fbpx
BerandaDiabetesGejala Kencing Manis yang Penting untuk Diwaspadai

Ditinjau oleh dr. Amanda Ismoetia

gejala kencing manis

Kencing manis atau sering disebut diabetes merupakan jenis penyakit yang telah banyak diderita oleh masyarakat Indonesia. Penyakit ini bisa diderita oleh orang tua maupun mereka yang masih berusia muda. Gejala kencing manis juga wajib dipahami agar penyakit ini bisa didiagnosis sedini mungkin. Semakin dini dideteksi, maka kencing manis akan lebih mudah untuk dikontrol meskipun memang tak bisa disembuhkan sepenuhnya.

Diabetes sebenarnya adalah jenis penyakit yang tanda-tanda atau gejalanya jelas atau mudah terlihat. Artinya, tubuh bisa mengenali datangnya penyakit ini dengan mudah. Oleh karena itu, Anda harus peka terhadap perubahan tubuh dan paham apa saja gejala yang menjadi indikasi penyakit ini.

Gejala Kencing Manis

Tubuh memiliki respon yang sangat baik terhadap beragam jenis penyakit. Jika kita peka terhadap tubuh kita maka akan lebih mudah untuk mengenali bahwa ada perubahan yang terjadi. Berikut ini adalah gejala atau tanda-tanda penyakit kencing manis yang wajib diwaspadai:

  1. Lemas

Penderita kencing manis biasanya akan menunjukkan gejala tubuh selalu lemas. Mereka akan lebih mudah merasa lelah. Hal ini disebabkan oleh meningkatnya kadar gula dalam darah namun tubuh tidak bisa mengubah gula tersebut menjadi energi. Akibatnya, tubuh pun tidak menerima energi yang cukup untuk beraktivitas dan selalu kelelahan.

  1. Frekuensi BAK Meningkat

Tanda berikutnya yang juga bisa muncul pada penderita kencing manis adalah frekuensi buang air kecil akan meningkat. Mereka yang kadar gula dalam darahnya tinggi akan lebih sering buang air kecil. Hal ini disebabkan oleh kerja ginjal yang semakin keras untuk membuang kelebihan gula dalam darah. Biasanya kondisi sering buang air kecil ini semakin parah pada malam hari.

Jaminan Lifepack untuk Anda

  1. Mudah Merasa Haus

Seiring dengan meningkatnya frekuensi BAK, maka tubuh pun akan lebih sering merasa haus. Hal ini disebabkan oleh semakin banyak air yang hilang dari dalam tubuh. Jika dibiarkan terus-menerus maka rasa haus ini bisa saja menyebabkan dehidrasi. Penderita diabetes sangat disarankan untuk minum banyak air setiap hari, terutama air putih.

  1. Mudah Merasa Lapar

Selain jadi lebih mudah merasa haus, penderita diabetes juga akan lebih mudah merasa lapar. Hal ini disebabkan oleh ketidakmampuan tubuh mengubah sumber gula menjadi energi. Akibatnya, tubuh menjadi lemas dan tidak punya tenaga. Hal ini pun juga akan berpengaruh pada keinginan untuk terus makan. Padahal, makan juga bisa menyebabkan kadar gula dalam darah semakin bertambah.

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

  1. Luka Sulit Sembuh

Tingginya kadar gula dalam darah dapat menyebabkan kerusakan saraf dan menurunnya elastisitas pembuluh darah. Sirkulasi darah pun akan terganggu akibat adanya kondisi ini. Hal ini dapat menyebabkan proses penyembuhan luka terhambat karena aliran darah yang kaya nutrisi dan oksigen tidak bisa sampai ke bagian luka dengan lancar.

  1. Sering Kesemutan

Gejala kencing manis lainnya adalah tangan atau kaki jadi lebih sering mengalami kesemutan. Hal ini tentu juga merupakan akibat dari terhambatnya sirkulasi darah. Saraf tubuh pun bisa rusak akibat tingginya kadar gula dalam darah. Hal ini menyebabkan bagian tubuh seperti tangan maupun kaki jadi lebih mudah mengalami kesemutan.

Gejala Diabetes dan Pengaruhnya pada Imunitas

Kencing manis atau diabetes ternyata memiliki pengaruh besar terhadap imunitas tubuh. Semua gejala yang ditunjukkan oleh penderita diabetes sebenarnya merupakan indikasi bahwa imunitas tubuh mulai menurun. Hal ini disebabkan oleh aliran darah yang terhambat dan nutrisi yang masuk ke tubuh tidak bisa beredar secara optimal.

