kardiovaskular, dan dapat mengurangi risiko penyakit jantung. Pada tahun 2014, sebuah penelitian menemukan bahwa orang-orang yang berlatih yoga secara teratur berhasil menunjukkan peningkatan positif yang signifikan dalam kolesterol HDL dan tekanan darah dibandingkan dengan orang-orang yang tidak berolahraga.

Sekarang, Anda bisa menemukan berbagai macam kelas yoga online maupun offline. Yang Anda perlukan hanyalah alas untuk berbaring di lantai. Jika tidak memiliki sport mat Anda bisa menggunakan bahan kain lain seperti syal atau selimut.

Jaminan Lifepack untuk Anda

5. Latihan ketahanan

Jenis olahraga latihan ketahanan merupakan aktivitas yang paling berat di antara opsi olahraga di sini. Latihan ini akan membutuhkan serta meningkatkan kekuatan otot Anda seperti latihan otot dasar yang bisa Anda lakukan di penginapan saat liburan.

Sebuah penelitian pada tahun 2014 menemukan bahwa individu premenopause yang menjalani sesi latihan ketahanan selama 14 minggu berhasil menurunkan jumlah kolesterol total dan LDL dalam tubuh mereka berkurang secara drastis. Perlu diketahui  mereka melakukan latihan tersebut selama 40-50 menit setiap tiga kali seminggu.

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Berbagai macam latihan ketahanan yang bisa Anda lakukan tanpa alat adalah push up, sit up, chin up, dan squat. Anda bisa mengkombinasikannya dengan berbagai video tutorial yang dapat Anda ikuti melalui sosial media. Jika Anda memiliki tenaga cukup, Anda bisa mencoba bench press dan weightlift yang tentunya tidak boleh dilakukan tanpa pengawasan jika Anda seorang pemula dan penderita penyakit kronis.

Demikian 5 olahraga untuk menurunkan kolesterol. Anda bisa menyesuaikan olahraga dengan kondisi tubuh dan lingkungan di sekitar Anda. Jangan lupa cukupi kebutuhan kesehatan Anda dengan makan dan minum sehat, serta konsumsi vitamin dan suplemen secara teratur.

Lengkapi persediaan kebutuhan kesehatan liburan Anda dengan obat dan suplemen dari Lifepack. Lifepack menyediakan berbagai macam obat kolesterol rutin seperti Livalo, Rosufer, dan banyak lagi. Tebus obat tanpa antri, menjual obat asli, lengkap, dan mudah. Tersedia juga di Play Store dan App Store.

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Pertanyaan Seputar Lifepack

+

Apa itu Lifepack?

+

Apa yang membuat Lifepack berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Lifepack?

+

Berapa lama pengiriman obat saya?

+

Dokter spesialis apa saja yang tersedia di Lifepack?

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat Anda

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Konsultasi mobile Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Jaminan Lifepack untuk Anda

100% Obat Asli

Semua produk yang kami jual dijamin asli dan kualitas terbaik.

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS!

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Kebersihan Apotek Selalu Terjaga

Apoteker selalu dicek suhu badannya

Apoteker selalu menggunakan Sanitizer

Kemasan obat praktis dan aman

Pengiriman dilakukan tanpa kontak langsung

Artikel Terkait

hubungan demam berdarah dan trombositopenia

Hubungan Demam Berdarah dan Trombositopenia

Hidup Sehat   24/09/2022
pentingnya kesehatan seksual

Dari Emosi Hingga Fisik, Ini Pentingnya Kesehatan Seksual untuk Semua Usia

Hidup Sehat   03/09/2022

Nutrimax Nutri Kidz: Manfaat, Kandungan, Efek Samping

Ibu dan Anak   25/07/2022
konimex renovit

Konimex Renovit: Kandungan, Manfaat, dan Dosis

Hidup Sehat   23/07/2022
apotek terlengkap dan terdekat

5 Tips dan Trik Mencari Apotek Terlengkap dan Terdekat

Hidup Sehat   04/07/2022

Tebus Obat Tak Perlu Antre Lagi

Dapatkan atau Upload resep, obat siap dikirim ke lokasi Anda

Chat via Whatsapp

Respon Cepat, Jawaban Akurat

Download Aplikasi

Obat Dijamin Asli, Lengkap dan Murah

Pelajari Lebih Lanjut

Metode Pembayaran

metode pembayaran

Partner Pengiriman