fbpx
BerandaDiabetesPenyebab, Gejala, dan Cara Mencegah Penyakit Gula

Ditinjau oleh dr. Amanda Ismoetia

penyakit gula

Penyakit gula atau yang juga dikenal dengan istilah diabetes merupakan penyakit yang ditandai dengan tingginya kadar gula dalam aliran darah. Kadar gula tersebut menumpuk di aliran darah, alih-alih digunakan oleh sel tubuh sebagai sumber energi untuk bisa bekerja dengan normal.

Diabetes atau penyakit gula darah tinggi adalah kondisi penyakit kronik yang tidak bisa diatasi tanpa konsumsi obat-obatan medis. Menjalani pengobatan diabetes dengan dokter umum/dokter spesialis, dapat meminimalisir resiko komplikasi dari diabetes itu sendiri. Menurut dr. Amanda Ismoetia, tim dokter di Lifepack, beberapa komplikasi yang bisa terjadi akibat diabetes tidak terkontrol adalah luka pada tubuh yang sulit sembuh, luka sampai bernanah (Ulkus Diabetikum), gangguan penglihatan mata akibat terjadinya kerusakan pembuluh darah retina mata (Retinopati Diabetik), stroke, disfungsi ereksi, gagal ginjal, dll.

Simak berikut ini apa saja penyebab penyakit gula, gejalanya, serta cara pengobatan yang bisa dilakukan.

Apa yang Menyebabkan Penyakit Gula

Hingga saat ini, banyak orang yang beranggapan bahwa penyebab penyakit diabetes atau gula adalah karena faktor keturunan, di mana anggota keluarga sebelumnya juga ada yang pernah mengidap penyakit yang sama. Faktanya memang benar penyakit ini bisa dipicu oleh faktor genetik, namun bukan hanya itu faktor penyebab satu-satunya dari penyakit satu ini. 

  1. Penyebab Diabetes Tipe 1

Diabetes tipe 1 merupakan tipe diabetes yang dipicu oleh kerusakan yang terjadi pada sel pankreas, dimana sel ini seharusnya bertugas memproduksi insulin bagi sistem imun tubuh. Akibatnya, produksi insulin tubuh jadi terganggu dan tak bisa lagi menjalankan fungsinya secara normal, yakni membawa glukosa ke dalam sel untuk dijadikan sebagai sumber energi. 

Jaminan Lifepack untuk Anda

Faktor genetik atau keturunan memang merupakan salah satu penyebab dari penyakit diabetes tipe 1 ini. Namun di samping itu, kondisi seperti adanya infeksi virus atau bakteri, kandungan racun dalam makanan, serta komponen asing yang menyebabkan reaksi autoimun, juga disebut bisa memunculkan risiko seseorang mengalami diabetes tipe 1. 

  1. Penyakit Diabetes Tipe 2

Perlu diketahui bahwa tubuh seseorang yang menderita penyakit diabetes tipe 2 sebenarnya masih bisa memproduksi insulin. Namun, ada 2 kemungkinan yang menyebabkan insulin tersebut tak bisa berfungsi sebagaimana mestinya. Pertama, produksi insulin yang rendah, dan kedua, insulin dihasilkan dalam jumlah yang cukup namun sel tubuh tak bisa berfungsi optimal dalam memanfaatkannya. 

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Sama halnya dengan diabetes tipe 1, salah satu faktor penyebab dari diabetes tipe 2 ini adalah faktor genetik atau keturunan. Namun, tetap saja ada kemungkinan seseorang mengalami diabetes tipe 2, walau sebelumnya tak ada anggota keluarga yang mengalaminya. Faktor yang meningkatkan risiko penyakit ini adalah obesitas, pertambahan usia, serta pola makan yang buruk.   

  1. Diabetes Gestational

Diabetes gestasional merupakan diabetes yang kerap terjadi di masa kehamilan. Beda dengan tipe penyakit diabetes sebelumnya, diabetes gestasional ini umumnya akan bisa sembuh setelah melahirkan. Ada beberapa faktor pemicu terjadi diabetes gestasional, yakni faktor genetik, obesitas atau berat badan berlebihan, serta berat badan janin yang melebihi 4 kilogram. 

Gejala

Seseorang dengan penyakit gula atau diabetes akan menunjukkan gejala tertentu. Gejala penyakit ini bisa berbeda, tergantung pada berapa peningkatan kadar gula di dalam darah. Beberapa penderitanya, bahkan mungkin tak merasakan gejala apa pun. Simak berikut ini beberapa gejala yang umum dirasakan oleh penderita penyakit diabetes atau gula ini. 