Mereka yang menderita diabetes juga biasanya akan lebih mudah mengalami infeksi virus dan bakteri. Hal ini tentu sangat berbahaya apalagi saat banyak virus mematikan yang mewabah seperti COVID-19. Tak heran jika penderita diabetes juga sering mengalami infeksi pada bagian kulit. Pemicunya adalah daya tahan tubuh atau imunitas yang semakin menurun.

Jaminan Lifepack untuk Anda

Tubuh orang yang menderita diabetes biasanya akan mengalami kelelahan dan lemas berlebih. Kondisi ini juga terjadi karena nutrisi tidak bisa tersebar merata. Jika dibiarkan terus-menerus maka tubuh akan semakin lemah dan sangat mudah terserang penyakit lainnya.

gejala kencing manis

Konsultasikan Gejala Diabetes

Segera konsultasikan semua gejala yang dirasakan oleh tubuh. Jika memang gejala-gejala tersebut mengarah pada kondisi kencing manis atau diabetes maka harus ada tindakan yang tepat untuk mengatasinya. Segera kunjungi dokter Anda untuk melakukan pemeriksaan kesehatan tubuh secara lengkap.

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

“Jangan pernah takut mengkonsumsi obat medis untuk membantu mengatasi kadar gula darah yang tinggi, resiko kadar gula darah yang dibiarkan selalu tinggi memiliki resiko lebih besar terhadap kerusakan organ tubuh lainnya.” tambah dr. Amanda Ismoetia, tim dokter dari Lifepack.

Pemeriksaan lengkap sangat dibutuhkan untuk mengetahui status tubuh, terutama kadar gula dalam darah. Jika memang kadar gula tinggi maka bisa segera dilakukan penanganan yang tepat untuk membuatnya kembali terkontrol. Jangan lupa, terapkan pola makan yang sehat untuk mengendalikan penyakit ini agar tidak berkembang semakin parah.

Setiap gejala kencing manis wajib untuk diwaspadai. Kenali lebih baik kondisi tubuh Anda sehingga setiap gejala yang datang bisa dideteksi dengan mudah. Terapkan pola hidup sehat, hindari terlalu banyak konsumsi gula, dan pastikan untuk berkonsultasi secara rutin ke dokter. Jika Anda terkena diabetes, biasanya dokter akan meresepkan obat yang dapat mengontrol gula darah seperti Glimepiride Dexa 1 MG 100 Tablet – Obat Diabetes (Rp110.000).

Lifepack adalah sistem konsultasi medis bagi dokter atau tenaga medis untuk meresepkan obat bagi pasiennya. Dokter dapat membuat resep elektronik atau mengunggah foto resep ke aplikasi. Obat pesanan langsung diantar ke rumah/lokasi pasien.

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Pertanyaan Seputar Lifepack

+

Apa itu Lifepack?

+

Apa yang membuat Lifepack berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Lifepack?

+

Berapa lama pengiriman obat saya?

+

Dokter spesialis apa saja yang tersedia di Lifepack?

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat Anda

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Konsultasi mobile Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Jaminan Lifepack untuk Anda

100% Obat Asli

Semua produk yang kami jual dijamin asli dan kualitas terbaik.

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS!

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Kebersihan Apotek Selalu Terjaga

Apoteker selalu dicek suhu badannya

Apoteker selalu menggunakan Sanitizer

Kemasan obat praktis dan aman

Pengiriman dilakukan tanpa kontak langsung

Artikel Terkait

pemanis pengganti gula

7 Daftar Pemanis Pengganti Gula untuk Pasien Diabetes

Diabetes   17/02/2022
obat kencing manis

Obat Kencing Manis yang Umum Diresepkan Dokter

Diabetes   15/10/2021
gula basah pada ibu hamil

Gula Basah dan Ciri-cirinya Pada Ibu Hamil

Diabetes   15/10/2021
cara menyembuhkan diabetes

Bagaimanakah Cara Menyembuhkan Diabetes?

Diabetes   14/10/2021
kencing manis basah

Kencing Manis Basah

Diabetes   14/10/2021

Tebus Obat Tak Perlu Antre Lagi

Dapatkan atau Upload resep, obat siap dikirim ke lokasi Anda

Chat via Whatsapp

Respon Cepat, Jawaban Akurat

Download Aplikasi

Obat Dijamin Asli, Lengkap dan Murah

Pelajari Lebih Lanjut

Metode Pembayaran

metode pembayaran

Partner Pengiriman