fbpx

Bisoprolol Hemifumarate

Sep 30, 2020 | direktoriObat, Informasi Kesehatan Obat dari Huruf B | 0 Komentar

Artikel ini telah ditinjau oleh dr. Irma Lidia

Bisoprolol hemifumarate adalah salah satu bahan dalam obat medis yang termasuk golongan beta-blocker atau disebut juga penghambat beta. Obat ini memang termasuk obat khusus karena pemakaiannya berdasarkan resep dokter. Jadi, dalam pemakaiannya harus didasarkan pada hasil pemeriksaan dokter karena sekaligus menentukan dosis yang tepat untuk setiap pasien.

Informasi

Sebagai salah satu komponen dalam obat medis, manfaatnya adalah untuk mengatasi penyakit kronis seperti hipertensi, angina, dan gagal jantung yang kronis. Cara kerjanya adalah dengan cara mengurangi frekuensi denyut jantung serta tekanan otot jantung selama kontraksi.

Dengan demikian, semua kontrol yang merupakan reaksi obat tersebut mampu mengurangi beban jantung juga tekanan darah. Melalui penurunan tekanan darah tersebut, penyakit lain di antaranya stroke dan serangan jantung dadakan dapat dicegah.

Dosis

Untuk pemakaian khusus ini, terdapat aturan dosis khusus yang ditetapkan dokter untuk setiap pasien, sehingga bisa mengoptimalkan fungsi obat. Sebagai salah satu kandungan dalam obat, terdapat dosis yang berbeda yaitu ada yang ukurannya 2,5 mg dan ada yang 5 mg. penggunaan dosis tersebut disesuaikan dengan kondisi pasien dan jenis gangguan kesehatan yang dialami.

Pemeriksaan medis yang sudah dijalani pasien menjadi dasar pemberian obat. Jika dokter memberikan obat medis yang mengandung Bisoprolol hemifumarate, maka terdapat dosis tertentu yang diberikan sesuai aturannya.

Untuk pengobatan angina pektoris dan hipertensi, digunakan obat dengan kandungan Bisoprolol 5 mg. pemberian obatnya sekali dalam sehari. Dosis ini berlaku untuk pemakaian awal karena menunggu respons tubuh apakah normal atau tidak.

Jika tidak terjadi hal lain sebagai efek samping, maka konsumsi di minggu berikutnya bisa dinaikkan menjadi 10 mg sekali sehari. Jadi, konsumsinya menjadi 2 tablet dalam sekali waktu minum setiap harinya.

Apabila kondisi gangguan kesehatan yang dialami dalam kategori lebih parah, dapat diberikan dosis lebih tinggi yaitu totalnya 20 mg setiap harinya. Kenaikan dosis obat tersebut tetap harus berdasarkan pemeriksaan dokter agar tidak membahayakan kondisi kesehatan.

Khusus untuk pengobatan gagal jantung yang kronis stabil untuk skala sedang sampai berat, obat medis khusus ini mempunyai aturan sendiri. Dosis awal bisoprolol hemifumarate yang diberikan lebih rendah yaitu sebanyak 1,25 mg sebanyak sekali dalam sehari. Penggunaan obat sebagai dosis awal tersebut dapat digandakan dalam pemakaian di minggu berikutnya, sehingga menjadi 2,5 mg.

Setiap kali mengonsumsi obat dengan dosis tertentu, diharapkan selalu mengontrol kondisi pasien. Cek denyut jantung, tekanan darah, dan napasnya. Apabila terdapat perubahan sedikit saja, segeralah periksakan kembali ke dokter agar segera mendapatkan pertolongan tepat. jangan sampai terlambat dalam penanganan karena akan berakibat fatal atau justru memperparah kondisi.

Apabila dosis yang dikonsumsi tidak banyak membantu atau tidak memberikan efek, dokter dapat mempertimbangkan untuk memberikan dosis lebih tinggi lagi. Respons tubuh pasien memang sangat menjadi dasar penentuan dosis obat oleh dokter. Jika memang diperlukan peningkatan dosis obat, maka dapat dinaikkan lagi secara bertahap dengan interval atau jarak antara 1-4 minggu.

Meskipun demikian, maksimal konsumsi obat untuk pasien gagal jantung kronis ini adalah sebanyak 10 mg setiap harinya. Terapi kesehatan dan pengobatan lainnya bisa mendukung penanganan kondisi pasien. Hal ini menjadi pertimbangan agar jantungnya tetap stabil dan interaksi antar obat tetap terkontrol.