  1. Kerap merasa haus
  2. Frekuensi buang air kecil yang meningkat 
  3. Rasa lapar yang ekstrim
  4. Penurunan berat badan secara tiba-tiba
  5. Kelelahan
  6. Penglihatan yang mengabur
  7. Penyembuhan luka yang lambat
  8. Tubuh kerap mengalami infeksi
  9. Terdapat keton dalam urin

Cara Mencegah

penyakit gula

Mencegah terjadinya penyakit tentu saja lebih baik dibandingkan dengan mengobatinya. Khusus untuk diabetes tipe 1, memang tak bisa dilakukan pencegahan, dikarenakan sudah menjadi penyakit bawaan. Namun, Anda tetap bisa melakukan pencegahan untuk penyakit diabetes tipe 2 dan diabetes gestasional dengan melakukan beberapa cara berikut ini. 

Jaminan Lifepack untuk Anda

  1. Mengonsumsi Makanan Sehat 

Mengonsumsi makanan yang sembarangan dapat mengakibatkan berat badan meningkat, sehingga meningkatkan risiko munculnya diabetes tipe 2. Agar bisa mencegah penyakit diabetes tersebut, konsumsilah hanya makanan yang sehat. Pilih makanan yang rendah lemak dan rendah kalori, namun tinggi kandungan seratnya. Sayuran dan buah merupakan pilihan yang tepat untuk pencegahan ini. 

  1. Rutin Berolahraga 

Menjaga berat badan ideal merupakan salah satu kunci pencegahan diabetes. Maka dari itu, pastikan Anda rutin berolahraga atau melakukan aktivitas fisik, untuk menjaga kondisi tubuh tetap fit dan berat badan ideal. Cukup luangkan beberapa menit setiap harinya, untuk membuat tubuh terasa bugar dan sehat. 

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

  1. Menurunkan Berat Badan 

Obesitas merupakan salah satu faktor pemicu penyakit diabetes. Maka dari itu, bagi Anda yang memiliki berat badan berlebihan, aturlah pola hidup sehat mulai dari sekarang. Konsumsilah makanan yang sehat, istirahat yang cukup, serta rutin berolahraga. Dengan begini, maka Anda akan bisa mengurangi risiko penyakit diabetes yang disebabkan karena berat badan berlebihan.

Dengan mengetahui deretan faktor penyebab penyakit gula atau diabetes, maka Anda akan bisa mencoba sebisa mungkin untuk menghindarinya. Menjalankan pola hidup sehat merupakan salah satu upaya pencegahan atas penyakit yang ditandai dengan tingginya kadar gula dalam darah ini. Jika penyakit ini terlanjur Anda alami, segera kunjungi dokter agar bisa diberikan penanganan secepatnya. Anda bisa menggunakan obat Tudiab 500 MG 100 Tablet – Obat Antidiabetes (Rp153.000) untuk mengatasi diabetes. Konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter Anda sebelum mengonsumsi obat ini.

Kami dapat membantu anda memenuhi kebutuhan dan beli obat untuk penyakit kronis. Unduh aplikasi Lifepack melalui Google Play Store maupun App Store sekarang.

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Referensi

Pertanyaan Seputar Lifepack

+

Apa itu Lifepack?

+

Apa yang membuat Lifepack berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Lifepack?

+

Berapa lama pengiriman obat saya?

+

Dokter spesialis apa saja yang tersedia di Lifepack?

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat Anda

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Konsultasi mobile Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Jaminan Lifepack untuk Anda

100% Obat Asli

Semua produk yang kami jual dijamin asli dan kualitas terbaik.

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS!

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Kebersihan Apotek Selalu Terjaga

Apoteker selalu dicek suhu badannya

Apoteker selalu menggunakan Sanitizer

Kemasan obat praktis dan aman

Pengiriman dilakukan tanpa kontak langsung

Artikel Terkait

pemanis pengganti gula

7 Daftar Pemanis Pengganti Gula untuk Pasien Diabetes

Diabetes   17/02/2022
obat kencing manis

Obat Kencing Manis yang Umum Diresepkan Dokter

Diabetes   15/10/2021
gula basah pada ibu hamil

Gula Basah dan Ciri-cirinya Pada Ibu Hamil

Diabetes   15/10/2021
cara menyembuhkan diabetes

Bagaimanakah Cara Menyembuhkan Diabetes?

Diabetes   14/10/2021
kencing manis basah

Kencing Manis Basah

Diabetes   14/10/2021

Tebus Obat Tak Perlu Antre Lagi

Dapatkan atau Upload resep, obat siap dikirim ke lokasi Anda

Chat via Whatsapp

Respon Cepat, Jawaban Akurat

Download Aplikasi

Obat Dijamin Asli, Lengkap dan Murah

Pelajari Lebih Lanjut

Metode Pembayaran

metode pembayaran

Partner Pengiriman