fbpx

Bisoprolol Fumarate

Sep 30, 2020 | direktoriObat, Informasi Kesehatan Obat dari Huruf B | 0 Komentar

Artikel ini telah ditinjau oleh dr. Irma Lidia

Bisoprolol fumarate adalah obat golongan beta (beta blockers). Obat bisoprolol fumarate adalah obat yang sangat bermanfaat untuk mengatasi beberapa gangguan kesehatan terkait kardiovaskular dan tekanan darah (Baca juga Cara Mengontrol Tekanan Darah Bagi Penderita Hipertensi). Cara kerja obat generik ini adalah menghalangi respons stimulasi beta-adrenergik serta mempunyai aktivitas sebagai antagonis reseptor kardioselektif dalam dosis rendah.

Informasi

Setelah sebelumnya disinggung mengenai manfaatnya. Secara rinci bisprolol fumarate adalah obat yang digunakan untuk mengatasi hipertensi, angina pektoris yang disebabkan oleh aterosklerosis koroner, dan gangguan jantung kronis. Mengetahui berbagai manfaat tersebut, obat ini termasuk obat keras yang perlu resep dokter untuk mengonsumsinya karena memang terkait dengan kondisi tertentu.

Dalam fungsinya sebagai obat hipertensi, khasiatnya mampu menurunkan tekanan darah menjadi kembali normal dan stabil. Obat ini dapat segera mengatasi hipertensi yang dialami agar tidak semakin parah dan justru menimbulkan berbagai gangguan kesehatan lainnya. Dalam praktiknya mengobati angina pektoris, obat ini mampu mengatasi penyebab dan meredakan sakit.

Kondisi gagal jantung yang dialami pasien tentu saja mempunyai berbagai penyebab sebelumnya. Apabila kondisinya sudah kronis, obat medis yang satu ini dapat dikonsumsi dengan catatan harus sesuai resep dokter. Jadi, obat ini dapat dikonsumsi untuk pasien yang mengalami gagal jantung kronis (Baca juga Penyakit Gagal Jantung Yang Dapat Berujung Pada Kematian).

Dalam proses pengobatannya, bisoprolol fumarate adalah obat yang mampu mengatasi kondisi gagal jantung kronis tersebut secara optimal. Untuk mengimbanginya, terapi dan pengobatan medis ke dokter tetap harus berjalan demi mendapatkan kondisi yang stabil.

Dosis

Setiap mengonsumsi obat-obatan, pasti terdapat aturan pakainya. Dosis atau batasan dalam mengonsumsi obat juga perlu diperhatikan dan ditaati. Untuk mengonsumsi obat bisoprolol fumarate ini, terdapat aturan dosis sesuai dengan kondisi kesehatan yang akan ditangani.

Berdasarkan manfaatnya dalam mengobati hipertensi dan penyakit jantung koroner berupa angina pektoris, diperlukan obat ini dalam dosis 5 mg sehari sekali. Akan tetapi, terdapat aturan berbeda untuk kasus sedang yaitu 2 tablet setiap harinya, sehingga terdapat 10 mg. Untuk kasus berat dan memang kondisi khusus, dapat mengonsumsi 4 tablet setiap harinya yaitu total sebanyak 20 mg.

Pengobatan hipertensi dan angina pektoris memang harus diupayakan dengan obat yang sesuai. Melalui dosis tersebut, kondisi tekanan darah dan gangguan kardiovaskular berupa angina pektoris dapat ditangani. Kesesuaian dosis dengan kondisi tubuh memang harus diterapkan agar risiko dapat diminimalisir.

Berbeda dengan aturan dosis untuk mengobati hipertensi dan angina pektoris tersebut, terdapat aturan dosis obat bisprolol fumarate adalah sebanyak 1,25 mg setiap harinya untuk menangani gagal jantung kronis. Dalam perkembangannya, apabila memang diperlukan, dosisnya dapat ditingkatkan menjadi 2,5 mg setiap hari sekali minum untuk minggu berikutnya.

Peningkatan dosis tersebut umumnya sampai pada pemberian dosis 5 mg. Akan tetapi, tidak menutup kemungkinan terdapat anjuran dokter untuk menaikkan dosis obat. Hal ini berkaitan erat dengan kondisi jantung pasien. Dalam pengawasannya, pasien wajib diamati selama kurang lebih 4 jam setelah pemberian dosis awal 1,25 mg untuk mengetahui kondisi jantungnya.

Apabila kondisi gagal jantung kronisnya memang belum tertangani, maka bisa direkomendasikan menambah dosis dengan tetap memperhatikan terapi dan obat medis lainnya. Dokter yang menangani akan menganjurkan konsumsi obat dengan dosis yang tepat dan masih aman pastinya.

Untuk itu, sangat diwajibkan memeriksakan diri ke dokter terlebih dahulu untuk memperoleh resep obat yang terbaik. Semua ini demi terjaganya kesehatan jantung agar kondisinya tidak semakin memburuk. Risiko akan mampu diminimalisir dengan mempertimbangkan berbagai hal lainnya.