Mengenai interaksi antar obat ini, setiap pasien mempunyai kondisinya masing-masing. Oleh karena itu, periksalah ke dokter yang terpercaya, sehingga dapat merekomendasikan obat yang terbaik dengan mempertimbangkan berbagai risiko yang dialami, termasuk interaksi antar obat yang dikonsumsi. Bagaimanapun juga, interaksi antar obat ini bisa menimbulkan efek samping.

Efek Samping

bisprolol-hemifumarate

Setiap pemakaian obat medis, pasti terdapat kemungkinan mengalami efek samping. Beberapa efek samping yang dimungkinkan dapat dialami pasien karena mengonsumsi obat bisoprolol hemifumarate adalah jantung berdebar, sakit kepala, vertigo, kesemutan, mual, muntah, perut kembung, sakit perut, diare, sembelit, dan badan terasa lemas.

Gejala fisik sebagai efek samping berikutnya adalah timbulnya ruam di kulit, gatal-gatal akibat reaksi alergi, dan mengalami dehidrasi. Dalam beberapa kasus, terdapat pasien yang mengalami keringat dingin, mulut kering, bradikardia, dan insomnia.

Selain efek samping secara fisik, terdapat pula efek samping secara psikis yang harus dipahami. Beberapa efek samping psikis yang dimaksud adalah pasien dapat mengalami depresi dengan skala yang berbeda-beda sesuai dengan respons tubuhnya.

Kondisi ini sangat mengkhawatirkan apabila tidak segera ditangani. Jika dalam pemakaian dosis awal sudah ditemukan beberapa gejala seperti ini, maka segeralah periksakan ke dokter agar segera mendapatkan upaya penanganan terdepan. Untuk efek samping psikis, segeralah periksakan ke psikiater untuk memperoleh penanganan khusus agar lebih tenang dan berangsur sembuh.

Dalam aturan konsumsi obat, obat medis yang mengandung Bisoprolol ini tidak dapat diberikan kepada ibu hamil dalam kondisi tertentu. Food and Drug Administration (FDA) sudah mengatur hal tersebut bahwa obat ini dapat diberikan hanya jika manfaatnya lebih besar dibandingkan risikonya untuk janin. Jadi, dokter harus memikirkan bagaimana potensi risiko yang bisa dialami.

Dalam hal ini, sangat perlu koordinasi antar dokter kandungan dan dokter yang menangani kondisi serius pada pasien hipertensi, angina, dan gagal jantung. Kondisi serius tersebut harus dipantau perkembangannya setiap saat, terlebih jika pasien wanita tersebut sedang hamil. Obat-obatan yang dikonsumsi harus sesuai dengan dosisnya agar menekan risiko efek samping yang mungkin terjadi.

Cara Konsumsi

Selain terdapat aturan medis yang mengatur dosis obat, terdapat cara konsumsi obat yang harus dimengerti dan ditaati oleh setiap konsumen obat. Dalam hal ini, terdapat aturan pakai yang sudah tertera dalam kemasan obat dan wajib diikuti.

Obat yang mengandung Bisoprolol hemifumarate ini dapat diberikan sebelum ataupun sesudah makan. Obat medis yang berbentuk tablet ini dapat dikonsumsi dengan cara ditelan bersama air atau buah yang mengandung air. 

Perlu diingat, cucilah tangan terlebih dahulu sampai bersih dengan sabun di bawah air yang mengalir. Kebersihan sangat penting untuk dijaga demi mendapatkan proses penyembuhan yang lancar dan sukses. Kontaminasi kuman dari tangan yang kotor dapat dihindari. Efek sampingnya juga.

Dalam penyimpanannya, pastikan obat medis khusus ini disimpan di tempat yang kering dan sejuk. Hindarilah tempat yang membuatnya terkena pancaran sinar matahari langsung ataupun tempat yang terlalu lembab. Agar aman, hindarkan obat medis ini dari jangkauan anak-anak dan hewan peliharaan agar tidak disalahgunakan atau membuatnya terkontaminasi.

Demikianlah berbagai informasi lengkap mengenai obat Bisoprolol hemifumarate untuk mengobati hipertensi, angina pektoris, dan gagal jantung kronis. Untuk memperoleh obatnya, Anda bisa beli secara online. Beli obat tanpa perlu antri di apotek dengan Lifepack. Unduh aplikasi Lifepack melalui Google Play Store maupun App Store sekarang.

Dapatkan Kemudahan Pengobatan
di Ujung Jari Anda

∘ Dukungan Apoteker setiap saat
∘ Reminder jam minum obat
∘ Refill sebelum habis

Dapatkan Kemudahan Pengobatan
di Ujung Jari Anda

∘ Dukungan Apoteker setiap saat
∘ Reminder jam minum obat
∘ Refill sebelum habis