Obat bisoprolol fumarate adalah obat yang dapat mengatasi kondisi gagal jantung kronis yang stabil dari derajat sedang sampai berat. Semua itu terjadi dengan syarat penurunan fungsi ventrikel sistolik dengan fraksi ejeksi ≤ 35% berdasarkan hasil pemeriksaan ekokardiografi dengan tambahan ACE inhibitor, diuretik, dan glikosida jantung.

Efek Samping

bisoprolol-fumarate-adalah-obat

Setiap pemakaian obat medis, tentu terdapat beberapa efek samping yang dapat dialami karena berbagai faktor. Dari segi efek sampingnya, obat medis bisoprolol fumarate adalah obat yang dapat menyebabkan beberapa gangguan jika ada ketidakcocokan dengan kondisi tubuh atau ketidaksesuaian dosis yang dipakai. Kedua kemungkinan ini memicu timbulnya efek samping yang memang perlu dihindari.

Apabila sudah terlanjur, terdapat reaksi efek samping yang memang berbeda-beda dari setiap konsumen obat. Efek sampingnya dapat berupa reaksi fisik dan psikis yang tentunya tidak semua dialami oleh setiap orang. Efek yang ditimbulkan sudah pasti terkait dengan kondisi imun tubuh dan seberapa parah gangguan kesehatan yang dialami.

Terdapat beberapa reaksi tubuh yang mungkin terjadi di antaranya adalah timbulnya rasa dingin pada jari tangan dan kaki, lemah, kejang otot, tubuh lemah, dan bradikardi. Reaksi psikis berupa halusinasi dan hipersensitif. Kedua kondisi psikis ini dapat menyertai apabila pemakaian obat tidak sesuai dosis ataupun kurang diimbangi dengan kontrol kesehatan lainnya.

Cara Konsumsi

Sudah dijelaskan sebelumnya bahwa pemakaian obat bisoprolol fumarate ini harus disesuaikan dengan dosis yang sudah ditetapkan. Peraturan tersebut harus diterapkan agar pemakaian obat tepat mengatasi gangguan kesehatan yang dialami, tanpa menimbulkan efek samping. Hal yang perlu diingat adalah pemakaian obat ini memerlukan resep dokter, sehingga periksakan ke dokter dan patuhilah anjuran dosis yang diberikan.

Selain harus mengonsumsinya sesuai dengan aturan dosisnya yang mengacu pada kondisi masing-masing orang, perhatikan pula bagaimana aturan pakainya. Sesuai aturan pakainya, obat medis yang berbentuk tablet ini harus diminum di pagi hari dan bisa dikonsumsi bersama makanan. Jadi, sebaiknya jangan mengunyahnya. Cukup menelannya dengan air minum atau buah yang mengandung cairan.

Dalam satu kemasannya, obat bisoprolol fumarate ini terdiri atas 10 tablet. Cara penyimpanannya yang aman adalah disimpan di tempat yang kering dan sejuk. Jauhkan dari jangkauan anak-anak dan hewan peliharaan agar tidak disalahgunakan atau terkontaminasi. Simpan saja obat khusus ini di kotak obat yang kemudian diletakkan di rak paling atas agar aman dari jangkauan anak-anak ataupun hewan peliharaan.

Sebelum mengonsumsi obat medis ini, setiap konsumen harus mencuci tangan terlebih dahulu sampai bersih dengan sabun dan di bawah air mengalir. Kebersihan ini harus dijaga agar obat yang diminum tetap higienis, tanpa ada kuman yang menempel. Jika kebersihan terjaga, maka secara otomatis proses penyembuhan akan lancar dan khasiat obat tidak berkurang karena adanya gangguan dari kuman.

Mengenai hasil pengobatannya, tentu terdapat perbedaan antar konsumen obat yang satu dengan lainnya. semua itu terjadi karena perbedaan jenis dan skala gangguan kesehatan yang dialami. Tindakan pengobatan lain yang dijalankan juga menjadi faktor pengaruh dari perbedaan hasil pengobatan dengan obat tablet ini.

Beberapa faktor lainnya yang dapat mempengaruhi hasil proses penyembuhan adalah usia, genetik, dan pola hidup yang diterapkan. Oleh karena itu, lakukanlah gaya hidup sehat yang dapat mendukung proses penyembuhan dengan waktu istirahat cukup. Lakukan kontrol ke dokter secara rutin bagi pasien yang mengalami gangguan kesehatan tertentu. Penjelasan seputar Bisoprolol Fumarate di atas dapat dijadikan salah satu referensi memahami obat tablet ini.

Dapatkan Kemudahan Pengobatan
di Ujung Jari Anda

∘ Dukungan Apoteker setiap saat
∘ Reminder jam minum obat
∘ Refill sebelum habis

Dapatkan Kemudahan Pengobatan
di Ujung Jari Anda

∘ Dukungan Apoteker setiap saat
∘ Reminder jam minum obat
∘ Refill sebelum habis